Konten Kreatif dan Desain Blog Ala Shinta Ries Bagian 2

Mbak Shinta Ries sedang presentasi mengenai desain blog ~ Sumber foto Warung Blogger

Udah baca artikel pertama Konten Kreatif dan Desain Blog Ala Shinta Ries? Udah dong. Yuk, sekarang kita bahas tentang tips mendesain blog dari Mbak Shinta Ries.


Prinsip Desain Blog
Ada lima prinsip desain blog. Pertama, lisensi. Lisensi terdiri dari Free Personal Use, Free Commercial Use, Commercial License, Creative Commons, Standard License, dan Extended License. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.


Kedua, layout. Membuat layout yang idel itu kuncinya ada lima. 
a. Tipikal membaca dari kiri ke kanan
Kita sudah terbiasa membaca dari kiri ke kanan, seperti membaca buku. Maka enggak ada salahnya menerapkan cara baca tersebut ke blog.

b. Google membaca dari kiri ke kanan, atas ke bawah
Ternyata Google membaca blog kita pun dari arah kiri ke kanan. Dari atas ke bawah. Nah buatlah layout dengan cara baca seperti itu agar mudah terbaca oleh Google.

Ideal Layout ~ Sumber dari Mbak Shinta Ries

c. Fokus ke konten
Dalam membuat layout, kamu harus fokuskan penglihatan pembaca pada konten. Layout konten harus mendominasi blogmu.

Layout Blog ~ Sumber dari Mbak Shinta Ries

d. Tidak terlalu banyak pernak-pernik
Bukan berarti blog kamu enggak boleh ada pernak-perniknya, lho. Pernak-pernik sangat menunjang desain blog. Misalnya kamu mau menambahkan social media, boleh saja. Yang menjadi catatan adalah jangan terlalu banyak pernak-pernik blog karena akan mengurangi kenyamanan pembaca blogmu.

e. Bersih dan minimalis desain
Layout blog yang ideail itu bersih dan minimalis sehingga pembaca mudah menemukan apa yang mereka cari. Layout blog seperti ini juga membuat mata pembaca enggak cepat lelah, jadi maunya berlama-lama berkunjung di blogmu.

Contoh layout blog ~ Sumber dari Mbak Shinta Ries
Ketiga, font. Pilihan font bisa membuat blogmu menjadi unik dan apik. Di bawah ini beberapa site yang menyediakan font gratis yang bisa kamu unduh:
Google Fonts (http://www.google.com/fonts/)
Dafont (http://www.dafont.com/)
Font Squirell (www.fontsquirrel.com/)
My Fonts (http://www.myfonts.com/)

Ada dua jenis font yang biasa digunakan dalam blog yaitu font sans-serif dan font script. Font sans-serif itu font yang tanpa kait, lebih mudah terbaca. Sedangkan font script adalah font yang berkait, agak kriwel-kriwel gitu. Kamu bisa memilih salah satunya atau mengkombinasikan keduanya.

Jenis font ~ Sumber dari Mbak Shinta Ries

Keempat, warna. Mengkombinasikan warna untuk blog kita itu gampang-gampang susah. Penginnya warna blog enak dilihat oleh pembaca. Kamu bisa menggunakan jasa site: Design Seeds (www.design-seeds.com) untuk memudahkanmu menemukan kombinasi warna yang tepat.

Mengkombinasikan warna ~ Sumber dari Mbak Shinta Ries

Kelima, konten. Kesalahan dasar layout konten adalah menggunakan font standar atau font dengan layer efek dramatis. Alangkah lebih menarik menggunakan font yang unik, namun enggak perlu juga pakai layer efek dramatis. Justru dengan layer efek dramatis ini, keterbacaan kontenmu berkurang.

Contoh layer efek dramatis ~ Sumber dari Mbak Shinta Ries

Nah, semoga materi yang saya dapat dari menyimak presentasi Mbak Shinta Ries ini bermanfaat buatmu. Sejujurnya, saya juga masih belajar mengaplikasikan poin-poin di atas. Yuk, belajar bareng ^_^
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

2 comments:

  1. Mak Shinta emang keren, jadi dari kiri ke kanan y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Astin. Kayak kita juga biasa baca dari kiri ke kanan :)

      Delete