Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!


Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat! - Sejak tahun 2014, saya dan Eva membuat program Membaca Nusantara. Program sederhana dari komunitas Twins Universe yang kami bentuk di ranah literasi. Begini programnya: kami membagikan buku-buku fiksi dan nonfiksi pada perpustakaan umum di seluruh Indonesia. Kami bekerja sama dengan beberapa penerbitan dan seringkali kami membeli buku dengan kocek sendiri.

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat! 

Persoalan penyediaan buku bukanlah hal terberat melainkan mengirimkan paket yang bisa sekardus dengan berat lumayan itu peernya. Meskipun permintaan buku banyaknya untuk anak-anak sementara ketersediaan lebih condong ke buku remaja dan dewasa. Karena proposal yang masuk dari seluruh Nusantara, tak jarang saya dan Eva kekurangan biaya untuk pengiriman paket. Alhasil perpustakaan-perpustakaan sering kali mesti menunggu beberapa waktu sampai saya dan Eva punya biaya. Dari sini kami semakin menyadari bahwa minat baca di Indonesia nggak kecil seperti yang digadang-gadang selama ini. Distribusi buku bacaan dan ketersediaan buku sesuai umurlah kuncinya.


Beberapa bulan ini, saya melihat sebuah jasa pengiriman barang yang masih kebilang baru seliweran di media sosial. Namanya Paxel. Rasa penasaran saya membumbung. Memang apa sih keunggulan Paxel ini? Singkat cerita saya mendapat undangan menghadiri gathering dalam rangka menyosialisasikan jasa logistik tersebut.

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Saya menikmati layanan Paxel

Latar Belakang Paxel
Seorang bapak dengan senyum simpatik duduk tepat di hadapan saya. Bapak Djohari meriwayatkan latar belakang berdirinya Paxel. Beliau adalah founder JNE, salah satu jasa ekspedisi di Indonesia. Kesuksesan sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh sisi spiritual, begitu beliau memulai. Dalam beragama kita akan belajar mana yang benar dan yang salah. Kemudian kita akan naik tingkat membedakan mana yang benar dan yang lebih benar. Pada intinya berbisnis harus menyebarkan kebaikan dan kemanfaatan.

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Pak Djohari, founder Paxel

Pada tahun 1990an krisis ekonomi melanda Indonesia. Saya masih ingat kala itu sedang ada gonjang-ganjing politik di negeri kita. Rasanya Nusantara digempur dari berbagai sisi. Saya masih kecil dan kurang paham apa yang terjadi. Namun saya ingat betul salah satu kakak saya pulang ke rumah karena terkena PHK besar-besaran.

Di tahun yang sama sementara hampir semua perusahaan pailit dan kebanyakan orang hilang sumber pendapatan, Pak Djohari dan rekan-rekannya berkomitmen membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Ide Pak Djohari dan rekan-rekan adalah membuka agen JNE. Waktu itu online shop atau e-commerce belum semarak sekarang. Sampai tahun 2000an industri berbasis daring melejit, JNE pun diserbu sebagai pilihan jasa pengiriman barang.

Saking maraknya bisnis online, tantangan baru pun di depan mata. Produsen dan penjual barang berusaha membuat produknya sebaik mungkin namun kesulitan logistik menjadi kendala terbesar. Ketika barang sampai, bisa jadi barang nggak dalam kondisi maksimal. Orang-orang pun menginginkan pesanannya sampai dengan cepat namun dengan harga yang murah. Begitulah prinsip ekonomi bekerja.

Pak Djohari yang kini kesibukannya berkurang di JNE bertemu dengan anak-anak muda antusias yang menawarkan sebuah solusi. Solusi yang mengantarkan sebuah perubahan yaitu Paxel. Dalam dunia pengiriman barang ada istilah first mile dan last mile. Paxel ini bergerak di wilayah last mile yang artinya pengiriman barang dari pusat pemenuhan produk ke pelanggan di rumah.

Begitu memahami cara kerja Paxel, Pak Djohari pun memotori jasa kirim paket ini. Berbisnis, pesan Pak Djohari, mesti mengedepankan manfaatnya. Sebuah manfaat dan kebaikan akan kembali kepada kita, tutup beliau.

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery
Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang Paxel, ini ada survei konsumen menyangkut jasa ekspedisi:

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Survei konsumen tentang jasa ekspedisi

Kamu setuju nggak? Kalau saya sih, yes! Gini deh, kalau barang yang kita beli terutama kebutuhan mendesak rasanya rela bayar lebih asal sampai lebih cepat. Apalagi untuk pengiriman instan itu butuh banget di era serba cepat kayak sekarang. Pengiriman tepat waktu sesuai yang dijanjikan jasa ekspedisi mesti banget. Dan harus bisa dilacak statusnya. Nggak mau kan, di-PHP-in? Walaupun dalam kondisi tertentu misalkan cuaca buruk kita juga sebagai konsumen ngerti soal keterlambatan. Dan terutama soal harga, dong. Harga murah nan bersahabat itu adalah koentji. Harga flat lebih disukai he he he.

