Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba? (Sumber: Pixabay - nattanan23)


Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba? - Tahun baru 2019 udah lewat 3 bulan. Awal tahun udah pada bikin wish list, dong? Entah itu barang-barang yang pengin dibeli, renovasi rumah, ganti kendaraan, tempat-tempat liburan yang ingin disambangi, dan seabreg impian lainnya. Kira-kira tabungan kamu bakalan mencukupi? Atau mau cari kerja sampingan dan kerja keras bagai kuda?


Setelah mengalami setahun maha berat di tahun 2018, saya sendiri masih nyicil buat bayar sana-sini. Tapi dari kondisi sulit itulah saya belajar banyak kalau investasi itu penting, bukan cuma memuaskan dahaga wish list tapi juga buat kondisi-kondisi enggak terduga. Saya membulatkan tekad buat ‘benar-benar’ berinvestasi.

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?

Masalahnya, bentuk investasi itu buanyaaak… banget! Pusing juga mau pilih yang mana? Saya putuskan untuk mempelajari semua bentuk investasi. Termasuk cryptocurrency investasi yang kebilang baru di Indonesia. Karena itulah sabtu, tanggal 30 Maret kemarin saya menghadiri The Triv Festival. Edukasi tentang cryptocurrency yang diadakan oleh Triv Pro. Biar kata itu malam minggu atau menerjang hujan sekalipun, saya tetap hadir. Ya, kali nggak ada yang ngajak malam mingguan jugak! Hu hu hu.

Mengapa Kita Harus Berinvestasi?
Segudang alasan mengapa kita harus berinvestasi. Di atas sudah saya jelaskan sedikit. Mas Kurnia Bijaksana dari Triv Pro memaparkan dengan terang benderang soal ini. Oke, siapa yang baca sekarang adalah generasi milenial? Saya! Saya!

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Generasi milenial kebanyakan sandwich generation (Sumber: Pixabay - Robert-Owen-Wahl)

Menurut Mas Kurnia, generasi milenial Indonesia masa kini kebanyakan tergabung pada sandwich generation. Nah loh, apalagi ini? Begini maksudnya, jadi orang tua kita termasuk ke dalam generasi Baby Boomers atau Gen X yang akan segera pensiun. Sedangkan generasi di bawah kita adalah Gen Z atau Gen Alpha yang belum produktif atau belum punya penghasilan. Maka generasi milenial ini harus menanggung beban kebutuhan orang tuanya sekaligus keperluan anak-anaknya. Tekanan dari dua arah inilah yang dimaksud sandwich generation. Kayak sandwich: sayur-mayur, daging, mayonnaise yang diimpit roti.

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Mas Kurnia memaparkan seluk-beluk cryptocurrency

Di sisi lain, sebagai anak milenial kita juga punya kebutuhan primer, sekunder, dan tersier dong. Yang tersier ini bisa saya katakan sebagai kubutuhan lifestyle yang paling mahal di antara kebutuhan lainnya. Benar nggak? Pengin dong seminggu sekali ngopi cantik bareng sobat? Lemah terhadap serangan diskon online shop, beli baju saban hari dan jalan-jalan ke tempat ciamik demi memperindah feed Instagram. Mikirinnya aja udah puyeng.

Apa dong solusinya biar semua kebutuhan diri sendiri, orang tua, dan anak tercukupi? Jalan keluarnya, aslinya sederhana. Praktiknya itu loh yang kudu disiplin. Nah, kamu tinggal pilih buat menghasilkan lebih banyak uang atau hidup hemat, kalau bisa mengencangkan ikat pinggang se… ketat-ketatnya. Kalau saya sih pilih hidup cukup sembari menghasilkan banyak uang huahaha!

Bagaimana cara menghasilkan lebih banyak uang? Peningkatan karir, investasi, trading, bisnis, atau mencari tambahan orang buat menopang kebutuhan. Nah, ngomongin investasi, kamu tentu udah familiar dengan investasi mata uang asing, emas, saham, dan properti. Kalau cryptocurrency? Saya juga masih asing, kok.

