Seri Novel Dunia: 1984 Karya George Orwell

Seri Novel Dunia: 1984 Karya George Orwell
Seri Novel Dunia: 1984 Karya George Orwell

Sudah lama saya mendengar tentang novel berjudul 1984 karya George Orwell ini. Namun saat itu saya belum tahu siapa penulisnya. Saya bahkan sempat tertukar dengan 1Q84-nya Murakami. Seri novel dunia 1984 karya George Orwell ini tidak masuk ke dalam book wish list saya berhubung saya sudah memilikinya.

Nineteen Eighty-Four, diterbitkan pertama kali pada tahun 1949, sebuah novel karya sastrawan Inggris George Orwell. Novel yang melambungkan namanya di jagat kesusastraan dan sering menjadi kajian-kajian sastra di seluruh dunia.


Biografi Singkat George Orwell

George Orwell
George Orwell

George Orwell lahir di Motihari, Bengal, India, pada tahun 1903. George Orwell menciptakan beberapa fiksi satir tajam dari abad ke-20 dengan karya-karya seperti Animal Farm dan Nineteen Eighty-Four. Dia adalah seorang pria dengan argumen-argumen kuat yang ditujukan kepada beberapa gerakan politik besar, termasuk imperialisme, fasisme, dan komunisme.

George Orwell adalah anak seorang pegawai negeri Inggris. Dia menghabiskan hari pertamanya di India, di mana ayahnya ditempatkan. Ibunya membawanya dan kakaknya, Marjorie, ke Inggris sekitar satu tahun setelah kelahirannya dan menetap di Henley-on-Thames. Ayahnya sendiri tinggal di India dan jarang dikunjungi. Adiknya yang lebih muda, Avril, lahir pada tahun 1908. Orwell tidak benar-benar tahu ayahnya sampai dia pensiun dari layanan pada tahun 1912. Dan bahkan setelah itu, pasangan tersebut tidak pernah membentuk ikatan yang kuat. Dia menemukan ayahnya menjadi kusam dan konservatif.

Menurut salah satu biografi George Orwell, kata pertama Orwell adalah "jijik". Dia adalah seorang anak yang sakit, sering berjuang melawan bronkitis dan flu. Orwell diberitakan pernah menyusun puisi pertamanya pada usia yang keempat. Dia kemudian menulis, "Aku punya kebiasaan selayaknya anak yang kesepian yaitu mengarang cerita dan membuat percakapan dengan orang-orang imajiner, dan saya pikir dari awal ambisi sastra saya bercampur dengan perasaan terisolasi." Salah satu keberhasilan pertama sastranya datang pada usianya yang ke-11. Ketika itu puisinya diterbitkan di surat kabar lokal.

Nineteen Eighty-Four terbukti menjadi sukses besar bagi penulisnya, tetapi George Orwell memiliki sedikit waktu untuk menikmati kesuksesannya karena berada ditahap akhir pertempuran melawan penyakitnya yaitu tuberkulosis. Dia meninggal pada tanggal 21 Januari 1950, di sebuah rumah sakit di London. Dia mungkin telah meninggal terlalu cepat, tapi ide dan pendapatnya telah tertinggal melalui karyanya, yaitu Animal Farm dan Nineteen Eighty-Four.

Orwell adalah seorang ahli dalam menciptakan dunia begitu mengerikan, bahwa hal itu dapat menimbulkan perasaan tertekan pada pembaca dari halaman pertama.

Novel 1984
Nineteen Eighty-Four, berkisah tentang manusia-manusia yang dizalimi dengan keras oleh sebuah partai yang menganut ideologi totaliternya. Perang dunia yang berlangsung abadi di Provinsi Airstrip One di Oseania. Sebuah pemerintah yang diktaktor mengawasi di mana-mana, setiap argumen masyarakatnya dikendalikan dengan penuh tekanan, didogma oleh paham politik sosialisme Inggris. Kejahatan mereka dipimpin oleh Big Brother, kepribadian yang kuat sekaligus dikultuskan, pemimpin partai yang penuh kelicikan. Mereka sering membuat dan mengatur setiap peraturan yang mereka anggap benar. Kebenaran tunggal. 

Kisah ini berpusat pada tokoh protagonis, Winston Smith yang bertanggung jawab untuk propaganda-propaganda, dia juga bekerja di Kementrian Kebenaran, sekaligus anggota Outer Party. Dia adalah orang yang mengharapkan akan adanya pemberontakan secara serius kepada Big Brother. Winston Smith adalah anggota berpangkat rendah partai yang berkuasa di London, di negara Oseania. ke mana-mana Winston pergi, bahkan rumahnya sendiri selalu diawasi oleh sosok Big Brother. Partai mengontrol segala sesuatu di Oceania, bahkan sejarah dan bahasa rakyat. Partai memaksa pelaksanaan bahasa diciptakan disebut Newspeak, yang mencoba untuk mencegah pemberontakan politik dengan menghilangkan semua kata yang berhubungan dengan itu. Bahkan memikirkan pikiran-pikiran yang memberontak adalah perbuatan ilegal. Pada kenyataannya, inilah yang terburuk dari semua kejahatan.

Winston merasa frustrasi dengan penindasan dan kontrol yang kaku dari partai yang melarang pemikiran bebas, seks, dan ekspresi individualitas. Winston tidak suka partai dan telah secara ilegal membeli buku harian dimana dia menulis pengalaman kriminalnya. Dia juga menjadi terpaku pada anggota partai kuat bernama O'Brien, Winston percaya meraka adalah anggota rahasia grup legendaris misterius yang bekerja untuk menggulingkan partai.

