5 Ide Bisnis Modal Minim Di Masa Pandemi

5 Ide Bisnis Modal Minim Di Masa Pandemi

5 Ide Bisnis Modal Minim Di Masa Pandemi


Dekat rumah saya ada sebuah bukit, dari sana pemandangan Kota Bandung terlihat jelas. Saya juga bisa menyaksikan matahari terbit atau tenggelam. Tempat itu menjadi favorit saya untuk menenangkan diri, bertualang, atau sekadar berjemur. Maklum di masa pandemi ini gerak saya terbatas. Tidak bisa jalan-jalan jauh. Lagi pula, bukit itu selalu sepi.

 

Ketika keponakan saya, Rasi, berkunjung ke rumah. Saya ajak dia ke sana. Jalan menuju bukit melewati hunian penduduk yang rapat. Pagi itu, Bu Inong, salah satu tetangga saya sedang berkumpul di depan rumah tetangga lain. Bu Inong membarengi kami menuju bukit. Selama di perjalanan, beliau bercerita kalau sudah tiga bulan ini kehilangan pekerjaan. Maksudnya meminta bantuan saya sekiranya ada peluang kerja.

 

Ini bukan sekali dua kali saya mendengar keluhan kehilangan penghasilan dari tetangga saya. Pun dari kawan-kawan dekat. Saya sendiri sedang memutar otak untuk mencari pemasukan lain sebab pekerjaan saya sebagai freelancer terkena imbas cukup berat selama pandemi. Saya sedih saat tidak bisa menolong Bu Inong.

 

Berita resesi mulai bergaung di berbagai media. Menjadi momok mengerikan di tengah ancaman penyakit. Bagaimana agar bisa bertahan dan tetap menghasilkan sementara kabar-kabar PHK menjadi makanan sehari-hari. Kita dituntut kreatif dan tanggap terhadap peluang di sekitar.

 

Dari hasil pengamatan saya, ada 5 ide bisnis modal minim di masa pandemi. Ide-ide ini dapat dikerjakan di rumah. Kalau pun mesti ke luar waktu yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Segala bentuk promosi cukup dilakukan secara daring memanfaatkan media sosial, marketplace, dan media komunikasi seperti What’sApp atau Line.

 

Jualan Kuota dan Pulsa

5 Ide Bisnis Modal Minim Di Masa Pandemi
Jualan kuota dan pulsa

Siapa yang tidak butuh kuota dan pulsa sekarang? Pandemi membuat hampir segala profesi terpaksa dikerjakan di rumah secara daring. Baik itu untuk pendidikan, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

 

Berjualan pulsa tidak harus punya konter. Modal yang dibutuhkan untuk ketersediaan kuota dan pulsa saja. Untuk isi ulang modal pun bisa dilakukan jarak jauh. Kalaupun harus menggunakan kartu isi ulang kita bisa memfotonya atau jika pemesanan banyak gunakan jasa ekspedisi.

 

Berjualan Bibit Tanaman dan Alat Berkebun

5 Ide Bisnis Modal Minim Di Masa Pandemi
Berjualan bibit tanaman dan alat berkebun. Sumber gambar: Pixabay-Pexels

Tren urban farming sebetulnya sudah sejak lama. Berkat pandemi, kesadaran untuk ketahanan pangan bertambah kuat dengan menanam buah dan sayuran sendiri. Memanfaatkan lahan terbatas dengan cara berkebun konvensional maupun hidroponik.

 

Urban farming ini juga merupakan media healing, pembelajaran, hiburan, dan keindahan. Ada rasa puas ketika memakan sayuran atau buah-buahan dari hasil kerja sendiri. Dan tentunya bila dilakukan secara organik asupan ke tubuh lebih sehat.

 

Kita bisa berjualan bibit tanaman dan alat berkebun. Bibit dapat berupa biji atau tanaman yang masih kecil. Bila lahan di rumah tidak memungkinkan untuk pembibitan, saya sarankan untuk menjual biji saja. Atau berkolaborasi dengan tetangga yang punya lahan luas atau memiliki peliharaan seperti kambing, sapi, dan ayam untuk dijadikan pupuk. Bisnis inilah yang sedang saya siapkan bersama tetangga saya.

