Souvenir Pernikahan

Produk rajutan: kantong koin dan tatakan gelas
Produk rajutan: kantong koin dan tatakan gelas

“Teh, model kebaya pengantin yang lagi happening yang gimana sih? Terus dekorasi yang lucu buat di gedung bagusnya gimana? Ya ampun undangan juga belum pilih model. Eh, souvenir pernikahan juga belum nyari. Haduh puyeng!” curhat Kiki, sepupu saya.

Bukan rahasia di antara keluarga kalau saya ini bekerja sebagai wedding organizer. Jadi nggak heran kalau banyak juga yang tanya ini itu perihal persiapan pernikahan. Saya sih senang-senang aja jadi konsultan pernikahan apa lagi kalau diminta jadi wedding organizer-nya hahaha ….

Ngomongin soal souvenir pernikahan, sering kali saya memberi saran buat mereka berupa produk rajutan. Dulu ketika teman saya nikah dia pilih rajutan tatakan gelas, begitu juga waktu Eva kembaran saya nikah, dia pilih kantong koin rajutan.

Kenapa harus produk rajutan sih? Begini, saya sebenarnya sangat suka produk handmade. Produk buatan tangan itu punya ciri khas tersendiri, yaitu saya percaya barang-barang tersebut dibuat dengan penuh perasaan dan kecintaan. Selain itu model dan warnanya bisa kita tentukan sesuka hati. Misalnya, waktu teman saya pesan tatakan gelas, dia bilang pengin warnanya menonjolan warna merah dan hijau sesuai dengan tema dekorasi, sebagian lagi warna bumi yang hangat.

Soal harganya sih variatif dan cukup terjangkau tergantung dari bahan benang dan rumit enggaknya desain. Desainnya bisa kita pilih sendiri, misalnya saya dapat model dari browsing tinggal saya kasih ke pembuat rajutan. Untuk benang, ada beberapa jenis benang seperti benang rajut berbahan katun yang memiliki tekstur padat dan halus, benang rajut berbahan polyester yang memiliki tekstur padat dan kaku, atau benang rajut berbahan nilon yang memiliki padat, licin, kaku, dan warnanya mengilap. Kamu bisa berkonsultasi dengan produsennya bahan apa yang paling cocok dengan model rajut yang kamu inginkan, sesuaikan juga dengan ketersediaan warna dari jenis benang tersebut.

Yang terakhir, saya punya misi ingin mengembangkan bisnis kecil yang dimulai dari rumah. Semacam saya punya empati karena saya juga mulai bisnis dari rumah.

Beberapa produk rajutan yang saya rekomendasikan sebagai souvenir pernikahan selain tatakan gelas dan kantong koin adalah: kalung, gelang, dan dompet.

Sedikit tips buat kamu yang mau memilih souvenir pernikahan: pertama, pilihlah souvenir yang berdaya guna. Maksudnya souvenir yang bisa dipakai oleh penerimanya. Sayang banget kan kalau souvenir yang kita kasih cuma jadi pajangan atau disimpan di lemari dan akhirnya terlupakan.

Kedua, setiap souvenir biasanya diberi penanda dari siapa pemberi souvenir tersebut. Sebaiknya bentuknya kartu aja, jangan manaruh insial apalagi menuliskan nama pengantin melekat pada souvenir. Kebanyakan penerima souvenir akan malas menggunakannya.

Ketiga, besar souvenir sebaiknya praktis dibawa. Coba kamu perhatikan, biasanya undangan nggak bawa tas besar ke nikahan, akan sangat sulit membawa ke mana-mana souvenir yang besar. Apa lagi jika para undangan semangat berburu makanan. Hehehe ….

Semoga saran saya sedikit bermanfaat buat kamu yang mau melangsungkan pernikahan. Jangan lupa undang-undang saya ya :D
Previous
Next Post »