Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Andromax Es dan Andromax MiFi M2P

Kalau boleh jujur, hubungan saya sama perteknologian jaringan mobile dan per-gadget-an itu bisa diistilahkan benci-benci tapi rindu, love-hate-relationship gitu. Rasa-rasanya kayak saya ngejar-ngejar teknologi tapi anehnya dia selalu lebih depan. Walaupun ada masa-masanya kami bergandengan tangan mesra, terus dia lari lagi. Sebel nggak sih?

Nah, saat ini, si teknologi lagi berlari. Teknologi jaringan mobile lagi bertransformasi dari 3G HSDPA jadi 4G LTE. Duh keselnya, berhubungan saya belum ada gadget yang mumpuni gandengan tangan sama dia. Pucuk dicinta ulam tiba ((Pucuk dicinta ulam tiba)), saya dapat undangan buat ngerasain petualangan test drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung. Huaaa senang banget. Hayo loh, teknologi, mau lari ke mana lagi kamu?


Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung

Tepatnya tanggal 10 September 2015 alias hari Kamis, berangkatlah si Kembar (Eva dan Evi) yang super lelet dan suka kesiangan menuju Hotel Padma. Ya ya ya, bisa tertebak kan kalau kami kesiangan? Setelah ketemu dan berbincang sejenak sama teman-teman dari Smartfren yang terdiri dari Mas Aldridge, Mas Yudit, dan Mas Fonda, kami bergabung bersama para Blogger dan teman-teman media.

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Si Kembar di Hotel Padma

Sebelum petualangan test drive 4G LTE Advanced Smartfren ini, mari isi perut dulu. Yeay! Sambil makan, teman-teman dari Smartfren membagi-bagikan gadget berupa Andromax Es dan modem M2P. Beramai-ramai, kami melucuti Andromax masing-masing. Langsung saja install berbagai social media, aplikasi speed test, dan ehm … Youtube. Nih, saya kasih video kekecean Andromax Es dan modem MiFi M2P.



Apa itu teknologi 4G LTE Advanced?

Masih ingat hubungan love-hate-relationship saya sama teknologi jaringan mobile dan gadget? Masih dong, kan baru baca! Semua juga tahu ya, perkembangan teknologi jaringan mobile itu pasti diikuti sama perkembangan gadget. Jadi ceritanya, dari teknologi jaringan mobile generasi pertama, alias bisa nelpon aja, saya nggak ngalamin itu loh. Langsung loncat ke teknologi dan gadget gerenasi 2G alias bisa telpon dan SMS. Itu juga pertama punya, waktu saya SMA kelas 3. Sekarang sih, anak TK juga punya gadget mutakhir. Enggak semua sih.

Beranjak ke teknologi jaringan mobile 3G alias si gadget udah bisa pakai internetan, saya juga telat punya. Seingat saya, tahun 2009an saya bisa menikmati jaringan teranyar. So, kamu bisa bayangkan senangnya saya karena kali ini nggak ketinggalan menikmati teknologi jaringan 4G LTE berkat Smartfren.

Ngomong-ngomong kenapa sih namanya 4G LTE Advanced bukan 4G LTE? Begini, pada dasarnya 4G LTE dan 4G LTE Advanced sama aja, berhubung Smartfren adalah CDMA jadinya 4G LTE Advanced. Smartfren menggunakan teknologi LTE Radio, Time Division Duplex (TDD) di pita frekuensi 2300 MHz dan Frekuensi Division Duplex (FDD) pada pita 850 MHz. Karena itulah kecepatan jauh lebih tinggi, lebih luas, dan lebih stabil. Smartfren adalah salah satu operator pertama di dunia yang mengadopsi strategi teknologi maju ke dalam jaringan mobile. Mantap!


Cakupan 4G LTE Advanced Smartfren

Perut udah kenyang. Perbekalan gadget udah siap. Saatnya mulai petualangan test drive 4G LTE Advanced Smartfren dong! Yeay. Para Blogger dan para awak media menaiki bus. Saya duduk sama Teh Erry, salah satu Blogger cetar membahana badai halilitar. 