Winston bekerja di Kementerian Kebenaran, di mana dia mengubah catatan sejarah agar sesuai dengan kebutuhan partai. Dia melihat seorang rekan kerja, seorang gadis berambut gelap yang indah, menatapnya, dan kecurigaan menyergap bahwa gadis itu adalah seorang informan yang akan mengubahnya. Dia terganggu oleh kendali Partai Sejarah: partai mengklaim bahwa Oceania selalu bersekutu dengan Eastasia dalam perang melawan Eurasia, tapi Winston tampaknya mengingat saat ini tidak benar. Partai juga mengklaim bahwa Emmanuel Goldstein adalah orang yang paling berbahaya, tapi ini tampaknya tidak masuk akal untuk Winston. Winston menghabiskan malamnya mengembara melalui lingkungan termiskin di London, di mana kaum proletar, atau proles, hidup jorok, relatif bebas dari pengawasan partai.

Suatu hari, Winston menerima catatan dari gadis berambut hitam yang bertuliskan "I love you". Gadis itu mengatakan kepadanya namanya, Julia, dan mereka mulai berbagi urusan rahasia, selalu mencari tanda-tanda pemantauan partai. Akhirnya mereka menyewa kamar di atas toko bekas di distrik Prole di mana Winston membeli buku harian itu. Hubungan ini berlangsung selama beberapa waktu. Winston yakin bahwa mereka akan ditangkap dan dihukum cepat atau lambat (yang fatalistik Winston tahu bahwa dia telah ditakdirkan sejak dia menulis catatan harian pertama), sedangkan Julia lebih pragmatis dan optimis. Sejak urusan Winston dengan Julia berlangsung, kebenciannya untuk partai tumbuh lebih banyak dan lebih intens. Akhirnya, dia menerima pesan yang telah dia tunggu: O'Brien ingin bertemu dengannya.

Winston dan Julia pergi ke apartemen mewah O'Brien. Sebagai anggota batin partai kuat (Winston milik Partai Outer), O'Brien memiliki kehidupan mewah  yang Winston hanya bisa bayangkan. O'Brien menegaskan ke Winston dan Julia, seperti mereka, dia membenci partai. Winston membaca buku-campuran dari beberapa bentuk sosial abad kedua puluh di sebuah toko. Tiba-tiba, tentara menerobos masuk dan menangkap mereka.

Winston menemukan bahwa O'Brien juga adalah mata-mata partai yang hanya berpura-pura menjadi anggota dari Persaudaraan untuk menjebak Winston melakukan pemberontakan terbuka terhadap partai. O'Brien menghabiskan waktunya untuk menyiksa dan mencuci otak Winston yang berjuang untuk melawan partai. Akhirnya, O'Brien mengirimkan dia ke ruang ditakuti 101, tujuan akhir bagi siapa saja yang menentang partai. Di sini, O'Brien mengatakan pada Winston bahwa dia akan dipaksa untuk menghadapi rasa takut terburuknya. Sepanjang novel, Winston telah memiliki mimpi buruk berulang tentang tikus; O'Brien memasukan tikus-tikus ke kepala Winston dan mempersiapkan para tikus untuk memakan wajahnya.

George Orwell merangkum novel Nineteen Eighty-Four pada tahun 1944, dan tiga tahun kemudian  George Orwell menulisnya di salah satu pulau di Skotlandia, Jura, dari tahun 1947 sampai 1948, meskipun Orwell sedang menderita tuberkulosis.

Majalah Time, pada tahun 2005 memasukan novel Nineteen Eighty-Four sebagai salah satu novel terbaik dari 100 novel Inggris dari tahun 1923 sampai 2015. Dan The Modern Library memasukan novel ini pada urutan nomor 13 dari 100 novel terbaik dunia.

Referensi dan gambar:
http://nicolebasaraba.com/book-review-1984-by-george-orwell/
http://www.sparknotes.com/lit/1984/summary.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Nineteen_Eighty-Four
http://www.biography.com/people/george-orwell-9429833
http://www.blogcdn.com/www.dailyfinance.com/media/2013/01/george-orwell--1040cs012513.jpg
http://isoladipatmos.com/wp-content/uploads/2014/12/1984-George-Orwell.jpg
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

7 comments:

  1. 1984 sama 1Q84 ini dua novel favorit saya, sekaligus kedua penulisnya kesukaan saya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka 1Q84, sayangnya buku ketiganya kurang bagus. Hanya pengulangan informasi saja :)

      Delete
  2. Waah baca sinopsisnya seru banget, saya suka kalau disuruh baca biografi dan kayaknya musti baca buku keseluruhannya. Makasih Vi referensinya

    ReplyDelete
  3. George Orwell? Saya malah baru tentang dia di tulisan mbak Evi ini :D

    ReplyDelete
  4. Numpang ya min ^^
    Ayo buruan bergabung di www,kenaripoker

    Bonus 50% hanya deposit Rp 10.000 sudah bisa mainkan banyak game disini, TO rendah tidak menyekik player, server baru dengan keamanan dan kenyamanan yang lebih!
    hanya di kenaripoker

    WHATSAPP : +855966139323
    LIVE CHAT : KENARIPOKER COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER COM

    ReplyDelete