Daftar Seserahan Dalam Adat Sunda

Daftar Seserahan Dalam Adat Sunda
Daftar Seserahan Dalam Adat Sunda  

“Teh, kalau seserahan isinya apa saja?” tanya seorang teman tiga minggu lalu. Kemudian saya menjawab panjang lebar tentang ‘daftar seserahan’ tersebut, kebetulan teman saya itu pakai adat Sunda. Sebenarnya, ini bukan kali pertama ada yang nanya seperti itu. Pekerjaan saya sebagai wedding organizer, membuat beberapa orang konsultasi perihal seserahan. Saya jadi kepikiran buat nulis di blog.


Seserahan itu apa? Dalam adat Sunda, seserahan berarti memberi serangkaian barang yang dibutuhkan oleh pihak calon mempelai perempuan dari calon mempelai laki-laki. Sifatnya wajib? Secara adat iya, secara agama nggak. Maksud dari seseharan tersebut adalah sebagai salah satu pembekalan dalam berumah tangga, makanya barang-barang yang dipilih sangat berdaya guna.

Adakah patokan dalam seserahan? Jangan khawatir, seserahan bersifat fleksibel sesuai dengan dana pihak calon mempelai laki-laki. Berikut daftar barang seserahan yang biasanya ada dalam adat Sunda.

Pertama, perlengkapan ibadah. Barang-barang tersebut sesuai dengan agama yang dipeluk oleh kedua calon mempelai. Misalnya jika calon mempelai beraga Islam, seserahan yang dipilih adalah mukena, sajadah, tasbih, dan Al-Qur’an.

Kedua, perhiasan. Perhiasan juga nggak ada patokan berapa gram atau berapa macam. Bebas saja. Biasanya berupa cincin kawin, gelang, kalung, atau anting. Perhiasan ini sebagai simbol bahwa harapannya sebuah pernikahan akan bersinar dan berkilau.

Ketiga, kebaya dan kain batik. Boleh berupa bahan kebaya seperti brukat, atau kebaya yang sudah jadi. Untuk kain batik, boleh yang bermodel rok atau kain lilit, namun kebanyakan berupa kain lilit.

Keempat, kosmetik dan alat mandi. Kosmetik biasanya berupa paketan seperti bedak, ala bedak, lipstik, minyak wangi, body lotion, dan lain-lain. Alat mandi juga biasanya paketan, terdiri dari sabun mandi, shampo, dan lain sebagainya.

Keenam, baju dan alas kaki. Biasanya baju berupa gaun pesta, baju muslim, atau baju kerja. Alas kaki boleh pilih salah satu antara sepatu atau sandal, lebih baik jika menyediakan keduanya.

Ketujuh, tas. Pilih tas sesuai kebutuhan, ukuran tak jadi masalah. Hanya biasanya berupa tas pesta.

Kedelapan, baju tidur dan pakaian dalam. Pilihlah baju tidur dan pakaian dalam yang bukan hanya nyaman namun indah dilihat.

Kesembilan, kue dan buah-buahan. Kue boleh berupa kue-kue kering atau cake. Untuk buah-buahan, pilih saja yang satu set berupa apel, mangga, anggur, pisang, dan lain-lain.

Kapankah seserahan dialihtangankan? Dalam adat Sunda, ada prosesi Ngeuyeuk Sereuh yang dilaksanakan satu hari sebelum hari pernikahan. Seserahan biasanya diberikan pada saat itu. Nah, bila kamu nggak berniat menjalankan prosesi tersebut, seserahan diberikan pada saat sebelum akad nikah.

Tambahan, tips untuk mempersiapkan seserahan, jangan lupa buatlah perencanaan budget untuk seserahan. Setelah budget keluar, buat daftar barang yang akan kamu beli. Usahakan jangan terlalu jauh melenceng dari perencanaan budget. Agar nggak tergesa-gesa, cicillah pembelian seserahan jauh-jauh hari. Untuk menghias seserahan, kamu bisa melakukannya sendiri agar lebih hemat. Kalau pun nggak ada waktu, pakai jasa mengemas seserahan. Menurut saya, nggak perlulah sampai beli-beli kemasan mahal buat seserahan, sayang juga cuma terpakai sekali.

