8 Bagian yang Wajib Dicek Ketika Service Motor

 

service-motor
8 Bagian yang Wajib Dicek Ketika Service Motor

Service motor merupakan pengecekan kondisi motor yang harus dilakukan secara rutin, untuk mendapatkan kondisi motor yang optimal maka service harus dilakukan saat jarak tempuh motor sudah mencapai angka tertentu. Ada beberapa bagian yang harus rutin diperiksa saat melakukan service motor, yaitu gas tangan, oli mesin, saluran bahan bakar, mesin, oli gardan, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di ulasan berikut ini:

 

1.    Oli Mesin

Oli mesin memiliki fungsi tak hanya sebagai pelumas, namun juga pendingin serta pelindung mesin. Maka dari itu, kamu harus mengganti oli secara rutin sesuai dengan jarak yang sudah ditempuh. Rata-rata pabrikan motor merekomendasikan penggantian oli setiap 2.500 km jarak tempuh. Untuk biayanya sendiri, selain biaya pembelian oli (harga tergantung merk), juga biaya jasa ganti oli.

 

Namun, beberapa tahun terakhir, ada pabrikan otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian oli ketika sudah mencapai jarak tempuh 5.000 km atau 2x lebih lama daripada oli biasa. Klaim penggantian oli 2x lebih lama daripada oli biasa ini dikarenakan oli yang dipasarkan sudah menggunakan teknologi ester, dimana ini menjadi base oil paling tinggi di kelas oli.

 

2.    Oli Gardan

Bagi yang menggunakan motor matic¸ selain mengganti oli motor matic, juga wajib mengganti oli gardan secara rutin. Apalagi fungsi dari oli gardan adalah untuk melumasi gear yang terletak di Continuously Vanable Transmission (CVT). Untuk penggantiannya bisa dengan menggunakan rumus 2x penggantian oli mesin, lalu baru kemudian dibarengi dengan penggantian oli gardan 1x.

 

3.    Busi

Busi merupakan bagian motor yang memiliki fungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api yang kemudian membuat mesin menyala. Apabila fungsi busi tidak baik, maka motor akan sulit dinyalakan dan busi harus diganti. 

 

4.    Kampas Rem

Salah satu bagian motor yang sangat penting, khususnya karena berkaitan dengan keselamatan pengendara adalah kampas rem. Apabila kampas rem sudah menipis, biasanya ditandai dengan rem yang kurang pakem. Maka dari itu, agar rem motor bisa digunakan dengan baik harus dicek ketika service motor. Jika kampas rem habis, maka harus diganti agar tidak membahayakan pengendara.

 

5.    Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Tujuan dari filter ini adalah agar kotoran tidak masuk. Apabila udara yang masuk kotor, maka bisa berakibat tersumbatnya sistem injeksi dan karburator. Dalam hal ini, biasanya mekanik akna memeriksa kondisi filter udara, apakah masih dapat dibersihkan atau harus diganti. 

 

6.    Aki atau Accu

Aki yang ideal biasanya memiliki tegangan 12,3 – 12,6 Volt saat kondisi mesin mati. Sedangkan ketika mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7-14,2 Volt. Apabila saat dicek, tegangan aki tidak sesuai ketentuan tersebut, atau mekanik menemukan kebocoran, terminal berkarat, maka pemeriksaan lebih mendetail harus dilakukan. Apabila didapatkan kondisi aki sudah tidak layak maka harus segera diganti agar motor tetap bisa digunakan.

 

7.    Ban

Pemeriksaan ban juga tidak boleh dilupakan dan harus dilakukan secara berkala. Bahkan, sebelum bepergian, sangatlah penting untuk memeriksa kondisi ban terlebih dahulu. Sedangkan ketika service motor rutin, mekanik biasanya akan berfokus pada pemeriksaan tekanan udara ban, kondisi fisik ban (gundul atau tidak), dan lain sebagainya. 

 

8.    Tune Up Motor Rutin

Service motor tune up merupakan service rutin yang terdiri dari pemeriksaan seluruh komponen, khususnya komponen yang berkaitan dengan performa motor secara menyeluruh. Biasanya pemeriksaan berfokus pada karburator, kondisi lampu, tekanan ban, rem, tegangan rantai, serta klakson.

 

Terkadang, tune up juga disertai dengan ganti oli gardan, ganti oli mesin, atau penggantian sparepart yang sudah tidak layak. Namun tenang saja, sebelum penggantian atau perbaikan, mekanin akan memberikan informasi lebih dulu kepadamu. Jika kamu setuju, maka mekanik baru melakukan perbaikan.

 

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk memperoleh servis terbaik, kamu harus memilih bengkel servis motor yang terbaik. Salah satu bengkel yang bisa menjadi pilihanmu sekaligus bisa kamu andalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini, kamu bisa memperoleh servis motor rasa mesin baru loh. Maksudnya gimana, ya?

