Begini Cara Main Uno Stacko! Yuk, Seru-seruan Main Bareng Teman-teman!

 

begini-cara-main-uno-stacko
Begini cara main UNO Stacko!
Sumber gambar: https://www.olx.co.id/item/permainan-edukasi-susun-balok-tower-uno-stacko-iid-753573825

Buat saya, main game adalah sebuah jalan keluar dari jenuhnya rutinitas. Karena memang menyenangkan apalagi kalau bisa dimainkan bersama teman-teman. Kalau sekarang banyaknya dalam bentuk game online dengan gambar yang bagus, grafis yang bagus, dan suara yang bagus. Belum lagi interaksi dengan berbagai macam orang, nggak hanya yang ada di depan kita tapi di seluruh dunia. Nah, di situ serunya main game online. Namun buat saya main game masih tetap lebih seru kalau offline. Salah satu permainan yang seru-seruan main bareng teman-teman adalah UNO Stacko. Hayo pada tahu nggak cara main UNO Stacko?

 

Waduh jangankan cara main atau peraturan main UNO Stacko, tahu juga enggak mainan apa itu! Bhuhahaha…. Okelah saya bahas dari awal ya.

 

Jenis dan Komponen UNO Stacko

Jadi UNO Stacko ini adalah sebuah permainan yang dimainkan oleh banyak orang, makanya kalau main UNO Stacko ini seru banget! rame! Berisik! UNO Stacko ini bentuknya balok warna-warni. Nah, balok-balok ini macam-macam lho. Ini jenis dan komponen UNO Stacko:

 

  • Balok Angka. Ini di sisinya ada angka 1 sampai 4, warnanya biru, kuning, merah, hijau.
  • Balok skip. Ini balok yang ada lingkaran dicoret. Ini maksudnya pemain selanjutnya dilewat, nggak dapat giliran main.
  • Balok Turn Around atau Reverse. Ini balok yang ada gambar dua panah berlawanan. Ini tandanya giliran pemain diputar balik.
  • Balok Wild. Warnanya ungu, ini bisa diambil kapan saja, nanti yang megang balok ini bisa menentukan warna apa yang perlu diambil oleh pemain selanjutnya.
  • Balok Draw 2. Balok ini ada gambar dua kotak di sisinya. Ini artinya pemain harus ngambil 2 balok dengan warna yang sama pada balok draw 2 balok.

 

Dalam permainan UNO Stacko ini biasanya ada 4 balok skip, 1 balok wild, 8 balok biru, 4 balok draw two, 4 balok reverse, 8 balok hijau, dan 8 balok kuning. Nah, kita harus hati-hati, kalau ternyata ada balok coklat, mungkin itu bukan bagian dari UNO Stacko, tapi balok tetangga yang renovasi kebawa he he.

 

Peraturan Main Uno Stacko

Oke, udah tahu ya kira-kira bentuk UNO Stacko kayak gimana? Sekarang cara main UNO Stacko dan peraturan main UNO Stackonya. Seru, nih!

 

Sebenarnya permainannya sederhana. Kita harus menyusun balok jadi menara lalu diambil satu per satu sampai salah satu pemain merobohkan menara, atau bisa juga berdasarkan kesepakatan dengan teman main. Giliran ngambil balok bisa ditentukan sesuai kesepakatan, bisa berdasarkan umur, atau berdasarkan jumlah rambut. Terus cara ngambilnya juga bisa disepakati, kita bisa menentukan ngambil baloknya pakai dua tangan, satu tangan, bahkan pakai jari, tapi nggak bisa main pakai hati, takutnya ada yang akan tersakiti hu hu. Seru, kan!

 

Setelah peraturan disepakati, baru pemain mulai mengambil balok-balok. Balok yang boleh diambil adalah balok dari susunan paling bawah. Nah, dalam permainan pasti ada seorang pemain yang mengambil balok yang ada simbolnya, kan? Kalau ada yang ngambil balok yang ada simbolnya maka pemain selanjutnya wajib untuk mengikuti aturan yang berlaku pada simbol-simbol itu.

 

Balok pertama yang diambil nggak boleh balok yang bersimbol, tapi harus balok yang mengandung angka. Pelan-pelan aja ya ngambilnya, jangan sampai menaranya runtuh. Karena ketika nanti salah satu pemain meruntuhkan susunan menara, dia harus menyusun dan menata kembali enara agar dapat dimainkan kembali. Kalau dia nggak mau menyusun kembali, jangan ajakin dia main lagi he he.

 

Selain UNO Stacko yang warna-warni, ada juga UNO Stacko kayu. Yang kayu ini prinsipnya sama: membangun menara. Bisa dimainkan antara 2 sampai 10 pemain. Cara mainnya kurang lebih sama. Pemain pertama harus mengambil balok di bagian bawah atau tengah, setelah balok itu diambil lalu disimpan lagi di bagian atas menara. Pemain selanjutnya harus mengambil balok dengan warna atau angka yang sama dengan yang diambil oleh pemain sebelumnya. Permainan ini terus berlanjut sampai salah satu pemain merobohkan atau meruntuhkan menara UNO Stacko.

 

Permainan ini terlihat sederhana, cuma ngambil balok simpan lagi. Tapi percaya nggak percaya, cukup tricky lho mainnya. Kita harus mikirin gimana caranya ngambil balok supaya nggak nyenggol balok lain dan meruntuhkan menara, itu bikin geregetan! Belum lagi kalau saat kita lihat giliran teman kita yang ngambil, kocak-kocak deh mukanya! Ada yang berdoa dulu, ada yang dicolek-colek baloknya, gemesh!

 

Gimana? udah paham ya peraturan main UNO Stacko dan cara main UNO Stacko? Seru nggak? Udah mulai tergelitik buat main? Atau masih kurang seru? Gampang! Seperti yang disebutkan di atas, selain ngambil yang bawah, ngambil yang bukan simbol, peraturan dan cara main bisa dibicarakan dan disepakati. Yuk, seru-seruan main UNO Stacko bareng teman-teman.  

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

No comments:

Post a Comment