5 Tips Membuat Kemasan Produk Yang Menarik, Ramah Lingkungan, Dan Ekonomis Untuk Jualan Online

 

5-Tips-Membuat-Kemasan-Produk
5 Tips Membuat Kemasan Produk Yang Menarik, Ramah Lingkungan, Dan Ekonomis Untuk Jualan Online

Jualan online kian marak dengan kehadiran berbagai marketplace. Bahkan kini menjadi primadona di tengah gempuran pandemi. Semua orang berbelanja lewat online, gaya berjualan konvensional mulai tergerus. Namun jualan online tidak sesederhana kelihatan tinggal mengunggah barang lalu, wuss… laku!

Banyak hal yang harus dipertimbangkan secara matang. Salah satunya adalah kemasan produk yang menarik. Tidak hanya itu, bagi saya kemasan juga harus ramah lingkungan. Dan yang pasti ekonomis sesuai dengan ketersediaan dana. Saya akan membagikan 5 tips membuat kemasan produk yang menarik, ramah lingkungan, dan ekonomis untuk jualan online.

 

Sedikit cerita, hampir seluruh hidup, saya mendedikasikan diri pada produk berjenis jasa. Rekam jejak pekerjaan saya berkutat di soal marketing, brand associate, event organizer, dan tentu saja menulis. Sebetulnya saya sudah lama menyimpan keinginan agar ilmu-ilmu yang saya dapatkan dapat saya aplikasikan untuk produk berbentuk barang. Produk saya sendiri.

 

Impian saya tercapai ketika Hanif—yang kini menjadi suami saya—menawarkan untuk berpartner. Ia adalah seorang pengrajin kayu yang tengah merintis usaha craft. Sejak awal 2020, saya pun mulai belajar tentang produk-produk kayu bikinannya seperti gantungan baju dan kotak pensil. Bahkan saya pun terjun langsung membuat kerajinan tersebut. Berkenalan dengan gergaji, ampelas, dan mesin-mesin sederhana.

 

Saya dan Hanif berbagi peran. Ia di bagian produksi dan saya di bagian marketing. Sebagai seorang pemasar, saya sangat memperhatikan kemasan produk. Kemasan memagang peranan penting agar seseorang membeli suatu barang. Kemasan ibarat makeup, tampilan luar yang mempercantik dan menambah kualitas barang.

 

5 Tips Membuat Kemasan Produk yang Menarik, Ramah Lingkungan, dan Ekonomis untuk Jualan Online

Setelah mempelajari kemasan hampir satu tahun, akhirnya saya menyimpulkan ada lima elemen kunci. Nah, ini dia 5 tipsnya:

 

1 Keamanan

Kunci pertama kemasan adalah keamanan. Sebagai penjual barang, tentu kita tahu produk kita terbuat dari apa dan ketahanannya seperti apa. Perjalanan produk dari tangan kita ke pelanggan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jarak yang jauh membuat produk kita riskan rusak. Jadi pastikan kemasan kita melindungi keamanan produk. Jangan pelit untuk membungkus produk berlapis-lapis.

 

5-Tips-Membuat-Kemasan-Produk
Kemasan produk dari kardus

Bila produk kita termasuk barang pecah-belah, rapuh, atau mudah rusak, jangan lupa tambahkan tulisan ‘fragile’ atau ‘jangan dibanting’. Kita kan, tidak tahu perlakuan seperti bagaimana saat perjalanan produk ke pembeli.

 

Jika produk kita sampai dengan aman ke tangan pembeli, kemungkinan ia akan menjadi pelanggan toko online kita terbuka lebar. Testimoni juga akan bagus.

 

2 Desain Kemasan

Desain kemasan harus menarik. Bisa dari pemilihan warna, bentuk, atau kombinasi keduanya. Misalnya produk saya adalah gantungan baju dari kayu. Saya mendesain kemasan produk dari kardus polos sebab warna kardus senada dengan kayu.

 

5-Tips-Membuat-Kemasan-Produk
Desain kemasan produk


Di dalam kardus, produk saya lapisi lagi dengan kertas tissue yang ditempeli stiker bulat sehingga terlihat menarik. Atau bisa juga ditambahkan dengan kertas-kertas yang telah digunting memanjang agar lebih padat dan indah.

