Serial TV Buffy The Vampire Slayer

Serial TV Buffy The Vampire Slayer
Serial TV Buffy The Vampire Slayer

Cerita tentang vampire memang selalu menarik, ada banyak versi tentang bagaimana vampire terbentuk atau bagaimana karakter vampire, dan bagaimana cara menangani mereka. Buffy the Vampire Slayer adalah serial TV tahun 90an - 2000an yang mengangkat isu tersebut. Sosoknya yang cantik, cerdas, galak, dan lucu, menjadi tawaran menarik sebagai karakter pembasi vampire.

Buffy The Vampire Slayer adalah serial televisi Amerika Serikat yang ditayangkan di bawah bendera Mutant Enemy Production dan tayang dari Maret 1997 hingga Mei 2003. Serial ini mendapat banyak kritikan positif dan rating yang cukup tinggi dan sempat masuk ke dalam The 60 Greatest Drama of All Time Versi TV Guide. Serial ini nggak hanya sukses di layar kaca saja, namun berbagai produk lain yang mengusung nama serial ini seperti, novel, komik, dan video games.


Serial ini dibintangi oleh Sarah Michelle Gellar sebagai Buffy The Slayer, seorang perempuan muda yang terpilih untuk memerangi kejahatan. Panggilan mistis ini memberikan kekuatan khusus seperti peningkatan dalam kekuatan fisik, daya tahan, kelincahan, penyembuhan, intuisi, dan kemampuan Clairvoyance yang terbatas.

Buffy dipandu oleh pengawasnya Giles (Anthony Stewart Head) seorang yang sudah dilatih untuk menemani sang Slayer, ia melakukan riset terhadap mahkluk–mahkluk supranatural yang harus dihadapi oleh Buffy. Nggak hanya itu saja, Buffy juga sering memberikan pertolongan ke teman–temannya yang ia kenal di Sunnydale Highschool, yaitu Willow Rosenberg (Alyson Hannigan) dan Xander Harris (Nicholas Brendon). Willow adalah seorang yang unggul dalam urusan akademis, memberikan kekontrasan sendiri kepada Buffy yang cenderung lebih supel.

Seiring berjalanya cerita Willow mengalami pengembangan karakter yang cukup signifikan, dari seorang manusia biasa menjadi penyihir, dan ternyata ia lesbian. Sedankan Xander, nggak memiliki kemampuan supranatural, namun ia memiliki kemampuan atletis yang dapat diandalkan.

Buffy pun mendapat beberapa rekan baru di sepanjang serial ini seperti Spike (James Marsters), seorang Vampire dan teman lama dari Angelus.  Dan juga Riley Finn (Marc Blucas), seorang militer yang memburu iblis menggunakan science dan teknologi.


Storyline
Season 1 dimulai dengan datangnya Buffy ke Sunnydale, dimana ia nggak terlalu tertarik untuk pergi bersekolah dan berharap segera terlepas dari tugasnya sebagai seorang Slayer, setelah ia membakar gedung olahraga di sekolah sebelumnya. Rupert, pengawasnya mengingatkan bahwa tempat barunya sekarang memiliki aura yang nggak mengenakan, karena dibangun diatas Hellmouth, sebuah portal dimensi yang banyak menarik fenomena supranatural di sekitarnya. Sehingga sudah menjadi pekerjaanya untuk mencegah mahluk–mahluk jahat yang berusaha mengambil alih Sunnydale.

Pada season 2, banyak perkembangan yang terjadi. Mulai dari kehadiran Slayer yang baru yaitu Kendra Young, yang ditemani oleh dua orang Vampire Spike dan Drusilla. Kemunculannya disebabkan oleh kematian Buffy yang sesaat pada season pertama. Willow sendiri mulai mempelajari sihir dan menjalin ikatan romantis dengan seorang Werewolf, sementara Xander juga nggak mau kalah, ia juga menjalin hubungan dengan Cordelia, seorang cheerleader di Sunnydale High. Cukup banyak percintaan pada season ini, karena Buffy juga menjalin hubungan dengan seorang Vampire, yaitu Angel. Namun ia kehilangan jiwanya yang ia dapatkan di masa lalu dan ia kembali menjadi Angelus. Angel harus dibasmi oleh Buffy untuk mencegah marabahaya yang membuat Buffy patah hati dan pergi meninggalkan Sunnydale.

Berkat keberhasilan serial Buffy The Vampire Slayer dan sosok menawan Angel telah mencuri perhatian penonton, maka dibuatlah serial Angel tersendiri. Sayangnya, serial tersebut enggak seberhasil serial Buffy. Padahal sosok Angel ini bikin melting banget, ganteng, matanya yang setajam pedang, dan sikapnya yang cool.