Semoga artikel ini bermanfaat para calon pengantin. Kalau masih bingung, boleh kontak saya. Siapa tahu kamu juga lagi butuh jasa wedding organizer, saya siap bantu ^_^
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

78 comments:

  1. Wahhhhhh, kemarin waktu Om ku nikahan juga seserahan-nya semua barang itu. Hmm, apa semua seserahan sama ya?

    ReplyDelete
  2. sepertinya hampir sama di seluruh daerah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya kebutuhan dan modal calon pengantin ya, Teh :)

      Delete
  3. Pantesan pas mau nikah ditanya maunya apa.. Suami orang sunda sih.
    Kalo di Jawa Tengah enggak ada di adat nya , setau saya sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jawa Tengah ada juga lho Mb Uwien. Para saudara dan tetangga yang menikah pada pake seserahan koq.Dulu pas kakak2 dan saya menikah pun ada seserahannya, disesuaikan dengan kesepakatan antara calon mempelai laki2 dan perempuan, isi seserahannya mau apa saja? Sayang kan klo pihak laki2 udah susah2 beli ntar ternyata mempelai perempuannya nggak suka :)

      Delete
    2. Setahu Evi Jawa dan Sunda itu mirip adatnya, cuma penamaannya beda. Beberapa sih, misal seserahan ini dan malam midodareni, di Sunda disebut Ngeyeuk Sereuh

      Delete
    3. Iya memang sebaiknya disesuaikan kebutuhan dan selera manten ya, Mbak Uniek

      Delete
  4. Hampir sama dengan yang ada di Jateng, Teh. Hanya di sini ga pake tas kayaknya. :D

    ReplyDelete
  5. Yang mahal adalah perhiasannya ya, apalagi kalau pake berlian :p hihi..

    ReplyDelete
  6. Hatur nuhun teh infonya ..
    Makasih yaa .. Hhe ..
    Insya Alloh bsk nyicil belinya 😍😄

    ReplyDelete
  7. Hatur nuhun teh infonya ..
    Makasih yaa .. Hhe ..
    Insya Alloh bsk nyicil belinya 😍😄

    ReplyDelete
  8. Teh kalau ga pke kain kebaya gpp??? Atau di ganti kain biasa atau bhasa snda itu samping kebat???

    ReplyDelete
  9. Gak ada seserahan berupa buku?!? :D

    ReplyDelete
  10. kalo laki" jawa ingin memperistri perempuan sunda,pake mahar atau perempuan sunda itu dibeli pakai uang berapa, yg seperti itu ada teh? kalo ada kira" berapa,mohOn bantuannya

    ReplyDelete
  11. Ini toh yang dibilang adat sunda itu, maklum kk gak tw adat sunda selain adat melayu dan batak

    ReplyDelete
  12. baru tau euy hehehe

    thanks infonya teh

    ReplyDelete
  13. Mau tanya apa seserahan laki2 di beli oleh wanita?

    ReplyDelete
  14. Setahu saya seserahan, dari pihak calon pengantin pria jadi yang beli calon penganti pria. Cuma pihak keluarga calon pengantin pria boleh nanya mau tas, baju, model apa? Sepatu dan CD. bra nomor berapa. Hal ini supaya apa yang diberikan pihak pengantin pria pas dihati gitu. Atau juga boleh calon mempelai wanita yang pilihin tp tetap barang harus dibawa dulu ke pihak calon pengantin pria untuk dikemas supaya menarik. Nanti diserahkan pada acara seserahan sebelum walimah.

    ReplyDelete
  15. Saya sedang bingung nih mba,,,adik saya mau nikah. Kemarin proses seserahan membawa barang-barang seserahan seperti di atas. Nah, kalau acara menikah, apa yang harus kami bawa selaku keluarga calon poengantin pria?

    ReplyDelete
  16. Hi to all, how is all, I think every one is getting more from this site, and your views are nice in favor of new visitors. outlook 365 email login

    ReplyDelete
  17. Setelah nikah uang belanja 500rb/hari

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. Visit Your Blog, Thanks you For Sharing , Make it share and keep going to do....

    ReplyDelete
  20. Get your favorites items online in Auckland Newzealand. Treasurebox is one of the most popular store which provide their customers all the items at lowest price . Buy Mattress nz

    ReplyDelete
  21. Watch online seriale online and all the other serials online in hd. WE are providing all the romania tv shows and serials on clicksud which you will be watch daily online.

    ReplyDelete
  22. I really appreciate the effort from two of you and hope my frustration didn't show through too much. canadian mortgage calculator Ignoring income and debt levels, it is possible to determine simply how much you can afford to spend by using a simple calculation. mortgage calculator canada

    ReplyDelete
  23. Doramasmp4 esperamos que la estés pasando genial viendo. DoramasMP4 siempre será el primero en tener el episodio, así que por favor marque y agréguenos en Facebook para actualizarlo.
    https://bibikor704.wixsite.com/doramas

    ReplyDelete
  24. Aku mau nanya dong, kalo mempelai pria nya udah kasih seserahan ke mempelai wanita nya trus yg belanja2 buat seserahan itu siapa? Apa boleh kedua mempelai nya aja yg belanja?

