Konten Kreatif dan Desain Blog Ala Shinta Ries Bagian 1


Mbak Shinta Ries sedang presentasi konten kreatif ~ Sumber foto Warung Blogger

Blogmu sudah dikunjungi berapa orang? Artikelmu sudah dibaca berapa orang? Kamu nulis pasti dengan niat berbagi, kan? Penginnya tulisanmu bermanfaat buat orang lain. Gimana sih biar tulisan di blog kamu lebih menarik? Poinnya, konten blogmu mesti kreatif. Saya mau bagi-bagi ilmu, oleh-oleh dari KOPI SUSU Warung Blogger tempo hari. Materi di bawah ini adalah presentasi dari Mbak Shinta Ries yang saya sarikan dan tambah-tambahkan.


Konten Kreatif
Ada enam kunci membuat konten yang kreatif. Pertama, menyisipkan video. Dengan adanya video, konten blog kamu akan lebih jelas tergambar, lebih menarik, dan tentunya menambah pemasukan juga. Kok bisa? Iyalah, kamu upload video kemudian video kamu jadi banyak yang nonton. Dengan adanya video, penjelasan materi blog kamu lebih terbayang oleh pembaca dan tentu saja lebih menarik. Kamu bisa menarik pengunjung yang pada dasarnya lebih suka menonton.

Video dalam postingan blog ~ Sumber foto dari Mbak Shinta Ries

Kedua, menyisipkan gambar. Boring nggak sih kalau kamu baca artikel yang tulisaaaan… semua? Dengan menyisipkan gambar, artikel kamu lebih menarik. Selain itu, gambar membantu ilustrasi artikel kamu. Tentunya, pembaca lebih mengerti suatu penjelasan jika diiringi ilustrasi. Misalnya, kamu membuat artikel langkah-langkah memasukkan video ke dalam postingan, gambar bisa mengarahkan pembaca untuk praktik langsung.




Ketiga, suatu artikel blog harus memuat informasi. Bukan rahasia dong kalau buat mencari sesuatu kamu suka berselancar di internet. Pembaca mencari informasi yang mereka butuhkan di blog kamu. So, buatlah artikel yang banyak memuat informasi.

Keempat, sudut pandang. Kalau ingin membaca berita, cukuplah kita baca web koran atau portal berita. Tapi kadang kita membutuhkan sudut pandang lain dalam membaca sebuah berita. Sudut pandang personal. Nah, ayo para blogger buatlah artikel dengan sudut pandangmu sendiri. Esensi dari ngeblog itu kan menuliskan informasi dari sudut pandang bloggernya.

Kelima, pengalaman pribadi. Sebenarnya poin kelima ini berhubungan erat dengan poin keempat. Karena sudut pandang pribadi tentunya kamu menceritakan pengalaman pribadi. Pengalaman yang kamu rasakan sendiri terhadap suatu peristiwa atau produk. Artikel dalam blog itu enggak bersifat fiksi, kecuali kalau memang isinya karya fiksimu. Dengan menulis pengalaman pribadi secara jujur namun tetap santun, kamu telah memupuk kepercayaan pembacamu.

Keenam, pemecahan masalah. Selain menawarkan informasi, sebaiknya suatu artikel blog menawarkan solusi. Membaca blog membuat kita mendapat second opinion. Misalnya, kamu orangnya boros, kamu akan mencari artikel yang menawarkan pemecahan masalah bagaimana mengatur keuangan.

Artikel harus memberi pemecahan suatu masalah ~ Sumber foto dari Mbak Shinta Ries
Bersambung ke artikel kedua tentang Desain Blog.
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
i Jeverson
AUTHOR
7 Februari 2015 09.41 delete

hmm, thanks ilmunya!
inovatif juga yaaa...

Reply
avatar
i Jeverson
AUTHOR
7 Februari 2015 09.42 delete

ehem, ngomong2 followback blog dong :)

Reply
avatar
9 Februari 2015 03.24 delete

Sama-sama ^_^ | Sudah ya, bisa cek blognya

Reply
avatar