Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa


Kamu termasuk tim anak pantai atau tim anak gunung? Kalau saya sih tim anak gunung berhubung punya fobia air. Tapi nggak nolak juga sih, kalau diajak main ke pantai he he he. Nah, kalau kamu termasuk tim anak pantai, saya punya rekomendasi pantai yang wajib kamu kunjungi yaitu Pantai Papuma! Pantai Papuma adalah salah satu pantai terindah di Pulau Jawa.


Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa

Tahun lalu tepatnya bulan September, saya dan teman-teman peserta Sueger Camp 2018 setelah mengubek-ubek Taman Botani Sukorambi bertolak ke Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Di sanalah Pantai Papuma terbentang dengan angun dan misteriusnya. Letaknya tidak jauh dari Jember, sekitar 45 menit jika ditempuh dengan kendaraan bermotor. Kalau kamu sudah pernah Jember pasti tahu bahwa di sana kurang tersedia transportasi umum. Beruntungnya saya karena panitia telah menyediakan bus untuk ke Pantai Papuma.  

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa

Jalan menuju Pantai Papuma udah bagus, udah beraspal. Medannya memang cukup curam, meliuk-liuk naik-turun. Semuanya terbayar oleh kepuasan menikmati pantai ini. Sempatkanlah buat menepi sebelum masuk ke gerbang pantai. Spot dari jalan cakep banget. Kamu bisa melihat seluruh pantai dan pasti tergoda buat memotretnya. Kalau saya waktu itu enggak kesampaian mau motret hiks.

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Penginapan di Pantai Papuma

Tiba di gerbang Pantai Papuma, aroma laut yang asin menyeruak. Untuk masuk ke area pantai kamu harus membayar Rp20.000,- per orang pada hari libur dan Rp15.000,- pada hari biasa. Sedangkan untuk pengunjung mancanegara dikenakan biaya seharga Rp35.000,-. Mau kemping? Ada biaya tambahan sebesar Rp5.000,-. Parkir roda dua sebesar Rp2.000,-, parkir roda empat Rp5.000,-, dan parkir roda enam Rp10.000,-. Kalau mau berenang ada toilet umum yang cukup bersih di sana. Paling bayar Rp2.000,- aja.
 
Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa

Saya berjalan kaki menyisir pantai bersama teman-teman. Di antara jalanan yang juga sudah diaspal, nampaklah beberapa penginapan berdiri milik Perum Perhutani bernama Foresta Resort Tanjung Papuma menghadap ke laut. Iseng-iseng kami bertanya pada pengurus resort, ternyata ada beberapa pilihan kamar mulai dari harga Rp300.000,- sampai Rp800.000,- tergantung jumlah kamar. Fasilitasnya sendiri terdiri dari AC, TV, dan kamar mandi dalam. Informasi lengkap sila hubungi Pak Suharno di 08123055191 atau Pak Gandung 081333339973. Pilihan lain, kamu bisa kemping di pantai. Ada juga penyewaan tenda dan kebutuhan lainnya. Sayangnya karena waktu kami terbatas, kami enggak sempat menginap.
Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Perahu nelayan di Pantai Papuma

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Perahu nelayan di Pantai Papuma

Perjalanan menyusuri Pantai Papuma kami lanjutkan sembari mendengar cerita dari Mbak Prita dan Kang Lozz perihal asal muasal nama pantai. Penamaan Papuma sendiri sungguh unik, diambil dari akronim dari Pasir Putih Malikan. Alasannya sederhana saja karena pantai ini memiliki dua sisi yang saling berdampingan. Kamu mesti berkeliling untuk menikmati kedua sisi pantainya. Bila dibandingkan, kedua sisi pantai menebar pesona yang sama cantiknya. Hamparan pasir putihnya sungguh lembut melenakan di bawah kaki telanjang saya, sementara sisi lainnya memanjakan mata saya dengan hamparan bebatuan besar yang disebut pulau. Keunikan lain dari Pantai Papuma adalah posisinya yang menjorok ke laut sehingga penduduk setempat juga menamainya Pantai Tanjung Papuma.

