Jaringan Internet Cepat dan Stabil Wifi ID, Telkom Speedy dari Telkom Indonesia Membantu Peran Blogger ASEAN

Tulisan dan internet adalah mesin waktu yang dapat membawa kita ke mana saja. 
Ke dunia apa saja. 
Semoga kamu juga merasakannya.

Entah untuk berapa kali, menulis memberikan saya banyak petualangan. Kali ini, saya ke Solo untuk menghadiri gelaran ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013. Bersama kelima teman blogger Bandung yaitu teh Nchie, Mba Alaika, teh Meti, bang Aswi dan kang Ade, saya berangkat memakai kereta api. Sebuah alat transportasi yang selalu memikat saya.

Blogger Bandung - blogger Bandung dok.

Pukul setengah lima sore, kami janjian di stasiun Bandung. Ah, dasar saya tukang ngaret (enggak punya jam tangan sih!), saya datang lima menit sebelum kereta api berangkat. Untung masih bisa naik *getok diri sendiri*.

Sepanjang jalan, kami tak lepas dengan camilan dan gadget. Enaknya seperjalanan dengan para Emak karena mereka selalu menyiapkan penganan. Mungkin kebiasaan untuk anak-anak mereka. Karena meja kereta api sangat kecil tak bisa menampung makanan dan gadget kami, maka bantal yang sengaja disewa berubah fungsi menjadi meja juga. Hi hi hi….

Camilan para Emak di atas bantal - blogger Bandung dok.

Para blogger Bandung ini memang sudah terbiasa eksis di dunia maya. Maka sepanjang malam, kami isi dengan live tweets dan twitpic, bahkan update Facebook tentang momen perjalanan yang menarik. Power bank yang dimiliki oleh beberapa blogger saja menjadi rebutan. Sayangnya, beberapa tempat merupakan blank spot sehingga aktivitas online pun terhenti. Saat seperti itu, kami merindukan jaringan internet yang stabil dan cepat.

Kami sampai di stasiun Balapan, Solo, pada pukul dua dini hari. Menurut informasi sementara dari panitia, para peserta ABFI 2013 boleh mulai check in pada pukul delapan. Jarak waktu yang masih lama itu membuat kami melangkahkan kaki menuju mushola stasiun untuk sekedar merebahkan badan. Bahkan ada beberapa teman yang mandi.

Sehabis shalat subuh, kami mendapatkan informasi beberapa blogger telah check in dan ternyata panitia memperbolehkan peserta dari luar kota untuk masuk hotel kapan saja. Lagi-lagi informasi itu kami dapatkan dari jejaring sosial. Benar-benar yah, internet sudah menjangkau segala ranah kehidupan.

Sesampainya di Kusuma Sahid Prince hotel, saya menempati kamar nomor 133. Hotelnya sudah cukup tua dengan fasilitas yang beberapa belum dipugar, misalnya bagian toilet kamar. Shower di kamar saya sulit dimatikan, kalau mau air panas tidak bisa dicampur air dingin begitu sebaliknya. Ayo pihak hotel, segera bebenah demi kemajuan kota wisata Indonesia.

Setelah membersihkan diri, yang pertama saya lakukan adalah mencari koneksi internet. Setahu saya, setiap hotel memiliki fasilitas Wifi. Saya telepon resepsionis hotel, ternyata kamar saya tidak terjangkau Wifi. Ah sedih banget, deh. Ya sudah, saya tidur saja.

Berpose di depan spanduk ABFI 2013 - blogger Bandung dok.

Menjelang siang, saya, teh Nchie, mba Alaika, teh Meti dan kang Ade jalan-jalan ke pasar Gede menyusul bang Aswi dan kang Iwok untuk merasakan nikmatnya masakan bernama Timlo. Timlo itu mirip racikan soto berisi ati ampela yang besar-besar, telor berwarna hitam dan teman-temannya. Sebenarnya, Timlo agak kurang cocok di lidah saya tapi tetap terasa enak ketika lapar. He he he….

Makan Timlo rame-rame - blogger Bandung dok.

Timlo - Evi dok.

Karena saya Mba Alaika, kang Ade dan kang Iwok tidak membawa batik untuk acara gala dinner nanti malam, kami pun pergi ke pasar Klewer. Sementara bang Aswi dan teh Meti ke Alfamart untuk membeli tiket pulang (kita takut kehabisan soalnya). Berbagai macam batik ditawarkan di pasar Klewer, kita sampai bingung milih-milih bajunya. Penginnya sih dibeli semua.
Sehabis belanja batik terbitlah narsis - blogger Bandung dok.


Ceritanya lagi registrasi ulang - blogger Bandung dok.

