Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018, Nyalakan Semangat Untuk Indonesia

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018

Hold my hands all ya' people
Listen to the sound
Song of victory

Live it up
Be the world's inspirations
Show the beauty who you really are

Breaking down all the discriminations
Together we stand till the end

Gaung Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang masih terngiang-ngiang hingga sekarang. Betapa bahagia dan bangga melihat atlet Indonesia berlaga di lapangan. Seraya menyimak di balik layar gawai, diam-diam saya berdoa ingin berpatisipasi di event internasional kelanjutannya yaitu Asian Para Games 2018. Doa saya terkabul. Saya bisa lebih aktif di Asian Para Games 2018 mulai dari mengikuti pawai obor Pangkalpinang.

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Menyambut pawai obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018

Asian Para Games 2018
Asian Para Games adalah pesta olahraga difabel se-Asia. Tahun 2018 ini dilaksanakan di Indonesia untuk pertama kalinya selama tiga kali penyelenggaraan. Sekitar 3000 atlet dari 43 negara dengan 15 cabang paralympic dan 3 cabang nonparalympic. Inilah 18 cabang olahraga yang dilombakan:
  1. Panahan
  2. Angkat besi
  3. Bulutangkis
  4. Boccia
  5. Bowling
  6. Catur
  7. Bersepeda
  8. Goalball
  9. Judo
  10. Bowling lapangan
  11. Atletik
  12. Menembak
  13. Renang
  14. Tenis meja
  15. Voli duduk
  16. Bola basket kursi roda
  17. Anggar kursi roda
  18. Tenis kursi roda.

Kamu bisa menyaksikan pertandingan di Stadium Gelora Bung Karno di Jakarta Pusat pada tanggal 6-13 Oktober 2018. Tiket pun sudah bisa kamu beli dari sekarang. Bagi kamu atau kalau punya teman difabel gratis menonton seluruh pertandingan. Kehadiran dan doamu menghadirkan energi bagi kawan-kawan yang sedang berjuang. Saya berharap semoga saya bisa datang ke setiap perlombaan.

Maskot dan Official Song Theme Asian Para Games 2018
Asian Para Games 2018 mengambil elang Bondol yang diberi nama Momo, kependekan dari MOtivation and Mobility. Momo mengenakan sarung Betawi dan sabuk. Terasa banget spirit lokalitasnya, ya.

Dengarlah official song theme Asian Para Games 2018 niscaya kamu akan merasakan semangat yang menggebu dari saudara-saudara difabel kita. Ada 3 lagu yaitu Song of Victory, Song of Victory versi Indonesia, dan Sang Juara. Lirik Song of Victory saya kutip di pembukaan artikel ini. Lirik yang menyentuh sekaligus menggebu, mengajak kita merenung atas arti persaudaraan yang tak mengotakan. Di atas bumi, kita semua bersaudara.

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Eva dan Evi bersama atlet difabel Pangkalpinang

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018, Nyalakan Semangat untuk Indonesia
Tanggal 26 September 2018 lalu, saya dan Eva beruntung sekali bisa datang ke Pangkalpinang untuk melihat pawai obor Asian Para Games 2018. Pangkalpinang adalah tempat ketujuh yang dilewati obor sebelum ke Jakarta. Pawai obor yang nyala apinya diambil dari sumber api abadi, Mrapen, Grobogan, bermula dari Solo pada tanggal 5 September 2018. Dari Solo kirab obor menuju Ternate, Makassar, Bali, Pontianak, Medan, baru ke Pangkalpinang, berakhir di Jakarta.

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Teman-teman influenser, Kominfo, dan Genpi

Keberuntungan saya dan Eva tidak hanya sampai di sana saja. Dengan tangan kami, obor Asian Para Games 2018 kami genggam. Momen ini pastinya hanya datang satu kali seumur hidup. Dan ternyata obor ini asli bikinan Indonesia, loh. Ketika perjalanan pulang ke Bandung kami bertemu dengan Kang Goy Gutama, sang pawang obor. 