 

Desain juga berhubungan dengan erat atribut branding. Atribut branding apa saja? Sesuaikan dengan kebutuhan kita. Kalau saya, menyematkan logo di produk dengan menggunakan cap kayu khusus. Lalu di kemasan ada stiker yang mengunci kardus agar tidak mudah terbuka. Stiker tersebut memperlihatkan logo dan media sosial toko online saya. Dan stiker bulat di atas kertas tissue berbentuk logo.

 

Pastikan atribut branding kita tidak berlebihan juga tetap memberi informasi pada pembeli. Bisa juga menambahkan thank you card atau kartu nama di dalam kemasan.

 

Dalam mendesain kemasan, kita harus kreatif. Kalau tidak bisa mendesain sendiri, baiknya menggunakan jasa profesional. Meski kelihatannya mengeluarkan biaya, akan tetapi biaya tersebut sebanding dengan efeknya.

 

3 Pendanaan

Sebagai penyedia produk, kita harus sadar bahwa kemasan masuk ke dalam HPP atau harga pokok produksi yang memengaruhi harga pokok penjualan. Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan kemasan harus terhitung betul.

 

Sesuaikan desain kemasan dengan kondisi pendanaan kita. Jangan sampai kemasan produk biayanya jauh lebih tinggi ketimbang produk itu sendiri. Kuncinya di memilih bahan kemasan.


Misalnya saya membutuhkan kemasan dari kardus. Bila harus mencetak kardus sendiri ke penyedia jasa kemasan, minimal harus memesan 1000 kardus. Tentu biayanya tinggi meski dihitung-hitung sebetulnya harganya lebih murah. Itu karena saya belum sanggup untuk memesan kemasan sebanyak itu. Maka saya mencari penjual kardus yang sesuai dengan ukuran produk yang jumlah pembeliannya bisa di bawah 1000 kardus.

 

Mau lebih murah lagi, bisa beli kardus bekas di warung-warung. Namun risikonya kita agak repot membentuknya sesuai ukuran dan hasilnya kurang cantik.

 

Bahan kemasan sangat beragam bila kita jeli. Tidak melulu kardus, ada kertas, mika, atau kayu. Sekali lagi, sesuaikan dengan kondisi keuangan kita tapi tetap melindungi produk.

 

4 Ramah Lingkungan

Ada satu hal yang layak kita pertimbangkan dalam membuat kemasan produk yaitu ramah lingkungan. Sadar tidak sadar efek dari jualan online telah menyumbangkan banyak sampah di muka bumi.

 

5-Tips-Membuat-Kemasan-Produk
Kemasan produk yang ramah lingkungan


Maka dari itu sebaiknya kita memilih kemasan yang ramah lingkungan. Sebab itulah saya memilih kardus dan kertas yang lebih mudah diurai. Namun memang karena faktor keamanan, plastik tetap dibutuhkan.

 

Meminimalisir penggunaan plastik sebetulnya tetap bisa kita lakukan. Misalnya dengan menggunakan totebag sebagai kemasan. Jika bukan barang pecah-belah tidak perlu menggunakan plastic wrap. Atau bila jasa ekspedisi pasti melapisi produk dengan plastik, kita tidak perlu lagi mengemasnya dengan plastik.

 

Pilihan lain, menggunakan plastik ramah lingkungan yang terbuat dari kulit singkong. Plastik ini mudah terurai bahkan dapat menjadi pupuk bagi tanaman.

 

5 Memiliki Printer

Tips terakhir membuat kemasan produk yang menarik, ramah lingkungan, dan ekonomis adalah memiliki printer sendiri. Dengan adanya printer, kita dapat ekspolarasi desain. Sebelum produksi kemasan secara masal, kita bisa mengecek warna dan bentuk kemasan dengan membuat prototype yang kita print.

 

5-Tips-Membuat-Kemasan-Produk
HP DeskJet Ink Advantage 2337 All-in-One Printer


Apakah warna sesuai? Warna di layar komputer atau di gawai akan berbeda ketika dicetak. Jadi kita wajib memastikannya. Fungsi lainnya, atribut branding dapat kita produksi sendiri seperti stiker atau kartu ucapan. Semua bisa lebih hemat.

 

Dan jangan lupakan untuk urusan print alamat. Dengan dicetak di printer akan terlihat lebih rapi dan mudah terbaca.

 

Barangkali ada pikiran kalau printer itu harganya mahal? Nah, makanya pilih printer multifungsi. Saya merekomendasikan HP DeskJet Ink Advantage 2337 All-in-One Printer (7WQ07B). Printer ini segala bisa: print, scan, dan fotocopy.

