Gerakan Sosial #KejarMimpi: Karena Mewujudkan Impian Tidak Pernah Sendirian


A dream you dream alone is only a dream. A dream you dream together is reality,” ucap John Lennon, salah satu musisi yang paling menginspirasi banyak orang. Saya setuju sekali dengan pernyataan Lennon. Setiap impian sadar tidak sadar tercipta untuk menghasilkan sebuah kondisi yang ideal. Kondisi yang juga mempengaruhi orang lain baik saat proses mewujudkannya atau saat sudah terwujud.

Gerakan Sosial #KejarMimpi: Karena Mewujudkan Impian Tidak Pernah Sendirian
Gerakan Sosial #KejarMimpi: Karena Mewujudkan Impian Tidak Pernah Sendirian


Begini contohnya: impian yang hampir banyak orang inginkan adalah menjadi kaya demi membahagiakan keluarga. Begitu banyak jalan agar seseorang kaya raya. Katakanlah lewat jalan perdagangan. Untuk menjadi pedagang andal tentu harus belajar, berjejaring, dan mengikat konsumen dengan pelayanan dan produk prima. Satu poin belajar saja sudah melibatkan orang lain. Entah itu di sekolah, kursus, atau terjun langsung ke lapangan.

Jadi impian adalah sebuah hubungan sebab akibat. Sebab ingin membahagiakan orang tua, anak ingin jadi kaya. Sebab ingin menjadi kaya, anak berproses mewujudkan impian itu. Namun dalam mewujudkan itulah terjadi proses yang berat, jungkir balik, dan berdarah-darah. Tak jarang orang tumbang, berbelok, menukik, berhenti di tengah jalan, dan kembali ke titik nol. Butuh adanya support system yang saling menguatkan. Karena mewujudkan impian tidak pernah sendirian.

Gerakan Sosial Kejar Mimpi
Omong-omong soal mewujudkan impian, sudah tahu belum tentang gerakan sosial Kejar Mimpi? #KejarMimpi adalah sebuah gerakan sosial untuk membentuk generasi muda Indonesia dalam membentuk karakter anak muda Indonesia yang positif sehingga mampu memberikan nilai baru yang dapat memajukan Indonesia. Kejar Mimpi adalah gerakan sosial yang diinisiasi oleh CIMB Niaga, satu-satunya institusi perbankan yang membuat gerakan sosial seperti ini dengan tujuan untuk mengumpulkan mimpi-mimpi seluruh masyarakat Indonesia dan berusaha untuk menjalin mimpi-mimpi tersebut agar dapat terealisasi.

Alasan terbesar lainnya dari gerakan sosial Kejar Mimpi adalah agar masyarakat Indonesia terutama anak mudanya tidak takut dalam mempunyai mimpi. Untuk menggapai sebuah cita-cita, setiap manusia harus mempunyai mimpi alias tujuan yang harus dicapai. Karena gerakan #KejarMimpi percaya bahwa setiap orang dan setiap komunitas pasti mempunyai impian. Walaupun tak jarang ada orang yang kesulitan untuk menentukan impiannya. Impian itu sebetulnya periodik: jangka panjang dan jangka pendek. Ada orang yang bisa menentukan impian jangka panjang dan pendeknya sekaligus, tapi ada juga yang baru bisa menentukan impian jangka pendek. Misalnya impian ingin melanjutkan kuliah dengan beasiswa. Mimpi jangka panjang seperti misalnya mewujudkan Indonesia bebas sampah.

Nah, gerakan #KejarMimpi ini ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa mengindentifikasi mimpi dan berbagi cerita tentang mimpi mereka. Percaya tidak percaya bahwa ketika seseorang menceritakan impiannya akan ada orang lain yang juga memiliki mimpi dan tujuan yang sama. Berkumpul bersama orang-orang yang punya impian yang sama mengantarkan kita selangkah menuju perwujudan mimpi tersebut. Mengapa? Karena terbentuk support system alami, saling menyemangati dan membantu.

