5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita


5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita – Tidak ada orang yang sempurna, semua orang tahu. Hanya tahu dan bukan berarti paham. Semua orang punya kelebihan dan kekurangan, itulah mengapa kita disebut manusia. Kelebihan dan kekurangan itu menciptakan keseimbangan. Saya dan barangkali kita bahagia dan bangga terhadap kelebihan diri. Namun persoalannya untuk memahami itu, kita mesti bisa berdamai dengan kekurangan. Bukanlah hal yang mudah karena yang pertama harus kita hadapi adalah menerima kekurangan tersebut. Menerima bukan lantas rendah diri apalagi membiarkannya begitu saja tapi berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita.

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Saya suka menulis dan saya percaya menulis adalah kelebihan. Salah satu kekurangan saya tidak bisa menulis sebuah novel dengan cepat. Saya bermasalah dengan manajemen waktu. Walaupun saya juga tahu bahwa menulis novel bukanlah sebuah perlombaan. Saya harus menulis sebaik mungkin. Sesuatu yang dari hati akan sampai ke hati. Di sisi lain, tentu seorang penulis harus berurusan dengan tengat waktu. Entah itu Ketika saya menulis novel ataupun artikel untuk blog. Menulis bisa jadi pekerjaan individu akan tetapi menjadi penulis merupakaan pekerjaan bersama. Menyangkut banyak pihak seperti klien, editor, first reader, dan bahkan pembaca. Di sinilah saya harus menghadapi kekurangan saya. Saya harus berusaha menjadi versi terbaik dari diri saya sehingga tidak mengecewakan banyak pihak.

Senjata pertama penulis adalah kerajinan dalam membaca. Percaya tidak percaya, saya banyak belajar berimajinasi, menjahit konflik, dan penokohan karakter dari komik. Komik adalah bacaan wajib bagi saya terutama ketika saya diserang rasa malas untuk membaca. Sejak kecil, komik menjadi sahabat saya. Kalau saja saya pandai menggambar, barangkali sekarang saya sudah jadi komikus. Melalui komik saya juga belajar tentang hidup, salah satunya berusaha menjadi versi terbaik dari diri saya tadi.  

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Aplikasi komik digital Line Webtoon

Kegemaran saya membaca komik ini tidak pernah berhenti sampai sekarang. Salah besar bila ada yang beranggapan bahwa komik hanya untuk anak-anak. Kenyataannya lebih banyak komik diperuntukkan untuk orang dewasa. Jika dulu saya akan berburu komik di Cikapundung, perempatan jalan Dewi Sartika, atau pasar buku Palasari, kini saya cukup membaca komik lewat aplikasi Line Webtoon. Aplikasi ini dapat kamu unduh di Google Play.

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Ada 5 komik favorit saya di Line Webtoon yang mengajarkan berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita. Saya akan membahasnya satu per satu.

1. Lookism
5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Komik Lookism

Lookism merupakan komik bergenre drama – action. Komik yang ditulis dan diilustrasikan oleh Park Tae-joon bercerita tentang seorang anak SMU bernama Park Hyung Suk. Ia menjadi korban perundungan di sekolahnya sebab memiliki fisik yang gemuk, jelek, dan cupu. Suatu hari ia terbangun dengan tubuh dan wajah yang berbeda sama sekali. Ia berubah menjadi pemuda tampan dan memiliki badan yang atletis.

Park Hyung Suk memutuskan untuk pindah ke sekolah lain untuk memulai hidup baru. Namun masa lalunya selalu menghantui. Meski ia bisa menggunakan tubuh barunya tidak serta merta mentalnya menguat. Di sekolah itulah ia berjumpa dengan Vasco, Jay, Lee Jin, Mi Jin, Ha neul, Crystal, dan banyak lagi. Kejadian demi kejadian menempanya.
Sahabatnya, Vasco yang awalnya lemah—juga pernah dirundung—mengajari untuk menjadi kuat. Bahwa kuat secara mental maupun fisik mesti dilatih. Hyung Suk mulai terbangun dari mimpi buruknya, berani menghadapi dunia.

Hyung Suk dengan kawan-kawannya belajar arti persahabatan, saling melindungi, dan melengkapi. Mereka sama-sama berusaha menjadi versi terbaik dari dirinya dengan menembus keterbatasan. Through the limit. Bahwa kemampuan seseorang akan berkembang ketika orang itu bekerja lebih keras dan konsisten.

