5 Makanan Khas Korea, Mana Yang Paling Kamu Suka?

 

makanan-khas-korea
5 Makanan Khas Korea, Mana Yang Paling Kamu Suka? - Sumber: Tommy Pixel dari Pixabay

Korea memiliki kebudayaan yang sangat kental, hal ini yang menjadikan Korea sebagai incaran para turis. Selain terkenal dengan drakor dan K-Pop, Negeri Gingseng ini juga memiliki berbagai macam makanan khas Korea dengan cita rasa yang lezat.


Bahkan sekarang sudah banyak jajanan Korea di Jakarta, baik itu di café atau restoran. Sebagian besar masakan Korea menggunakan bahan beras, tahu, sayuran, mie dan daging. Berikut ulasan 5 makanan Korea yang mudah kita jumpai di Indonesia.

 

Tteokbokki

Tteokbokki atau Hangul merupakan salah satu kuliner khas Korea yang menggunakan bahan dasar kue beras. Teksturnya kenyal ditambah saus manis menghasilkan citarasa manis pedas cocok untuk kamu yang gemar makanan pedas.

 

makanan-khas-korea
Tteokbokki - Gambar: 709 K dari Pixabay

Kemunculannya di berbagai film dan Drama Korea membuat makanan khas Korea yang satu ini semakin popular di Indonesia. Jajanan Korea ini bukan hidangan baru bagi masyarakat Korea. Konon tteokbokki sudah ada sejak Dinasti Joseon. Namun zaman itu saus yang digunakannya adalah saus gungjung yang terbuat dari kecap, daging sapi, dan sayuran, yang rasanya tidak pedas.

 

Berbeda dengan saus guchujang yang saat ini digunakan, menghasilkan rasa manis, gurih, dan pedas. Bahkan sekarang kamu bisa menemukan lebih banyak tteokbokki dengan varian baru.

Tteokbokki merupakan salah satu makanan Khas Korea yang memiliki nilai sejarah, hal ini terbukti di Daegu didirikan Museum Tteokbokki.

 

Kimbab

Jajanan Korea yang satu ini jika dilihat sekilas mirip seperti sushi makanan khas Jepang. Namun rasa keduanya berbeda. Makanan yang terbuat dari nasi dan digulung (dibungkus) noro ini sering muncul di drama atau film Korea. Biasanya disajikan dengan hidangan khas Korea lain, seperti: sup, kimchi, dsb.

 

makanan-khas-korea
Kimbab - Sumber: Lisy dari Pixabay

Meski sekarang kita menemukan kimbab dengan beragam variasi, awalnya makanan ini sangat sederhana karena hanya terdiri dari nasi yang dibungkus rumput laut kering. Karena praktis, setiap potong kimbab bisa langsung dimakan sekali suap, maka tidak heran jika kimbab sering dijadikan bekal atau menu makanan untuk acara outdoor.

 

Bibimbap

Bimbimbap adalah nasi campur yang terdiri dari daging, kimchi, berbagai jenis sayuran, telur setengah matang dan saus gochujang. Saat disajikan,makanan ini terlihat cantik dan menggugah selera. Jenis sayuran yang digunakan bisa apapun yang kamu sukai. Cita rasanya jauh lebih lezat jika disantap alam kondisi masih panas.

 

makanan-khas-korea
Bibimbap - Sumber: nikluv dari Pixabay

Bagi warga Korea, makanan ini wajib dihidangkan pada malam tahun baru imlek. Konon, sejarah bimbimbap dimulai dari kebiasaan petani lokal Korea yang melewatkan makan siang dan malam karena giat bekerja. Walaupun demikian, mereka tetap makan bersama dan mencampur berbagai bekal yang dibawa masing-masing lalu memakannya bersama-sama. Mungkin hal ini yang menjadi awal kehadiran makanan tradisional nasi campur khas Korea.

 

Mandu

Makanan khas Korea mandu dipercaya sebagai simbol keberuntungan. Sama seperti bibimbab, makanan yang tampilannya sepert pangsit atau siomai ini juga merupakan makanan wajib saat perayaan Tahun Baru Imlek.  Awalnya makanan ini disajikan sebagai sajian pada waktu acara ritual untuk menghormati para leluhur.

 

makanan-khas-korea
Mandu - Sumber: Withplex dari Pixabay

Mandu muncul dalam lagu rakyat dari Dinasti Goryeo yang judulnya Ssanghawajeom yang artinya Toko Pangsit. Lagu ini menjadi salah satu bukti bahwa mandu datang ke Korea dibawa oleh kelompok Uyghurs sekitar tahun 1279 .

 

Mandu dibuat menggunakan bahan daging sapi atau daging babi. Namun ada juga yang terbuat dari daging ayam dan sayuran. Mengolahnya bisa dengan 3 pilihan cara, yaitu: direbus, dikukus, atau digoreng. Sedangkan cara penyajiannya bisa langsung dimakan atau ditambahkan ke  kaldu sapi atau disebut mandu-guk. Mandu-guk biasanya disajikan dengan kue beras silinder atau yang diberi nama tteok manduguk.

 

Kimchi

Jajanan Korea di Jakarta yang sangat popular adalah Kimchi. Terbuat dari sayuran yang sudah diproses melalui fermentasi dengan bumbu daun bawang, bawang merah, jahe, bubuk cabai merah, dan teri atau makanan laut lainnya. Di Indonesia mirip seperti asinan. Namun bahan yang digunakan kimchi adalah: mentimun, sawi putih, dan lobak. Jika disimpan di dalam lemari es atau disimpan dengan baik, makanan ini dapat bertahan lama.

 

makanan-khas-korea
Kimchi - Sumber: Eunyoung Lee dari Pixabay

Karena kepopularannya, makanan khas Korea yang satu ini tersedia dalam bentuk kemasan dan bisa dibeli di berbagai supermarket, swalayan bahkan di toko online atau marketplace. Kimchi juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan lain, salah satunya adalah kimchi pancake atau dikenal dengan nama Kimchijeon.

 

Banyaknya tempat yang menyediakan jajanan Korea di Jakarta bahkan kita bisa menemukannya juga di kota atau daerah lainnya di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kesukaan masyarakat Indonesia terhadap makanan khas Korea semakin meningkat. Nah dari semua makanan Korea yang kita bahas di atas, mana yang paling kamu suka?

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

3 comments: