Dukung Pertumbuhan Koperasi Digital Dengan Mengikuti Kompetisi PRAJA 2019, Yuk! Berhadiah Total 204 Juta Rupiah!


Dukung Pertumbuhan Koperasi Digital Dengan Mengikuti Kompetisi PRAJA 2019, Yuk! Berhadiah Total 204 Juta Rupiah! – Tiga bulan terakhir ini saya sedang mengembangkan usaha di bidang craft specialist bersama seseorang yang sangat spesial. Masih menyusun semacam blue print-nya, sih. Usaha ini enggak saya bangun dari bawah banget karena sudah ada yang mengawali. Rencana saya ingin melakukan beberapa terobosan.

Dukung Pertumbuhan Koperasi Digital Dengan Mengikuti Kompetisi PRAJA 2019, Yuk! Berhadiah Total 204 Juta Rupiah!
Dukung Pertumbuhan Koperasi Digital Dengan Mengikuti Kompetisi PRAJA 2019, Yuk!
Berhadiah Total 204 Juta Rupiah!

Namanya pengembangan usaha pastinya butuh modal, dong? Kalau kata Mbak Prita Ghoze modal awal usaha bisa modal dengkul tapi kalau udah mau mengembangkan baru deh pikirin pinjaman. Saya lagi mikir-mikir dari mana, ya? Nyari investor kok ya, belum berani. Lalu ide itu pun datang sore tadi ketika saya ngopi-ngopi cantik di beranda rumah. Kenapa enggak gabung ke koperasi?

Buat yang bergelut di dunia wirausaha, pasti nggak asing sama koperasi. Koperasi menurut KBBI adalah perserikatan yang bertujuan memenuhi keperluan para anggotanya dengan cara menjual barang keperluan sehari-hari dengan harga murah (tidak bermaksud mencari untung). Koperasi melandaskan kegiatannya dengan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi jenisnya banyak dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Koperasi Digital
Dalam lima tahun terakhir ini koperasi menunjukkan gejala peningkatan kualitas yang luar biasa berkat kerja sama dari berbagai pihak. Reformasi total koperasi telah berhasil meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) Koperasi terhadap PDB Nasional. Bila tahun 2014 PDB Koperasi hanya 1,71%, pada tahun 2018 sudah meningkat menjadi 5,1%. Kemudian juga berkembangnya koperasi-koperasi besar yang memiliki usaha dan mutu layanan yang lebih baik dan mendapatkan apresiasi dari organisasi dunia menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa koperasi bisa hidup di dalam perekonomian modern yang sarat teknologi.

Kalau dengar koperasi kok ya, rasanya klasik banget. Kebayangnya orang-orang datang ke koperasi lalu melakukan transaksi secara langsung. Koperasi sekarang udah nggak gitu. Saat ini isu revolusi industri 4.0 menuntut setiap badan usaha untuk mampu mengikuti perkembangan. Revolusi terjadi dengan fokus pada Internet of Things (IoT) dan Artificial Intellegence (AI). Jadi mau nggak mau dunia koperasi juga melakukan gebrakan baru secara bisnis model yang memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha ke depannya.

Menurut Chairman Multi Inti Sarana (MIS) Group Tedy Agustiansjah, koperasi akan selalu menjadi pilar ekonomi bangsa Indonesia. Bahkan, saat ini terasa sangat relevan dengan esensi bisnis zaman now, yaitu Ekonomi Kolaborasi. Oleh karena itu, menjadi sangat strategis untuk bisa memahami dan menempatkan koperasi dalam konteks tantangan kekinian dengan melakukan transformasi organisasi.

Ditegaskan juga oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI Prof. Dr. Rully, “Koperasi tidak lagi hanya bercirikan berbentuk badan hukum koperasi, namun harus dikembangkan dalam spirit kolaborasi yang menjadi pondasi perubahan model bisnis yang sedang terjadi saat ini: Ekonomi Kolaborasi. Memanfaatkan teknologi digital adalah model bisnis kekinian yang banyak dilakukan oleh kalangan milenial.”

Menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dan arahan Presiden Joko Widodo, kini Koperasi harus memiliki situs dan aplikasi yang memudahkan anggota dan pengurusnya saling berhubungan. Pelayanan kepada anggotanya dilakukan secara online. Pembelian barang, peminjaman, cek SHU, dan sebagainya saatnya dipermudah dengan layanan online. Untuk itu, MDB mengembangkan aplikasi finansial bagi koperasi secara online bernama coopRASI. Melalui aplikasi ini anggota dapat melihat simpanan, pinjaman, hingga Sisa Hasil Usaha (SHU) melalui smartphone. Diharapkan dengan aplikasi ini operasional koperasi dapat dilakukan secara digital dan praktis.