 

Kuliner

5 Ide Bisnis Modal Minim Di Masa Pandemi
Bisnis kuliner. Sumber gambar: Pixabay-Daria Yakovleva

Bila saya perhatikan, bisnis kuliner di masa pandemi sedang menjamur. Entah itu frozen food, makanan berat, atau camilan. Frozen food diminati sebab tahan lama. Di masa pandemi, orang-orang jarang ke pasar. Makanan tahan lama menjadi solusi agar tidak sering ke luar rumah untuk memenuhi kebutuhan pangan.

 

Anak-anak juga karena bersekolah di rumah lebih sering membutuhkan camilan. Sehingga camilan yang beragam sangat dibutuhkan.

 

Kunci dari bisnis kuliner sebab menjamur adalah kreativitas. Harus ada pembeda atau ciri khas dan keunikan meski makanan yang ditawarkan sama. Misalnya teman saya berjualan keripik singkong yang racikan bawang putihnya sangat dominan. Rasanya jadi spesial.

 

Jasa Guru Les

5 Ide Bisnis Modal Minim Di Masa Pandemi
Jasa Guru Les. Sumber gambar: Pixabay-Sasin Tipchai

Tiga ide bisnis modal minim di masa pandemi di atas berupa produk. Nah, bagaimana dengan jasa? Hasil observasi saya pada tetangga dan media sosial, banyak orang tua mengeluhkan soal pembelajaran daring. Mulai dari gawai yang kurang mumpuni atau tidak punya sama sekali, sinyal yang tidak stabil, dan terutama pengetahuan orang tua.

 

Pengalaman saya mendampingi Rasi belajar, saya harus paham pelajarannya. Saya mesti bekerja keras untuk menjelaskan misalnya matematika padanya. Rasi adalah anak yang visual sekali. Saya harus menggambar dan bercerita agar dia bisa menjawab sebuah soal.

 

Tetangga saya yang punya anak masih duduk di kelas tiga mengeluhkan hal yang sama. Tidak bisa mengajarkan anak pelajaran sekolah. Solusinya adalah mendatangkan guru les. Celah ini bisa kita manfaatkan.

 

Saya sarankan agar membuat media ajar yang menarik untuk anak. Tentunya disesuaikan dengan jenjang sekolahnya. Entah itu berupa video, gambar, cerita, atau alat bantu lain. Ini akan jadi nilai lebih bagi kamu di mata orang tua murid.

 

Jasa Desain Kamar

5 Ide Bisnis Modal Minim Di Masa Pandemi
Jasa Desain Kamar. Sumber gambar: Pixabay-Pexels

Berbulan-bulan terkurung di rumah, pasti rasa jenuh melanda. Meski sesekali pergi ke luar. Beberapa teman saya mulai mendekor ulang kamarnya terutama yang tinggal di kost-kostan. Dan ternyata, perilaku ini merupakan tren tersendiri.

 

Bagi kamu yang bisa mendesain, cobalah membuat desain kamar. Lalu tawarkan pada teman-teman atau mempublikasikannya di sosial media. Tentunya ini butuh kreativitas dan daya imajinasi.

 

Jasa desain kamar sepengetahuan saya belum ada atau jarang. Sesuaikan kebutuhan, budget, dan ketersediaan barang agar desain kamar tersebut mudah direalisasikan oleh pemesan. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan penyedia barang dekorasi untuk mewujudkan desain tersebut.

 

Sumber Modal Bisnis Dari Tunaiku

Modal minim bukan berarti tidak membutuhkan modal sama sekali. Sebisa mungkin memanfaatkan skill, barang yang dipunya, dan tabungan. Tapi kalau memang tidak ada, kamu harus mencari sumber modal.

 

5 Ide Bisnis Modal Minim Di Masa Pandemi
Sumber Modal Bisnis Dari Tunaiku

Sebetulnya sudah lumrah jika modal usaha dari jual barang atau pinjam uang ke keluarga atau teman. Kondisi pandemi ini barang tentu tidak semua orang bisa melakukan itu. Solusinya, kamu bisa memanfaatkan situs pinjaman online yaitu Tunaiku.

 

Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991. Selain di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan kemudahannya.

 

Mungkin ada dari kamu yang belum apa-apa sudah takut duluan dengan situs pinjaman online. Tenang… Tunaiku beda dengan fintech dan KTA konvensional. Perbedaan Tunaiku ada pada 2 hal penting yaitu keamanan dan fleksibilitas. Tunaiku berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi karena Tunaiku berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data nasabah. Intinya Tunaiku terdaftar di OJK! Untuk fleksibilitas, Tunaiku menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah. Biasanya situs fintech memberikan limit kecil dan tenor pendek.