Namun perjalanan Buffy belum usai, setelah pindah ke Los Angeles pada season 3. Angel secara misterius dilepaskan dari dimensi iblis, namun ia cenderung gila karena siksaan yang dialaminya di sana. Giles pun kehilangan posisinya sebagai pengawas Buffy dikarenakan sikapnya yang sudah nggak professional dan cenderung subjektif kepada Buffy. Rasa sayang Giles seperti seorang ayah kepada Buffy. Buffy sendiri juga memutuskan untuk nggak bekerja lagi kepada Council.

Buffy pun melanjutkan studinya ke UC Sunnydale, pada season 4. Dimana ia harus berhadapan dengan Adam, seorang monster yang dibuat secara rahasia oleh The Initiative dari gabungan manusia, mesin, dan iblis. Yang akhirnya menyebabkan kekacauan dan harus dimusnahkan. Pemusnahan ini juga memberikan akhir kepada Instalasi militer rahasia tersebut.

Dawn, adik dari Buffy muncul dalam kehidupanya. Walaupun sebenernya ia nggak pernah ada, namun seolah–olah ia selalu ada di dekat Buffy pada season 5 ini. Season ini fokus kepada Glory, seorang dewa yang diasingkan dan sedang mencari “Key” sebuah kunci yang dapat membuatnya kembali ke dimensi iblis, namun dalam prosesnya hal tersebut juga mengakibatkan kaburnya batasan antar dimensi dan memicu terjadinya kekacauan. Hingga akhirnya Glory menyadari kalau Dawn adalah kuncinya. Setelah menculik Dawn, Buffy terpaksa mengorbankan dirinya dan melompat ke portal dimensi, yang akhirnya tertutup dengan nyawa Buffy sebagai bayaranya.

Setelah mati selama 147 hari, Buffy berhasil dihidupkan kembali menggunakan mantra yang sangat kuat pada season 6. Namun ia sangat depresi atas hal tersebut, karena ia sudah ada di surga.  Sementara itu, Buffy masih harus berhadapan dengan sekelompok kutu buku yang dipimpin oleh Warren Mears yang berusaha untuk membunuh Buffy dan mengambil alih Sunnydale. Dalam perseturuan tersebut Willow kehilangan kekasihnya, dan menyebabkan dirinya menggila dan merapal berbagai ilmu hitam yang akhirnya menewaskan Warren. Willow berhasil disadarkan kembali oleh Giles, yang membuat Xander dapat masuk ke dalam hatinya dan mengakhiri kemurkaannya.

Pada Season 7, kebangkitan Buffy yang kedua kalinya menyebabkan ketidakstabilan antara yang baik dan yang jahat. Kekacauan ini dimulai dengan perburuan calon Slayer yang potensial, dan kebangkitan pasukan tua yang kuat, Turok-Han Vampire. Setelah kehancuan Council, banyak calon Slayer  yang mengugsi ke rumah Buffy yang beberapa dibawa oleh Giles. Pada pertempuran terakhir, Angel datang membawa sebuah jimat, yang dkemudian diberikan Buffy berikan kepada Spike. Seiring regu Buffy mulai mendekati pusat Helmouth, Willow merapal mantra yang mengaktifkan kekuatan Slayer dan jimat yang diberikan Angel digunakan oleh Spike untuk mengalirkan kekuatan matahari ke Hellmouth yang menyebabkan kematian dirinya beserta semua Vampire yang ada di sana. Pertempuran ini mengakibatkan runtuhnya Sunnydale dan membuat sebuah kawah besar. Dan serial ini diakhiri dengan senyuman Buffy.

Serial TV Buffy The Vampire Slayer ini, dulu tayang di SCTV pada hari minggu siang. Memang diset sebagai hiburan keluarga. Buat saya, Buffy ini termasuk salah satu tokoh yang nggak terlupakan. Sarah Michelle Gellar bisa membawakan karakternya dengan pas sesuai dengan pertumbuhan tokohnya.

Buffy The Vampire Slayer
Genre: Action, Drama, Fantasi 
Durasi: 45 menit
Tanggal Release: 10 Maret 1997
Season 1: 1997, 12 episode
Season 2: 1997-1998, 22 episode
Season 3: 1998-1999, 22 episode
Season 4: 1999 – 2000, 22 episode
Season 5: 2000 – 2001, 22 episode
Season 6: 2001 – 2002, 22 episode
Season 7: 2002 – 2003, 22 episode
Creator: Joss Whedon
Pemain: Sarah Michelle Gellar, Nicholas Brendon, Alyson Hannigan

Sumber Referensi dan foto:
Wikipedia
IMDb
http://www.gstatic.com/tv/thumb/tvbanners/184321/p184321_b_v7_ab.jpg
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
23 Oktober 2015 04.10 delete

ini film keren banget dijamannya :D dulu suka nonton~

Reply
avatar
30 Maret 2016 10.14 delete

Iya ini serial bagus :)

Reply
avatar