Radang Tenggorokan Dapat Mengincar Siapa Saja, Bagaimana Cara Menghindarinya?


Radang tenggorokan merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang paling umum sekali dialami oleh masyarakat Indonesia, bisa dikatakan cukup familiar. Banyak sekali hal yang menyebabkan masalah tersebut, salah satunya muncul secara bersamaan akibat batuk ataupun demam. Tetapi tidak sedikit pula orang yang mengalami masalah tersebut akibat sering menyepelekan hal-hal kecil yang ternyata berimbas pada masalah radang tenggorokan tersebut. Radang tenggorokan dapat mengincar siapa saja, bagaimana cara menghindarinya? Ada baiknya kita mengetahui gejala, penyebab, dan bagaimana cara mengatasi radang tenggorokan.

Radang Tenggorokan Dapat Mengincar Siapa Saja, Bagaimana Cara Menghindarinya?
Radang Tenggorokan Dapat Mengincar Siapa Saja, Bagaimana Cara Menghindarinya?
Sumber: Pixabay - ary74

Dalam dunia medis radang tenggorokan adalah kondisi terjadinya peradangan pada bagian tenggorokan yang disebabkan oleh munculnya infeksi. Umumnya infeksi tersebut bersifat akut serta menyerang saluran tenggorokan kamu. Banyak sekali gejala radang yang bisa ditunjukkan dan kamu kenali seperti berikut ini:

  1. Sakit saat akan menelan makanan, sekalipun itu sangat lembut.
  2. Demam tinggi yang membuat penderita menggigil.
  3. Terdapat beberapa benjolan yang ada pada bagian leher.
  4. Suara yang didapatkan sangat serak dan sulit untuk mengeluarkan.
  5. Adanya darah yang muncul pada bagian air liur kamu.

Selain dari infeksi bakteri ataupun virus yang menyerang bagian tenggorokan kamu, ada beberapa faktor lainnya yang membuat kamu mengalami masalah pada radang tenggorokan seperti:

  1. Alergi
Tidak banyak yang sadar jika radang tenggorokan itu bisa saja muncul akibat adanya alergi saat menyerang. Ini merupakan salah satu akibat dari beberapa masalah seperti debu, serbuk sari, paparan matahari, bulu hewan peliharaan ataupun yang lainnya.

  1. Kurang air putih
Dalam satu hari, tubuh manusia membutuhkan minimal 2 liter air mineral atau air putih. Nah, jika kamu selalu kekurangan setiap harinya lama-kelamaan akan mempunyai potensi yang sama yaitu terjadinya radang tenggorokan. Apalagi ditambah dengan seringnya konsumsi makanan panas dan pedas.

  1. Mengonsumsi makanan panas, dingin, dan pedas berlebihan
Mengonsumsi makanan saat masih panas atau dingin dapat melukai permukaan tenggorokanmu. Bisa melepuhkan jaringan luar tenggorokan. Begitupun dengan makan makanan pedas secara berlebihan sehingga menyebabkan panas dalam. Gejala panas dalam salah satunya adalah radang tenggorokan.

  1. Konsumsi alkohol
Tidak sedikit orang yang sudah terbiasa dengan mengkonsumsi alkohol setiap harinya, tidak menjadi masalah. Tetapi untuk kesehatan pasti akan berimbas besar, terutama pada bagian tenggorokan yang kering sehingga akan menimbulkan peradangan.

Secara umum memang banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya peradangan pada seseorang. Tetapi pada dasarnya hal tersebut bisa saja dicegah dengan beberapa usaha yang baik. Upaya-upaya tersebuat adalah dengan mengonsumsi air putih secara teratur sesuai dengan kebutuhan tubuh kita minimal 2 liter. Makan buah-buahan dan sayur-sayuran lunak juga sangat disarankan.  

Nah, bagi kamu yang ingin terhindar dari radang tenggorokan bisa mulai dengan pola hidup yang sehat, pola makan yang baik, lingkungan bersih, istirahat yang cukup, dan tentunya hindari kontak langsung dengan lingkungan buruk. Dengan begitu tidak akan mengalami masalah lagi dari bagian tenggorokan ataupun yang lainnya.
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

7 comments:

  1. aku paling sering niy mbak kena radang tenggorokan biasanya setelah banyak minuman dingin..bener2 gak nyaman di badan

    ReplyDelete
  2. Haduh jangan makan pedes emang aga susah heheu kurangi ah apalagi mau bulan puasa ya teh

    ReplyDelete
  3. Aku nih sering kena radang tenggorokan. Alhamdulillah sih, dengan banyak minum air putih anget, jadi cepet sembuh. Paling kalo paah minum air perasan jeruk nipis.

    ReplyDelete
  4. Apalagi musim peralihan gini, mudah banget kena radang tenggorokan, hiks... Tapi biasanya aku suka Mudra, hihi, jadi cepat teratasi

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Kalo cuaca ngga menentu dari panas ke hujan biasanya rentan banget kena radang. Apalagi kalo malanan ga dijaga ya, Teh. Aku sukanya istirahat yang cukup, trus minum madu dan lemon dilarutkan pake air hangat.

    ReplyDelete
  7. harus minum air putih yang cukup ya.. tetap jaga kesehatan ya :D

    ReplyDelete