    ReplyDelete
  25. Hi. This post was extremely inspiring, especially since then. Getting a visa for Turkey from using your laptop, tablet, smartphone or desktop PC. visa required for Turkey, The visa application process takes no more than ten minutes.

    ReplyDelete
  26. Massage as we know it, possesses a ton of benefits. Everyone can enjoy a massage session, regardless of how simple it is and the type of person. 토닥이

    ReplyDelete
  27. Just make sure to look into their qualifications and go with your gut regarding comfort level and you're certain to find a fantastic massage experience. training

    ReplyDelete
  28. I'm never-endingly taking a gander at on the web for storys that can oblige me. There is unequivocally a substitute to like concerning this. I feel you made pleasingly hardly any salubrious obsessions in Attributes other than. Keep included, mind blowing calling! https://18.139.106.242

    ReplyDelete
  29. Good morning guys, Are you interested in travel in India.Yes, now India is open for tourism. You can apply for an Indian visa easily. It's a simple & secure process. You can fill your Indian visa application form online within 5 to 10 minutes and get your visa reacquired in 3 to 5 business days.

    ReplyDelete

  30. I am feeling very excited after reading your post . Thank You . Saudi Arabia e visa is very popular nowadays and the government of Saudi is supporting the e visa system . Really it make Saudi visa system very easy and supportive. And it also helps to promote Saudi tourism.

    ReplyDelete
  31. Very nice post. I just came to your blog and wanted to say,That I really enjoyed surfing around your blog posts. We provide cloud computing services, If you have any query related to cloud services companies then visit our website you will get complete information related to your query.

    ReplyDelete
  32. Hello guys, many people ask, how can I apply for a visa? You can apply for an e visa online. And your visa processing time depends on your nationality and your visa type.

    ReplyDelete
  33. Congratulations on your article, it was very helpful and successful. 7ac080f2943ea3a1db665bf09fb8d0eb
    sms onay
    numara onay
    website kurma

    ReplyDelete
  34. Thank you for your explanation, very good content. a2dde2fef3d613f0f7840206c9f6e503
    altın dedektörü

    ReplyDelete
  35. online gambling website from PG SLOT camp, the number one online gambling website of the ambslot

    ReplyDelete
  36. Great post I was wondering to find blog

    ReplyDelete
  37. Many times you have to do that work which right for everyone but some people know about it and they help others. Download App Way Child go to school and make his friends. He talk to them and share topics.

    ReplyDelete
  38. Your generosity in sharing these insights is truly appreciated. I eagerly anticipate joining the event to delve deeper into this captivating subject. Your willingness to contribute to our shared knowledge is truly commendable, sparking our curiosity about the upcoming revelations.

    ReplyDelete
  39. Your blog never fails to amaze me! The seamless blend of profound insights and captivating storytelling takes readers on a meticulously crafted voyage through a world of knowledge, designed to cater to individuals from all backgrounds. Your ability to simplify complex ideas is truly commendable. I sincerely appreciate the valuable content that deeply connects with your audience.

    ReplyDelete
  40. Your in-depth exploration of the subject is both insightful and captivating. The fluid integration of analysis and real-world examples adds a unique dimension to your content. I'm eagerly anticipating more of your distinctive perspective and thought-provoking material.

    ReplyDelete
  41. your blog feels like embarking on a thoughtful journey. The perfect blend of profound insights and expressive writing makes each post a delightful and intellectually stimulating read

    ReplyDelete
  42. Your blog is reminiscent of a snug blanket on a chilly autumn day - it envelops me in a sense of security and satisfaction. The authenticity you bring to your writing is a true treasure, and I am immensely grateful for the heartfelt warmth your words provide. Each time I visit your blog, it feels like a cherished escape from the outside world, a place where I can find solace and comfort.

    ReplyDelete
  43. In your blog post, your narrative prowess shines brightly. Each sentence is a carefully crafted brushstroke, contributing to a beautiful canvas of intellect and emotion. Navigating through your prose is an enriching experience, akin to strolling through the corridors of thought. Excitedly anticipating more chapters of your unique storytelling.

    ReplyDelete
  44. In your blog post, you've created a literary masterpiece—an exquisite symphony of intellect and elegance. Each paragraph unfurls like a painter's brush, constructing a vibrant canvas of profound insights. Your adept navigation through intricate subjects with clarity is truly praiseworthy. An enlightening exploration that leaves readers enriched and inspired. Appreciation for sharing this intellectual gem.

    ReplyDelete
  45. Prediksi Jitu HK - sdy - SGP - macau
    Here Syair Hk HK - sdy - SGP - macau
    Here Prediksi HK malam ini HK - sdy - SGP - macau
    Here Syair Sgp HK - sdy - SGP - macau
    Here Prediksi Toto HK - sdy - SGP - macau

    ReplyDelete