5 Jenis Oleh-oleh Paling Favorit

5 Jenis oleh-oleh paling favorit
5 Jenis oleh-oleh paling favorit

Tang-ting-tung-tang-ting-tung. Zzzzz … zzzzz … zzzzz. Smartphone saya berbunyi dan bergetar tepat setelah semenit saya meng-upload sedang jalan-jalan di Bali.

“Nitip pie susu dong,” pesan teman saya yang sedang ngidam.
“Bawain oleh-oleh kain bali ya,” pinta Kakak perempuan saya.
“Asyik lagi di Bali! Oleh-oleh!” jerit serentak beberapa pesan di Whatsapp.

Kalau lagi dapat kerjaan atau lagi liburan ke suatu daerah, penginnya saya bawa pulang oleh-oleh buat semua orang, apa daya dana terbatas. Buat kamu yang punya rencana berlibur dan ingin menyiapkan oleh-oleh, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan, yaitu berat bawaan. Apalagi kalau kamu bepergian dengan pesawat terbang, ingat berat bagasi ya. Pilihlah oleh-oleh yang mudah di-packing sehingga enggak menyebabkan kamu kerepotan bawanya. Selain itu, pertimbangkan juga dana yang kamu miliki. Kayaknya ini poin utama ya, hehehe …. Bisa gawat kalau kamu keasyikan beli oleh-oleh tapi kehabisan uang buat pulang.

Saya punya 5 jenis oleh-oleh paling favorit yang hampir selalu saya beli. Semua oleh-oleh ini biasanya punya harga yang terjangkau dan cukup ringan.

Pertama, gantungan kunci. Belilah gantungan kunci yang desainnya mencirikan daerah tersebut. Misalnya kalau ke Bali, beli gantungan kunci bergambar pantai, gantungan kunci berbentuk penari bali, atau gantungan kunci berbentuk barong. Oleh-oleh berupa gantungan kunci bisa kamu kasih buat teman se-genk kamu biar tambah kompak.

Kedua, baju. Belilah baju dengan ukuran all size dan pilih desain khas daerah itu. Repot juga kan, kalau mesti nanya satu-satu ukuran bajunya? Pastikan bahannya adem di badan dan sablonannya enggak mudah luntur. Misalnya kalau ke Jogja, saya akan beli kaos dengan desain tulisan-tulisan lucu. Kamu pasti tahu, kaos apa yang saya maksud?

Ketiga, penganan. Enggak sah kita pergi ke suatu daerah kalau belum nyicip makanan khasnya. Nah, pilihlah beberapa jenis penganan yang cukup awet dibawa bepergian. Enggak asyik dong kalau keburu basi di jalan. Misalnya, kalau ke Bali kamu bisa beli pie susu.

Keempat, aksesoris. Sebenarnya banyak pilihan untuk oleh-oleh jenis aksesoris, misalnya tas, sandal, sepatu, dan lain sebagainya. Tapi pilihan saya biasanya jatuh pada gelang atau kalung. Alasannya sederhana saja sih, karena modelnya lucu-lucu, hampir semua orang suka memakainya, harganya terjangkau, dan enggak menghabiskan tempat di tas.

Kelima, miniatur. Setiap daerah memiliki ikon bangunan atau monumen yang langsung terasosiasi dengan daerahnya. Misalnya kalau Jogjakarta ada miniatur candi dan tugu jogja, Jakarta ada miniatur monas, Bandung ada miniatur gedung sate, dan lain-lain.

Oke, sekarang kamu siap beli oleh-oleh. Jangan lupa oleh-oleh buat saya juga ya ;p
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

15 comments:

  1. kalau saya makanan sama baju,kalau gantungan kunci belum pernah heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengin nyobain makanan khas Siak, Mbak ^^ *kode*

      Delete
  2. Kalau saya bepergian malah tidak pernah bawa oleh oleh mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti karena gak punya duit ya, hehe..!!

      Delete
    2. Sesekali bawa oleh-oleh, Mas. Orang rumah pasti senang :)

      Delete
  3. walaupun hanya sekedar cendramata kecil, dengan membawa oleh-oleh bisa dikatakan bukti kalau tempat dimana kita berlibur akan menjadi bukti kalau kita benar pergi dan berada disana,
    dan sahabat yang kita beri oleh-oleh dari kita akan merasa senang gitu, biasanya sih makanan khas yang ada disana sih yang paling utama saat membawa oleh-oleh, dan kalau masih ada duit sisa, baru dech ke pernak-pernik seperti gantungan kunci dan guntung diri. hehe..!!

    ReplyDelete
  4. kalau saya ke luar kota buat liburan yang paling wajib di rumah adalah baju , tiap pergi ke daerah mana pasti harus ada bajunya :D ,, kalau beli gantungan itu buat temen2 yang banyak, kalau sahabat deket biasanya gantungan kunci ditambah gelang atau apa gitu ..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti koleksi baju daerahnya banyak nih, Mbak Nabil :)

      Delete
  5. Gantungan kunci plg gampang hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gantungan kunci, oleh-oleh paling favorit :D

      Delete
  6. sama teh, budgetnya terbatas.. tapi kalau makanan.. ga ada kenang2annya ya?hehe

    ReplyDelete