Paxel adalah jasa mengirim paket secara real time melalui aplikasi. Aplikasinya mudah dan sederhana sehingga bagi orang tua pun bisa menggunakannya. Jadi apa yang ditawarkan Paxel?
1. No cancel
2. Preferred time slot
3. Flat price
4. No distance limit
5. Money back guarantee
6. Free insurance up to 10 Million IDR

Kalau kirim paket pakai Paxel nggak akan ada pembatalan. Waktu jemput dan sampainya terukur dan bisa dipilih. Harganya flat dong mau beratnya berapa aja dan jarak seberapa jauh pun. Ini dia yang penting juga, price list Paxel:

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Price list Paxel

Nah, berat maksimal barangnya 10 kg. Kalau barang nggak sampai uang kembali. Ada gratis asuransi sampai 10jt lagi! Catet gaes dimensi barang yang bisa dikirim pakai Paxel:

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Dimensi barang yang dikirim Paxel

Serius nih no distance limit? Serius, dong! Selama jaraknya masuk area jangkauan Paxel. Areanya meliputi JABODETABEK, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, dan targetnya 20 kota lain sampai pertengahan 2019. Semoga Paxel segera hadir juga di seluruh Indonesia, ya. Aamiin.

Paxel ini buka 7 hari dalam seminggu. Ada real time tracking-nya juga. Aplikasinya bisa dibuka di web dan mobile app (iOS & Android). Barang yang mau kita kirim itu di-packing lagi sama Paxel. Bantu banget nih, buat para sista-sista olshop. Akhir bulan November bahkan ada servis COD. Huaaa... syenang, deh. Apalagi buat kamu yang berjualan frozen food harus sampai secepat mungkin biar tetap segar, Paxel kasih jalan terang.

Ngomongin soal online shop, kayaknya semua bisnis daring punya masalah yang sama. Soal keutuhan barang saat sampai tujuan dan kapan sampainya. Brand is about promise, brand about perseption. Jika sebuah brand enggak dapat memenuhi janji produknya maka citranya akan hancur. Kesulitan mempertahankan brand itu adalah logistik. Saat produknya dibuat dan dikirimkan kondisinya baik-baik saja, begitu diterima konsumen ternyata ada kerusakan.

Jadi seperti disinggung di atas, Paxel ini bukan saja jasa kiriman barang lebih dari itu merupakan gerakan dalam industri logistik untuk menjadi yang terbaik di kategori khusus yaitu sameday delivery. Paxel juga merupakan gerakan untuk meningkatkan pengalaman kurir dan pelanggan. Kurir Paxel disebut Happiness Hero karena merekalah yang menjemput dan mengantarkan paket membuat konsumen bahagia. Akang manis inilah Happiness Hero.

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Happiness Hero

Pengalaman Menggunakan Paxel
Saya sudah coba sendiri menggunakan Paxel. Begini ceritanya, jadi pertama-tama saya cari aplikasi Paxel di Playstore lalu mengunduhnya. FYI, Paxel lagi ada promo setiap kali kamu unduh aplikasinya akan langsung diberi saldo Rp100.000,- asyik kaaaan.... Jangan lupa masukan promo code EviSR dan kamu akan mendapatkan saldo Rp100.000,- lagi loh!

Proses selanjutnya, kamu tinggal mengisi data diri. Siap deh, pakai Paxel. Caranya mudah, masukan saja alamat yang dituju dan alamat penjemputan barang. Isi juga data lengkap pengirim dan penerima. Pilih dimensi barangnya. Terus tunggu deh Happiness Hero jemput ke rumahmu atau ke alamat barang. Biasanya ada tenggang waktunya sekitar 2 jam. Kalau Happiness Hero terlambat datang, saldomu utuh kembali. Paxel sameday delivery ini beneran sehari loh. Hitungannya 24 jam, ya.

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Bukti pengiriman barang di aplikasi Paxel

Waktu itu saya minta jemput barang di daerah Dago sekitar jam 18.00 WIB. Besoknya jam 8 pagi udah sampai rumah. Aplikasi Paxel yang bisa melacak barang sampai atau masih diperjalanan, tinggal pantau saja dari situ. Setiap penerima barang akan difoto dan menandatangani sebagai bukti terima baang. Berhubung yang nerima barang bukan saya tapi kakak saya jadi kakak saya deh yang muncul di aplikasi he he he.

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Bukti pengiriman barang di aplikasi Paxel
  
Buat saya Paxel ini worth it banget. Udah sameday delivery, harganya terjangkau dan flat sampai 10 kg. Paxel jasa ekspedisi sameday delivery, bikin paketmu selamat harga hemat!

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Bukti pengiriman barang di aplikasi Paxel

Paxel Antarkan Kebaikan
Paxel sebagai jasa ekspedisi nggak hanya mengantar paket, ada sisi sosialnya yaitu #AntarkanKebaikan. Paxel dari mulai didirikan telah bekerja sama dengan 1000 yayasan yang konsentrasi pada kesehatan, kebudayaan, dll. Please take a note, Paxel nggak menjadikan #AntarkanKebaikan sebagai kampanye tapi sebuah gerakan.

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Mbak Intan, salah satu pengurus Rumah Harapan Indonesia

Di Bandung ada yayasan Rumah Harapan Indonesia yang membantu kawan-kawan kurang mampu selama mereka memiliki BPJS. Paxel membantu yayasan ini dengan memberikan rumah naungan. Saya sempat berbincang dengan Mbak Intan dari RHI yang beralamat di Jalan Sukagalih 2 No. 96, Bandung. Mbak Intan bersama Angga, salah satu adik yang mengidap tumor di tenggorokan. RHI merawat Angga beserta keluarga hingga pulih.

Paxel Jasa Ekspedisi Sameday Delivery, Bikin Paketmu Selamat Harga Hemat!
Angga, salah satu anak yang dibantu oleh Rumah Harapan Indonesia

Bukan hanya RHI yang dibantu oleh Paxel, masih banyak yayasan lainnya. Dengan menggunakan Paxel kamu juga turut membantu mereka, karena setiap 25 paket yang terantar sama dengan membantu satu orang anak.

Setelah mempelajari Paxel, cara kerjanya, dan merasakan sendiri pengalaman mengirim barang, saya kembali teringat program Membaca Nusantara. Saya dan Eva merasa optimis dapat menyalurkan buku lebih banyak dan lebih cepat ke perpustakaan-perpustakaan umum di seluruh Indonesia. Ada Paxel dengan harga ramahnya yang dapat membantu kami. Doakan kami, ya :)

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

14 comments:

  1. Bermanfaat sekali, Paxel sebagai alternatif pengiriman ke luar kota. harga lebih murah dan lebih cepat sampai jadinya.

    ReplyDelete
  2. Enak ya paxel bisa kirim dalam sehari. Semoga nanti bisa kirim ke wilayah kuningan. Hehe

    ReplyDelete
  3. lumayan nih jadi ga repot kalo mau kirim2 paket :D

    ReplyDelete
  4. Bagus nih buat kebutuhan urgent,,

    ReplyDelete
  5. Wah lengkap banget liputannya
    Selengkap layanan paxel ����

    ReplyDelete
  6. Keren teh.. tujuannya keren banget!! Semoga buku-bukunya bisa disalurkan dengan baik ya teh. Sejalan nih sama tagline Paxel yang antarkan kebaikan.

    ReplyDelete
  7. asyik bisa kirim paket sehari sampai

    ReplyDelete
  8. Ini bagus bangeeet sangat membantu , ditambah aku kalau lg repot kerja tp hrs kirim2 barang gausah keluar rumaaa :))))

    ReplyDelete
  9. Aku juga udah merasakan benefit dari Paxel ini. Keren, ya. Dan itu ya ampun asuransinya luar biasa, sampe 10 juta. Ga worry kalau ada apa-apa (jangan sampai sih)

    ReplyDelete
  10. Happiness hero nya ganteng ya teh #eh
    Btw aku udah beberapa kali juga kirim pake Paxel dan cepet banget nyampenya ya teh ��

    ReplyDelete
  11. Paxel bener2 jadi solusi untuk kebutuhan kita nih. Apalagi bagi para pebisnis online.
    Zhea from BellaBellezheedotcom

    ReplyDelete
  12. Kereeen, kemaren nyobain pake Paxel, barangnya cepet sampe, alhasil customer jadi bahagia ^_^

    ReplyDelete
  13. Ah, iya. Buat ngirim buku tuh bermanfaat banget. Pick up ke rumah pula ya. Buku gitu loh, berat per paketnya lumayan buat bikin lenganku agak berotot kalo mesti bawa sndiri ke agen :D

    ReplyDelete
  14. Bner2 luar biasa nih Paxel, dateng langsung Antarkan Kebaikan buat sesama yaa..

    ReplyDelete