Merdeka Jualan Online Sebagai Blibli Seller Dengan Bliklan

merdeka-jualan-online-sebagai-blibli-seller-dengan-bliklan
Merdeka Jualan Online Sebagai Blibli Seller Dengan Bliklan


Sebuah pertanyaan standar pasti pernah ditanyakan kepadamu yaitu, “Apa arti kemerdekaan buatmu?” Pertanyaan itu akan semakin mencuat ketika menginjak bulan Agustus di mana ada momen Hari Kemerdekaan Indonesia. Saya enggak pernah bosan sih, menjawab pertanyaan itu karena selalu membuat saya merenung, merefleksi diri, dan mengevaluasi diri.


Kemerdekaan buat saya mencakup banyak lini kehidupan. Sangat dalam, kompleks, dan komprehensif. Merdeka buat saya adalah bebas berekspresi lewat karya, dapat menjadi diri sendiri, berkecukupan secara finansial. Kalau kamu gimana?


Baru bulan ini saya memutuskan buat keluar kerja, mulai kembali menulis novel, melanjutkan kuliah, dan fokus ke bisnis pribadi. Bekerja memang memberi keamanan finansial tapi ada yang harus saya bayar juga yaitu waktu, pikiran, dan hubungan sosial. Saya enggak menafikan kalau hidup selalu berhubungan dengan tagihan-tagihan. Saya enggak akan bisa berkarya atau kuliah kalau nggak ditunjang dengan penghasilan. Satu-satunya cara agar seimbang adalah fokus kembali menjalankan bisnis pribadi.


Sebetulnya sudah dua tahun saya dan suami menjalankan usaha kriya terutama berbahan dasar kayu. Selama bekerja, saya banyak melalaikan bisnis tersebut. Setelah keluar kerja, saya berpikir-pikir bagaimana melakukan percepatan dalam bisnis ini? 


Bisa kamu tebak bahwa saya jualan online. Nah, saya ingin membuka market baru. Saya mencari informasi tentang berbagai marketplace. Pilihan saya jatuh pada jualan di Blibli. Kamu tentu sudah sangat familiar ya dengan Blibli. Blibli adalah e-commerce yang didirikan oleh PT Global Digital Niaga sejak 2010. Sebagai anak perusahaan Djarum yang terpercaya di berbagai lini bisnis, saya enggak ragu buat buka toko di sini.


merdeka-jualan-online-sebagai-blibli-seller-dengan-bliklan
Merdeka bersama Blibli Seller

Bulan Agustus memang spesial banget karena bertepatan dengan momentum kemerdekaan Indonesia. Hal ini membuat Blibli membuat berbagai Promo HUT RI yang bisa dinikmati pembeli sehingga Blibli Seller akan merasakan traffic dan penjualan yang tinggi di toko.


Membuka Toko di Blibli Seller


merdeka-jualan-online-sebagai-blibli-seller-dengan-bliklan
3 langkah mudah buka toko di Blibli



Jualan di Blibli dimulai dengan membuka toko atau membuat akun Blibli Seller. Ya, Blibli ini e-commerce yang cukup unik. Sebab saya harus membuat dua akun terpisah antara saya sebagai konsumen dan sebagai penjual. Jangan mikir ini kok, ribet? Justru menurut saya ini sangat aman. Sebab saldo berjualan dan saldo pembelian nggak kecampur. Sebagai penjual, kita benar-benar disiplin terhadap pencatatan keuangan atau pemasukan. Berjualan di Blibli sangatlah praktis bisa menggunakan PC desktop, mobile desktop, maupun aplikasi Blibli Seller. Kamu bisa memilih alat sesuai ketersediaan dan kenyamanan mu. Cara membuat toko di Blibli Seller sangat sederhana dan mudah. Kamu tinggal klik blib.li/BL23. Kalau kamu klik link ini, kamu akan langsung mendapat saldo Bliklan. Nanti akan saya bahas lebih lanjut di bawah. Selanjutnya kamu akan dijalurkan pada dashboard di mana kamu harus mengikuti tiga langkah mulai berjualan di Blibli, yaitu:


1. Melengkapi informasi toko atau gudang

Mendaftarkan lokasi alamat toko/gudang kamu supaya Blibli mengetahui area pengiriman asal produk-produk kamu. 


2. Melengkapi dokumen pembayaran dan legal

Isilah informasi pembayaran seperti detail nomor rekening serta dokumen-dokumen legal di toko kamu. 


