Sundance Film Festival: Asia 2021, Kompetisi Untuk Filmmakers di Indonesia Persembahan XRM Media dan IDN Media

 

Sundance-Film-Festival-Asia-2021
Sundance Film Festival: Asia 2021

Pada zamannya, saya sangat suka menonton film pendek terutama film-film festival. Saya memang pernah bercita-cita jadi sineas bahkan beberapa kali sempat memproduksi film-film pendek dan diikutsertakan pada festival. Hasilnya enggak pernah menang sih, tapi pengalaman tersebut memperkaya batin saya. Bagi kamu yang berkecimpung dan punya niatan bikin film pendek, sekarang ada Sundance Film Festival: Asia 2021, kompetisi untuk filmmakers di Indonesia persembahan XRM Media dan IDN Media.

 

Sundance Film Festival: Asia 2021

Sundance Film Festival: Asia 2021 persembahan XRM Media dan IDN Media mengadakan kompetisi film pendek sebagai salah satu rangkaian acara di festival. Sundance Film Festival kali ini menggaet juga Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek.

 

Sundance-Film-Festival-Asia-2021
Winston Utomo, CEO IDN Media

 

Winston Utomo, CEO IDN Media, menyatakan, “Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.”

 

Sebagai penikmat dan pencinta film pendek, kamu pasti sudah mengenal Sundance Institute. Lembaga nirlaba yang meruapakan kurator film independen sekaligus menyediakan ruang bagi seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk berkreasi dan berkembang. Berdiri sejak 1981 oleh Robert Redford dan dilangsungkan di Amerika Serikat.

 

Program-program Sundance Institute diciptakan bertujuan untuk mengembangkan beragam proyek. Sundance Co//ab merupakan platform komunitas digital yang menyatukan seniman untuk saling bertukar ilmu dan tetap terhubung dalam sebuah ruang kreatif. Sundance Film Festival telah menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru yang autentik, sehingga komunitas film independen pun dapat terbentuk. Sundance Institute telah mendukung beragam proyek lain, seperti Clemency, Never Rarely Sometimes Always, Zola, On the Record, Boys State, dan sebagainya.

 

Sundance-Film-Festival-Asia-2021
Sundance Film Festival: Asia 2021

 

Jadi Sundance Film Festival: Asia 2021 kompetisi untuk filmmakers di Indonesia ini bukan kompetisi yang main-main. Pihak-pihak terkait sudah kredibel dan diakui dunia. Kompetisi ini dibuka untuk para insan perfilman Indonesia yang bertujuan untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film. Selain itu karya-karyamu akan diperkenalkan ke kancah global. Keren, ya?

 

Hadiah Sundance Film Festival: Asia 2021

Apa sih hadiah Sundance Film Festival: Asia 2021? Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai USD 2,000 persembahan dari Argo. Lebih dari itu, film pendek yang memenangkan kompetisi ini akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada bulan September mendatang.

 

Karya pemenang juga akan berkesempatan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2022 serta mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo. Kalau sudah masuk Argo, kamu akan mendapat jaminan hak komersil. Asyik, kan?

 

Menurut Mike Plante, Programmer Senior, Short Film, Sundance Film Festival: “Di Sundance Film Festival, kami berkomitmen untuk terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka seperti melalui Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Kami sangat antusias untuk menemukan karya baru dan memperkenalkannya pada audiens yang tentu juga tak kalah antusias.”

 

Juri Sundance Film Festival: Asia 2021

Penasaran nggak siapa juri Sundance Film Festival: Asia 2021? Seluruh film pendek yang masuk akan dikurasi oleh dewan juri yang berasal dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival.

 

Inilah nama-nama dewan juri Sundance Film Festival: Asia 2021:

  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  • Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival o Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

 

Dewan jurinya benar-benar sudah malang-melintang di kancah dunia perfilman, ya. Kalau tips dari saya, coba kamu pelajari karya-karya dewan juri ini. Ambil yang cocok dengan gayamu.

 

Ketentuan Peserta Sundance Film Festival: Asia 2021

Catat baik-baik ketentuan peserta Sundance Film Festival: Asia 2021 ini, ya.

  • Pendaftaran kompetisi film pendek dibuka hingga 9 Juli 2021.
  • Peserta harus Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri.
  • Tidak ada batasan genre atau tema film yang bisa diikutsertakan, dengan ketentuan proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019.
  • Durasi film antara 3 hingga 20 menit.

 

Jadi sekiranya kamu punya karya film pendek yang diproduksi dengan rentang waktu proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019, bisa kamu ikutkan. Atau bisa juga kamu membuat film yang baru.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, kunjungi halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

 

Sundance-Film-Festival-Asia-2021
Sundance Film Festival: Asia 2021

 

Sundance Film Festival: Asia 2021, kompetisi untuk filmmakers di Indonesia persembahan XRM Media dan IDN Media membuka peluang baru untukmu berkarya. Yuk, mulai susun rancangan produksi dan skenariomu. Buatlah karya terbaik yang dapat mewakili wajah Indonesia di mata dunia. Semangat!

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

No comments:

Post a Comment