Kembali ke hotel, kami disapa oleh pihak panitia. Kami disuruh untuk segera registrasi ulang. Ini bagian menyenangkannya, setiap perserta diberi voucher Wifi ID, Telkom Speedy dari pihak Telkom Indonesia selaku sponsor event ABFI 2013. Akhirnya saya bisa internetan lagi! Yippyyy…!

Saya adalah freelancer sekaligus wirausahawati, jadi saya harus selalu siap sedia jika dihubungi klien. Mau tidak mau, dalam event ini pun saya harus melayani klien. Internet mempermudah pekerjaan saya. Beberapa desain yang telah dipesan sejak di Bandung bisa saya kirim (jangan sampai menyalahi deadline), begitu pula dengan invoice dan penawaran.

Di kamar, saya coba Wifi ID, Telkom Speedy dari Telkom Indonesia itu. Wihhh… ternyata stabil dan kencang, hanya dalam itungan detik atau menit, desain untuk klien bisa terkirim. Bagi beberapa klien yang ingin hangout (Gtalk) pun bisa dengan lancar. Enggak ada tuh yang namanya buffering!

Saya juga adalah penggemar berat film dan tv series, jadi enggak boleh ketinggalan episode terbaru tv series yang saya ikuti. Berkat ini, saya bisa nonton dengan lancar.  Ha ha ha…. Benar-benar deh, Wifi ID ini stabil dan cepat. Unlimited lagi!

Malamnya, acara pembukaan event akbar ASEAN Blogger Festival Indonesia sekaligus gala dinner diadakan di Loji Gandrung, rumah dinas walikota Solo. Setelah sambutan berpanjang-panjang dan berbahasa Inggris, kami pun menyantap hidangan ala Solo. Psst… di sini  tersedia jaringan Wifi ID, Telkom Speedy dari Telkom Indonesia juga loh!

Blogger dan koneksi internet adalah pasangan yang tak terpisahkan. Blogger dan Telkom Indonesia bisa bersinergis untuk menyongsong komunitas ASEAN 2015. Sinergi itu bisa kita lihat dalam poin-poin di bawah ini:
  1. Blogger bergiat di dunia nyata maupun maya. Blogger berkomunitas lintas batas kota, pulau, bahkan Negara. Karenanya harus terkoneksi dengan internet agar dapat menyatukan berbagai komunitas tersebut.
  2. Koneksi internet yang cepat dan stabil dapat menunjang kegiatan kopdar dan mengalirnya postingan para blogger. Blog walking yang wajib dilakukan blogger pun bisa dilakukan dengan lancar. Kalau koneksi internetnya hidup-mati-hidup-mati, gimana mau berkunjung ke blog teman lain, untuk posting tulisan saja susah. Blog walking ini bisa mendekatkan para blogger dan mengeratkan komunitas.
  3. Zaman sekarang, bisa disebut para blogger ini adalah duta ilmu pengetahuan. Penyebaran ilmu pengetahuan tidak hanya dilakukan oleh para profesor dengan jurnal-jurnalnya, loh. Blogger dan masyarakat luas bisa berbagi informasi seluas-luasnya. Tapi tentu saja dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat dan sesuai fakta. Makanya mencantumkan foto itu penting, biar enggak hoax (hadeuh, ini sih demam narsis aja).

Banner Wifi ID di area seminar - Panitia ABFI dok.

Hari kedua, para peserta mengikuti berbagai seminar dengan key note speaker yang keren-keren. Ada lomba live tweets Telkom Indonesia juga. Semua peserta bersemangat menginformasikan kegiatan ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 dengan menggunakan hastag #ABFI atau #ABFI2103. Hanya dengan searching hastag tersebut, saya dapat mengidentifikasikan siapa saja peserta ABFI 2013 ini. Acara follow-follow-an pun dimulai. Thanks to Telkom Indonesia karena memberikan fasilitas Wifi ID ini. Para peserta jadi saling mengenal di dunia nyata maupun maya J

Aih, cerita hari pertama saja sudah sepanjang ini, apalagi hari kedua. Tunggu ya teman-teman tulisan berikutnya.
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

56 comments:

  1. internet memang bikin hiduuuup :D....

    ReplyDelete
  2. cerita aku-nya belum ada hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya iyalah ini masih cerita hari pertama, kita kenal hari kedua kaliiii

      Delete
  3. halo Emak Bandung, wah ceritanya sungguh menarik hati...ayo ditunggu sambungan hari keduanya ya...salam blogger dari Banjarmasin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal dari Bandung, mas Samsuni. Postingan Mas sudah lengkap ya, hebat *\^^/*

      Delete
  4. hallo mbak evi, selamat bertemu lagi..,
    menemukan jaringan internet yg cepat dan stabil impian semua blogger ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Evi, ketemu lagi. Aih kita lucu ya manggilnya samaan 'Evi'. Semoga internet cepat dan stabil ini bisa dinikmati di seluruh Indonesia.