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Eva dan Evi menggenggam obor Asian Para Games 2018

Di atas Jembatan Emas Pangkalpinang yang terbuka, tempat kapal-kapal lewat menuju ke laut, mata saya perlahan mengikuti arah jembatan yang kian menurun. Di seberang sana, obor dari Kota Medan telah menanti. Dua barongsai lincah menari bersama para pemusik yang berkostum khas. Obor diserahkan oleh Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohar kepada Gubernur Bangka, Belitung, yaitu Bapak Babel Erzaldi Rosman. Pawai obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018, nyalakan semangat untuk Indonesia.

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Jembatan Emas Pangkalpinang

Saya mengikuti arak-arakan obor Asian Para Games dari Jembatan Emas menuju Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang. Ketika dari satu obor ke obor lain menyala, jantung saya berdegup kencang. Seolah semangat saya ikut terbakar bersama seruan dari mulut-mulut kecil adik-adik berseragam SD, SMP, dan SMA yang berjajar di jalan sepanjang 11 Km. Mereka yang menanti dengan kesabaran di tengah terik matahari, yang tersenyum dengan wajah gembira seraya mengibarkan bendera Indonesia. Keharuan makin menyusup ketika warga Pangkalpinang rela sesaat meninggalkan mata pencaharian mereka demi melambaikan tangan pada simbol perjuangan dan persahabatan kawan-kawan disabilitas yang akan bertanding di Asian Para Games 2018.

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Gubernur Bangka Belitung dan Ketua INAPGOC membawa obor di pawai obor Pangkalpinang

Sesekali mobil yang membawa obor menepi. Anak-anak berlari menghampiri sambil meneriakan yel-yel. Orang-orang mengabadikan momentum tersebut dengan gawai, mengabarkannya pada dunia.

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Adik-adik sekolah yang menyaksikan pawai obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018

Sekitar dua kilometer menuju Alun-alun Taman Merdeka, saya berjalan kaki menikmati suasana kirab obor. Suasana makin meriah dengan kehadiran marching band, teman-teman perwakilan dari sekolah SLB yang mengenakan kostum bercitarasa daerah, kawan-kawan beraneka berkostum seperti Kaisar Cina, burung, trenggiling, dan masih banyak lagi. Bendera-bendera negara peserta Asian Para Games 2018 dikibarkan, melambai-lambai seolah mengajak bersuka cita bersama.

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Marching band di pawai obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Perwakilan kawan-kawan SLB di pawai obor Pangkalpinang

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Kostum Kaisar Cina di pawai obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Kostum trenggiling di pawai obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018

Hati saya bungah manakala kawan-kawan atlet difabel mengenggam obor dari satu pos ke pos lainnya. Mereka yang mengharumkan nama bangsa dengan menyumbangkan medali. Segala sekat menghilang yang ada hanya rasa bangga, lebur dalam keriaan yang tulus.

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Bendera-bendera negara peserta Asian Para Games 2018

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Atlet difabel Indonesia membawa obor Asian Para Games 2108

Di Alun-alun Taman Merdeka, warga Pangkalpinang berkumpul mengelilingi panggung. Orasi tentang Asian Para Games 2018 digaungkan. Disambut antusias yang tak dibuat-buat. Menarik sekali ketika warga diajak flash mob Song of Victory, tanpa ragu bergabung menarikan gojed sederhana yang meruahkan kegembiraan. Berbagai hiburan digelar dari berbagai pihak yang mempersiapkannya sepenuh hati. Hingga malam menjelang, keramaian tak padam. Seperti api abadi yang dibawa obor Asian Para Games, kesan saya dan masyarakat Pangkalpinang akan hidup dalam kenangan yang tak lekang oleh waktu.

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Orasi Asian Para Games 2018 di Alun-alun Taman Merdeka

Pawai Obor Pangkalpinang Asian Para Games 2018
Flash mob Song of Victory
Ini videonya :)


Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

2 comments:

  1. Kirab Obornya rame sekali, pasti energi Asian Para Games memberi ruang semangat buat para atlet dan penontonnya, ya.

    ReplyDelete
  2. Wah disana Ada flash mob nyaa ! Keren. Beruntung bisa ketemu yg membuat onor

    ReplyDelete