3. Upload produk

Karena niatnya memang jualan online jadi pasti kamu harus menambahkan produk dan mulai berjualan. Kamu bisa memasukkan produk secara satuan dan massal (bulk). Enggak jarang sebuah toko akan dihubungi oleh Blibli untuk dibantu mengupload produk. Senang banget deh.


Merdeka Jualan Online Sebagai Blibli Seller Dengan Bliklan

Toko saya udah jadi nih, di Blibli yaitu Hanif Oi the Craft Specialit tinggal bagaimana mengoptimalkan toko biar laris manis tanjung kimpul. Yang namanya jualan online apalagi kalau masih baru membutuhkan proses untuk mendapat pembeli dan langganan. Salah satu caranya adalah dengan beriklan.


merdeka-jualan-online-sebagai-blibli-seller-dengan-bliklan
Toko Hanif Oi the Craft Specialist di Blibli


Hmm… gimana kalau modalnya minim atau belum punya budget buat beriklan? Enggak perlu khawatir karena Blibli sedang memberikan promosi modal untuk beriklan hingga 5,4 juta. Teknik promosi dengan menggunakan saldo Bliklan bisa sangat membantu para pemilik bisnis modal kecil seperti saya. Bener-bener deh keuntungan jualan di Blibli membuat saya terbantu sekali sebagai pemilik bisnis modal kecil. Di atas, saya udah menyinggung tentang Bliklan ya. Produk yang dipromosikan dengan Bliklan akan muncul di beberapa lokasi di website/app Blibli. Beliklan membuat toko maupun produk kita lebih mudah ditemukan konsumen dan calon pelanggan sehingga meningkatkan penjualan. Pertanyaannya, bagaimana caranya mendapatkan saldo Bliklan sampai Rp5,4 juta? Kita harus menyelesaikan tugas-tugas yang mana setiap tugas akan diganjar hadiah saldo Bliklan. Tugas-tugas ini dibagi menjadi tugas utama dan tugas tambahan.


Berikut skemanya tugas utama dan tugas tambahan untuk mendapat saldo Bliklan:


Pengaturan toko

Daftar sebagai seller Blibli, hadiah saldo Rp20.000

Aktifkan instant & sameday, hadiah saldo Rp50.000

Upload lebih dari 4 produk, hadiah saldo Rp300.000

Info alamat pengambilan, hadiah saldo Rp30.000

Info legal dan pembayaran, hadiah saldo Rp20.000


Pencapaian dan performa

Buat voucher seller, hadiah saldo Rp50.000

Buat promo diskon, hadiah saldo Rp25.000

Buat promo grosir, hadiah saldo Rp25.000

Buat promo kombo, hadiah saldo Rp25.000

Dapatkan pesanan pertama, hadiah saldo Rp100.000

Dapatkan bronze badge, hadiah saldo Rp300.000

Dapatkan silver badge, hadiah saldo Rp500.000

Dapatkan gold badge, hadiah saldo Rp1.000.000

Dapatkan diamond badge, hadiah saldo Rp2.000.000


Interaksi mobile

Buat promo dengan Blibli Seller App, hadiah saldo Rp50.000

Kirim chat/diskusi produk dengan Blibli Seller App, hadiah saldo Rp50.000

Proses pesanan dengan Blibli Seller App, hadiah saldo Rp50.000

Bagikan produk/promo/toko dengan Blibli Seller App, hadiah saldo Rp50.000

Aktivitas log in, hadiah saldo Rp50.000

Download Blibli Seller App, hadiah saldo Rp50.000


Tugas tambahan

Upgrade ke Official Store, hadiah saldo Rp500.000

Mendaftar toko menjadi FBB, hadiah saldo Rp300.000

Mendaftarkan toko untuk fitur Click & Collect, hadiah saldo Rp200.000


Untuk mengetahui informasi terbaru dan edukasi yang sangat bermanfaat buat jualan online di Blibli, ikuti media sosialnya di Instagram @blibliseller dan Tiktok @blibliseller. Merdeka finansial saya rasa adalah idaman setiap orang. Dengan menjadi Blibli Seller dan memanfaatkan Bliklan adalah usaha menuju ke sana. Siapa tahu momentum kemerdekaan Indonesia ini adalah waktu untuk kita juga merasakan kemerdekaan finansial. Kalau kita merdeka finansial, kita telah memajukan Indonesia. Setuju, nggak?

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

No comments:

Post a Comment