2. Pasutri Gaje
5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Komik Pasutri Gaje

Pasutri Gaje bercerita tentang hubungan rumah tangga antara Adelina dan Adimas. Komik yang ditulis dan diilustrasikan oleh Annisa Nisfihani ini bergenre drama. Komik asal Indonesia ini terasa realistis menceritakan bagaimana suami istri berhubungan.

Adelina dan Adimas berkerja sebagai PNS. Mereka menikah dan mencicil rumah dari gajinya. Setelah beberapa lama menikah, mereka akhirnya dikarunia anak kembar. Bagaimana hubungan mereka dengan sahabat-sahabat setelah berumah tangga? Bagaimana mereka mengurus anak kembar yang sangat aktif? Banyak konflik menarik di komik ini.

Menikah merupakan awal seseorang mengenal pasangannya. Barangkali di masa-masa pacarana semuanya terasa lebih indah sampai kita harus menghadapi pasangan setiap hari. Kita akan tahu sifat baik dan buruknya. Pasutri Gaje mengajarkan kita menerima segala kelebihan dan kekurangan pasangan dan selalu berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita agar bisa bertahan dalam berbagai badai perkawinan.

3. Noblesse
5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Komik Noblesse

Noblesse bergenre fantasi. Komik yang ditulis oleh Jeho Son dan diilustrasikan oleh Kwangsu Lee berasal dari Korea. Bercerita tentang Rai—vampir termulia—bangun dari tidur panjangnya selama 820 tahun. Ia harus memulai hidup barunya sebagai pelajar di sekolah yang didirikan pelayan setianya, Frankenstein. Rai dan Frank bersahabat dengan manusia. Awalnya semua tampak lancar. Sampai hari-harinya terganggu dengan munculnya serangan-serangan misterius dari kelompok yang menyebut dirinya "Unions".

Dalam komik ini kita akan menemukan berbagai jenis kasta dalam tatanan dunia. Ada Bangsawan, werewolf, manusia, dan sebagainya. Seperti genre fantasi lainnya, tatanan ini tidak dapat diterima oleh manusia pada umumnya. Bagaimana akhirnya manusia bisa menerima keberadaan makhluk lainnya? Bagaimana bangsawan dan sebagainya bisa bergaul dengan manusia? Meski begitu makhluk-makhluk lain ini memiliki sifat seperti manusia. Mereka punya kelebihan dan kekurangan juga hanya berbeda dari segi kemampuan mempertahankan diri.

Komik ini mengajarkan menerima perbedaan dan bahwa kekuatan seseorang bisa jadi berbahaya bila tidak digunakan dengan bijak. Kelebihan seseorang dapat berbalik menjadi kekurangan begitu pun sebaliknya tergantung sudut pandang dan penggunaannya. Setiap orang mesti berusaha setiap saat menjadi versi terbaik dari dirinya demi kemanusiaan dan keadilan.

4. Dice
5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Komik Dice

Komik Dice bergenre fantasi yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hyunseok Yun. Komik asal Korea ini bercerita tentang peruntungan hidup dalam guliran dadu. Bagaimana jika kamu dapat memulai kembali hidupmu seperti layaknya permainan? DONG TAE selalu diganggu oleh teman-teman sekelasnya, sedangkan TAE BIN, adalah teman sebangkunya yang tampan dan populer. Kemudian, TAE BIN menyaran agar DONG TAE memulai permainan dengan sebuah dadu misterius.

Mulanya dadu ini dapat mengabulkan permintaan seseorang dengan menyelesaikan tantangan-tantangan yang diberikan. Dadu dapat mengubah wujud seseorang secara fisik maupun kemampuan lain seperti kecerdasan, ketangkasan, dan sebagainya. Bermaksud baik, Dong Tae memberikan dadu ini kepada temannya yang juga korban perundungan sampai temannya itu mengetahui bahaya dadu tersebut. Bencana pun dimulai.

Komik Dice mengajarkan kita bahwa menjadi versi terbaik dari diri kita tidak dapat dilakukan dengan instan. Ada satu karakter menarik yaitu Eunju yang menolak menggunakan dice. Karakter ini digambarkan secara fisik cukup sempurna tetapi ia punya kekurangan dan ia mau menerimanya. Lingkungan sekitar menghujat dan memuja Eunju sebab kecantikan dan kecerdasannya akan tetapi ia merasa kesepian sebab tidak ada anak yang benar-benar menganggap ia sahabat.

Dari Dice kita juga belajar bahwa kita tidak bisa memuaskan semua orang, bahwa kelebihan kita bisa menjadi petaka juga. Jadi kelebihan dan kekurangan manusia menciptakan keseimbangan di dunia.

5. The Secret of Angel
5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Komik The Secret of Angel

The Secret of Angel bergenre drama yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yaongyi. Komik asal Korea ini bercerita tentang cinta segitiga antara Jukyung, Suho, dan Seojun. Komik ini tidak hanya berkisar cinta-cintaan. Kita bisa mengikuti perkembangan setiap tokoh dalam mengejar impian mereka.

Jukyung merupakan anak yang secara fisik kurang menarik. Wajahnya berjerawat, alisnya tipis, dan sebagainya. Namun ia berusaha menjadi versi terbaiknya dengan belajar makeup sejak SMP. Ia dapat mengubah kekurangan tersebut dengan bekerja keras. Saya jadi ingat tulisan salah satu penulis favorit saya, Ayu Utami:

Manusia hidup dalam nilai-nilai, dan mereka sering tidak bisa membedakannya dari kodrat. Karena itu ada du acara untuk menghadapinya. Pertama, lawanlah nilai itu dengan membikin alternatif. Cara kedua, tidak mengubah nilai itu tetapi mengubah sikap kita tentang kodrat. Tidak boleh kita memuja-muja keunggulan fisik maupun nonfisik yang terberi sejak lahir. Manusia berhak mereparasi diri seperti Michael Jackson atau Stephen Hawkings.

Cara Membeli Koin di Line Webtoon
Komik digital di Line Webtoon ini kebanyakan gratis. Untuk mengakses aplikasi ini juga tidak perlu mengeluarkan biaya. Setiap komik update per minggu, misalnya The Secret of Angel setiap selasa. Jadi kita mesti sabar mengikuti komik-komik ini. Namun ada cara yang lebih cepat agar kita bisa membaca episode-episode berikutnya dengan menggunakan koin. Apalagi cerita sedang gereget pasti ingin segera membaca kelanjuntannya.

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Cara membeli koin di Line Webtoon

Nah, koin Line Webtoon inilah yang berbayar. Penggunaan koin ini juga berbeda untuk setiap komik, misalnya Lookism harus mengeluarkan 12 koin untuk membaca episode yang belum release. Ada empat pilihan harga koin di Line Webtoon yaitu:

33 koin Rp5.000
100 koin Rp15.000
194 koin Rp29.000
393 koin Rp59.000
5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Coin shop Line Webtoon

Kita memanfaatkan promo Google Play untuk membeli koin di Line Webtoon menggunakan GoPay. GoPay adalah salah satu layanan e-wallet terbesar di Indonesia yang dapat digunakan untuk bertransaksi di aplikasi GoJek yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi online & offline. GoPay sekarang juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran di Google Play (Play Store). Dengan GoPay di Google Play, sekarang pengguna dapat dengan mudah membayar/membeli apa pun di Google Play Store dengan mulus termasuk membeli koin di Line Webtoon.

Bagaimana cara memanfaatkan promo Google Play untuk membeli koin di Line Webtoon menggunakan GoPay? Ikuti Langkah-langkah berikut:

·       Isi saldo GoPay-mu sesuai dengan kebutuhan sebab Google Play hanya dapat mengakses saldo aktif. Yang artinya kamu tidak bisa menggunakan GoPay Later, ya.

·       Buka Google Play atau bisa juga langsung buka aplikasi Line Webtoon. Masuk ke setting Google Play atau Line Webtoon, klik payment methods. Akan terlihat berbagai payment methods, kamu tinggal klik Add GoPay maka akan segera tersambung ke aplikasi GoPay-mu.
 
5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Cara menyambungkan Google Play dengan GoPay

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Cara menyambungkan Google Play dengan GoPay

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Cara menyambungkan Google Play dengan GoPay

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Cara menyambungkan Google Play dengan GoPay

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Cara menyambungkan Google Play dengan GoPay


·       Klik ‘More’ di aplikasi Line Webtoon lalu klik ‘Isi Koin’. Kamu akan mendapati Coin Shop, tinggal pilih saja berapa koin yang akan kamu beli. Misalnya saya membeli 33 koin seharga Rp5.000. Otomatis aplikasi Line Webtoon tersambung dengan Google Play.
5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Cara membeli koin di Line Webtoon menggunakan GoPay


5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Cara membeli koin di Line Webtoon menggunakan GoPay

·       Klik GoPay sebagai payment methods, nanti Google Play akan meminta password gmail-mu. Isi kemudian klik verify. Koinmu segera terisi. Google Play juga akan mengirim email Order Receipt ke emailmu.

