Konsumsi 6 Makanan Ini Secara Berlebihan Bisa Menyebabkan Sakit Maag Lho

 

Makanan-yang-menyebabkan-sakit-maag
Makanan yang menyebabkan sakit maag - Sumber gambar: Pixabay-Nastya_gepp

Memiliki riwayat sakit maag memang membuat pasien maag harus berhati-hati terhadap apa yang akan dikonsumsinya. Sebab ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika tidak ingin maag kambuh dan menyerang. Hal ini bisa dilakukan jika kamu mengetahui makanan atau minuman apa saja  yang dapat memicu maag tersebut.

 

Sering dianggap sepele, ternyata World Health Organization (WHO) telah mencatat bahwa penyakit maag telah menelan korban sebanyak 40.376 pada tahun 2005, meningkat menjadi 43.817 di tahun 2010 dan bertambah menjadi 47.269 di tahun 2015. Angka yang terus meningkat dan menakutkan. Meskipun demikian, sebenarnya maag tidak semenakutkan itu jika ditangani dengan serius. Maag yang terus menerus dianggap remeh justru akan menimbulkan penyakit parah lainnya.


 BACA JUGA: Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi


6 Makanan yang Harus Dikurangi Penderita Maag

Pada dasarnya, maag dapat kambuh ketika lambung mengalami iritasi. Beberapa jenis makanan dapat memicu terjadinya kondisi tersebut. Makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag?

 

1 Makanan pedas

Belakangan ini, makanan serba pedas menjadi tren dalam dunia perkulineran dunia. Bahkan ada yang sengaja membuat konten video dengan menu pedas. Tidak hanya satu atau dua porsi, di dalam video tersebut satu orang bisa menghabiskan belasan hingga puluhan porsi makanan pedas. Hal ini tentu saja tidak disarankan bagi penderita maag. Sebab, makanan pedas dapat membuat maag menjadi kambuh. Terkait hal ini, Gordon C Cook dalam bukunya yang berjudul Tropical Diseases menyebutkan bahwa makanan pedas merupakan salah satu penyebab maag.

 

Jangan sedih, kamu tetap boleh mengkonsumsinya dengan frekuensi maksimal 1 kali dalam seminggu. Apa akibatnya jika dikonsumsi secara berlebihan? Dapat mengakibatkan kontraksi pada sistem pencernaan terutama pada usus dan lambung. Kontraksi tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya rasa panas dan nyeri pada bagian ulu hati bahkan terkadang disertai mual dan muntah.

 

2 Minuman bersoda

Selain makanan pedas, penderita maag juga sebisa mungkin menghindari jenis minuman bersoda. Sebab, minuman bersoda mengandung gas yang justru akan menambah beban kerja lambung. Gas tersebut bisa kamu lihat langsung berupa gelembung yang terdapat pada gelas atau botol yang berisi soda.Selain menambah beban kerja lambung, minuman bersoda juga memiliki kandungan kafein yang dapat menyebabkan adanya sekresi getah lambung yang bernuansa asam. Kondisi inilah yang menyebabkan bagian mukosa lambung menjadi iritasi.

 

3 Makanan atau minuman yang memiliki sifat asam

Rujak mangga muda dan asinan memang nampak menggoda. Tapi berhati-hatilah terhadap makanan ini jika kamu penderita maag.

 

4 Kopi

Kopi menjadi tren di beberapa tahun terakhir. Banyak varian yang ditawarkan, namun berhati-hatilah karena minuman ini bisa memicu maag menjadi kambuh. Bijaklah dalam mengonsumsi kopi. Pilih kopi yang kadar asam dan kafeinnya rendah.

 

5 Protein tinggi tanpa sayur

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi memang sangat baik bagi tubuh. Namun pastikan memakannya bersamaan dengan sayuran. Sebab sayuran dapat menjadi penyeimbang keasaman yang diakibatkan oleh pencernaan protein.

 

6 Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dapat menyebabkan adanya refluks asam lambung dan memicu kambuhnya maag. Mungkin kamu tidak dapat menahannya untuk di beberapa momen, atau karena tidak ada makanan lain yang bisa dimakan. Jika demikian, kamu boleh mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut selama tidak berlebihan.


 BACA JUGA: SEBERAPA PENTING MENGGUNAKAN OBAT KUMUR SETELAH SIKAT GIGI?


Kamu juga sebisa mungkin selalu siap sedia obat antasida untuk mengatasi maag yang kambuh. Obat antasida yang mudah ditemui di pasaran cukup banyak, misalnya seperti promag herbal. Selamat menikmati makanan dan minuman tanpa maag menyerang!

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

No comments:

Post a Comment