Cara Menyenangkan Anak yang Wajib Dicoba Para Orang Tua


Orang tua adalah role mode (contoh) bagi anak-anak sejak berada di lingkungan terkecilnya yaitu rumah. Apa yang dilakukan atau kebiasaan apa pun yang sering dipraktikkan oleh orang tua akan direkam oleh anak dan dijadikan sebagai acuan dalam bersikap, bertingkah laku, mengambil keputusan, dan lain sebagainya. Apabila orang tua sering mengajarkan anak nilai-nilai kebaikan, maka anak pun akan tumbuh menjadi anak yang baik.

Cara Menyenangkan Anak yang Wajib Dicoba Para Orang Tua
Cara Menyenangkan Anak yang Wajib Dicoba Para Orang Tua - Sumber Pixabay Free-Photos

Menumbuhkan nilai-nilai dalam diri seorang anak tidak bisa dilakukan sekejap. Harus berkesinambungan dan sabar. Agar nilai-nilai tertanam di anak, baik orang tua maupun anak harus dalam kondisi bahagia. Namun bukan berarti memanjakan anak juga. Ciptakan suasana yang intim dan menyenangkan. Setidaknya kamu harus meluangkan waktu untuk menyenangkan anak. Tidak perlu mahal dan ribet, ada cara-cara sederhana yang akan membuat anak merasa lebih bahagia dan merasa diperhatikan. Misal;

Beli Kail Pancing dan Ajak Anak Memancing di Hari Libur
Memancing adalah salah satu kegiatan yang sangat disenangi oleh hampir semua anak-anak. Kamu bisa mengajak mereka memancing di laut, di sungai, atau di kolam pemancingan. Untuk mendukung kegiatan ini, kamu bisa membeli kail pancing dan joran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau lokasi memancing.

Tapi jika kamu memutuskan untuk memancing di kolam pancing, biasanya pemilik kolam sudah menyediakan peralatan pancing, baik joran maupun kail pancing. Yang bisa kamu sewa dengan harga cukup terjangkau.

Hasil pancingan bisa kamu bawa pulang dan masak bersama anggota keluarga yang lainnya. Lalu, nikmatilah bersama-sama di satu meja makan. Ini adalah tips sederhana menciptakan quality time untuk anak.

Menemani Anak Menonton Kartun Favorit Mereka
Sebagian kamu mungkin merasa kartun hanyalah tontonan anak-anak. Tapi anak-anak akan merasa sangat gembira apabila orang tua mereka mau ikut menonton kartun favorit bersamanya. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih diperhatikan. Ini adalah kegiatan yang bisa membuat anak merasakan dukungan dari orang tuanya.

Menemani Anak Bersepeda
Anak-anak harus lebih banyak bermain di luar rumah dan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menyehatkan. Selain bermain-main pasir dan bergaul dengan teman-temannya, kegiatan bersepeda adalah cara lain yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan anak sekaligus menjaga hubungan baik antara orang tua dan anak, agar mereka merasa lebih dekat dan saling memiliki.

Selain bermanfaat untuk mempererat hubungan antara orang tua dan anak, bersepeda juga bisa menjadi olahraga penghilang stres bagi kamu yang bekerja keras sepanjang minggu.

Bermain Bersama
Sesekali, tinggalkan ego dan jadilah seperti anak-anak. Ikutlah memainkan permainan anak-anak. Sehingga buah hati tidak hanya menganggap kamu sebagai orang tua saja, melainkan mereka pun akan menganggap kamu layaknya teman yang bisa diandalkan.

Di antara beberapa efek positif sering ikut memainkan permainan anak adalah:
  • Anak akan merasa lebih bahagia
  • Anak akan merasa lebih dekat dengan orang tua
  • Anak akan merasa orang tua bisa jadi teman yang menyenangkan, sehingga... anak akan jadi lebih terbuka ketika punya masalah atau membutuhkan tempat mengadu.


Jangan Ragu Melibatkan Anak Dalam Berbagai Kegiatan
Ketika kamu menyapu, memasak di dapur, atau memotong kayu, anak-anak seringkali ingin ikut membantu. Walaupun sejatinya anak-anak lebih sering menghambat daripada membantu, namun membiarkan anak-anak terlibat dalam berbagai kegiatan yang kamu lakukan akan membuat anak merasa dibutuhkan dan dihargai.

Tepati Setiap Janji yang Kamu Buat
Jika kamu pernah mengucapkan sebuah janji walaupun itu hanya untuk menghibur atau meredam kemarahan anak, kamu harus menepati janji tersebut. Karena anak-anak biasanya selalu mengingat janji tersebut walaupun tidak mereka tagih.

Jika kamu merasa lupa pernah berjanji, sesekali tanyakanlah kepada anak apa yang pernah kamu janjikan kepada mereka. Lalu penuhi janji tersebut. Misalnya membelikan mainan jenis tertentu atau mengajak anak ke tempat-tempat favorit mereka.

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

14 comments:

  1. poin tepati janji itu harus dipegang erat. kadang jadi orang tua itu banyak ngelesnya :"

    ReplyDelete
  2. Bener yg poin menepati janji itu aku ngerasa suka ngelakuin karena merasa punya wewenang eh ternyata salah besar karena bisa ditiru anak juga dan itu sangat tidak baik. Hiks

    ReplyDelete
  3. Saya setuju banget sama yang menepati janji, kadang orang tua suka merasa mentang2 orang tua jadi seenaknya janji tapi ga nepati.

    ReplyDelete
  4. semua kegiatan itu sering aku lakuin bareng ponakan, hasilnya aku lebih dekat nih sama mereka

    ReplyDelete
  5. Waah baca ini mengingatkanku kadang masih suka asik sendiri ama gadget tanpa melibatkan khalif. :(

    ReplyDelete
  6. Duh jadi inget jarang main sama anak2...

    ReplyDelete
  7. Nice article evi. Hal2 kecil memang kadang bisa melibatkan bonding antara anak dan orang tua. Namun msh sering kita abaikan. Thx for reminder nya

    ReplyDelete
  8. Bener teh evi,
    Menepati janji itu yg bikin anak membangun trust kepada orang tua dan nantinya dia juga bisa mempercayai orang lain ketika sudah aktif bersosialisasi

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah nih mancing bareng bocah, kalau mancing ikan - ikanan sih pernah, tapi kalau mancing ikan beneran belum pernah

    ReplyDelete
  10. Makasih sudah reminder nih, kadang lupa ajak main anak, soksibuk didapur sama di depan setrikaan, kalau mancing sih ada kolam depan rumah hehehe

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah sudah aku usahakan semua.

    ReplyDelete
  12. Setuju , penting banget mendampingi anak dengan cara yang nampak kecil/sederhana

    ReplyDelete
  13. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete