Cara Menentukan Kapasitas AC Ruangan Sesuai Kebutuhan

Air Conditioning atau AC tak lagi menjadi kebutuhan mewah di rumah. Setiap rumah modern bisa memiliki mesin pendingin yang memiliki harga cukup terjangkau kantong kelas menengah ke bawah. Bagi kelas atas, AC premium yang dilengkapi fitur menawan sangat cocok dipilih untuk hunian. Jika kamu memiliki budget sedikit dengan kapasitas daya listrik di rumah terbatas, wajib mempertimbangkan beli AC di toko yang jual AC Sharp ½ PK hemat energi.

Cara Menentukan Kapasitas AC Ruangan Sesuai Kebutuhan
Cara Menentukan Kapasitas AC Ruangan Sesuai Kebutuhan (Sumber: Bukalapak)

Bagaimana cara menentukan AC yang sesuai kebutuhan?
Saat kamu membeli AC Sharp, sebaiknya pertimbangkan PK AC agar sesuai dengan luas ruangan di rumah. Sebagian besar orang hanya memahami bahwa memilih AC dengan PK tinggi bisa mendinginkan ruangan lebih cepat. Namun, tanyakan pada pihak toko jual AC Sharp ½ PK agar kamu mendapatkan AC yang sesuai.


AC Sharp ½ PK tetap bisa mendinginkan ruangan dengan ukuran yang lebih kecil. Ukuran PK AC harus disesuaikan dengan luas ruangan agar bisa memberikan kinerja maksimal. Jika ukuran PK AC terlalu tinggi diletakkan di ruangan sempit, suhu di ruangan bakal lebih dingin dan berpengaruh pada pemborosan tagihan listrik. Ada tiga hal yang harus kamu ketahui terkait menentukan kapasitas AC yang sesuai kebutuhan berikut ini.

  • BTU/h
  • BTU/h adalah British Thermal Unit per hour yang bisa dikatakan sebagai daya pendingin AC. BTU menyatakan kemampuan AC mendinginkan suhu ruangan dalam waktu 1 jam.
  • Daya listrik
  • Besaran tenaga yang dibutuhkan oleh AC untuk menyala sedangkan satuan yang digunakan adalah watt.
  • PK kompresor
  • Berasal dari bahasa Belanda Paarkdeckracht  yang bermakna tenaga kuda atau satuan daya pada kompresor AC.


Mengenal tiga hal di atas bisa menjadi acuan kamu dalam menentukan kapasitas AC yang tepat sesuai luas ruangan. Rumus yang digunakan adalah panjang (P) x lebar (L) x 500 BTU/h yang bisa kamu coba praktikkan dalam menghitung kapasitas AC yang benar. Misalnya panjang ruangan di rumah kamu 4 meter dengan lebar 3 meter saja alias luas ruangan 9 meter persegi. Maka, kamu bisa mengalikan 3 m x 3 m x 500 BTU/h dengan hasil 4500 BTU/h.

Catatan daya pendingin AC berdasarkan PK yang sesuai luas ruangan berikut bisa kamu gunakan sebagai referensi.

  • AC ½ PK = 5000 BTU/h atau ruangan berukuran 10 m2
  • AC ¾ PK = 7000 BTU/h atau ruangan berukuran 14 m2
  • AC 1 PK = 9000 BTU/h atau ruangan berukuran 18 m2
  • AC 1½ PK = 12.000 BTU/h atau ruangan berukuran 24 m2
  • AC 2 PK= 18.000 BTU/h atau ruangan berukuran 36 m2


Jadi, jika luas ruangan di rumah yang hendak kamu pasangi AC adalah 9 meter persegi, sebaiknya gunakan AC Sharp ½ PK saja. Referensi ini bisa kamu gunakan untuk menghitung kapasitas AC berdasarkan luas ruangan. Hubungi toko yang jual AC Sharp ½ PK untuk bisa membantu kamu menentukan tipe AC terbaik.

Adakah faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja AC?
Berdasarkan ulasan menghitung kapasitas AC yang tepat berdasarkan luas ruangan di atas, kamu bisa menentukan PK AC yang tepat. Namun, pendinginan suhu ruangan bisa menjadi kurang maksimal jika dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti jumlah orang dalam sebuah ruangan, adanya jendela atau pintu yang terbuka dan lain-lain.

Pastikan kamu mempertimbangkan dan memperhitungkan kapasitas AC yang sesuai dengan kebutuhan. Pilih toko jual AC Sharp ½ PK yang kredibel di situs jual beli online terpercaya di seluruh Indonesia yaitu Bukalapak. Untuk transaksi online yang aman dan kredibel, kamu bisa langsung mengunjungi laman resmi bukalapak.com sekarang juga. 

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

1 comment:

  1. Get all the latest updates and get the items same as breeze gazebo at lowest price items in Auckland Newzealand. All the items are easily availalble which you will be get online in a single click.

    ReplyDelete