DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser

DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser

Masalah kulit wajah saya sebenarnya agak complicated sejak dari SD. Kelas 5 SD saat semua anak masih berwajah mulus, jerawat sudah sering mampir di sela-sela hidung atau ruang antara bawah bibir dan dagu. Saya memang kebilang terlalu dini mendapat fase haid, risikonya hormon naik dan begitulah kulit mulai bermasalah.

Sebenarnya masalah kulit setelah fase haid pertama alamiah adanya, namun sayangnya ketika enggak dibarengi dengan edukasi cara merawat kulit akan menghasilkan serentetan masalah lainnya. Misalnya kebiasaan saya yang malas cuci muka sejak dini, dan saya suka gemas sama jerawat atau komedo sehingga tangan gatal buat memencet-mencet. Akibatnya timbul bopeng di wajah.

Setelah beberapa kali konsultasi dengan Dr. David dari DF Clinic, saya disarankan untuk menggunakan laser agar bopeng-bopeng di wajah saya hilang dan mulus kembali.


Metode Laser untuk Kecantikan
Laser adalah salah satu bentuk sinar kasat mata yang bisa menembus benda. Dengan meningkatnya kemajuan teknologi, laser kini banyak digunakan untuk kepentingan kesehatan dan kecantikan. Dalam kecantikan, laser lazim digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan waktu relatif cepat, rasanya juga enggak sakit, dan enggak banyak persyaratannya. Kunggulan lainnya, laser membersihkan wajah tepat sasaran dan enggak menimbulkan luka.

Manfaat Laser
Ada beberapa jenis laser untuk kecantikan seperti:

DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
Jenis-jenis laser kecantikan

Laser Pemotong CO2
Laser pemotong CO2 berfungsi untuk menghilangkan bekas luka pada wajah baik berat maupun ringan seperti luka bekas kecelakaan, luka bekas kebakaran, luka bekas jerawat, luka sayat, dan menghilangkan tahi lalat. Terapi laser pemotong CO2 dapat menghaluskan kulit wajah, sistem operasinya lapis demi lapis kulit mulai dari terluar sampai terdalam yaitu kulit mengandung serat elastin, kolagen, dan fibroblas yang membentuk elastisitas dan kekenyalan kulit.

Laser Ndyag
Laser Ndyag berfungsi untuk merontokkan bulu pada tubuh yang enggak kamu kehendaki, misalnya bulu pada ketiak. Penggunaan laser Ndyag cukup praktis sehingga kamu enggak perlu lagi menghilangkan bulu dengan wax yang cukup sakit itu.

Laser Q Switched Nd YAG
Laser Q Switched Nd YAG berfungsi untuk memperbaiki kelainan kulit yang terkait dengan pigmen seperti bintik hitam pada wajah, tanda lahir, hiperpigmentasi, atau menghilangkan bekas tatto.

Laser Erbium Glass
Laser Erbium Glass berfungsi untuk terapi jerawat, menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat,  menghambat pertumbuhan jerawat, dan mengembalikan kulit menjadi mulus kembali.

Apa sih yang membedakan jenis-jenis laser di atas? Perbedaannya terletak di tembakan panjang gelombang dari sinar laser yang digunakan. Enggak semua klinik kecantikan bisa menyediakan terapi laser, hanya klinik yang mendapat izin operasi dan harus diiringi dengan adanya terapis bersertifikat. DF Clinic merupakan klinik kecantikan yang memiliki laser paling lengkap di Jawa Barat dan salah satu terlengkap di Indonesia.

