Taman Begonia "Glory"


Dewasa ini kebutuhan aktualisasi diri hampir setiap orang meningkat tajam. Penggunaan sosial media dan praktisnya fasilitas handphone yang dilengkapi dengan kamera memudahkan orang-orang untuk berekspresi lewat foto dan video. Kamu mungkin juga salah satunya. Rasanya ingin sekali berfoto di tempat-tempat yang indah dan menarik.

Kita akan bangga sekali kalau memasang display picture di BBM dengan latar belakang taman bunga dan membuat teman kita mengira, kita sedang berada di luar negeri.


Jika kamu memiliki lahan luas, bisnis apa yang terpikir olehmu? Membuka tempat makan, butik, atau penginapan? Nah uniknya, Bapak Atmadi Saleh berpikir lain. Beliau menjalankan bisnis jasa penyewaan lahan untuk kita yang suka berfoto-foto, berkumpul dengan keluarga atau sekadar menikmati kesegaran alam. Lazimnya, kita hanya mendapati bisnis yang berhubungan dengan bunga berbentuk toko bunga atau penjual bibit bunga. Inilah yang membedakan taman Begonia “Glory” dengan bisnis bunga lainnya. Lahan luas ini dimanfaatkan Bapak Atmadi untuk membuat taman Begonia “Glory” yang di dalamnya terdapat berbagai jenis bunga, terutama bunga Begonia. Dengan usaha seperti itu Pak Atmadi bisa meraup kesuksesan.

Untuk mengunjungi taman Begonia “Glory”, kamu cukup datang ke lokasi yang terletak di Jalan Maribaya No. 120 Lembang, Bandung. Tarif masuk taman sangat terjangkau, cukup dengan membayar Rp5.000 saja, kamu sudah bisa duduk-duduk atau berfoto di antara aneka rupa bunga-bunga. Tarif yang kamu bayarkan ini diperuntukkan untuk biaya perawatan dan kebersihan taman.

Sebelum menjadi taman Begonia “Glory”, lahan ini dikelola oleh Yayasan Bina Tani Sejahtera yang berdiri pada tahun 2011. Yayasan ini bergerak di bidang kliring serta pelatihan untuk para petani. Namun karena lokasinya yang jauh dari lokasi para petani, tempat ini jarang dikunjungi. Pada tahun 2013, Yayasan berpindah lokasi ke daerah dataran rendah atau wilayah panas yang berada di lokasi para petani. Januari tahun 2014, lahan tersebut resmi dikelola oleh Bapak Atmadi Saleh.

Selama tiga tahun berada dalam badan yayasan, Pak Atmadi membaca potensi wisata bunga di daerah Lembang. Berbekal pembacaan potesi tersebut, Pak Atmadi mengimplementasikannya kedalam taman Begonia “Glory”. Menurut Pak Atmadi, wisata bunga masih langka ditemukan. Tidak seperti di luar negeri, banyak sekali wisata bunga. Padahal Orang-orang Indonesia senang berfoto dengan latar belakang pemandangan bunga-bunga yang indah. Kenapa tidak membuat sebuah wisata khusus untuk menikmati kecantikan bunga-bunga Indonesia? Kamu tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar negeri cukup datang ke sini saja. Lebih jauhnya, Pak Atmadi berharap dengan adanya taman Begonia “Glory” dapat mengembalikan citra Bandung sebagai kota kembang.

Taman ini dinamai taman Begonia “Glory” bukan tanpa alasan. Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar tentang bunga Begonia? Bunga Begonia adalah bunga yang tumbuh subur pada musim hujan. Berbeda dengan bunga-bunga lain yang lebih banyak tumbuh pada musim kemarau. Keistimewaan bunga ini menjadikannya ikon untuk taman bunga. Pak Atmadi berharap, taman Begonia “Glory” ini langgeng dan dapat dinikmati semua kalangan untuk melepaskan lelah. Kalau Belanda punya tulip, Indonesia punya Begonia.

Selain itu, taman Begonia “Glory” juga menyediakan tempat makan agar kamu bisa bersantai ria sambal menikmati makanan dan minum kopi. Tak lupa, kamu juga bisa membeli sayuran dan buah segar seperti terong, tomat cherry, paria, dan yoghurt buah asli. Mau membawa pulang pernak-pernik khas Jawa Barat? Kamu bisa memilih kreasi produk takiron seperti rak pot, jemuran pakaian, lukisan bunga, dan lain-lain.

Pengunjung taman Begonia “Glory”, tidak hanya datang dari wisatawan lokal, wisatawan mancanegara seperti Malaysia dan Singapura pun penasaran dengan keindahan taman ini. Menurut Pak Atmadi, untuk menggaet tamu dari Eropa, rencana ke depannya,  taman ini akan menggabungkan wisata bunga dengan tempat belanja baju khas Indonesia, penginapan, serta panggung tari dan musik tradisional sehingga para wisatawan luar negri bisa melihat taman ini dari sudut pandang lain.

Kamu tertarik untuk mengembangkan bisnis wisata bunga? Berikut tips yang diberikan Pak Atmadi untukmu. Pertama, kamu harus fokus. Kedua, kamu harus belajar teknik pengelolaannya. Ketiga, kamu harus menaruh ruhmu di wisata bunga ini. Harus mengurus tanaman seperti mengurus anak sendiri. Keempat, kamu harus mengembangkan ide-ide kreatif sehingga tidak monoton. Dan terakhir, kamu harus bekerjasama dengan sesama wirausahawan wisata dan PEMDA. Nah, bagaimana, apakah kamu ingin berpartisipasi dalam wisata bunga?
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

9 comments:

  1. Evi, gambarnya manaaaa? Aku besok mau ke Bandung siapa tau sempet mampir. :D

    ReplyDelete
  2. Sedang berencana mau kesini teh, hukumnya kudu dan pasti wkwkwkw...

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget foto2 dg background bunga. Poto jenik, Kak. :D
    Rasanya tambah segar, ya. Apalagi bunganya warna warni gitu. . .

    ReplyDelete
  4. baru tahu saya kenapa dikasih nama taman begonia glory

    ReplyDelete
  5. kalau ke Bandung aku diajakin yaaa

    ReplyDelete
  6. Murah banget tiket masuknya...ada tempat bermain anak-anak tidak ? Kalau saya sih seneng banget main ke taman yang penuh bunga bisa nyantai sambil menghayal.....

    ReplyDelete