 

Tunaiku juga menawarkan syarat dan pengajuan lebih mudah dibanding layanan KTA tradisional yang biasanya membutuhkan agunan serta banyak dokumen saat proses pengajuan KTA online maupun offline. Di Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Tunaiku lalu masukan identitas berupa KTP dan pengisian formulir. Proses ini sekitar 10 menit saja dan bisa langsung cair. Kebutuhan modalmu atau kebutuhan mendesak lain bisa terpenuhi. 


Setelah membaca 5 ide bisnis modal minim di masa pandemi ini apakah teman-teman ada yang tertarik untuk menjalankannya? Atau kamu punya ide bisnis lain? Yuk, sharing sama saya di kolom komentar. Tetap semangat, sehat, dan bergerak ya teman-teman.

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

16 comments:

  1. Butuh kreativitas utk bisnis kecil saat pandemi. Tunaiku akan membantu...

    ReplyDelete
  2. Untuk memulai bisnis emang perlu semangat baja, tekat tak mudah menyerah, dan siap membuka pikiran untuk belajar. Kalau sudah begitu dengan modal minim pun sudah bisa jadi entrepreneur. Menurut mentor bijak sih yang paling penting dalam memulai usaha bukan modal tapi semangat :)

    ReplyDelete
  3. iya kini paling penting itu kreatifitas dan kalau masalah modal bisa di bantu sama salah satunya tunaiku itu

    ReplyDelete
  4. Dari ke-5nya, saya suka nomor 3, kuliner
    Sedang ancang ancang bikin bisnis frozen food nih 😊😊😊

    ReplyDelete
  5. Kita gatau ya kapan pandemi berakhir tapi kita masih bisa berjuang termasuk aku yang lagi bisnis seputar kebon kembang heheh sukses ya semuanya

    ReplyDelete
  6. waa terima kasih info dan sharingnyaaa, hihihi, selama ini nggak pernah kepikiran yang jasa mendesign kamar, kadang emang suka bingung juga yaa soal penempatan barang di kamar tu hihihi

    ReplyDelete
  7. Memang ya Teh, cukup berasa nih imbasnya pandemi terhadap penghasilan. Tapi bersyukur masih ada yang bisa dikerjakan dan alhamdulillah kalau menghasilkan, apalagi yang hubungannya dengan berkebun juga usaha kuliner nih ya.

    Ngomong ngomong, aku nggak kepikiran lho sama jasa design kamar. Menjanjikan juga ini nampaknya.

    ReplyDelete
  8. harus tanggap dan kreatif untuk tetap berpenghasilan di masa pandemi. jasa Kuliner rumahan nih banyak bermunculan di pandemi

    ReplyDelete
  9. Tuk jasa desain kamar menarik juga tuh. Ga kepikiran sama sekali tapi memang prospek banget di situasi kayak sekarang. Modalnya emang harus kreatif supaya bisa tetap bertahan dan ada pemasukan

    ReplyDelete
  10. Saat pandemi semakin banyak yang beralih ke bisnis ya teh Mungkin karena sekarang buat dapetin pinjaman modalnya mudah. Salah satunya pinjaman online ini. Aku tertarik nih buka bisnis kuliner.

    ReplyDelete
  11. idenya ok banget auto catat ini mah

    ReplyDelete
  12. ide bisnis nya oke banget nih buat masa Pandemi , harus teliti membaca peluang.

    ReplyDelete
  13. Keren-keren nih ide bisnisnya dan gak sulit untuk dilakuin ya. Kalau aku memilih berjualan makanan online akhirnya ditengan pandemi ini deh.

    ReplyDelete
  14. Kadang lebih memilih meminjam modal dari "orang luar" atau pihak lain daripada keluarga, salah satunya karena berat di beban moral. Takut hubungan dengan keluarga menjadi tidak baik dan hal-hal semacam ini.

    ReplyDelete
  15. Kita emang jadi dituntut jeli melihat peluang bisnis di masa pandemi ini ya Teh. Misalnya kayak ide2 bisnis yg disebutin tadi yg memang byk yg butuh.

    ReplyDelete
  16. Ide bisnisnya mantuuull dan aplicable banget nih Teh.


    Bisa aku share k sodara yg butuh insight juga nih

    ReplyDelete