 

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sebutan sistem servis terpadu. Tujuan service motor jenis ini adalah untuk meningkatkan atau meng-upgrade performa serta ketahanan motor dengan cara cepat, namun dengan biaya yang tentunya lebih hemat. Pemeriksaan dan perbaikan servis motor rasa baru ini berfokus pada bagian vital yang jarang diservis, jarak dicek, jarang disetel rutin dan letaknya tersembunyi.

 

Apa Manfaat Servis di Planet Ban?

  • Menggunakan oli serta cairan khusus yang memiliki teknologi tinggi sehingga mampu meningkatkan performa motor serta perlindungan mesin. Otomatis, mesin juga akan lebih awet dan jarang rusak.
  • Ketika dipadukan dengan penggunaan suku cadang asli, maka penggunaan motor akan lebih nyaman, tarikannya enteng, tahan lama, mesin juga jadi lebih dingin.
  • Mengganti oli di Planet Ban cukup ketika mencappai jarak tempuh 5.000 km saja atau antara 4-6 bulan sekali, sehingga kamu juga tidak perlu sering datang ke bengkel. Selain menghemat waktu, tentunya juga lebih menghemat biaya.
  • Emisi dan polusi dari mesin motor akan berkurang, dengan begitu, kamu juga ikut serta memelihara serta menjaga lingkungan hidup.

 

Apa Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan di Bengkel Lain?

Apabila kamu melakukan servis di tempat lain, biasanya kotoran, debu, serta sisa pembakaran masih banyak tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan, tak jarang ditemukan juga debu serta kotoran di bagian blok CVT yang berakibat tarikan motor terasa berat.

 

Sedangkan jika kamu service motor di Planet Ban secara rutin, seluruh bagian mesin akan dibersihkan, sehingga motor terasa baru. Bahkan blok CVT, klep mesin, kepala silinder, throttle body juga piston akan dibersihkan semua dari sisa-sisa pembakaran, debu, serta kotoran apapun.

 

Sekarang percaya kan kalau service motor di Planet Ban bisa membuat motor kamu jadi punya mesin baru. Jadi, tarikan motor lebih enteng, lebih hemat BBM, mesin bersih total, dan emisi jugu turun lebih dari 70%.

 

Lalu berapa sih biaya service motor di Planet Ban? Biaya service motor di Planet Ban selengkap ini terjangkau banget. Service motor injeksi hanya Rp 20.000,- untuk service CVT dan rantai Cuma Rp 19.500,-, bahkan biaya service throttle body hanya Rp 20.000,-.


Nah, itu dia manfaat cek kondisi motor secara rutin dan bagian motor apa saja yang perlu diservis. Kamu sendiri kapan terakhir kali service motor? Kalau memerlukan service motor, jangan lupa ke Planet Ban ya, dan dapatkan layanan servis motor rasa baru terbaik.

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

10 comments:

  1. Baru kemarin ganti ban karena bocor pas dipake sama kawan, hehe. Ternyata gak kerasa udh botak aja bagian ban nya, karena lelah menahan beban sepertinya haha. Lihat ini jadi makin sayang dan peduli dengan perawatan motor biar makin enteng pas dikendarainšŸ¤©

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh.... Temennya ikut nyumbang buat bannya nggak? Ganti ban di Planet Ban lebih terjangkau :)

      Delete
  2. Selama ini cuman tahu pakainya aja. Ternyata banyak juga ya perawatannya. Mesti lebih menghargai kendaraan nih. Planet Ban jadi solusi buat perawatan terbaik tapi praktis ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya. Jadi perawatan motornya serahkan aja sama ahlinya Planet Ban :)

      Delete
  3. Wahh setelah tau ternyata banyak juga ya yang perlu di cek, soalnya tau pakenya aja wkwk. Wahh, jadi nambah ilmu baru nih perihal permotoran, bisa buat mencegah terjadinya kerusakan motor juga. Makasih banyak ya kak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Yuk, rawat motornya di Planet Ban aja :)

      Delete
  4. Motor juga butuh perawatan dan perhatian yg bener bener juga ya hihi. Soalnyaa aku tau nya motor cuman tinggal pake ajaa tanpa tau harus di rawat juga ternyata huhu. Sekarang jadi lebih paham gimana cara nya merawat motor agar kondisinya bagus dan terawat, terimakasih infonya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Biar praktis, aman, dan terjangkau motor dirawat Planet Ban aja :)

      Delete
  5. Buat para perempuan yang belum paham, minimal ganti oli yaaa... Artikel ini semoga membuka mata bagi yang belum paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya. Dulu aku ganti olinya 2-3 bulan sekali. Ternyata bikin motor cepet rusak. Belajar dari situ jadi sebulan sekali :D

      Delete