5 Tips Belajar Bermain Gitar untuk Pemula


5 Tips Belajar Bermain Gitar untuk Pemula
5 Tips Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Hobi dan koleksi adalah dua topik yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Banyak sekali jenis hobi mulai dari hobi olahraga, musik, film, dan lain sebagainya. Setiap orang pasti memiliki ketertarikan dan hobi masing-masing yang tidak bisa dipaksakan oleh siapa pun juga karena murni muncul dari diri sendiri.


Hobi merupakan suatu hal yang penting untuk dimiliki. Dengan memiliki hobi maka kita bisa melakukan sesuatu yang kita sukai. Hobi bisa membantu kita untuk menyeimbangkan pikiran. Jangan sampai kepala kita selalu dijejali dengan urusan pekerjaan tanpa beristirahat dengan sesuatu yang menyenangkan. Hobi inilah yang bisa membantu mengistirahatkan pikiran kita dan membuat hati menjadi senang.

Musik menjadi salah satu bidang yang digemari oleh banyak orang. Tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, banyak sekali yang hobi musik. Ada yang hobi mendengarkan musik ada pula yang hobi bermain alat musik. Bicara soal alat musik, kali ini kita akan membahas satu jenis alat musik yang sangat populer di kalangan masyarakat yaitu gitar.

Tips Bermain Gitar
Gitar merupakan salah satu jenis alat musik yang sangat populer dan tergolong mudah untuk dimainkan. Banyak orang menjadikan alat musik ini sebagai hobi dan koleksi. Bermain gitar bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan membuat pikiran menjadi tenang. Kamu tertarik mencoba bermain gitar? Kali ini kita akan berbagi tips belajar bermain gitar untuk para pemula. Berikut adalah 5 tips belajar bermain gitar untuk pemula:

Kenali Cara Memegang Gitar
Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa bermain gitar dengan lancar adalah mengenali bagaimana cara memegang gitar yang benar. Cobalah memegang gitar dan memposisikan diri bermain gitar. Carilah posisi yang paling nyaman agar kamu tidak kesulitan untuk bermain gitar.

Belajar Menyetel Gitar
Sebelum dimainkan, senar gitar harus diatur sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan suara yang enak didengar. Kamu perlu belajar bagaimana caranya menyetel gitar sebelum memainkannya. Kamu bisa belajar dari internet atau langsung meminta bantuan teman yang ahli bermain gitar.

Pelajari Kunci Dasar
Mulailah bermain gitar dengan mempelajari kunci dasar. Kenali kunci-kunci dasar dan belajarlah membuat suara yang stabil dari kunci-kunci tersebut menggunakan gitar. Selanjutnya, kamu bisa menghafalkan semua kunci tersebut sehingga tak perlu lagi melihat panduan ketika bermain gitar.

Mulai dengan Lagu Sederhana
Setelah mahir dengan kunci-kunci dasar, kamu bisa memilih satu lagu sederhana untuk dimainkan. Jangan ragu untuk memulai karena kalau tidak segera berlatih maka kamu tidak akan cepat menjadi mahir. Pilih jenis lagu yang singkat dengan kunci yang tidak rumit untuk dimainkan. Jika sudah mahir, baru kemudian kamu bisa meningkatkan pilihan lagu kamu.

Mainkan di Depan Orang Lain
Cobalah untuk bermain gitar di depan orang lain. Jangan merasa malu atau takut salah. Dengan memainkan gitar di depan orang lain, kamu akan berlatih untuk percaya diri bermain gitar. Selain itu, kamu juga bisa mendapat kritik atau masukan sehingga kemampuan bermain gitar kamu akan semakin meningkat.

Itulah tadi 5 tips belajar bermain gitar yang bisa kamu lakukan. Bagi kamu yang tertarik untuk bermain gitar, langsung saja dapatkan gitar impian kamu di Bukalapak. Bukalapak memiliki kolom hobi dan koleksi yang menawarkan beragam pilihan gitar. Dengan memasuki kategori hobi dan koleksi di Bukalapak kamu bisa menemukan harga gitar yang terbaik. 

Pada awalnya semua akan terasa sulit. Cobalah menjadikannya sebagai tantangan. Lakukan dengan suka cita agar tidak membebani namun bukan berarti tidak serius. Yang namanya hobi mestinya menjadi mood booster-mu. Siapa tahu ketika kamu sudah ahli, kamu malah mendapat penghasilan tambahan dari bermain gitar. 

*Sumber foto https://pixabay.com/en/music-musician-sound-1281642/
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

16 comments:

  1. Dulu wkt sma pernah coba belajar gitar,tp ga bakat :D

    ReplyDelete
  2. Duh, dari dulu asa pengen belajar gitar, karena punya mantan yg jago gitar dan romantissss banget.. tapi ga pede uy belajarnya...

    ReplyDelete
  3. Tentang bermain gitar, aku jadi ingat dulu suka kumpul-kumpul sama teman sambil main gitar dan nyanyi-nyanyi

    ReplyDelete
  4. Pernah pengen belajar tapi nyerah teh kayaknya gak ada bakat yaudah digitaran kang asep aja. Hahahaha

    ReplyDelete
  5. Jadi lagu pertamanya apa Kak? Dulu lagu pertama saya Basket Case nya Green Day XD

    ReplyDelete
  6. Dulu pernah belajar gitar tp ga semangat hha krn bikin sakit jari. Mgkn krn emg ga suk mainnya. Sukanya digitarin hee

    ReplyDelete
  7. Aku gak bisa main gitar hehe dan belum tertarik untuk belajar gitar sekarang. Lebih suka nulis aja Teh :)

    ReplyDelete
  8. Aku lagi belajar main ukulele, aku ga bisa dan ga bakat musik sih. Tapi biar io suka, siapa tau doi jadi lelaki bergitar nantinya, kayungyun jigana hehe

    ReplyDelete
  9. Saya pendengar aja :D ga bisa main gitar heuheu

    ReplyDelete
  10. Bodi saya aja yang kayak gitar Spanyol, mainnya mah kagak bisa. Hahaha

    ReplyDelete
  11. Dari dulu rasanya pengen bisa main gitar, tapi belum ada kesempatan untuk belajar aja.
    Padahal tinggal belajar ke suami, dan si sulung udah bisa hehehe

    ReplyDelete
  12. Sebenarnya saya waktu kecil senang sekali dgn gitar, sering coba2 tp gak pernah belajar.. Sempat bercita2 punya suami jago hitar..hahaha....

    ReplyDelete
  13. di rumah ada gitar karena suami bisa main tapi aku belajar tetep susah minta ampun teh taunya kunci mas doang sih buat masak :D

    ReplyDelete
  14. Pengen bisa gitar, tapi lebih seneng denger ada yang ngegitar.. hehe.. 😊

    ReplyDelete
  15. saya mah gak bisa metik gitar, suami saya yang bisa.
    Kalau lagi dengerin suami saya main gitar, asa aneh gitu lho... merinding jadinya, kayak bukan suami yang saya kenal, bahahaha =))

    ReplyDelete
  16. Wah dulu saya suka banget main gitar

    Walau asal jreng ... jreng :D :D

    ReplyDelete