Review Smartphone OPPO A54, Sahabat Segala Cuaca

 

Review-Smartphone-OPPO-A54
Review Smartphone OPPO A54, Sahabat Segala Cuaca

Sadar nggak sih kalau smartphone sekarang bukan cuma alat kita berkomunikasi sama orang lain? Lebih dari itu smartphone udah kayak bagian dari tubuh kita sendiri, otak kita sendiri. Hampir semua hal yang kita lakukan jadi berhubungan dengan gawai. Misalnya mau masak, cari resep di internet pakai gawai. Mau cek kesehatan dan serajin apa kita olah raga pakai gawai. Suntuk butuh hiburan? Ya, nonton di smartphone. Karena sepenting itu, kita butuh gawai yang mumpuni. Yang memfasilitasi semua kebutuhan kita. Nah, saya mau kasih review smartphone OPPO A54, sahabat segala cuaca.

 

Di bulan April 2021 ini, OPPO mengeluarkan seri A yang baru yaitu OPPO A54. Smartphone ini nggak hanya tampilan dan performanya yang ciamik, juga harganya terjangkau. Oke, langsung aja saya bahas ya.

 

Desain OPPO A54

Tampilan desain OPPO A54 terasa modern dan berkelas. Ada dua warna yang ditawarkan yaitu starry blue dan crystal black. Saya ngeceng yang warna starry blue soalnya gradasi warnanya kayak gemerlap langit atau laut.

 

Review-Smartphone-OPPO-A54
Review Smartphone OPPO A54, Sahabat Segala Cuaca

 

OPPO A54 terbuat dari material terbaik. Rangka tengahnya setebal 0,2mm yang berpadu dengan bingkai alumunium memberikan kesan perangkat yang solid dan juga kokoh. Optimalisasi struktur perangkatnya terlihat dengan sebuah pelat logam tipis pada bagian penutup depan. Bingkai perangkat dibuat dengan terknologi electroplating dengan 3 lapisan penyemprotan yang menghasilkan gradasi bingkai yang halus dengan tampilan modern.

 

Kamera depan berada di pojok kanan terasa nyaman ketika membuka layar. Keberadaan 3 kamera utama belakang beserta lampu kilat ditempatkan dalam sebuah bingkai persegi pada sudut kiri atas. Jadi saat akan memontret enggak akan terhalang oleh tangan. Sentuhan lain pada bagian yang menjadi pemisah antara kamera dan lampu kilat dengan warna berbeda dari warna perangkat membuat OPPO A54 lebih stylish. Tampilannya makin sempurna tanpa kehadiran lingkar sidik jari. Padahal kita bisa atur bukaan gawai dengan sidik jari kita.

 

Fitur-fitur Andalan OPPO A54

Penasaran nggak kenapa saya bilang smartphone OPPO A54 ini sebagai sahabat segala cuaca? Sebetulnya segala cuaca di sini merujuk pada arti konotatif dan denotatif. Memang bisa jadi sahabat kamu dalam segala kebutuhan dan cuaca semacam musim panas dan hujan.

 

Review-Smartphone-OPPO-A54
Review Smartphone OPPO A54, Sahabat Segala Cuaca

 

Nah, ini dia fitur-fitur andalan yang membuat OPPO A54 sebagai sahabat segala cuaca: layar, kamera, slot, sertifikasi IPX4, baterai dan charging. Lanjut di bawah ini:

 

Layar OPPO A54

Layar OPPO A54 ini biasanya hadir pada gawai kelas menengah ke atas yaitu layar bertipe single punch-hole. Lebarnya 6.51 inch dengan screen resolution HD+, jadi puas bangetlah dipakai nonton drakor atau main game online.

 

Suka kesal nggak sih kalau lagi di luar rumah sedang matahari lagi terang-terangnya, layar smartphone kita jadi nggak jelas? Atau saat malam, mau bobo cantik eh malah cahaya layar HP terlalu menyilaukan? Nah, layar OPPO A54 dilengkapi fitur Eye Comfort yang akan mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan pada mata. Kita bisa secara manual mengaktifkan fitur ini atau mengatur periode terjadwal.

 

Begitupun dengan fitur Sunlight Screen yang menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone pada kondisi di bawah sinar matahari terik. Kecerahan layar akan meningkat 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nits. Moonlight Screen secara otomatis mengurangi kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari, bikin cahaya layar jadi lembut dan adem ke mata.

 

Asyiknya lagi, AI Smart Backlight dapat mempelajari kebiasaan kita saat menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang kita sukai. Fitur ini mempelajari kecerahan layar sesuai preferensi dan waktu kita jadi ke depannya cahaya layar akan menyesuaikan secara otomatis.

 

Kamera OPPO A54

Kebutuhan kita tentang kamera tentu salah satu yang utama. Apalagi kita hobi fotografi dan bikin video. Entah itu buat konten atau buat mengabadikan momen sebagai kenang-kenangan. Kamera OPPO A54 ini didesain khusus buat memenuhi kebutuhan anak muda maupun yang berjiwa muda hehe. Kamera OPPO A54 bertipe Triple Main Camera yang terdiri dari kamera utama 13MP, 2MP kamera makro, dan 2MP kamera bokeh. Hayo siapa yang hobi bikin foto bokeh?

 

Review-Smartphone-OPPO-A54
Review Smartphone OPPO A54, Sahabat Segala Cuaca

 

Kamera OPPO A54 punya fitur Dazzle Color yang ketika diaktifkan dapat meningkatkan saturasi juga kecerahan gambar melalui sebuah algoritma kecerdasan buatan. Bikin gambar kita lebih hidup dan kaya warna. Dilengkapi dengan AI Scene Recognition yang dapat mengenali 23 suasana.

 

Foto-foto malam hari juga oke, loh! Ada Ultra Night Mode yang bisa diaktifkan secara manual. Ketika cahaya rendah secara otomatis eksposur akan meningkat. Buat yang suka foto panorama akan terpuaskan oleh fitur untuk mengambil gambar dengan sudut 180°.

 

Yang nggak kalah pentingnya yaitu AI Beautification 2.0 yang bisa diakses melalui kamera depan dan belakang. Fitur ini melakukan penyesuaian cerdas dengan mengukur cahaya sekitar kemudian menerapkan efek percantik sesuai dengan warna kulit orang Indonesia. Swafoto kita makin ciamik, deh!

 

Sertifikasi IPX4

Buat saya yang paling unik dari OPPO A54 ini adalah kehadiran sertifikasi IPX4. OPPO menambahkan sebuah lapisan penahan air, memberikan ketahanan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari terutama bagi kita yang aktif. OPPO melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit. Setelah 72 jam enggak terjadi kegagalan fungsi yang terjadi, sehingga perangkat ini telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4.

 

Ini yang saya maksud kalau OPPO A54 sahabat segala cuaca secara denotatif karena dilengkapi dengan 5 lapisan perlindungan. Perangkat ini lulus menjalani 6 tes utama termasuk uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal. Hayo siapa yang hobi bawa smartphone ke toilet? Aman ya pake OPPO A54 he he.

 

Performa OPPO A54

Kebutuhan kita akan teknologi makin tinggi, ya. Dari segi kecepatan sistem, penyimpanan yang besar, sampai kemampuan smartphone untuk menjalankan aplikasi secara optimal. Nah, OPPO A54 mengerti banget hal tersebut sehingga melengkapinya dengan Prosesor Mediatek Helio P35. Keunggulannya seperti dijabarkan di atas adalah dari sisi kecerdasan buatan.

