5 Makanan Yang Harus Dicoba Saat Ke Jawa Timur

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Indonesia kaya akan keragaman agama, budaya, bahasa, dan kulinernya. Tentu saja masing-masing daerah yang ada di Indonesia ini memiliki makanan tradisional khasnya. Ya, begitu pun dengan provinsi Jawa Timur, yang memang terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya lho. Nah, bagi kamu yang sedang berkunjung ke Jawa Timur, berikut di bawah ini ada 5 makanan khas Jawa Timur yang wajib kamu coba. 

 

5 Makanan Yang Harus Dicoba Saat Ke Jawa Timur
5 Makanan Yang Harus Dicoba Saat Ke Jawa Timur


1. Lodho

Makanan pertama yang harus kamu coba saat berkunjung ke Jawa Timur, yakni bernama Lodho. Makanan yang satu ini berasal dari daerah Tulungagung, yang bahan dasarnya menggunakan daging ayam. Sebelum di olah dengan campuran santan, daging ayamnya terlebih dulu akan dipanggang dengan bara api. Adapun mengenai beragam jenis bumbu-bumbu yang digunakan, seperti serai, jintan, lada, ketumbar, cabai merah, lengkuas, daun jeruk purut, kencur, kunyit, bawang merah, dan bawang putih.

 

Tekstur kuahnya cenderung kental, sehingga kerap dijuluki dengan nama “Mblondho”. Tentu saja lodho ini paling pas jika disantap dengan sepiring nasi putih hangat. Kamu pun tidak akan kesulitan menemukan para pedagang Lodho di berbagai daerah Jawa Timur.

 

2. Rujak Soto

Rujak soto, makanan khas Jawa Timur
Rujak soto, makanan khas Jawa Timur


Sejak kapan ada rujak soto? Ya, makanan unik yang satu ini hanya bisa kamu jumpai di Jawa Timur. Rujak Soto itu sendiri merupakan makanan tradisional khas Banyuwangi, yang merupakan perpaduan antara rujak dan soto. Seporsi rujak soto ini terdiri dari lontong, irisan mentimun, sayuran rebus, potongan tahu, potongan tempe, dan irisan daging sapi. Keunikan dari makanan tersebut, yakni campuran bumbu rujak, petis, dan cabai yang dicampurkan dengan kuah soto beserta jeroan sapi. Sebagai pelengkapnya, rujak soto akan diberi taburan daun seledri, kecap manis, emping, dan kerupuk udang lho.


3. Orem-orem

Jika kamu sedang berada di daerah Malang, maka kamu jangan sampai melewatkan orem-orem ini ya!   Orem-orem terdiri dari irisan tempe goreng dan ayam yang dimasak bersama santan Kental, sehingga tampilannya tampak seperti opor ayam. Tak hanya orem-orem tempe, di Malang juga tersedia orem-orem ayam dan orem-orem telur.

 

4. Nasi Boran

Dari daerah Malang, kita beralih ke kota Lamongan Jawa Timur. Selain memiliki “Soto Lamongan”, daerah Lamongan juga terkenal dengan makanan tradisionalnya yang bernama Nasi Boran. Makanan tersebut merupakan racikan nasi boranan yang disajikan dengan daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur asin, tahu, dan tempe. Tak hanya ikan bandeng, nasi boran juga kerap disajikan dengan jenis ikan sili, yang merupakan ikan air tawar asli dari daerah Lamongan. Sebagai pelengkapnya, nasi boran akan diberi taburan serundeng dan peyek.

 

5. Rawon

Rawon, makanan khas Jawa Timur
Rawon, makanan khas Jawa Timur


Makanan khas Jawa Timur berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni bernama Rawon. Pada dasarnya, rawon ini berupa semangkuk sup daging seperti sup pada umumnya. Namun, yang membedakan rawon dengan sup biasa, yakni warna kuah rawon yang hitam pekat. Warna hitam pada kuah rawon ini berasal dari buah kluwek yang dimasak dengan beragam jenis bumbu lainnya, sehingga menghasilkan aroma dan warna khas.

 

Selain menggunakan bahan daging sapi, biasanya cara membuat rawon agar lebih nikmat juga dilengkapi dengan tauge rebus, daun bawang, sambal, dan jeruk nipis. Untuk menambah kelezatan cita rasanya, kamu bisa menyantap rawon dengan kerupuk udang atau telur asin.

 

Nah, itulah beberapa makanan tradisional khas Jawa Timur, sehinga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi. 
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

No comments:

Post a Comment