 

Saya pernah punya pengalaman tulis alamat sendiri di kertas dan saya salah tulis no HP. Oh, belum lagi teman saya pernah ditolak di ekspedisi karena tulis tangan gini. Kalau harus ke tempat fotocopy atau rental komputer juga repot, kan?

 

Untuk kebutuhan kamu yang mobile juga HP DeskJet Ink Advantage 2337 All-in-One Printer (7WQ07B) praktis karena beratnya Cuma 3,42 kg. Ringanlah, ya. Bergaransi setahun dan tempat layanan servisnya tersebar di seluruh Indonesia. Cek spesifikasinya di bawah ini:

 

5-Tips-Membuat-Kemasan-Produk
Spesifikasi HP DeskJet Ink Advantage 2337 All-in-One Printer

5-Tips-Membuat-Kemasan-Produk
Spesifikasi HP DeskJet Ink Advantage 2337 All-in-One Printer

Balik lagi ke harganya, HP DeskJet Ink Advantage 2337 All-in-One Printer (7WQ07B) dibandrol Rp700.000,- saja. Kamu bisa beli di Era Supplies Indonesia secara online. Printermu akan langsung dikirim ke rumah.

 

Buat kamu yang baru akan berjualan online, jangan cemas membuat kemasan produk ya. Siapkan kemasan secara matang, kerahkan kreativitasmu. Semoga 5 tips membuat kemasan produk yang menarik, ramah lingkungan, dan ekonomis untuk jualan online ini membantumu. Kalau ada tambahan, tulis di kolom komentar ya.

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

34 comments:

  1. sekarang banyak sekali pada review printer HP, udah lama sekali saya gak punya printer di rumah.JAdi kita tinggal enak mengeprint tugas/ dokumen tanpa harus mengeluarkan uang untuk pergi ke tempat fotokopian

    ReplyDelete
  2. Printer memang sangat dibutuhkan sekarang, apalagi untuk menunjang bisnis online

    ReplyDelete
  3. Buat pengusaha printer itu butuh banget.
    Selain bisa produksi kemasan sendiri.
    Juga buat bikin label pengiriman biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini, kalau dihitung-hitung malah lebih hemat. Bisa print invoice juga

      Delete
  4. Bisnis online harus punya option dg printer yang canggih. Recommended benar printer HP yang sudah punya reputable bisnis name.

    ReplyDelete
  5. kok murah ya harga printernya? Namun bisa dioptimalisasikan dengan byk hal seperti support soal bisnis. Nice,,,makin smngat utk berbisnis

    ReplyDelete
  6. packaging is the king, betul juga sih, penting loh untuk jadi salah satu faktor kesuksesan binis. oke banget nih printer HP ini untuk support bisnis kita yaa

    ReplyDelete
  7. Awalnya saya termasuk yang suka tulis tangan, tapi jadi ribet untuk konsumen loyal yang suka pembelian berulang. Jadi mending diprint saja, karena datanya bisa kita simpan.

    ReplyDelete
  8. nah aku pun suka banget kalo belanja online shop dan packagingnya cakep dan menarik banget

    ReplyDelete
  9. asyik ya teh Evi, printer HP tau banget kebutuhan pelaku bisnis online

    tujuannya agar pelaku bisnis produktif dan ngirit , nggak wara wiri terjebak macet karena harsu keluar rumah

    ReplyDelete
  10. Suka sekali dengan tulisan Teteh. Apalagi tentang menghadirkan kemasan (packaging) produk sehingga tampil menarik, pun ramah lingkungan.

    Paling suka di bagian itu.

    Iya ya. Punya printer sendiri bisa membantu dalam proses mengeksplorasi design juga. Terus kalau punya sendiri jadi masuknya ke investasi perlengkapan produksi ya. Bisa hemat biaya produksi juga.

    Printer keluaran HP memang andalan. Di klinik mama dulu juga pakai HP Deskjet cuma serinya lebih jadul. Awet banget printernya. Nggak berisik juga suaranya pas ngeprint. Isi tintanya juga gampang.

    ReplyDelete
  11. Packing penting banget sebagai penunjang bisnis online menambah kepercayaan pembeli dan saat ini banyak banget dari kita yang suka unboxing produk share di sosmed

    ReplyDelete
  12. Pengin juga punya printer di rumah. Selain untuk bikin thank you card untuk jualan onlineku, bisa juga buat print gambar-gambar lucu buat anakku belajar mewarnai.

