Serial TV Superboy

Serial TV Superboy
Serial TV Superboy


Pernah nggak sih kalian pakai celana ketat melebihi ketatnya celana sepeda, sarung yang menggantung di sepanjang punggung dan berharap bisa terbang? Yah, kalau dipikir-pikir konyol juga sih masa kecil dulu. Akan tetapi  hal tersebut cukup mainstream loh di masa kecil saya, terutama bagi anak-anak cowok. Hanya satu karakter DC Comics yang menginspirasi penggunaan sarung di punggung tersebut, yaitu Superboy atau Superman remaja. Sesosok Alien yang kehilangan planet asalnya dan di ungsikan ke bumi, kemudian dibesarkan oleh dua orang Bumi.




Storyline
Setelah didahului oleh empat film lepas sebelumnya, ada serial tv yang menemani kita di minggu sore pada tahun 90an, bertajuk Superboy. Berbeda dengan sekuel sebelumnya, fokus cerita Superboy mengarah pada evolusi Clark Kent (John Newton) dari Boy ke Man. Film seri ini juga menjelaskan bagaimana Lex Luthor Superboy’s Nemesis menjadi botak. Jadi sebenernya potongan rambut botak licin khas Luthor itu bukan atas kehendak sendiri.

Adapun seri Superboy ini tayang di Amerika sana dari tahun 1988 – 1992, yang dibagi menjadi 4 Season dan memiliki 100 episode. Fokus cerita dari serial ini adalah Superboy sendiri yaitu Clark Kent, teman masa kecil, gebetannya Lana Lang (Stacy Haiduk), dan teman kuliahnya TJ White (James Calvert). TJ White adalah anak dari editor Daily Planet, Perry White. Tidak ketinggalan juga musuh bebuyutannya Lex Luthor (Scott Wells).

Pada season pertama serial ini mungkin banyak yang menyadari kalau efek khusus yang digunakan cenderung kasar, karena memang pada season pertama tim produksi masih menghemat biaya.

Pada season ini juga kita penonton diajak untuk menjadi saksi kejadian heroik tatkala Superboy menyelmatkan Lex dari kecelakaan lab yang membuatnya kehilangan semua rambut di kepalanya yang membuatnya semakin familiar di kalangan para fans Superman. Hal ini pula yang menjadi pemicu Luthor memiliki rasa benci dan terhina terhadap Superboy, dan membulatkan tekad untuk menghancurkannya.

Seiring seri ini berjalan terjadi pergantian pemeran Superboy dan Luthor karena satu dan lain hal, namun seri ini masih terus berlanjut. Superboy diperankan oleh Gerard Christopher dan Lex Luthor oleh Sherman Howard. Dan luthor sendiri juga diceritakan melakukan operasi plastik untuk mengikuti paras seorang pencipta Superboy Gun yang Luthor yakini dapat membunuh Superboy. Pada season dua diperkenalkan beberapa tokoh antagonis yang diambil dari buku komiknya seperti Metallo, Bizzaro, Yellow Perri, Mister Mxyzptlk, dan seorang kriminal jenius Nick Knack yang menggunakan mainan sebagai sarana tindak kriminalnya. Season dua mengenalkan tokoh baru seperti teman sekamar Clark Kent yaitu Andy McAlister (Ilan Mitchell-Smith), karena TJ White sudah bekerja di Daily Planet.

Dengan mulai makin digemarinya film Batman adaptasi Tim Burton yang memiliki tema lebih dewasa dan jalan cerita yang lebih gelap. Memiliki pengaruh terhadap perkembangan cerita Superboy sendiri yang mana secara resmi judul seri ini berubah menjadi The Adventures of Superboy dan perubahan seting cerita dari Universitas Shuster ke The Bureau for Extra-Normal Matters di Capitol City di mana Clark dan Lana magang. Tema yang lebih gelap ini masih terus diataptasi hingga akhir season Superboy pada tahun 1992.

Superman atau Superboy menurut saya merupakan sosok pahlawan super yang kekuatanya ada di atas rata-rata pahlawan super lainya. Yang tentu saja pada posisi pertama masih dipegang oleh Dr. Manhattan dari Watchmen dan Songoku dari Dragon Ball.

Genre: Adventure, Fantasy, Sci-Fi
Durasi: 30 menit
Tanggal Release: 8 Oktober 1988
Season 1: 1988-1989, 26 episode
Season 2: 1989-1990, 26 episode
Season 3: 1990-1991, 26 episode
Season 4: 1991-1992, 22 episode
Creator: Joe Shuster, Jerry Siegel
Pemain: Stacy Haiduk, Gerard Christopher, Peter Jay Fernandez, John Newton, James Calvert, Scott Wells, Sherman Howard, Ilan Mitchell-Smith

Sumber: Wikipedia dan IMDb
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

36 comments:

  1. Pernah lihat film superboy, tapi pemerannya bukan yang ini..
    mungkin waktu yang itu, parabola belum masuk ke desa, sctv dan rcti waktu itu kan masih di kotaan.

    ReplyDelete
  2. Wah, baru tahu kalo Lex Luthor itu botak gegara kecelakaan di lab. ^^
    Keren, kak aku blom pernah nonton. Tahun '91 aku baru lahir. :D

    ReplyDelete
  3. nonton film ini tahun berapa ya lupa lagi :D

    ReplyDelete
  4. hmm aku engga tau film ini dari dulu sampai sekarang engga tau hehehe

    ReplyDelete
  5. aku sih kurang tau superboy, yang aku tau superman

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he iya kebanyakan filmnya tentang Superman

      Delete
  6. wah saya tau nih ini jadul banget :D

    ReplyDelete
  7. Film jadul memang keren ya, apalagi ketika disandingkan dengan versi baru ternyata lebih greget yang film versi lamanya. Makasih udah mengembalikan ke ingatan yang lalu. ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas. Tapi kalau lebih seru tergantung orang yang nonton juga :D

      Delete
  8. Dulu aku suka ngikutin seri super hero gini Vii..

    Tapi sejak teracuni Korea, udah jarang banget nonton Viii hehe...

    ReplyDelete
  9. dulu pernah ngetren tuh Vi gaya jambul rambut superboy di kampung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha bener, Kang. Model jambul tuh gaya banget!

      Delete
  10. superboy itu masa kecilnya superman ya...

    ReplyDelete
  11. Aku dulu nonton banget ini. Serialnya juga aku sukaa, tapi ngikutinnya yang SmallVille :) ceritanya kurang lebih sama sih.. tentang si clark kent hehe

    ReplyDelete
  12. kalau dulu superboy tap skrang yang lg ngtren Boy boy boy :D ..salam kenal mba' evi ,
    Kunjungi balik blog saya mba' http://nisfianisti.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Teh Nisfi, sudah berkunjung balik ya :)

      Delete
  13. jaman sd dulu suka banget nonton nya

    ReplyDelete
  14. Aku belom pernah nontooon :'

    ReplyDelete
  15. Dulu seneng banget nonton serial ini, sama sailormoon

    Hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong Teh. Sailormoon juga favorit saya hehe

      Delete
  16. Suamiku fans garis kerasnya superman, superboy salah satunya :D

    ReplyDelete
  17. belom pernah nonton sama sekali kak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah susah sih nontonnya, paling di Youtube :D

      Delete