#KejarMimpi Leaders Camp Jakarta-Bogor 2018 (Photo & Credit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)
#KejarMimpi Leaders Camp Jakarta-Bogor 2018
(Photo & Credit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)

4 Pilar Kegiatan Kejar Mimpi
Gerakan sosial Kejar Mimpi CIMB Niaga ini memiliki 4 pilar kegiatan, yaitu pendidikan, lingkungan, pembangunan ekonomi sosial, dan filantropi. Kejar Mimpi sudah menjalankan beberapa program di antaranya adalah:

  1. #KejarMimpi Leaders Camp yang berfokus pada peningkatan soft skill dan menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif.
  2. #KejarMimpi Volunteering yang didalamnya terdapat kegiatan mengajar, storytelling, penanaman pohon, membersihkan sampah, mengecat sekolah.
  3. Konser #KejarMimpi Untuk Indonesia yang di tahun 2018 kemarin menghadirkan NOAH dan Maudy Ayunda
  4. Program Sejuta Buku yang berfokus kepada donasi dan distribusi ke sekolah-sekolah atau institusi pendidikan
  5. #KejarMimpi Beasiswa yang tahun 2018 kemarin diberikan untuk 70 mahasiswa di seluruh Indonesia
  6. Kolaborasi kegiatan bersama dengan komunitas di berbagai daerah

“Kami ingin berkontribusi membangun Indonesia yang lebih baik di masa depan dengan memberdayakan para mahasiswa. Mereka adalah agent of social change yang harus didukung dan diberikan kesempatan. Melalui Leaders Camp, kami mengajak mereka menggali ide-ide kreatif dan mengimplementasikannya untuk membantu mengatasi permasalahan sosial yang ada di masyarakat,” ujar Direktur Human Resources CIMB Niaga Hedy Lapian.

Peserta #KejarMimpi Leaders Camp Jakarta-Bogor 2018 (Photo & credit: CIMB Niaga & Kejar Mimpi)

Sebagai wujud support system dalam mewujudkan impian, gerakan Kejar Mimpi membangun komunitas di beberapa daerah seperti Kejar Mimpi Malang, Kejar Mimpi Medan, Kejar Mimpi Bandung dan Kejar Mimpi Jakarta sejak bulan September 2018. Untuk ke depannya, komunitas ini akan menjalankan program-program di tiap daerah dengan dukungan #KejarMimpi dan CIMB Niaga, dan akan semakin banyak daerah yang dijangkau oleh program ini sehingga kamu pun dapat bergabung dengan komunitas.

Tertarik buat bergabung dengan gerakan dan komunitas Kejar Mimpi? Informasi lengkap bisa kamu lihat di www.kejarmimpi.id dan Instagram KejarMimpi. Yuk, langsung klik dan follow. Sekali lagi, karena mewujudkan impian tidak pernah sendirian.

You may say I'm a dreamer, but I'm not the only one. I hope someday you'll join us. And the world will live as one.”
―John Lennon—
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

8 comments:

  1. Wah kalo dalam komunitas seperti ini makin semangat ngejar mimpi. Bravo CIMB Niaga

    ReplyDelete
  2. Aku juga punya banyak impian dulu saat masih sekolah.
    Alhamdulillah,
    satu demi satu terwujud dengan caraNya.

    Sekarang,
    Aku gak ingin membatasi impian anak-anakku.

    Bermimpilah...
    dan wujudkan impianmu, nak...

    ReplyDelete
  3. Langsung kepoin kejarmimpi nya ah biar bisa mewujudkan impian anak. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Wah, aku paling seneng sama kegiatan2 kayak gini. Aku juga suka ikut Kelas Inspirasi teh, tapi ngga ada sponsor, jadi paling kita2nya patungan untuk bikin kenang2an gitu. Dan ini disponsori oleh swasta yaa, keren...

    ReplyDelete
  5. Program kejar mimpinya keren-keren deh, Vi. Andai aku masih muda (((muda))) pengen banget ikut yang peningkatn soft skill itu hihi

    ReplyDelete
  6. Seperti kata Kahlil Gibran, "Terus hidupkan impian dan harapan karena itu kesibukan kehidupan."

    CIMB Niaga mewujudkannya dalam program kejar impian. Sukses selalu programnya,teh :)

    ReplyDelete
  7. Wah keren banget konsep sosial Kejar Mimpi ini Viii, zaman sekarang anak muda udah males dan takut bermimpi karena kebanyakan didoktrin.

    Aku juga masih punya banyak mimpi sih, tapi cuma gitu2 doang, dan suka males ngejar hahahaha. Baca tulisan ini jadi semangat lagi deh, mimpiku buat ke Korea lagi hahaha

    ReplyDelete
  8. betul, mewujudkan impian itu tidak sendirian

    ReplyDelete