The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 1

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 1
The Bagong Adventure: Museum Tubuh

Dua minggu yang lalu, saya berkesempatan buat berkunjung ke Malang mengunjungi seorang teman lama. Ini kali pertama saya ke Malang, buta segala-gala. Teman saya menawarkan untuk jalan-jalan ke The Bagong Adventure: Museum Tubuh, tempat dia bekerja. Tentu kesempatan itu nggak saya lewatkan. Museum tubuh? Bagong? Hmm … menarik!

Menurut teman saya, di Malang ada yang disebut Kota Wisata Batu. Kalau di Bandung mungkin lebih mirip daerah Lembang karena letaknya di atas dan udaranya dingin. The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan bagian dari Jatim Park Grup terletak di Jln. Kartika No. 2 yang diluncurkan pada tanggal 21 Desember 2014. Kita mesti bangga, The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan museum anatomi tubuh manusia pertama di Indonesia, lebih lagi merupakan museum tubuh manusia terbesar di Asia. Wow!

Begitu sampai di kawasan Jatim Park I, saya begong. Tempatnya luuuuuaaaas … banget! Untuk The Bagong Adventure Museum Tubuh saja menghabiskan kurang lebih 3.5 Hektare yang berbentuk satu bangunan Relief tubuh manusia dengan karakter Bagong. Bangunan tersebut terdiri dari 6 lantai di dalamnya.

Mengapa Bagong?
Kenalkah kamu dengan karakter Bagong dalam dunia wayang? Dalam tokoh pewayangan Indonesia terdapat istilah Punakawan yang diambil dari bahasa Jawa. Punakawan adalah sebutan umum untuk para pengikut kesatria dalam khasanah kesusastraan Indonesia. Pada umumnya para panakawan ditampilkan dalam pementasan wayang, baik itu wayang kulit, wayang golek, ataupun wayang orang sebagai kelompok penebar humor untuk mencairkan suasana. Namun di samping itu, para panakawan juga berperan penting sebagai penasihat nonformal kesatria yang menjadi asuhan mereka (Wikipedia). Punakawan terdiri dari empat karakter fenomenal yakni Semar, Petruk, Bangong dan Gareng. The Bagong Adventure Museum Tubuh, mengambil karakter Bagong karena Bagong yang paling menonjol kepintaran dan kecerdikannya juga lucu. Dengan filosofi tersebut, Museum tubuh turut menjaga melestarikan dunia pewayangan.

Jam Buka dan Harga Tiket
Kapan saja kamu bisa berwisata ke The Bagong Adventure Museum Tubuh? Catat jam bukunya, setiap hari mulai pukul 8.30-17.00 WIB. Jadi hari libur juga tetap buka. Cocok buat liburan keluarga maupun kunjungan sekolah.

Buat harga tiketnya sendiri setiap hari Senin-Jumat Rp40.000 sedangkan Sabtu dan Minggu tiketnya Rp60.000. Terjangkau, kan?

Mari mulai Petualangan di Pabrik Tercanggih dan Tersibuk di Dunia
Begitu masuk, mata kita akan dijamu oleh display bagian-bagian tubuh dan quotes-quotes tentang tubuh. Saya tersentuh dengan quotes berikut sekaligus sedih. Tubuh ibarat pabrik tanpa upah.

Pabrik tersibuk dan tercanggih di dunia
Pabrik tersibuk dan tercanggih di dunia

Memasuki Museum Tubuh adalah perjalanan memasuki diri sendiri, tubuh sendiri. Benar-benar wisata ilmu pengetahuan sekaligus wisata spiritual, menurut saya. Bagaimana kita melihat sendiri aktivitas tubuh yang sering kita abaikan.

Seperti layaknya museum, The Bagong Adventure Museum Tubuh juga menyediakan guide yang akan menjelaskan setiap bagian anatomi tubuh. Bukan sembarang guide, mereka datang dari akademi keperawatan, sehingga bisa memberikan data secara akurat.