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Evi dan Teh Erry

Sambil buka-buka sosial media, upload ini itu, download ini itu, kami menyimak dulu obrolan ringan dari Mas Yuditya. Menyusul Pak Derrick, Head of Marcomm Smartfren, menjelaskan faktor apa saya yang mempengaruhi jaringan 4G LTE.

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
(Ki-Ka) Pak Derrick dan Mas Yudit

Penasaran nggak sih kenapa Kota Bandung terpilih sebagai salah satu kota buat test drive 4G LTE Advanced Smartfren? Smartfren meluncurkan jaringan 4G LTE Advanced ini sejak tanggal 19 Agustus 2015 secara nasional. Buat Jawa Barat sendiri mencakup 19 kota besar, meliputi Bandung, Sukabumi, Indramayu, Cirebon, Sumedang, Majalengka, Subang, Ciamis, Purwakarta, Kuningan, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Cimahi, Banjar, dan sebagainya. Dari 19 kota yang terdiri dari 441 kecamatan, Smartfren sudah berhasil mendukung 80% jaringan 4G LTE Advanced. Nggak tanggung-tanggung, Smartfren menyiapkan 696 BTS.

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Keceriaan Blogger di bus - Sumber: Mas Aldridge

Untuk membuktikan video call 4G LTE Advanced Smartfren, Mas Aldrigde video call-an sama Bapak Munir Syahda Prabowo, Head of Network Spesial Project. Kita pun dadah-dadah manis sama Pak Munir. Dalam perbincangan itu, Pak Munir mengatakan bahwa Jawa Barat pengguna mobile data tertinggi di Indonesia. Bandung sebagai kota yang memiliki pertumbuhan industri kreatif membutuhkan koneksi internet cepat & stabil. Benar banget, Pak. Terjawab sudah kenapa Kota Bandung terpilih sebagai kota test drive.

Jelajah 4G LTE Advanced Smartfren

Hari itu memang istimewa, selain kami bisa menikmati pemandangan Bandung dari ujung ke ujung, kami juga menjelajah dunia maya. Mulai dari sosial media (teteup!), Youtube-an, browsing, upload, download segala-gala. Teh Erry girang banget bisa nonton video clip Korea tanpa buffering. Saya coba nonton video book trailer TwiRies deh. Ternyata emang nggak buffer, saja jadi baper nih sama Smartfren hihihi.

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Cobain buka Youtube dengan 4G LTE Advanced Smartfren

Saking semangatnya para Blogger yang haus kecepatan dan kestabilan internet ini, hastag #Go4GBandung dan #GoForIt jadi trending topic loh.

Speed Test

Biar test drive 4G LTE Advanced ini sahih, saya beberapa kali speed test. Hasilnya beda-beda, mulai dari kencang banget, kencang, sedang, sampai pelan. Jangan takut, walaupun hasil speed test-nya pelan, jaringan tetap stabil, buka Youtube, no buffering! Saya pikir, karena 4G LTE Advanced ini belum maksimal, masih 80%, jadi tunggu saja segera mencapai 100% ya.

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Hasil Speed test 4G LTE Advanced Smartfren

Community Development

Selain menguji kehandalan jaringan 4G LTE Advanced, Smartfren juga mengadakan kegiatan Community Development, dengan tema "Pemanfaatan Smartphone dan Teknologi 4G LTE di Bidang Pendidikan". Lokasi Community Development di SMKN 4 Bandung, diikuti SMKN 1, SMA 19, SMKN 6, komunitas hijabers, dan lain-lain. Dengan adanya kegiatan Community Development, Smartfren ingin menjadi bagian dalam upaya mencerdaskan generasi penerus. Kita sempat mampir untuk melihat-lihat kegiatan kece ini.