    ReplyDelete
  13. Untuk dapet hasil yang maksimal, apalagi butuh cetak dalam jumlah banyak, memang harus dipertimbangkan ya beli printer sendiri untuk pelaku bisnis

    ReplyDelete
  14. Daku setuju kak dengan kemasan produk yang ramah lingkungan, agar bila pasca dilepaskan dari paketan barang lalu hendak dibuang masih dapat didaur ulang atau mudah terurai

    ReplyDelete
  15. Wah keren bgt mbak tipsnya. Bagus bgt buat para pemula bisnis online, kadang emg harus memperhatikan dari hal-hal kecil pengamanan kemasan jg hihi

    ReplyDelete
  16. Packagingku sekarang hampir sama kayak beberapa ols lain, karena memang hampers gitu kan. dan iya kalau ada printer sendiri di rumah tuh lebih enak jadinya ga ribet. trus untuk alamat aku jg skrg pakainya stiker, jd aman kalau kena hujan

    ReplyDelete
  17. Kebetulan banget nei aku sedang cari printer untuk kebutuhan mengajar selama dari rumah.. harganya cukup terjangkau ya..

    ReplyDelete
  18. Printer HP ini menjadi salah satu printer andalan dari brand Hp ya kak. cocok banget buat yang ingin memulai bisnis online seperti dakuw juga.

    ReplyDelete
  19. Dengan printer tsb semua bisa dikerjakan y. Termasuk membantu dlm memulai bisnis online

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Bagus nih semuanya all in one, bisa Print Scan dan Foto Copy :0

    ReplyDelete
  22. Bener juga yaa kak, untuk packagingnya yang reusable atau gampang didaur ulang emang lebih mahal sih pendanaannya cuman yaa kayaknya lebih aman dan baik untuk lingkungan. Btw HP bisa buat fotokopi juga yaah, ga repot lagi dah hihi

    ReplyDelete
  23. printernya sama kaya printerku mbak. hihi. aku jg suka galau kalau belanja online bubblenya tuh pada banyak, tapi ada bbrp toko yg concern sm isu sampah ini dengan ganti bubble pake potongan kertas bekas. ada juga yang pake batang2 sereh untuk produk skincare, mantep deh

    ReplyDelete
  24. Packaging itu memang penting ya dalam branding dan utk punya branding yang berkualitas hrs punya printer yang mumpuni kaya HP ini

    ReplyDelete
  25. Benar banget ya, packaging yang bagus juga perlu ya, saya suka ilfil ketika barang pesanan ya datang amburadul gitu tapi kalau bagus apalagi ada kesan-kesan eksklusif-nya punya nilai tersendiri di hati

    ReplyDelete
  26. Bener. Packaging bisa jadi salah satu media promosi produk juga. Dari packaging bisa memberikan kesan kepada pembeli apalagi didukung oleh printer HP.

    ReplyDelete
  27. Punya printer itu penting ya teh, apalagi buat usaha online ya teh.

    ReplyDelete
  28. Aku tuh kalau belanja online itu kadang suka miris ngeliat packaging yang rata-rata menggunakan plastik serta bubble wrap yang banyak. Di satu sisi ingin belanja online tapi kalau melihat sampah plastiknya jadi merasa bersalah. Semoga ke depannya banyak yang menggunakan packaging ramah lingkungan ya.

    ReplyDelete
  29. Emang kemasan menarik itu kunci untuk menarik konsumen ya. Thanks for sharing kak

    ReplyDelete
  30. Kemasan itu bagaikan pandangan pertama dan keyakinan orang terhadap bagus engganya menarik engganya produk kita ya mbak jadi keputusan pembelian biasanya ada pada kemasan dulu hehehe

    ReplyDelete
  31. pas banget nih lagi cari printer yang bisa dipakai untuk jualanku, kayaknya bisa pakai printer HP ini, dari dulu kalau beli printer pasti selalu HP.

    ReplyDelete
  32. Duhhh nggak sampai satu juta sudah bisa dapat printer dan memulai usaha. Langsung segera akses era supplies nih.

    ReplyDelete
  33. wah keren teh Evi bisa kerja sama juga sama suami yah saling support btw printernya keren ya jadipengen punya juga

    ReplyDelete