Manfaat Laser untuk Wajah
Seperti diuraikan di atas, jenis-jenis terapi laser memiliki banyak fungsi. Dapat kita simpulkan bahwa manfaat laser sebagai berikut:
  • Membersihkan jerawat
  • Menghilangkan dan menghaluskan kulit luka akibat jerawat, luka berat, dan luka ringan
  • Memutihkan dan meratakan warna kulit wajah
  • Menghilangkan kerut dan meremajakan kulit wajah
  • Menghilangkan tahi lalat
  • Menghilangkan bintik hitam atau flek pada wajah
  • Menghilangkan flek hitam bekas jerawat
  • Menghilangkan kerut halus sekitar mata
  • Merangsang kolagen lebih cepat tanpa harus merusak jaringan kulit atas


Laser untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Seperti saran Dr. David, saya pun memberanikan diri untuk menjalankan terapi laser demi menghilangkan bopeng bekas jerawat yang sudah menemani saya bertahun-tahun. Sumpah saya enggak sedih mesti pisah sama mereka tuh he he he.

DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
Bopeng bekas jerawat

Pertama kali saya menjalani terapi laser yaitu laser Erbium pada bulan November setelah sebelumnya rutin menggunakan produk perawatan sehari-hari dari DF Clinic. Dr. David melihat perkembangan kulit saya sehingga siap menjalani terapi laser. Lalu pada akhir bulan Desember saya menjalani terapi laser yang kedua.

DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
Kondisi wajah saya sebelum laser

Proses laser Erbium terdiri dari beberapa tahap selama 75 menit, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, terapis membersihkan wajah secara menyeluruh
  • Terapis memakaikan saya masker yang khusus untuk membuat kulit saya kebas sebanyak dua kali dalam jangka waktu satu jam.
  • Kemudian saya pindah ruangan khusus laser di lantai tiga. Di sana terapis telah menyiapkan laser. Dr. David pun langsung menangani saya melakukan terapi laser Erbium dan sekaligus memasukan Q-light ke dalam kulit. Alat laser tersebut sekilas mirip alat las atau lem tembak yang berujung runcing, dari sana keluar sinar laser. Area wajah saya yang di laser adalah dahi, pipi belakang, dagu, pipi depan, dagu dan sekitaran hidung. Rasanya enggak terlalu sakit, perih-perih sedikitlah.
  • Setelah Dr. David selesai melaser, terapis memakaikan saya semacam krim antiiritasi.
  • Kulit saya seakan membengkak dan merah-merah. Namun jangan khawatir, kondisi seperti itu hanya bertahan selama dua sampai tiga jam saja.

DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
Ruangan DF untuk laser
DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
Proses pengebasan kulit sebelum laser

Perawatan Sesudah Laser
Proses laser ini kebilang simpel. Yang mesti sangat kamu perhatikan dan menjalaninya dengan disiplin adalah perawatan paskalaser. Oke, begini langkah-langkahnya:
  • Hindari paparaan sinar matahari secara langsung selama minimal 14 hari. Jika memungkinkan, kamu berdiam diri di rumah saja. Kalaupun harus keluar, selalu gunakan topi atau syal untuk melindungi kulit.
  • Selama tiga hari ke depan, kulit saya enggak boleh terkena air. Saya hanya boleh mengoleskan Skin R serum dan Skin Beelift pada pagi dan malam hari.
  • Pada hari keempat dan kelima sesudah terapi laser, kulit wajah saya sudah boleh terbasuh air. Ingat, hanya air! Dan tentunya tetap memakai Skin R serum dan Skin Beelift pada pagi dan malam hari.
  • Hari keenam, saya sudah mencuci muka memakai facial wash.

DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
After laser
DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
Hari ketiga setelah laser, kulit masih kemerahan tapi sudah boleh kena air

DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
Hari kelima setelah laser, merahnya tinggal sedikit dan boleh cuci muka pakai sabun

DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
Hari ketujuh setelah laser, kulit udah normal dan nambah mulus

Skin R Serum
Pada masa paskalaser, kulit akan mengering dan sensitif. Area-area kulit yang dilaser dari kemerah-merahan berangsur-angsur menghitam seperti terbakar. Jangan panik, lama-lama, kulit menghitam atau kulit mati itu akan berguguran berganti kulit baru yang halus. Skin R serum berfungsi merawat dan melindungi kulit saat proses krusial seperti itu.

DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
Skin R Serum

Skin Beelift
Skin Beelift berfungsi sebagai krim anti-aging yang mengencangkan kulit, menstimulasi pertumbuhan kollagen serta mencegah penuaan dini.

DF Clinic Diary: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Laser
Skin Beelift

Cara pemakaiannya adalah ambil krim secukupnya kemudian oleskan pada seluruh bagian wajah. Gunakan dua kali sehari pada pagi dan malam.

Ingredients-nya: aqua, neopentyl glycol diheptanoate, glycerin, propylene glycol, pseudoalteromonas ferment extract, acrylamide/ sodium acrylate copolymer, polysorbate 80, tocopheryl acetate, phenoxythanol, polyisobutene, polysorbate 20, hydrolyzed wheat protein, hydrolyzed soy protein, tripeptide-10 citrulline, allantoin, BHT, tripeptide-1, metylparaben, disodium EDTA, lechitin, sodium metabisulfite, xanthan gum, carbomer, butylparaben, triethanolamine, ethylparaben, propylparaben, isobutylparaben, bee venom, capryl glycol.

Apakah cukup sekali saja terapi laser untuk jerawat? Menurut Dr. David, berapa kali terapi laser sangat bergantung dari kondisi kulit wajah. Dalam kasus saya, Dr. David memperhitungkan sekitar empat sampai lima kali terapi laser.

DF Clinic
Jalan Lemah Neundeut No. 10 Setra Sari - Bandung
Telp. 022-2010593
PIN BB: 2290FF6F
YM: DFClinic@DFClinic.com
Facebook: DF Clinic
Twitter: DF_clinic
Instagram: @DF_CLINIC
Website: www.dfclinic.com
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

50 comments:

  1. saya nih jerawatan, tp mahal y mba?

    ReplyDelete
  2. kalau aku masih takut untuk laser, hihihi. Tapi emang jadi agak hilang ya bekas jerawatanya

    ReplyDelete
  3. Aku punya masalah yang sama, Teh. Bopeng bekas jerawat.

    ReplyDelete
  4. wah serba canggih ya. Dulu aku jerawatan , tp setelah menikah malah hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada emang kasus kayak gitu, Mbak Tira. Alhamdulillah kalau sudah hilang ya :)

      Delete
  5. itu dilaser habis biaya berapa Teh Evi Sri Rezeki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat harga bisa tanya langsung sama DF-nya. Karena tiap orang pasti beda sesuai dengan kasus kulitnyaa :)

      Delete
  6. Habis betapa teh sampai hilang bekasnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat harga bisa tanya langsung sama DF-nya. Karena tiap orang pasti beda sesuai dengan kasus kulitnyaa :)

      Delete
  7. Asalamualaikum Kak

    kalau ga boleh kena air, gimana untuk wudhu-nya ya Kak??

    :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam. Wudhunya tayamum kalau saya :)

      Delete
  8. Sekali laser sama prodak"nya habis berapa teh..??

    ReplyDelete
  9. Sekali laser sama prodak"nya habis berapa teh..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat harga bisa tanya langsung sama DF-nya. Karena tiap orang pasti beda sesuai dengan kasus kulitnyaa :)

      Delete
  10. Maaf ya teh, coba kasih gambaran aja habis berapa, soalnya kadang kan kita takut kena zonk apa lagi harus konsul dokternya dulu gitu. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali konsul dulu 50rb. Kalau untuk obat-obatan sekitar 300-500rb itu udah lumayan lengkap banget

      Delete
  11. Sis kalau bekas luka lama dipipi bisa gk ?? Makasih

    ReplyDelete
  12. Teh minta gambarannya terapi laser itu habis biaya nya berapa?

    ReplyDelete
  13. Teh minta gambarannya terapi laser itu habis biaya nya berapa?

