Modal Mendirikan Bisnis Online

 

Modal-Mendirikan-Bisnis-Online
Modal mendirikan bisnis online. Sumber gambar: PhotoMIX-Company - Pixabay

Apa sih yang pertama kali kamu pikirkan ketika ingin mendirikan bisnis online? Kebanyakan orang berpikir modal sama dengan uang. Padahal kenyataannya tidak begitu. Dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang modal mendirikan bisnis online agar tidak terjebak pada frame berpikir modal hanya sebatas uang.

 

SDM: Sumber Daya Manusia

Modal pertama yang harus kita miliki untuk mendirikan bisnis online justru ada pada SDM atau sumber daya manusia. SDM sendiri terdiri dari manusia sebagai pelaku dan kemampuan yang dimiliki oleh manusia tersebut. Baik kemampuan untuk memproduksi produk, wawasan pemasaran, dan pengetahuan tentang dunia online.

 

Kita sebagai pemilik bisnis tentu harus memiliki kemampuan ketiganya meski nanti akan diserahkan pada orang lain untuk eksekusinya. Walaupun kemampuan produksi bisa kekecualian. Minimal product knowledge wajib banget tahu.

 

Product knowledge, wawasan pemasaran, dan pengetahuan tentang dunia online itu setali tiga uang. Nggak boleh timpang. Namanya juga bisnis di dunia online, masa nggak ngerti seluk-beluknya. Jadi harus mau belajar ketiganya.

 

Waktu

Modal mendirikan bisnis online berupa waktu enggak bisa disepelekan. Banyak orang punya modal SDM dan katakanlah uang tetapi tidak punya waktu. Contohnya kita yang bekerja pada perbisnisan dan punya waktu kerja tetap. Sebab punya modal tadi mendirikan bisnis online.

 

Bisnis online seolah sepele sebab bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Benarkah begitu? Sepengalaman saya enggak. Apalagi kalau enggak punya pegawai ya. Semua dikerjakan sendiri mulai dari packing barang, membuat konten di media sosial, sampai mengelola toko di marketplace. Semua itu butuh waktu.

Namun yang patut digarisbawahi, waktu di sini adalah bagaimana kita dengan konsisten meluangkan waktu dan pikiran penuh pada bisnis online tersebut. Jadi kita harus bisa membagi waktu dan konsentrasi antara pekerjaan tetap dan bisnis online tersebut.

 

Jaringan

Modal mendirikan bisnis online selanjutnya adalah jaringan. Kalau zaman sekarang bukan hanya jaringan relasi aja ya, termasuk jaringan internet he he. Relasi ini berperan penting untuk penyediaan produk, distribusi pemasaran, dan pasar.

 

Namanya juga bisnis baru ya, kita bisa mengenalkan produk mulai dari teman, saudara, dan kolega. Bila mereka puas dengan produk dan pelayanan kita menciptakan word of mount yang enggak hanya dari mulut ke mulut juga bisa viral lewat media sosial.

 

Jaringan internet sama pentingnya dengan relasi. Ya, gimana mau jualan online kalau sinyal aja susah, kuota aja nggak punya? Pastikan sinyal kamu stabil, baterai gawai penuh, dan kuota unlimited agar dengan mudah menjalankan bisnis online.

 

Uang

Modal mendirikan  online terakhir adalah uang. Baik itu uang dari tabungan pribadi atau pinjaman. Tentu kamu sudah tahu dong, apa fungsi uang di sini? Untuk penyediaan produk, mesin, gawai, gaji karyawan, dan sebagainya.

 

Bagaimana kalau kamu butuh uang untuk modal bisnis tapi nggak punya tabungan? Ya, bisa pinjam ke orang terdekat, cari investor, ke bank, atau FinTech. Salah satu FinTech tepercaya dan terdaftar di OJK adalah Tunaiku.

 

Tunaiku

Tunaiku merupakan teknologi finansial atau FinTech pertama di Indonesia yang bergerak menyediakan pinjam uang online tanpa agunan. Didukung dengan teknologi dan data analytics canggih, Tunaiku mampu melayani dengan sangat cepat (24 jam) dan dengan persyaratan yang mudah.