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Evi dan Kang Lozz

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Seluruh peserta Sueger Camp 2018

Saya dan teman-teman Sueger Camp 2018 menyambangi Pantai Papuma pada hari biasa. Pantai sepi pengunjung sehingga saya bisa dengan bebas menikmati keindahannya. Dari mulut gerbang masuk menuju pantai cukup dekat, berjalan kaki saja hanya 5-10 menit. Ada deretan jongko-jongko warung makanan menghiasi kiri kanan jalan yang mulus. Berbagai tawaran kuliner tersaji, tentu saja didominasi makanan khas pantai seperti seafood. Tapi kebanyakan waktu itu jongko-jongkonya pada tutup. Dan ya, saya juga memang belum berkesempatan mencicip kuliner di sana. Mungkin  itu pertanda saya mesti datang lagi.

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Tujuh pulau di Pantai Papuma

Cuaca cerah, angin yang berembus dari laut ke pesisir, dan nyanyian ombak menghipnotis saya. Anehnya enggak terasa panas yang menyengat. Udaranya ramah dan hangat. Sepanjang pantai banyak perahu nelayan berlabuh, bahkan beberapa bersandar di pasir. Perahu-perahu itu ukurannya kecil dan ramping khas perahu nelayan. Bagi kamu yang ingin memutari Pantai Papuma bisa juga menyewa perahu ini. Konon agak jauh dari pantai terdapat sebuah pulau penuh misteri. Menurut cerita penduduk sekitar, pulau tersebut luar biasa menawan. Namun untuk mendekati pulau tersebut taruhannya nyawa sehingga jarang ada orang yang berani mendekat ke sana. Dengar ceritanya saja saya bergidik sekaligus penasaran.

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Tujuh pulau di Pantai Papuma

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa

Mbak Prita dan panitia memboyong kami ke puncak Siti Hinggil. Sebuah bangunan mungil di atas bukit karang di mana kami bisa melihat kecantikan Pantai Papuma secara keseleruhan. Jarak dari gerbang menuju Siti Hinggil lumayan jauh tapi saya sangat terhibur menyaksikan anak-anak tangga melingkar-lingkar berwarna-warni bagai pelangi. Anak-anak tangga itu bagai nggak berkesudahan namun keindahan Pantai Papuma yang magis menghilangkan segala keletihan. Dari atas Siti Hinggil membentang Pantai Papuma dari ujung ke ujung. Rasa capek hilang seketika apalagi di puncak itu kami disuguhi air kelapa muda. Slurp, aaaah, segar!

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Tangga warna-warni menuju bukit Siti Hinggil

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Pemandangan batu karang dari bukit Siti Hinggil Pantai Papuma

Dari atas Siti Hinggil terlihat tujuh batuan karang besar tegak berdiri seolah mengambang di atas laut. Konon ketujuh karang tersebut dapat berubah posisi seiring embusan angin dan alunan ombak. Itulah asal-muasal nama malikan yang berarti berbalik. Pulau-pulau tersebut bernama Kresna, Narada, Batara Guru, Nusa Barong, Kajang, dan Kodok. Dua pulau yang dijadikan ikon Pantai Papuma adalah Kajang dan narada yang bentuknya mirip topi.

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Bukit Siti Hinggil Pantai Papuma

Sebetulnya saya ingin sekali merasakan sensasi menyentuh batuan karang ajaib itu. Tapi lagi-lagi karena keterbatasan waktu niat saya urungkan. Rasanya takjub oleh batuan yang dibentukan alam sedemikian rupa. Permukaan batunya juga bercorak-corak alami sebab terkena empasan ombak. Agak ngeri juga sih kalau saat bermain di batu tiba-tiba berubah posisi he he he. Akhirnya saya puas-puasin menatapi batuan karang dari puncak Siti Hinggil. Saya rentangkan tangan, membiarkan angin mempermainkan anak-anak rambut saya. Ada sensasi bebas yang nggak bisa dijelaskan. Sudah lama sekali saya nggak merasa sedamai dan selepas itu.

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Sensasi kebebasan di Pantai Papuma

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Sensasi kebebasan di Pantai Papuma

Turun dari Siti Hinggil, kami menyusuri jalan berbeda dari saat kami masuk. Sembari menunggu mobil jemputan, saya memperhatikan sekitar. Saya melihat ada dua tumbuhan unik. Yang satu ternyata tanaman bunga widuri dan satu lagi saya belum tahu tumbuhan apa. Duh, bunga widuri berbentuk mahkota berwarna ungu ini langsung bikin saya jatuh cinta. Jadi ingin menanamnya di halaman rumah.

