Friday, August 21, 2015

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2


Zona Otak
Di Zona Otak, kamu akan mendapat penjelasan mengenai fungsi otak dan beberapa penyakit otak. Serunya, ada permainan kecenderungan kamu memakai otak kanan atau kiri. Gambar di bawah bisa kamu ikuti. Nah, kalau ketika memasukkan jari-jari, jari tangan kanan paling atas, kamu menggunakan otak kiri dan sebaliknya jika jari tangan kiri paling atas, kamu menggunakan otak kanan. Begitu pun ketika kamu menyilangkan kedua tangan, sadarilah tangan mana yang di atas. Kuncinya, gerakan tubuh berbanding terbalik dengan otak. Gerak tubuh kanan = otak kiri. Gerak tubuh kiri = otak kanan.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Zona Otak dan tes otak


Zona Mata
Apa saja lapisan mata dan bagaimana cara kerja mata? Kamu akan mendapat penjelasan di Zona Mata. Selain itu ada juga tes normal atau enggaknya penglihatan kita, tes buta warna, dan permainan.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Zona Mata dan tes mata

Zona Pembuluh Darah
Kita selanjutnya memasuki Zona Pembuluh Darah. Kita bagaikan kepingan-kepingan darah yang melesat melalui terowongan-terowongan pembuluh darah. Ada satu ruangan multimedia yang menampilkan tayangan proses terbentuk darah.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Zona Pembuluh Darah

Zona Jantung
Ada sebuah replika jantung manusia yang berdenyut dan berdetak berukuran besar di Zona Jantung. Ada juga alat simulasi detak jantung pada saat keadaan normal atau sedang berlari.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Zona Jantung

Zona Paru-paru
Zona Paru-paru menampilkan tiruan paru-paru dalam ukuran besar. Kita juga bisa menyaksikan perbedaan paru-paru yang sehat dan paru-paru yang sakit.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Zona Paru-paru

Zona Hati
Nggak beda dengan Zona Paru-paru, Zona Hati juga menampilkan duplikat hati berukuran raksasa. Kita bisa mempelajari bagian-bagian dari hati dan apa saja fungsinya.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Zona Hati

Zona Usus
Di Zona Usus kamu bisa menyaksikan usus halus, usus besar, gajih, dan usus buntu. Ruangan didesain seolah kita berada dalam usus manusia.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Zona Usus

Zona Ginjal
Zona Ginjal menampilkan replika ginjal berukuran raksasa. Guide akan menerangkan bagian-bagian ginjal dan fungsinya. Kamu juga akan mendapat pengetahuan tentang berapa gelas minuman yang harus dikonsumsi tubuh manusia setiap harinya.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Zona Ginjal

Ruang Pemeriksaan Kesehatan
Pengin mengetahui kesehatanmu? Tenang, di The Bagong Adventure, kamu bisa cek kesehatan gratis meliputi cek gula darah, kolesterol, asam urat, tensi darah, berat badan ideal, tinggi badan ideal, osteoporosis, golongan darah, kesehatan mata, dan diabetes.

Hasil pemeriksaan saya cukup baik kecuali dibagian asam urat. No! Saya terkena asam urat. Dokter periksa menyarankan saya untuk mengurangi konsumsi kacang-kacangan dan beberapa sayur hijau. Hiks. Hmm … kayaknya kalau makan roasted almond masih bisa deh :D

Cinema 3D
Di lantai basement 1 ada Zona Cinema tiga dimensi dan reproduksi yang khusus untuk anak 15 tahun ke atas. Kamu bisa mempelajari tentang anatomi tubuh dan proses reproduksi manusia yang disajikan secara visual 3D. Sayangnya waktu saya ke sana, Cinema 3D ini udah tutup.

Zona Tulang Sendi
Di Zona Tulang Sendi, kamu bisa menyaksikan video mapping terbentuknya tulang, bagaimana tulang kita bisa keropos, dan lain sebagainya. Ada juga rangka manusia.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Zona Tulang Sendi

Zona Exhibition
Buat kamu yang ingin tahu mengapa kamu bisa mimisan, pilek, transfusi darah, dan sendawa, ada simulasinya lho. Selain itu ada tempat praktek dokter gigi, ruang operasi, ruang USG, proses tumbuhnya jabang bayi dalam perut ibu, simulasi tentang anatomi tubuh dengan sinar X-ray, dan simulasi anatomi dalam tubuh.

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Ruang operasi

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Ruang USG

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Masa-masa kehamilan

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Simulasi mimisan

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Ruang dokter gigi

The Bagong Adventure: Museum Tubuh Bagian 2
Simulasi sendawa

Yang paling istimewa dan nggak setiap orang boleh masuk di The Bagong Adventure Museum Tubuh adalah ruang pengawetan tubuh dengan metode plastinasi. Beruntung saya bisa melihat-lihat dan mendapat penjelasan metode tersebut. Mummi-mummi ini khusus didatangkan dari luar negeri. Sayangnya, di ruangan ini saya enggak boleh mengambil gambar.

Setelah menyaksikan sendiri bagaimana tubuh manusia bekerja, saya makin sayang sama tubuh sendiri. Makin ingin bikin tubuh tetap sehat. Kalau kamu tertarik untuk wisata edukasi ini datanglah ke Malang.

The Bagong Adventure Museum Tubuh
Jl. Kartika No. 2 Kota Wisata Batu
Telp. 0341-597778
Fax. 0341-597779
Website: museumtubuh.jawatimurpark.com

Harga Tiket Masuk (HTM):
Weekday (Senin–Kamis): Rp40.000,- /pax
Weekend (Jumat–Minggu), Tanggal Merah, Musim Liburan: Rp60.000,-/pax

Harga Tiket Terusan Museum Tubuh + Jatim Park 1:
Weekday (Senin–Kamis): Rp70.000,- /pax
Weekend (Jumat–Minggu), Tanggal Merah, Musim Liburan: Rp100.000,-/pax

Notes: Untuk rombongan 30 pax, mendapat free 1 tiket dan berlaku kelipatan.
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

12 comments:

  1. museumnya seruuu bangeet Vi...anak-anak pasti suka yaa..bisa belajar banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak sekolah yang tour ke sini, Mbak :)

      Delete
  2. keren nih museumnya buat nambah pengetahua, sayang jauh dari rumah ane :(
    but, kapan2 mau kesana =D

    ReplyDelete
  3. Wah baru kali ini lihat ada yang seperti ini teh. Keren juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang keren Mas, dan mengedukasi sekali :)

      Delete
  4. Agak serem ngliat bibir merahnya bagong mihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kalau lihat langsung enggak serem kok :D

      Delete
  5. wahhh keren yaaa museumnya
    gue pengen banget kesini..
    kapan2 ajalahh..
    touring bareng kan seru banget kayaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mas sambil touring mampir ke sini :)

      Delete
  6. museumnya keren banget mbak! berasa jalan-jalan di dalem tubuh manusia hehehe :DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa jalan-jalan di tubuh sendiri hehe #nahloh

      Delete