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Community Development di SMKN 4 Bandung

Makan Malam

Sebagai penutup petualangan test drive 4G LTE Advanced Smartfren, para Blogger dan awak media mendarat di Maxi’s Resto. Saya agak-agak kalap juga nih makan, maklum hari udah malam.

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Menu makan malam di Maxi's Resto

Pihak Smartfren ngajak kita ngobrol lagi seputar pengalaman menggunakan 4G LTE Advanced. Hadir Pak Antony Pandapotan dan Pak Munir mengajak kami untuk mengevaluasi jaringan tersebut. Kalau saya sendiri puas dengan performa jaringan 4G LTE Advanced, nggak tahu deh kalau Mas Benedict ^^V. Seperti kata Pak Munir, kestabilan itu yang utama.

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Pak Munir lagi evaluasi jaringan 4G LTE Advanced Smartfren

Paket 4G LTE Advanced Smartfren

Oke, sebelum kamu pakai paket 4G LTE Advanced, sebaiknya kamu upgrade dulu kartumu. Bisa kamu lakukan lewat internet juga. Lalu, pastikan kalau gadgetmu juga support paket ini. Smartfren menyediakan handset berupa Andromax Ec, Andromax Es, Andromax Q, Andromax Qi, dan Andromax R buat paket ini. Tenang, seperti biasa, Smartfren menyediakan dua slot simcard. So, kamu masih bisa pakai GSM juga.

Smartfren memperkenalkan paket "Smartplan Limitless" untuk paket data 4G LTE Advanced. Smartplan Limitless memungkinkan kamu gunakan layanan data tanpa biaya tambahan jika kuota utama habis. Kamu bisa dapat bonus kuota 2x lipat pada semua paket Smartplan Limitless dengan pembelian di atas 50rb/ bulan. Promo bonus Smartplan Limitless berlaku hingga 31 Oktober. Lengkapnya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Paket Smartplan Limitless - sumber: web Smartfren

Oleh-oleh petualangan test drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung ini gadget keren. Jadi saya langsung deh nyobain buat di rumah. Senangnya bisa internetan stabil, cepat, dan harga bersahabat. Bikin hubungan saya sama teknologi memasuki fase love-love-relationship. Kamu mau juga? Datang aja ke gerai Smartfren terdekat. Abis itu kita jalan-jalan bareng lagi menjajal Bandung. Oke?

Petualangan Test Drive 4G LTE Advanced Smartfren di Bandung
Tampang-tampang Blogger haus jaringan cepat dan stabil

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

20 comments:

  1. seru udah bisa dapet sinyal 4G
    saya masih nunggu sinyal 4G di kota saya :)

    ReplyDelete
  2. untung aku udah ada smartfren 4g lte

    ReplyDelete
  3. Seru... pakai 4 G memang berasa bedanya ya teh

    ReplyDelete
  4. wah seneng sekali bisa merasakan internet cepat mbak

    ReplyDelete
  5. Nanti kapan-kapan aku diajak nyobain test drive 4G juga ya :)

    ReplyDelete
  6. Wah mantap tu gan :D
    saya belum sempet test drive 4G..
    jadi penasaran besok kalau punya uang langsung coba ah.. :D

    ReplyDelete
  7. Waaah...Jawa Barat udah maju bgttt. Ada 19 titik 4G.

    Banjar baru di kota dowang. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang pasti udah lebih merata di Banjar :)

      Delete
  8. I Feel You Evie... benci benci tapi rindu dengan teknologi gadget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya anaknya susah beradaptasi sama teknologi

      Delete
  9. Gan mw tanya nih, sy bru beli m2y , tinggal langsung pke kt csnya,alias udh di aktifin, pas smpe drmh saya coba pke 2 hp, 1 hp andromax g2,yg 1 lenovo , masalahnya di hp lenovo wifi sih terhubung tp kok ke bbm, dan internet lainya gk bs kebuka gan ? Di hp andromax lancar jaya, apa ya yg salah? Hihi tolong di bantu jawab gann 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, coba hubungi CSnya lewat Twitter atau bisa telpon juga :)

      Delete