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Cara membeli koin di Line Webtoon menggunakan GoPay


5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Google Play mengirim order receipt ke email

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Koin Line Webtoon sudah terisi

Semudah itu cara memanfaatkan promo Google Play untuk membeli koin di Line Webtoon menggunakan GoPay. Selain itu kamu bisa beli aplikasi dan game di Google Play pakai GoPay dengan lebih mudah dan bebas biaya admin! Masih banyak promo Google Play dari GoPay lainnya.

5 Komik Line Webtoon Ini Mengajarkan Berusaha Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Kita
Cashback GoPay dari promo Google Play

Nah, selama bulan Ramadan, nikmati promo Google Play dengan cashback 70% untuk semua pengguna GoPay yang bisa kamu dapat berkali-kali dari tanggal 23 April - 22 Mei 2020. Promo ini berlaku khusus saat sahur, jam ngabuburit, dan buka puasa. Sementara buat kamu pengguna baru GoPay ada cashback 100% dari tanggal 1 April - 31 Mei 2020.

Itu dia 5 komik Line Webtoon yang mengajarkan berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita. Jangan lupa manfaatkan promo Google Play untuk membeli koin di Line Webtoon menggunakan GoPay dan dapatkan cashback-nya! Kamu punya rekomendasi komik lain buat teman saya ngabuburit? Tulis di komentar, ya.

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

14 comments:

  1. Semakin ciamik yah mba terlebih bagi pecinta komik, makin dimudahkan pdgn aplikasi dan berbagai macam promo ;)

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka baca webtoon apalagi the secret of angel soalnya visualnya paling baik dan bakal dijadiin drama korea, can't wait dehhh

    ReplyDelete
  3. Aku penasaran sama Pasutri Gaje. Kayaknya relate aja gitu sama kehidupan Indonesia. Btw kita emang kadang ingin kaya orang lain padahal kita cukup jadi yng terbaik versi diri kita dalam artisan positif tif tif tif ya mba. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  4. Udh lama aku ngak baca webtoon. Kadang aku cari cerita yang ngak pasaran biasanya.thanks for sharing mbak, jd kangen aku baca webtoon lagi.

    ReplyDelete
  5. Setiap manusia ga ada yang sempurna, bener banget itu. Ada kelebihan dan kekurangannya yang menyeimbangkan, lovee banget . Yang penting berusaha menjadi versi terbaik kitaaa

    Nah aku udah lamaaaa ga baca2 komik lagii, padahal dulu waktu sekolah sukaaa. Btw makin dipermudah sekarang yaa bayar appsnya pake gopaay

    ReplyDelete
  6. Aku webtoon baru ngikutin secret of angel, tp blm abis cuma dpt link nya, tp blm download aplikasinya, ceritanya bagus2 yaa.. bisa betah baca komik klo gini haha..

    ReplyDelete
  7. Waaaah, pembayaran juga sudah digital ya mbak, gopay memudahkan sekali. Baca komik sekarang lebih efisien dan praktis

    ReplyDelete
  8. Praktis banget ya Mba kalo ada gopay..kita bisa transaksi dengan gampang. Bikin hidup smart dan bisa nikmati komik di web toon dengan cepat

    ReplyDelete
  9. Yang pasutri geje seru kayaknya menceritakan karakter sebenarnya pasangan kita di awal pernikahan hehehe jadi inget awal2 nikah

    ReplyDelete
  10. Wah aku suka banget nih kaka baca Webtoon hehe. Sekarang juga udah mudah banget yah pembayaranya bisa pake Gopay. Cobain ah hehe

    ReplyDelete
  11. Saya suka beberapa komik di Webtoon. Sekarang penasaran deh dengan Pasutri Gaje. Kayaknya bakal ngikik bacanya

    ReplyDelete
  12. Aku paling suka baca the Secret of Angle. Kalau oas lagi seru-serunya teeus harus nunggu pekan depan itu yang bikin gemas. Mending beli koin aja nih karena caranya udah gampang.

    ReplyDelete
  13. Aku belim pernah baca komik di webtoon nih. Katanya banyak yang bagus juga ya visualnya. Anakku kadang suka komik yang lucu di sana

    ReplyDelete
  14. Baru tau ternyata google play bisa bayar pake gopay yaa

    ReplyDelete