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Bunga widuri di Pantai Papuma

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Entah pohon apa namanya

Seorang bapak berwajah sedih menyesap rokok di pondok tempat kami menunggu. Bapak itu seperti nggak memedulikan kehadiran kami. Bahkan ketika saya memotretnya, bapak itu nggak bereaksi apa pun. Seperti ada di dunia lain. Mungkin bapak itu nelayan, mungkin juga masyarakat sekitar yang sedang mengasoh di pantai. Entahlah. Yang pasti ekspresi bapak itu bikin hati saya ngilu. Mengingatkan saya pada judul sebuah novel karya Ernest Hemingway: Lelaki Tua dan Laut.

Pantai Papuma, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa
Seorang bapak di tepi pantai

Sekitar 10 menit kemudian, jemputan mobil datang dan saya mesti mengucap sampai jumpa pada Pantai Papuma. Ya, sampai jumpa bukan selamat tinggal. Saya berjanji dalam hati akan ke sana lagi. Salah satu pantai di Pulau Jawa yang berhasil memanggil-manggil hati saya. Sebuah pantai yang belum puas saya jelajahi.



Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

14 comments:

  1. Subhanallah indah sekali, pengen deh suatu hari nanti menikmati pantai Papuma �� btw follback blog saya dong teteh

    ReplyDelete
  2. Kalau aku tim pantai dan tim gunung haha segala hayuk anaknya :)) abis baca ini jadi sadar nih kalau aku sangat kurang piknik wkwk, ini bagus ya pantainya masih bersih dan murah hihi. Anw sedih liat bapaknya, kesian udah tua gitu dan sendirian :(

    ReplyDelete
  3. DUh jadi pengen mantai, udah lama ga kena vitamin sea nih saya

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah cantik banget, Teh. Pantai Papuma ini bisa jadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi kalau ke Jember.

    ReplyDelete
  5. Masih murah murahlah harganya. Pantainya masih virgin ya, kerasa alamnya. Penasaran sama pulau yang menyeramkannya, kesana lagi teh, sok dibayarin perahunya��

    ReplyDelete
  6. foto 7 pulaunya bagus teh...
    jadi inget sama pulau timang di yogyakarta :D

    ReplyDelete
  7. Jiaaah jatim, udah lama pingin eksplor

    ReplyDelete
  8. Viewnya bagus ya teh.... keren banget... jadi pengen nabung dan jalan2 kesana.

    ReplyDelete
  9. Wah baru tau kalo di jember ada pantai Papuma. Belum pernah ke jember dan pingin bisa maen kesana

    ReplyDelete
  10. Benerr teh...
    Mungkin belum sempat ini dan itu pertanda kembali lagi.
    Signal gituuu..

    Dan aku sbenernya tipe anak mall.
    Hhahaa...soalnya banyak kekhawatiran kalau pergi ke gunung atau pantai.
    Emm, tapi kalo disuruh milih...gunuuung...

    Karena tinggi.
    Hehehe...alesan apeu inii..??

    ReplyDelete
  11. Anak gunung yang suka mantai, itu aku lhoo hahaha...
    Pantainya bersiiih

    ReplyDelete
  12. Aku tim anak... Anak apa ya? Hmmm... Pantai sama gunung lebih suka gunung. Tapi tetep ya kalau nemu pantai suka nyebur juga 😄

    ReplyDelete
  13. Are You In Need Of A Private Or Business Loans At 2% Rate For Various
    Purposes? If Yes; Contact us: collinsguzmanfundings@gmail.com/WhatsApp: +1 (786) 598-8751


    *Full Name:_________

    *Address:_________

    *Tell:_________

    *loan amount:_________

    *Loan duration:_________

    *Country:_________

    *Purpose of loan:_________

    *Monthly Income:__________

    *Occupation__________

    *Next of kin:_________

    *Email :_________

    Thanks and best regards
    Managements
    COLLINS GUZMAN FUNDING'S
    Website: https://collinsguzmanfundi.wixsite.com/website

    ReplyDelete