Belajar Pemrograman Super Ribet, Ada Manfaatnya Nggak Ya?

Belajar Pemrograman Super Ribet, Ada Manfaatnya Nggak Ya?

Sumber gambar: pixabay



Siapa yang tertarik jadi programer? Di era digital seperti sekarang, banyak perusahaan membutuhkan orang-orang dengan kemampuan pemrograman. Bukan hanya perusahaan saja, kemampuan ini bisa kita gunakan untuk membuka usaha jasa sendiri. Secara ekonomi kemampuan ini sangat menghasilkan.


Pemrograman merupakan salah satu kegiatan rumit yang bukan hanya menghabiskan waktu namun juga tenaga, dibutuhkan cara berpikir yang logis dan sistematis untuk dapat membuat sebuah program baru yang berkualitas. Terlebih bagi mereka yang kuliah sambil kerja dan ingin mencoba kegiatan ini, tentu dibutuhkan kekuatan mental dan pembagian waktu yang sangat baik agar kegiatan terlaksana dengan baik.

Meski terbilang cukup rumit, namun kegiatan belajar pemrograman ini juga memiliki manfaat dan keuntungan tersendiri seperti:

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir
Untuk bisa menghasilkan sebuah produk, termasuk di dalamnya membuat aplikasi, perangkat mikrokontroler, game, atau perangkat lainnya tentu membutuhkan bahasa pemrograman yang cukup rumit. Untuk membuat berbagai aplikasi tersebut tentunya kita nggak bisa lepas dari kegiatan berpikir logika pemrograman yang digunakan, dengan begitu hasil yang didapatkan bisa sesuai dengan harapan.

Algoritma dan logika pemrograman menjadi suatu hal yang sangat penting dalam mengembangkan maupun membuat sebuah produk, satu saja kesalahan logika yang digunakan akan sangat berakibat fatal terhadap produk yang sedang dibuat atau dikembangkan. Bukan hanya error, kesalahan tersebut akan membuat produk yang dibuat atau dikembangkan nggak sesuai dengan yang diharapkan.

Ketika kita dibiasakan untuk menggunakan logika, mau nggak mau kita akan terbiasa juga menggunakan logika dalam kehidupan sehari-hari. Pada akhirnya kita akan memiliki kemampuan berpikir secara logis, mempertimbangkan berbagai hal untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang ada.

Selain meningkatkan kemampuan berpikir logis, Programer menjadi salah satu prospek kerja Teknik Informatika dengan gaji yang cukup menggiurkan, sistem kerjanya sendiri bisa freelance atau tetap di sebuah perusahaan.

Mengembangkan cara berpikir Sistematis
Ketika belajar bahasa pemrograman, kita akan menghadapi pada baris baris kode yang biasa disusun secara sistematis. Baris-baris kode tersebut nggak boleh disusun terbolak-balik termasuk dalam hal penulisannya, karena hal ini akan menimbulkan permasalahan ketika program yang dibangun dijalankan nantinya.

Kegiatan penyusunan kode harus dipelajari dengan benar saat belajar bahasa pemrograman, kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang tersebut harus dilatih hingga ia mahir menyusun bahasa pemrograman secara sistematis. Kebiasaan melakukan penyusunan secara sistematis akan membuat pola pikir terbiasa berpikir secara sistematis pula, bukan hanya ketika melakukan penyusunan kode saja namun cara berpikir tersebut biasanya akan terbawa ke dalam kehidupan sehari-hari (utamanya ketika menghadapi berbagai macam permasalahan).

Bagi yang kuliah sambil kerja, manfaat yang satu ini tentu akan sangat terasa. Memiliki kemampuan berfikir secara sistematis akan membuat berbagai permasalahan yang menumpuk di tempat kuliah dan kantor nggak akan membuat stres, karena ia mampu berpikir dengan jernih bagaimana solusi dari setiap masalah yang dihadapi.

Melatih ketelitian
Adakalanya ketika membuat sebuah program dan program tersebut selesai dibangun, terjadi sebuah error saat melakukan verifikasi atau build. Sebenarnya wajar saja jika sebuah program mengalami error, namun tentu saja hal ini nggak bisa didiamkan dan harus dicarikan solusi Hani dengan mengetahui dimana letak kesalahan sehingga program tersebut nggak bisa berjalan dengan baik.

Untuk mengatasinya diperlukan sebuah ketelitian yang sangat untuk mencari Di mana letak kesalahannya, apakah ada kesalahan dalam penulisan kode atau penempatan. Biasanya Developer (orang yang membuat program) akan melakukan cek kode atau mencari bagian kode yang menyebabkan terjadinya permasalahan, kegiatan ini memerlukan ketelitian yang besar pasalnya kode yang dibuat nggak hanya satu atau dua baris melainkan puluhan.

Mengatasi masalah dan meningkatkan kemampuan
Prospek kerja Teknik Informatika  memang sangat luas, salah satunya yakni programmer. Untuk menjadi seorang programmer yang handal, memahami (minimal satu) bahasa pemrograman menjadi hal yang wajib. Belajar bahasa pemrograman nggak hanya membuat seseorang mahir dalam hal pemrograman, namun juga memiliki keunggulan lain.

Belajar bahasa pemrograman akan sangat membantu dalam menghadapi berbagai permasalahan, ketika melakukan pemrograman tentu developer akan dihadapkan dengan banyak masalah entah itu karena kode nggak sesuai, salah penempatan baris, atau lainnya yang berhubungan. Bukan hanya mencari kesalahan saja, developer juga harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Jika pikiran kita sudah dibiasakan untuk mencari titik permasalahan yang sedang dihadapi kemudian mampu memecahkan masalah tersebut, hal ini tentunya akan berpengaruh pada kebiasaan sehari-hari. Jika masalah muncul, seorang programmer nggak akan kalang kabut untuk menghadapinya karena ia sudah terbiasa untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi.

Bagi seseorang yang nggak menyukai hal-hal rumit dan menghabiskan banyak waktu, tentu kegiatan belajar bahasa pemrograman ini nggak cocok untuk mereka.

Bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja dan ingin belajar berbagai bahasa pemrograman sebagai pengalaman namun nggak memiliki cukup waktu, saat ini ada banyak website/situs yang menyediakan khusus bahasa pemrograman secara gratis.
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

No comments:

Post a Comment