      Delete
  5. Dunia tanpa koneksi internet emang bikin mati gaya ya' Vi? :)
    Untungnya acara ASEAN blogger festival didukung penuh oleh Telkom Indonesia ya? Thanks juga ah untuk Telkom Indonesia. :)
    Nice post' Vi!

    ReplyDelete
  6. Owh makanya gak heran dikau sering ngumpet di dalam kamar Jeng... lah ternyat sedang menikmati koneksi internet yang super kueeenceng itu ya. #alibi molor :p

    ReplyDelete
  7. Blogger tanpa internet sama dengan bohong ya? hehehe

    ReplyDelete
  8. blogger tanpa internet kayak punya pacar tapi gak bisa dipegang :D

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. iya bener, internet bisa menghalau kematigayaan heh

      Delete
  10. Jadi, yang dikenakan tuh baju batik baru dari klewer, Mba? :D
    Di lantai 7 hotel sahid jaya juga wifinya mati. :)

    Wifi ID memang was wus, aku memanfaatkannya ketika sedang seminar2. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihhh beda hotel kita ya? Senang ya kalau internetnya kenceng gitu :)

      Delete
  11. Kunjungan perdana di blog yang indah...

    Reviewnya bagus dan detail ini ikutan kontes ya?
    wuih blogger Bandung gak ada matinya...
    salam buat Teh Nichie, Mbak Al, Bang Aswi dan kang Ade...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mau ikutan kontes. Doakan ya Kang :)

      Iya, nanti disampaikan salamnya :)

      Delete
  12. internet bagaikan pacar yang tentunya selalu kangen...hehee

    ReplyDelete
  13. Salam kenal yah :) ayo jejaring blogger samangat

    ReplyDelete
  14. Aiiihhh wifi.id dr telkomindonesia bener2 kenceng, dan dr situ jgn aku dpt tablet hehehehehe, Kerennya juga model cerita postingan ini narsisnya blogger Bandung, Kangen suasana itu ya kang....kangen ASEAN Blogger Hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, nanti kita bisa narsis bareng lagi teh. Selama ada gadget dan jaringan internet yang bagus :D

      Delete
  15. Seru banget deh acaranya, sampai doyan makan Timlo ya Mba. saking kelaparannya ya. Tapi ngomong-ngomong batik di pasar kelewaer jangan dibrong semuanya Mba. he,,,,x9

    Sukses selalu
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, enggak ngeborong ko *lirik dompet tipis*

      Delete
  16. wah,,kalau cemilannya begitu..harus lupakan diet *lospokus*.. hehe

    ReplyDelete
  17. Berhubung ada foto camilannya, maka artikel ini saya nyatakan sebagai juara 1! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihhh seandainya mba Lusi jurinya hehe *\^^/*

      Delete
  18. Untung ya ada Speedy, jadi bisnis di mana pun bisa tetep jalan.
    Seru nih ceritanya. Kapan ya aku bisa ikutan acara kayak gitu... >.<


    tamanbermaindropdeadfred.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Epaaa ayo datang ke acara blogger yuks :)

      Delete
  19. Wuih tulisannya berpanjang-panjang, tapi juga berbobot. Aku belum nulis sih, tapi habis baca postingan ini kok jadi nge-pir ya haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mbak Yuni bisa aja, barusan saya udah baca review acara bikinan Mbak :)

      Delete
  20. seandainya gak ikutan acara ASEAN Blogger ini, mungkin sampai sekarang saya tidak akan pernah merasakan naik kereta. Maklum, di Kalimantan gak ada kereta :D

    Semoga postingan ini menang kontes ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik apa saja dari Kalimantan ke Solo?

      Amiin, terima kasih doanya :)

      Delete
  21. saya mah komentar camilannya aja deh .. emak2 emang ngga pernah lupa soal itu :D

    ReplyDelete
  22. Serunya,, bisa ikutan ASEAN Blogger.. Salam kenal Mak, semoga sukses KOntesnya ^_^ . Sekarang ini kalo nggak ada internet bagaikan di taman tanpa bunga ,, wekekekek,,

    ReplyDelete
  23. serruuu...gimana sih caranya bisa ikutan acara2 kayak gini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya aktif di suatu komunitas blogger aja, Mbak :)

      Delete
  24. ngebayangin blogger Bdg satu kereta pasti seru bgt #Ngiri

    ReplyDelete
  25. weh mbak nya yg mana ya .. :v

    ReplyDelete
  26. Huaa, teh evi gak ajak2.. ngiri dyeeeh ;(

    ckckck ;p

    ReplyDelete
  27. Gak ada internet emang susaaaah yaaa :D
    Semoga menang ya Mbakkk lombanyaww

    ReplyDelete
  28. Tempat saya wifi agak sendat lho mas.

    ReplyDelete