Rute The Bagong Adventure Museum Tubuh Manusia:
1. Entrance & Cafe Gigi
2. Zona Gigi
3. Zona Telinga
4. Zona Hidung
5. Zona Otak
6. Zona Mata
7. Ruang Serbaguna
8. Zona Pembuluh Darah
9. Zona Jantung
10. Zona Paru-paru
11. Zona Hati
12. Zona Lambung
13. Zona Usus
14. Zona Ginjal
15. Ruang Pemeriksaan Gratis & Cafe Bagong
16. Cinema 3D
17. Zona Tulang Sendi
18. Zona Exhibition

Entrance & Cafe Gigi
Petualangan pertama saya adalah melewati pintu masuk Museum Tubuh yang berbentuk mulut Bagong. Di hadapan saya terbentang replika otak manusia yang tergantung di langit-langit dengan ketinggian 10 meter dan lebar 6 meter. Di belakangnya terdapat ada kafe Gigi yang unik. Coba lihat saya desain interiornya. Cakep!

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 1
Kafe Gigi

Zona Gigi
Zona Gigi berisi tiruan gigi besar. Saya seperti masuk ke dalam mulut seseorang. Di sini, kamu akan mendapatkan informasi tentang lapisan gigi, terbentuknya karang gigi, proses sariawan sampai terjadinya abses. Uniknya, kamu bisa melihat segala proses tersebut dalam bentuk video mapping.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 1
Video Mapping gigi

Zona Telinga
Zona Telinga berisi duplikat isi telinga, Selain mendapat penjelasan tentang segala sesuatu dalam telinga, kamu juga bisa tes pendengaran. Tesnya sederhana, kamu hanya harus menggunakan headset dan mendengarkan bunyi mulai dari bunyi tertinggi dengan satuan Hz sampai terendah. Saya mendapat penjelasan bahwa sel telinga nggak bisa beregenerasi, maka pendengaran manusia akan terus menurut seiring usia.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 1
Duplikat isi telinga dan alat tes kesehatan telinga

Zona Hidung
Di Zona Hidung kamu bisa melihat simulasi bulu hidung, bentuk tulang hidung, proses bersin, dan proses indra penciuman berjalan.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 1
Zona Hidung

Bersambung ke The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

18 comments:

  1. ini di Malang toh..lucuuuu museumnyaaa :)

    ReplyDelete
  2. Ih kerennnn >.< cocok juga buat anak-anak belajar nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang banyak yang datang dari sekolah-sekolah gitu, Mbak :)

      Delete
  3. Laaaah ke Malang kemarin kok nggak tau ada ini ya, pdhl udah bw ke teman2? Kayaknya baru dirimu yg posting ttg the Bagong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena museumnya baru, Mbak, jadi belum banyak yang nulis :D

      Delete
  4. Makin banyak tempat wisata di malang ya... aku dah lama gak ke malang.. dah 15 tahun. Jadi pingin ke san

    ReplyDelete
  5. Artistik bgt, kyknya cocok buat foto2 hehe

    ReplyDelete
  6. Aaakkkk, kemarin main ke malang belum kesini T^T
    Blog dirimu bikin ngiri aja nih mba, tapi kece tempatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah berkunjung ya, Mbak ^^

      Ayok ke museum tubuh :)

      Delete
  7. Saya mau kesini tapi belum kesampaian hiksss...bagus ya mengedukasi hehe

    ReplyDelete
  8. Keren banget.. berasa jadi liliput masuk tubuh raksasa kali ya sensasinya? Andai di Jakarta ada juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main aja sekalian ke Malang, Mbak. Banyak tempat bagus di Malang ^^b

      Delete
  9. Pas banget nih, insya Allah awal November mau ngebolang ke Malang. Makasih udah sharing Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak. Jangan lupa ke museum tubuh ini ya ^^

      Delete