5 Olahraga Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

 

5-olahraga-yang-bisa-kamu-lakukan-di-rumah
5 olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Sumber: Pixabay-Jeviniya

Di masa karantina akibat pandemi Covid-19 membuat kamu harus tetap di rumah sesering mungkin. Tujuannya supaya terhindar dari penularan dan penyebaran virus Covid-19 yang dianggap cukup mematikan.

 

Salah satu upaya yang dapat mencegah Covid-19 adalah dengan cara berolahraga. Manfaat dari aktivitas ini akan menambah sistem kekebalan atau sistem imunitas tubuh yang sangat berguna agar terhindar dari berbagai macam penyakit, khususnya Covid-19.

 

Masalahnya adalah jenis olahraga apa yang bisa dilakukan, saat kamu dituntut untuk di rumah sesering mungkin. Jangan khawatir! Artikel ini akan menyajikan 5 olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah, supaya imunitas dan produktivitasmu tetap berjalan, meski hanya tetap di rumah. Olahraga yang direkomendasikan adalah:

 

1 Badminton

Olahraga ini ternyata dapat dilakukan di rumah, salah satunya bermain badminton di halaman rumah atau di komplek perumahan. Selain menyehatkan, olahraga ini juga membuat kamu tetap awet muda dan bertubuh kencang.

 

Olahraga-badminton
Olahraga badminton. Sumber: Pixabay-Vladvictoria


Salah satu penelitian menyatakan bahwa bermain badminton dapat membuat persendian dan otot menjadi lebih kuat. Ketika melakukan permainan ini, seluruh otot berperan penting baik itu otot betis, paha, punggung,bokong, dan lengan sehingga persendian menjadi kuat dan fleksibel.

 

Badminton adalah salah satu olahraga yang menyehatkan dan menjadi salah satu olahraga yang dapat dilakukan kapan saja, bahkan saat masa pandemi Covid 19.

 

2 Yoga

Yoga juga dapat dilakukan di rumah. Selain menyehatkan, olahraga ini dapat membuat pikiran menjadi tenang, khususnya di masa pandemi Covid 19. Kamu tidak perlu mengetahui gerakan yoga seperti yang dilakukan para profesional. Cukup gunakan berbagai gaya dasar dalam yoga yang bisa kamu lihat tutorialnya di internet.

 

Olahraga-yoga
Olahraga yoga. Sumber: Pixabay-Irina L

Melakukan kegiatan yoga di rumah akan menyehatkan tubuh dan jiwa. Salah satu penelitian dari Texas State University mengatakan bahwa yoga mampu untuk membakar kalori dan meregangkan otot. Selain itu di berbagai penelitian lain mengatakan bahwa yoga terbukti ampuh dalam menjaga sistem metabolisme tubuh, memperkuat energi dan vitalitas, serta meningkatkan pernafasan.

 

3 Jogging

Kegiatan jogging juga bisa dilakukan di rumah, khususnya bila kamu memiliki alat treadmill. Dalam melakukan jogging, usahakan agar kamu tidak berpegangan dengan handrail, agar kegiatan jogging dapat dilakukan secara maksimal. Di samping itu, jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan saat akan melakukan jogging di treadmill.

 

Olahraga-jogging
Olahraga jogging. Sumber: Pixabay-Mohamed Hassan


Manfaat jogging dengan menggunakan treadmill juga cukup menguntungkan. Beberapa di antaranya adalah menurunkan berat badan, menyehatkan otot jantung, mencegah osteoporosis, dan menurunkan resiko buruk terhadap persendian.

 

Kalaupun kamu tidak punya treadmill, kamu tetap bisa jogging dengan mengintari halaman rumah. Bisa juga kamu jalan-jalan sekitar rumah. Yang paling sederhana adalah naik turun tangga.

 

4 Tenis Meja

Tenis meja adalah salah satu kegiatan olahraga yang ramah dan dapat dilakukan di rumah. Cukup membeli bola pingpong, raket dan meja tenis maka kamu sudah bisa memainkannya kapan saja bersama teman atau orang terdekat kamu.

 

Olahraga-tenis-meja
Olahraga tenis meja. Sumber: Pixabay-RGY23


Ada banyak manfaat bermain tenis meja di rumah Beberapa di antaranya mencegah penyakit stroke, meningkatkan kemampuan kerja otak, membakar kalori, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan kemampuan refleks dalam tubuh. Tenis meja adalah olahraga yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang harus berada di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama.

 

5 Senam Aerobik

Jika kamu tidak memiliki alat seperti treadmill atau alat kardio, maka senam aerobik juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk berolahraga. Salah satu senam aerobik yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti zumba yang dapat dilakukan secara mandiri atau bersama-sama.

 

Olahraga-senam-aerobik
Olahraga senam aerobik. Sumber: Pixabay-Alexandr Ivanov


Jika kamu ingin melakukan senam aerobik sendirian, maka yang kamu butuhkan adalah video tutorial atau program televisi yang menayangkan senam aerobik. Namun bila kamu ingin melakukan senam aerobik bersama-sama, maka senam dapat dilakukan dengan video conference dan didampingi oleh seorang instruktur. Senam aerobik bisa dibilang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, seperti meredakan gejala depresi dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

 

Ada banyak lagi olahraga lain yang dapat dilakukan di dalam rumah saat masa karantina atau masa pandemi Covid-19. Beberapa di antaranya dengan melakukan push up, hula hup, skipping, atau bahkan membersihkan rumah. Berolahraga atau menggerakan badan merupakan hal yang cukup penting agar kamu tetap bugar dan memiliki imunitas yang baik di masa sulit dan berbahaya ini.

 

Demikian mengenai 5 jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah, di antara kelima pilihan tersebut, manakah olahraga yang ingin kamu terapkan? Atau ada olahraga lain yang sedang kamu tekuni? Tulis di kolom komentar, ya.

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

1 comment:

  1. sebenernya jogging ini paling mudah dilakukan bahkan tiap hari di depan rumah, kadang kalau udah muncul rasa malas suka mager.
    padahal udah niat dari semalem, kayaknya niatnya kurang kuat ya

    ReplyDelete