Sebagai anak yang bergelut di dunia digital, saya menyambut hangat terobosan koperasi ini. Makin bulatlah saya untuk bergabung dengan koperasi. Yang harus saya pelajari dan cari informasinya, koperasi jenis apa yang saya butuhkan. Kalau awalnya saya pikir harus cari koperasi terdekat dari rumah atau workshop, semua itu nggak lagi jadi pertimbangan karena sudah bisa online.

Kompetisi PRAJA 2019 Berhadiah Total 204 Juta Rupiah
Sesungguhnya koperasi sudah berjasa besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Apalagi zaman dulu yang belum banyak macam sumber pendanaan buat para wiraswasta. Berbagai kisah sukses koperasi dan kewiraswastaan telah bermunculan dari berbagai penjuru tanah air. Lebih dari 400 karya jurnalistik pernah terkumpul dari puluhan media massa di Indonesia melalui ajang kompetisi PRAJA 2018 yang diinisiasi oleh Multi Inti Sarana Group (MIS Group), sebuah kelompok usaha yang juga memiliki komitmen mendorong tumbuhnya koperasi digital di Indonesia.

Tahun ini Kompetisi PRAJA 2019 hadir kembali untuk menjadi jendela informasi dan inspirasi gerakan perkoperasian di Indonesia dalam merespons proses transformasi ekonomi di Indonesia. Ditandai oleh ketersediaan infrastruktur yang baik serta semangat transparansi pemerintahan yang semakin kuat dalam mentransformasi etos kerja bangsa Indonesia melalui revolusi mental. Tujuannya agar kualitas dan kemampuan anak bangsa bisa sejajar bahkan lebih dari negara lain.

“PRAJA 2019 menyuguhkan sisi bisnis positif koperasi yang selama ini luput dari pengamatan masyarakat. Bagi generasi milenial, koperasi bisa menjadi alternatif terhadap penumbuhan iklim bisnis yang baru karena basisnya sudah lebih dulu tumbuh di tengah mereka, yaitu kekuatan komunitas,” jelas Irsyad Muchtar, Pakar Koperasi yang juga anggota Dewan Juri PRAJA 2019.

Pada ajang kompetisi PRAJA 2019 terdapat lima kategori yang dikompetisikan, yaitu Karya Tulis Jurnalistik, Karya Foto Jurnalistik, Karya Video Kreatif, Karya Tulis Blog, dan Ide Bisnis Koperasi. Karya yang diikutsertakan harus sudah dipublikasikan di media massa dan/atau media sosial peserta selama periode 1 November 2018 hingga 20 Oktober 2019. Pendaftaran dan pengiriman karya dimulai sejak 28 Agustus sampai dengan 22 Oktober 2019 melalui microsite praja2019.multiintisarana.com. Total hadiah mencapai 204 juta rupiah.

Pemenang kompetisi PRAJA 2019 akan diumumkan melalui akun media sosial PRAJA 2019, yaitu Instagram @praja.misgroup, Twitter @prajamisgroup, dan Facebook PRAJA MIS GROUP, serta website multiintisarana.com.

Dewan Juri PRAJA 2019 terdiri dari:
  • Prof. Dr. Rully Indrawan – Sekretaris Kementerian Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah RI
  • Asnil Bambani – Ketua AJI Jakarta & Redaktur Tabloid Kontan
  • Hariyanto Boejl – Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia
  • Irsyad Muchtar – Pakar Koperasi & Pemred Majalah Peluang
  • Ita Luthfia – Head of Corporate & Marketing Communication MIS Group
  • M Kh. Rachman – Pakar Koperasi dan Kewirausahaan & CMO Sygma Innovation
  • Saptono Soemardjo – Senior Photo Editor ANTARA
  • Sheila Timothy – Produser Film, Pendiri Lifelike Pictures
  • Subroto – Redaktur Pelaksana Republika


Malam Penganugerahan PRAJA 2019 akan diadakan pada tanggal 28 November 2019 di The Sultan Hotel Jakarta dan akan disebarkan melalui situs web multiintisarana.com dan media sosial PRAJA MIS Group.

Hadiahnya bikin ngiler nggak, sih? Selain mendambakan hadiah, kalau ikut Kompetisi PRAJA 2019 ini kita bisa ikut berkontribusi memopulerkan koperasi ke generasi sekarang. Peer saya buat cari info soal koperasi yang mau saya ikuti mesti cepat-cepat saya tuntaskan. Dukung pertumbuhan koperasi digital dengan mengikuti Kompetisi PRAJA 2019, yuk!

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

1 comment:

  1. Koperasi semakin maju aja nih. Sampai dibuat digital juga. Pasti banyak yang berminat nih.

    ReplyDelete