 

Mulai beroperasi pada 2014, Tunaiku merupakan produk digital pinjaman tanpa agunan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang dimiiki oleh perbisnisan multinasional bernama TOLARAM.

 

TOLARAM merupakan perbisnisan multinasional yang telah berdiri lebih dari 60 tahun. TOLARAM bergerak di berbagai bidang  antara lain barang kebutuhan sehari-hari, pelayanan digital, energi, dan infrastruktur yang tersebar di Afrika, Eropa, dan Asia, dengan kantor pusat yang terletak di Singapura.

 

Kelebihan Tunaiku

Seperti yang saya bilang di atas, Tunaiku pinjaman tanpa agunan dan tanpa kartu kredit. Pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit. Hanya perlu Isi formulir pengajuan online selama kurang lebih 10 menit saja. Kita dapat ajukan pinjaman lewat aplikasi atau website.

 

Pinjaman cair cepat sesuai nominal yang diajukan setelah tanda tangan kontrak. Bahkan kalau kita bisa bayar cicilan lebih cepat nggak akan dikenakan bunga.

 

Setelah membaca modal mendirikan bisnis online, kamu bisa bikin checklist. Kira-kira mana saja yang sudah tersedia. Mulai pikirkan bagaimana memenuhi modal yang belum ada. Sudah siap berwirausaha online? Yuk!

 

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

11 comments:

  1. Modal ialah salah satu yg blm saya punya. Dengan adanya tunaiku bisa jadi salah satu solusinya ya. Semoga prosesnya lancar nih

    ReplyDelete
  2. pada umumnya ya bicara memulai bianis pasti ujung ujungnya duit walau tidak melulu itu. Baiknya untuk pinjaman online para pemula harus berhati-hati dan bijak memilih

    ReplyDelete
  3. Wah udsh 7 tahun ya kupikir baru baru ada Tunaiku hehe. Selama itu pastinya kredibilitas sudah teruji.

    ReplyDelete
  4. solutif banget ya Tunaiku

    waktu masih produksi snack, pernah tiba tiba order 100 kali lipat

    sayang gak punya modal untuk beli alat, jadi kepaksa ditolak deh

    ReplyDelete
  5. iya nih, ketika ingin mendirikan bisnis tapi uangnya pas-pasan mau nggak mau kita perlu mencari dana dari tempat yg lain. Tunaiku sudah terdaftar juga ya teh. Insya Allah utk pinjam uang dan melancarkan bisnis ya

    ReplyDelete
  6. Saya setuju banget modal bisnis yang pertama itu SDM. Uang modal bisa didapat, tapi SDM untuk menarik modal itu yang belum tentu bisa didapat.

    ReplyDelete
  7. Bagaimanapun mau mendirikan usaha juga banyak hal yang harus diperhatikan. Dan apa yang mba sampaikan termasuk butuh modal, penting banget

    ReplyDelete
  8. Dengan kemudahan teknologi dan penyedia pinjaman, smoga kita bsa lebib bijak menggunakannya ya

    ReplyDelete
  9. Ternyata ada banyak hal yang diperlukan untuk membangun bisnis online ya, Mbak. Pantes saya kemarin gagal karena hanya modal nekat saja. SDM memang hal yang paling penting, sih. Ketika kemampuan dan pengetahuan sudah ada, tinggal eksekusi saja. Kemarin aku salah di strategi marketing dan kurang product knowledge juga.

    ReplyDelete
  10. Nah bener. Jadi memulai bisnis bukan cuma urusan duit doang, waktu dan SDM juga perlu banget biar bisnis bisa berjalan.

    ReplyDelete
  11. Nah, Tunaiku ini banyak banget yang pake, mentemen juga yang punya usaha modalnya dari Tunaiku dan cepat banget prosesnya. SAngat gampang modal jaman now mah, tinggal yang penting SDM itu sendiri yang akdang agak susah.

    ReplyDelete