 

Review-Smartphone-OPPO-A54
Review Smartphone OPPO A54, Sahabat Segala Cuaca

 

Memiliki RAM 4GB dengan tipe LPDDR4X yang meningkatkan performa puncak 10% lebih tinggi. Penggunaan teknologi Oswap yang merupakan kombinasi Z-ram dan landswap speeding technologies memungkinkan hal tersebut. Kompresi RAM ke EMC yaitu memanfaatkan kemampuan ROM, teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4 GB dapat bekerja layaknya RAM 6 GB.

 

Enggak perlu khawatir dengan penyimpanan internal karena ukurannya 128 GB. Dilengkapi dengan 3 slot yang bikin kita bisa punya dua nomor HP sekaligus SD Card. Secara garis besar performa OPPO A54 cukup kencang dengan pengaturan sumber daya yang baik. 5 sensor suhunya secara akurat dapat merasakan sumber panas sehingga dapat memilih skema pembuangan panas yang optimal.

 

OPPO A54 menggunakan sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Sistem operasi ini menawarkan berbagai keunggulan seperti HyperBoost yaitu mesin pendorong kinerja yang tersedia eklusif untuk OPPO. Terdiri dari tiga kemampuan inti yaitu scenario-based acceleration, smart frame rate, dan touch optimization. HyperBoost membuat aplikasi dan game yang kita jalankan merespons lebih cepat.

 

Buat yang suka nonton Youtube menjelang bobo kayak saya, ada fitur Black Screen Mode. Fitur ini secara efektif mencegah sentuhan yang enggak disengaja juga mengurangi konsumsi daya ponsel. Jadi aplikasi dapat terus berjalan walaupun layar dimatikan.

 

Satu lagi keunggulan OPPO A54 ini yaitu fitur Photo Translator yang memanfaatkan bantuan Google Lens. OCR akan mengenali teks saat mengambil foto, lalu menerjemahkan teks tersebut melalui Google Translate yang mendukung lebih dari 120 bahasa di seluruh dunia

 

Baterai dan Charging

Terus gimana soal baterai dan charging? Kan, makin banyak aplikasi yang kita buka makin boros baterai. Nah, OPPO A54 dilengkapi dengan baterai besar 5000 mAh yang tahan selama 2,2 hari, panggilan telepon selama 25,4 jam, dan 19,9 jam menonton YouTube tanpa henti.

 

Semantara charging atau pengisian daya menggunakan konektor Type C. Ada perlindungan baterai overcharge dan over-discharge, sirkuit pendek dan proteksi arus berlebih, dan tinta tahan api untuk proteksi kebakaran level V-0.

 

Benar-benar puas menggunakan smartphone tanpa harus bolak-balik isi daya, kan?

 

Spesifikasi dan Harga OPPO A54

Dimensi & Berat

Dimensi: 163.6 mm x 75.7 mm x 8.4 mm

Berat: Sekitar 192 g

Tampilan

6.51-inches Single Punch-hole Display

1600x720 pixels Liquid Crystal LCD

60Hz Refresh Rate

89.2% Screen to Body Ratio

Sensor Sidik Jari

Pembuka Sidik Jari Samping

Prosesor

Mediatek Helio P35

RAM

4GB LPDDR4X

Penyimpanan

128GB, dapat dierluas hingga 256 GB dengan MircroSD

Kamera Utama

        13MP Kamera Utama

        2MP Kamera Makro

        2M Kamera Bokeh

Kamera Depan

        16MP Kamera Swafoto

Baterai &

Pengisian Daya

5000mAh

18W Fast Charge

 

Sistem Operasi

ColorOS 7.2 berbasis Android 10

Warna

Crystal Black dan Starry Blue

Harga

Rp. 2.699.000

 

Sesudah mereview smartphone OPPO A54, sahabat segala cuaca di atas rasanya harga Rp2.699.000,- ini masuk akal banget dan terjangkau. Yuk, siapa yang lebaran ini mau punya gawai baru? Saya rekomendasi smartphone 2 jutaan dari OPPO ini, ya!

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

No comments:

Post a Comment