Seri Novel Dunia: The Death Of The Heart Karya Elizabeth Bowen

Seri Novel Dunia: The Death Of The Heart Karya Elizabeth Bowen
Seri Novel Dunia: The Death Of The Heart Karya Elizabeth Bowen

Penulis dengan latar belakang hidup di zaman perang memang memiliki hidup yang keras, namun ada hikmah yang dapat dipetik oleh penulisnya, salah satunya kekayaan dalam cita rasa yang tercermin dalam karyanya. Di Indonesia, tentu kita mengenal Pramoedya Ananta Toer. Dari belahan dunia lain, ada Elizabeth Bowen. Pada tahun 1938, Elizabeth Bowen merilis novel keenamnya, berjudul The Death of the Heart, salah satu novelnya yang terkenal dan populer. Bowen menyebutnya sebuah novel 'pra-perang', sebuah karya novel yang mencerminkan waktu pra-perang dengan ketegangan yang tinggi, kecemasan yang semakin meningkat, dan stres yang besar pada individualisme.

Seri novel dunia yang saya bahas kali ini adalah novel The Death of the Heart karya Elizabeth Bowen. Novel yang masuk ke dalam jajaran book wish list saya tahun 2016. Seperti apakah cerita novel tersebut dan bagaimana kisah hidup penulisnya?


Biografi Singkat Elizabeth Bowen

Seri Novel Dunia: The Death Of The Heart Karya Elizabeth Bowen
Elizabeth Bowen

Elizabeth Dorothea Cole Bowen adalah seorang novelis kenamaan asal Anglo-Irlandia. Elizabeth Bowen lahir di Dublin, pada tanggal 7 Juni 1899 dan meninggal dunia ketika usianya 73 tahun, yaitu pada tahun 1973. Pada tahun 1907, ayahnya yang bernama Henry Charles Cole Bowen, mengalami sakit mental, lalu Bowen dan ibunya merantau ke Inggris, dan menetap di daerah Hythe. Pada tahun 1912, ibunya meninggal dunia, lalu Bowen diasuh dan dibesarkan oleh bibinya. Sempat mengenyam pendidikan di sekolah seni di London, Bowen akhirnya memutuskan bahwa bakatnya adalah menulis karya sastra.

Tahun 1923, buku cerita pendek pertamanya diterbitkan dengan judul Encounters. Elizabeth Bowen menikah pada tahun 1923, dengan Alan Cameron, seorang adminisator pendidikan yang sempat bekerja dengan BBC. Pernikahan tersebut dilaporkan tidak pernah terwujud. Selama perang dunia ke-2, Elizabeth Bowen bekerja untuk Kementrian Informasi Inggris, terutama pada masalah netralitas. Pandangan politik Bowen cenderung ke arah Konservatisme Burkean. Selama dan setelah perang itu, Bowen menulis antara ekspresi terbesar dalam hidup di masa-masa perang, antara lain, The Demon Lover and Other Stories (1945) dan The Heat of the Day (1948), ia pun dianugerahi CBE di tahun yang sama. Pada tahun 1937, Elizabeth Bowen menjadi anggota dari Irish Acedemy Of Letters.

Elizabeth Bowen juga akrab dan banyak mendapat kunjungan di rumahnya dari penulis-penulis sezamannya seperti Virginia Woolf, Eudora Welty, Eudora Welty, Carson McCullers, Iris Murdoch, dan sejarawan Veronica Wedgwood. Setelah suaminya meninggal pada tahun 1952, Bowen mengajar di Amerika Serikat untuk mendapatkan uang. Dia melakukan perjalanan ke Italia pada tahun 1958 untuk penelitian dan mempersiapkan tulisannya berjudul A Time in Rome (1960). Setelah menghabiskan waktu tak mempunyai rumah secara permanen, akhirnya ia menetap di daerah Church Hill, Hythe, pada tahun 1965. Selama hidupnya banyak novel yang ditulis oleh Elizabeth Bowen, yang terbilang sebagai penulis produktif, seperti The Hotel (1927), The Last September (1929), Friends and Relations (1931), To the North (1932), The House in Paris (1935), The Death of the Heart (1938), The Heat of the Day (1949), A World of Love (1955), The Little Girls (1964) dan Eva Trout (1968).

Pada tahun 1972 Elizabeth Bowen mengidap kanker paru-paru. Dia meninggal di University College Hospital pada tanggal 22 Februari 1973, berusia 73 tahun. Dia dimakamkan bersama suaminya di Farahy, County Cork. Di mana peringatan hidupnya diadakan dan dirayakan setiap tahun. Pada tahun 2009, Victoria Glendinning, penulis biografi, menerbitkan sebuah buku tentang hubungan antara Bowen dan Charles Ritchie, seorang diplomat Kanada yang berumur tujuh tahun lebih muda darinya, berdasarkan buku harian dan surat padanya. Pada tahun 1986, novel The Death of the Heart diadaptasi menjadi sebuah serial TV yang dibintangi oleh Patricia Hodge dan Miranda Richardson. Pada tahun 1977, Glendinning menerbitkan biografi pertama Elizabeth Bowen.