Belajar Seluk-beluk Cryptocurrency
Mari kita mulai dengan apa itu cryptocurrencyCryptocurrency adalah digital asset designed to work as a medium of exchange. Uses strong cryptography and decentralized control technology called blockchain. Aset digital yang dirancang sebagai media pertukaran. Menggunakan kriptografi dan kontrol teknologi terdesentralisasi yang disebut blockchain. Intinya aset cryptocurrency berupa aset digital.

Mengapa cryptocurrency? Pertama, sebab kita telah memasuki era cashless atau penggunaan uang digital seperti OVO, Gopay, dll. Kedua, uang digital ini keunggulannya dalam kecepatan dan ketepatan bertransaksi. Ketiga, makin banyak orang ingin asetnya didesentralisasi. Maksudnya enggak disimpan di satu tempat saja untuk mengurangi risiko seperti kena hack.

Di mana bisa berinvestasi cryptocurrency ini? Salah satunya di Triv Pro yang dibagi dua yaitu Triv.co.id dan Tpro.co.id. Enaknya kita bisa mengakses dan main cryptocurrency di Triv Pro 24 jam 7 hari. Enggak ada liburnya, gaes! Siapa sih yang sudah berhasil di dunia cryptocurrency ini? Pada tahu kan, Facebook? Nah, ada sepasang anak kembar yaitu Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss yang mengembangkan Facebook. Sekarang mereka sudah keluar dari Facebook dan bergelut di dunia cryptocurrency sampai jadi milyarder. Kapan ya saya dan Eva kayak gitu? *Berdoa sepenuh hati*

Pertanyaannya kemudian apa sih itu teknologi blockchain? Simak ilustrasi di bawah ini ya:

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Blockchain and cryptocurrency

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Blockchain and cryptocurrency

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Blockchain and cryptocurrency

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Blockchain and cryptocurrency

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Blockchain and cryptocurrency

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Blockchain and cryptocurrency

Karena ada segel atau hash itulah blockchain ini jadi aman. Orang yang mau nge-hack mesti nge-hack sejumlah komputer yang ada di block tersebut dalam waktu sekaligus. Intinya susah banget, deh!

Siapa yang bikin segel? Di sistem blockchain ada cryptographer. Komputer pun trial and error-nya bisa beribu-ribu kali untuk menghasilkan hash. Nah, siapa yang bisa memecahkan hash itu bisa dapat saldo tambahan. Makin banyak yang bergabung dengan blockchain makin sulit hash-nya. Dan makin banyak yang ikutan cryptocurrency harganya makin naik begitupun sebaliknya, makin sedikit yang ikutan cryptocurrency harganya makin rendah. Sekarang masih sedikit yang ikutan. Menurut Mas Kurnia inilah saat yang tepat untuk membeli cryptocurrency.

PRO dan KONTRA Cryptocurrency
Pro dan kontra berinvestasi cryptocurrency ini karena naik turunnya bisa sangat besar. Misalnya kita beli sebesar 1jt dan turunnya bisa sampai 100rb atau naiknya bisa sampai 10jt. High risk, high return juga, yak.

Apakah cryptocurrency ini illegal? Sebagai alat pembayaran yang legal hanya rupiah sedangkan untuk alat investasi cryptocurrency ini legal. Kontra lainnya adalah siklus bubbles yaitu siklus kenaikan dan penurunan yang ekstrem seperti bisa kita lihat di bawah ini:

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Bubbles cryptocurrency

Jadi kalau kita mau berinvestasi cryptocurrency harus betul-betul paham ilmunya dan pelajari pasar.

Cryptocurreny Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Sebelum terjun ke cryptocurrency, tentukan mindset dulu apakah ingin berinvestasi saja atau mau jadi trader? Apa pun pilihanmu, Mas Kurnia menekankan bahwa JANGAN PERNAH menginvestasikan uang kebutuhan harian apalagi kalau kamu punya keluarga dan jangan meminjam uang. Selain itu belajar mengendalikan emosi terutama soal keuangan. Dan membuat perencanaan itu harus banget! 3 kunci berinvestasi di cryptocurrency adalah analisis, perlindungan keuangan, dan manajemen emosi.

Bila kamu memutuskan untuk berinvestasi ingatlah bahwa Roma enggak dibangun dalam sehari. Bila kamu memilih menjadi trader camkan bahwa Hiroshima dan Nagasaki dihancurkan dalam semalam.

Cryptovurrency Bersama Triv Pro
Mau coba cryptocurrency? Gabung bersama Triv Pro aja. Mengapa? Triv Pro memiliki tim IT yang berpengalaman. Didirikan sejak 2015 yang terdiri dari ex-banker developer dan penetration tester berpengalaman.

Cryptocurrency Investasi Gaya Baru, Mau Coba?
Mbak Merlin menjelaskan tentang Triv Pro

Menurut Mbak Merlin, ada berbagai jenis tipe order di Triv Pro yaitu Good Til Time, Immediate or Cancel, dan Stop Loss. Triv Pro ini tipikalnya marketplace jadi bisa jual bisa beli. Good Til Time maksudnya kita membeli sesuai dengan budget yang kita inginkan. Contohnya mau beli di harga 300rb, selama belum sampai segitu ya nggak akan beli statusnya.

Deposit dan penarikan dalam bentuk rupiahnya bisa kapan saja selama 24 jam 7 hari dan disetor ke berbagai bank. Triv Pro ini merupakan marketplace yang likuid dengan modal dasar PT disetor lebih dari 20 miliar rupiah. Terjaminlah, ya? Coba buka dan lihat-lihat dulu websitenya.

Masih bingung buat berinvestasi cryptocurrency? Masih puyeng? Tenang, Triv Pro memiliki tim yang akan membimbing kita. Buat yang suka tantangan cryptocurrency ini cukup menarik dan menjanjikan. Ye, kan?

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

12 comments:

  1. Nah, dari tahun2 kemarin saya berusaha baca tetep masih belum "klik" dengan yg namanya cryptocurrency

    Habis baca tulisannya mbak, investasi cryptocurrency itu sebenarnya sama dengan kita investasi ke mata uang lain (misalnya USD atau Yen) gitu ya mbak? Berarti ntar keuntungan didapat dari gain ketika nilai tukarnya naik ya?

    ReplyDelete
  2. Baru tau ttg crytocurrency ini, jadi terbuka deh pemikiran ttg investasi cara lain selain emas, saham

    ReplyDelete
  3. Wah ini investasi gaya baru yah, harus belajar banya nih tentang crytocurrency ini

    ReplyDelete
  4. Investasi yg baru Kutau.. dan harus pelan2 baca nya biar paham hehe

    ReplyDelete
  5. Kebetulan banget teh emang lagi mau berinvestasi. Thanks infonya, aku jadi tau cara investasi baru ini.

    ReplyDelete
  6. Ini menarik ya. Cuman kita mesti pelajari sampe khatam

    ReplyDelete
  7. hihihi uniuk juga istilahnya: sandwich generation
    butttt...
    saya masih bingung dxengan investasi cryptocurrency :D

    ReplyDelete
  8. Are You In Need Of A Private Or Business Loans At 2% Rate For Various
    Purposes? If Yes; Contact us: collinsguzmanfundings@gmail.com/WhatsApp: +1 (786) 598-8751


    *Full Name:_________

    *Address:_________

    *Tell:_________

    *loan amount:_________

    *Loan duration:_________

    *Country:_________

    *Purpose of loan:_________

    *Monthly Income:__________

    *Occupation__________

    *Next of kin:_________

    *Email :_________

    Thanks and best regards
    Managements
    COLLINS GUZMAN FUNDING'S
    Website: https://collinsguzmanfundi.wixsite.com/website

    ReplyDelete
  9. lumayan tertarik tapi apakah ini ada resikonya ga teh

    ReplyDelete
  10. Belum bisa membayangkan uang maya saat berinvestasi.
    Padahal kita nabung juga uang maya yaa..
    cryptocurrency salah satu pilihan dalamberinvestasi di masa kini.

    ReplyDelete
  11. Numpang ya min ^^
    Ayo buruan bergabung di www,kenaripoker,com

    Bonus 50% hanya deposit Rp 10.000 sudah bisa mainkan banyak game disini, TO rendah tidak menyekik player, server baru dengan keamanan dan kenyamanan yang lebih!
    hanya di kenaripoker.com

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER.COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER.COM

    ReplyDelete
  12. Baru tahu ada investasi seperti ini. Pelan-pelan ah bacanya, mulai dari atas lagi biar tahu. Hihihi.

    ReplyDelete