    ReplyDelete
  14. Teh mau tanya, kalau menghilangkan bekas "Jahitan Operasi sama Keloid" bisa gak dengan Laser?

    Mohon dibalas ya, Hatur Nuhun :')

    ReplyDelete
  15. Teh boleh bisikan ga biaya laser nya habis brp? Buat persiapan budget... makasih banyak..

    ReplyDelete
  16. Teh boleh bisikan ga biaya laser nya habis brp? Buat persiapan budget... makasih banyak..

    ReplyDelete
  17. Teh mau nanya, kalau selang waktu dari laser pertama k berikutnya berapa lama y? Kalau terlalu cepet efeknya dijelasin g sama dokter. Makasih :)

    ReplyDelete
  18. Jarak antara laser pertama ke dua kira2 berapa bulan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bantu jawab ya,, Dari pengalaman aku diode laser acne kalau yg parah 1x seminggu tapi kalau engga 2 x seminggu .. Aku Karena baru entar mau ambil 10hari sekali utk awal.. jerawat Aku ga banyak kemarin cm 2 titik tp Aku antisipasi aja utk zone2 di wajah yg emang ada minyaknya, krn diode laser yg Aku pakai itu utk menghancurkan produk di kelenjar minyak di pipì yg bs memicur keluar ny jerawat say..

      Delete
  19. Mbak, aku pengen hilangin bekas luka, sama bekas cacar tapi lumayan banyak di kaki, tangan bahkan di badan itu bisa ga seluruhnya hilang pake laser?

    ReplyDelete
  20. Hy mbaaa aku ikutan ya mulus di blog mbaa sebelumnya salam kenal ya mba.. btw kemarin Aku sempat jerawat di pipì awalnya beruntusan krn faktor makanan.. Aku udah minum isotret and olesin cream malam Dari dokter eh malah beruntusan yg di pipì kanan aku ada beberapa keluar jd jerawat matang, Aku bosen minum isotret and oles2 cream terus akhirnya Aku laser diode acure buat acne .. syukur banget baru sekali Aja kerasa jerawat aktif 2 di pipì kanan and bawah bibir Aku langsung pecah kering and kempes.. ini sih baru sekali laser ya . Aku rencana mau 5x soalnya diode laser itu langsung mematikan bakteri jerawat Sampai ke akar2nya nya.. jd Aku mau antisipasi supaya ga nongol2" lg .. tapi emang lumayan sih di kantong.. sekali laser 1,750.. hahaha tp ga papah lah stres bgt ada jerawat nongol di pipì.. ga pede kemana2 mau pakai baju and perhiasan segimana bagus nya pun tetap bohong kalau ada jerewi di pipì

    ReplyDelete
  21. bekas jerawat saya parah banget baru 2x udah myan target 10 kali mulus deh

    ReplyDelete
  22. Kak, kaka lasernya di dokter spesialis apa kak ? Spesialis kulit ?

    ReplyDelete
  23. Harga 1.750 itu per sekali laser? Klo 4 kali laser berarti 1.750 x 4 ?

    ReplyDelete
  24. Hallo ka, aku punya masalah bopeng2 bekas jerawat juga... kayanya aku lebih parah deh dari kaka :(
    Kalo boleh tau sekali laser gitu biayanya brapa si ka?

    ReplyDelete
  25. Sis ilangin bekas luka bakar tp dikit disebelah idung kira" brp ya sis

    ReplyDelete
  26. kalau ngomongin jerawat waduh aku banyak juga mbak, kayaknya paling parah waktu kuliah, heran gitu, kok bisa parah banget, sampe cobain sabun sulfur segala merk, sampe akhirnya nemu dokter kulit yang cocok sampe sekarang.
    cuman kalau bekas jerawat ini emang paling lama ilangnya

    ReplyDelete
  27. 메가슬롯December 31, 2021 9:56 AM

    Hello ! I am the one who writes posts on these topics메가슬롯 I would like to write an article based on your article. When can I ask for a review?


    ReplyDelete