Cerita Novel The Death of the Heart
Novel The Death of the Heart, adalah kisah seorang gadis enam belas tahun, yatim piatu, bernama Portia Quayn, yang pindah ke London untuk tinggal bersama saudara tirinya, bernama Thomas. Pada awal novel, Portia bersama dengan Anna dan Thomas Quayne setelah ibunya meninggal. Portia adalah adik tiri Thomas. Mr Quayne (ayah Thomas) memiliki hubungan di luar nikah dengan Irene (ibu Portia) sementara ia sudah menikah dengan ibu Thomas. Ketika Irene hamil. Mr. Quayne bercerai dari ibu Thomas dan menikahi Irene. Mr Quayne, Irene, dan Portia kemudian meninggalkan Inggris dan melakukan perjalanan melalui Eropa sebagai orang buangan dari masyarakat dan dari keluarga Quayne, lalu tinggal di penginapan termurah. Irene dan Portia terus hidup dengan cara ini sampai ketika Portia memasuki usia 16 tahun, Irene meninggal. Portia dikirim untuk tinggal dengan Thomas dan Anna setelah kematian Irene. Rencananya dia untuk tinggal bersama mereka selama satu tahun.

Portia adalah gadis natural yang canggung, aspek kepribadiannya telah diintensifkan oleh masa-masa anehnya yang merupakan salah satu dari perjalanan konstan, perubahan orang asing, sementara pada saat yang sama menjadi sangat mengisolasi. Dia membuat buku harian yang merinci kehidupan orang-orang di sekelilingnya, terutama Anna, Anna menemukan dan membaca buku harian Portia. Dia marah dengan beralasan gadis tersebut mengamati setiap gerakannya, dan marah tentang gadis tersebut kepada temannya, St. Quentin seorang penulis dan sering pengunjung ke rumah Quaynes ini. Ini menjadi jelas selama novel yang Anna tidak suka Portia karena dia aneh. Anna dan Thomas umumnya tidak nyaman dengan Portia di rumah mereka. Mereka mengirimnya ke kelas dimana dia menemukan teman bernama Lilian. Pria bernama Eddie juga hadir dalam kehidupan Portia. Eddie bekerja di biro iklan Thomas. Dia juga memiliki hubungan asmara dengan Anna sebelum kedatangan Portia. Eddie ternyata tidak benar-benar mencintai Portia. Dipertengahan novel, Anna dan Thomas pergi berlibur ke Italia dan mengirim Portia untuk hidup dengan mantan pengasuh Anna, Ibu Heccomb, selama perjalanan mereka.

Klimaks dari novel terjadi ketika St. Quentin, teman Anna, memberitahu Portia bahwa Anna telah membaca buku hariannya. Kemudia Portia melarikan diri. Dia pertama kali pergi ke Eddie yang kewalahan olehnya dan mengatakan padanya bahwa ia adalah kekasih Anna (yang tidak resmi). Portia kemudian mengungsi dengan seorang kenalan dari Anna bernama Mayor Brutt. Portia pergi ke Mayor Brutt dan memohon padanya untuk melarikan diri dengannya dan menikahinya.  Mayor Brutt kemudian memanggil Thomas dan Anna untuk memberitahu mereka di mana Portia. Novel ini berakhir dengan Thomas dan Anna mengirimkan pembantu mereka, Matchett, ke Mayor Brutt dalam rangka untuk memembawa Portia. Novel tersebut gambaran brilian dari perjuangan masa remaja. Dunia sang penulis yaitu  Elizabeth Bowen selalu fantastis dan penuh perasaan; kejenuhan Portia adalah emosi yang tidak akan bertahan di dalamnya. Dalam masyarakat dimana tidak ada yang pernah mengatakan apa yang mereka maksudkan, dan Portia harus belajar untuk bermain sesuai aturan.

Novel The Death of the Heart, salah satu novel yang membawa sang novelisnya menjadi populer hingga hari ini, dan The Modern Library memasukan novel ini di peringkat ke-84 pada daftar 100 terbaik novel berbahasa Inggris dari abad ke-20 dan TIME Magazine juga memasukan novel tersebut sebagai salah satu novel terbaik dari 100 novel terbaik modern.

Sumber referensi dan gambar:
www.modernlibrary.com
www.biograpyh.com
Wikipedia.org
ww.bookrags.com
bookssnob.wordpress.com
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

1 comment: