5 Pelayanan Administrasi Hukum Masyarakat Yang Penting Kamu Ketahui Di Ditjen Administrasi Hukum Umum

5 Pelayanan Administrasi Hukum Masyarakat Yang Penting Kamu Ketahui Di Ditjen Administrasi Hukum Umum – Membuat usaha tanpa badan hukum sama seperti membikin sayur sop tanpa dikasih garam. Enggak lengkap rasanya. Itu sih yang saya rasain selama mengembangkan usaha baru di bidang craft specialist. Sebab mengembangkan usaha butuh bantuan modal. Sedang untuk dapat pinjaman atau minimal ikut pameran besar dibutuhkan administrasi hukum yang jelas.

5 Pelayanan Administrasi Hukum Masyarakat Yang Penting Kamu Ketahui Di Ditjen Administrasi Hukum Umum
Lobi kantor AHU Online

Sayangnya pengetahuan saya mengenai pembuatan badan usaha masih sangat terbatas. Setelah mencari informasi, ternyata membentuk badan usaha enggak seribet bayangan saya. Bisa lho, lewat layanan daring di situsnya ahu.go.id dari Ditjen Administrasi Hukum Umum.

Ngomong-ngomong soal Ditjen Administrasi Hukum Umum, udah pada tahu belum kamu bisa mendapat pelayanan administrasi masyarakat apa saja? Pertama-tama, saya yang baru kenal Ditjen AHU ini mendadak merasa sebagai warga negara yang cupu karena saya enggak tahu kalau ngurus kewarganegaraan itu tempatnya di sini. Yaoloh, ke mana aja kamu selama ini, Vie?

Nah, teman-teman pernah nggak sih kita memikirkan hal paling mendasar dari keberadaan kita di Republik ini? Apakah itu? Ya, tentu saja kewarganegaraan kita. Beberapa tahun terakhir masalah kewarganegaraan Indonesia menjadi sorotan masyarakat.

Kamu pernah dengar nggak kasus Gloria Natapradja Hamel, gadis blasteran Prancis- Indonesia yang sudah antusias menjadi salah satu pasukan pengibaran bendera pada HUT ke 71 RI tetapi batal bertugas karena statusnya bukan WNI (Warga Negara Indonesia)? Atau ada juga atlet-atlet asing yang karena sudah lama mengabdi di tanah Nusantara memilih untuk naturalisasi menjadi WNI. Paling baru itu kisahnya Otavio Dutra, pesepakbola Persebaya berdarah Brazil. Isu kewarganegaraan lain yang juga sempat ramai belum sebulan ini adalah Benny Wenda, orang yang diduga tokoh separatis Papua ini dicabut kewarganegaraannya karena sudah tinggal lebih dari 5 tahun di negara lain tanpa melapor.

Persoalan kewarganegaraan ini buat sebagian orang dianggap taken for granted. Sebaliknya buat sebagian lagi, itu bisa jadi isu yang rumit. Misalnya seperti Gloria, yang ibu dan ayahnya beda kewarganegaraan. Ada banyak persyaratan administrasi hukum yang harus dilaluinya sejak lahir hingga akhirnya memilih kewarganegaraan di usia 18 tahun.

Sekilas Mengenai Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum
Ada nggak sih yang kayak saya menyangka kalau mengurus kewarganegaraan itu di Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)? Dan ternyata itu salah besar, gaes! Mengurus dokumen kewarganegaraan itu adanya di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU). Sesama unit eselon I Kemenkumham yang sudah dibentuk sejak tahun 2000 lalu, pemekaran dari Direktorat Hukum dan Perundang-undangan.

5 Pelayanan Administrasi Hukum Masyarakat Yang Penting Kamu Ketahui Di Ditjen Administrasi Hukum Umum
Customer service dan satpam AHU Online sedang melayani seorang ibu

Ada dua hasil pemekaran dari Direktorat Hukum dan Perundang-undangan yaitu Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum dan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan. Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan sendiri lebih fokus pada penyusunan peraturan perundangan-undangan. Sedang Ditjen AHU lebih ke tugas pelayanan hukum pada masyarakat, mencakup hampir semua bidang hukum secara umum. 

5 Pelayanan Administrasi Hukum Masyarakat Yang Penting Kamu Ketahui Di Ditjen Administrasi Hukum Umum
Jajaran costumer service AHU Online

Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan dipimpin oleh seorang direktur yaitu Bapak Cahyo Rahadian Muzhar. Banyak dan luasnya pelayanan hukum yang dilakukan Ditjen AHU, sehingga direktur dibantu tugas oleh satu orang Sekretaris Jenderal dan lima orang Direktur. Para direktur tersebut mengurusi pelayanan untuk bidang Pidana, Perdata, Tata Negara, Otoritas Pusat Hukum Internasional, dan tentunya Teknologi Informasi. Mereka semuanya ini bersinergi mewujudkan visi “masyarakat memperoleh kepastian hukum.”

5 Pelayanan Administrasi Hukum Masyarakat Yang Penting Kamu Ketahui Di Ditjen Administrasi Hukum Umum
Orang-orang yang sedang antre di kantor AHU Online

Di bagian Tata Negara itulah terdapat pelayanan administrasi kewarganegaraan. Apa saja administrasi hukum yang biasanya kita butuhkan? Merujuk pada situs ahu.go.id, ada beberapa pelayanan administrasi hukum yang sudah bisa diakses semakin mudah oleh masyarakat.

5 Pelayanan Administrasi Hukum Masyarakat Yang Penting Kamu Ketahui Di Ditjen Administrasi Hukum Umum
Senggaknya ada 5 pelayanan administrasi hukum masyarakat yang penting kamu ketahui di Ditjen Administrasi Hukum Umum.

5 Pelayanan Administrasi Hukum Masyarakat Yang Penting Kamu Ketahui Di Ditjen Administrasi Hukum Umum
Seorang ibu sedang menggunakan aplikasi AHU Online

Aneka administrasi Penunjang Kemudahan Berusaha
Beberapa tahun belakangan, pemerintah menggenjot kinerja kemudahan berusaha (ease of doing business). Salah satu kontribusi AHU dengan mempercepat pembentukan badan usaha. Dengan layanan AHU Online, pendirian dan pengintegrasian CV (Comanditaire Venootschap) dan Perseroan Terbatas bisa secara digital. Enggak hanya mendaftarkan badan usahanya, kalau mau pesan nama perseroannya juga bisa melalui AHU Online.

Pelayanan ini mempermudah saya dan buat kamu yang mau bikin badan usaha tanpa ribet ke sana-sini. Dengan mengurusi sendiri lewat daring, kita juga jadi lebih paham prosedurnya, kan.

Membangun Organisasi atau Perkumpulan
Buat kamu yang mau membangun organisasi baik bertujuan profit maupun nonprofit bisa mendaftarkannya secara online juga. Semua jenis perkumpulan, di antaranya bentuk Yayasan, Koperasi, dan bahkan Partai Politik (Parpol). Seperti badan usaha, boleh banget kalau mau pesan nama melalui AHU Online.

Pengurusan Wasiat
Mungkin kita lebih familiar membuat surat wasiat dengan jasa notaris. Saya sih, tahunya dari film-film he he he. Nah, kalau kamu punya aset atau harta yang mau diturunkan ke anak cucu atau siapa saja yang kamu anggap akan bermanfaat ada baiknya membuat wasiat dan mendaftarkan ke Ditjen AHU. Atau kamu justru sedang memiliki permasalahan harta yang disalahgunakan pihak lain dan punya potensi konflik, dapat diurusi juga di Ditjen AHU. Tapi jangan salah, bikin wasiatnya memang tetap di depan Notaris namun sebaiknya dilengkapi dengan pelaporan melalui AHU Online.

Fidusia
Pernah nggak sih, kamu beli kendaraan bermotor atau barang elektronik melalui mekanisme utang piutang semacam kredit? Kalau memang ada rencana untuk beli barang melalui cara seperti itu, ada baiknya kamu mempelajari cara mendapatkan jaminan fidusia. Jangan sampai ke depannya ada kasus kamu bayar cicilan tapi dengan gampang ditarik lagi barangnya. Kecuali kalau kamu nggak bayar, sih.

Pelayanan Notaris
Empat layanan di atas lebih popular di masyarakat menggunakan jasa notaris. Nah, Ditjen AHU juga yang berkaitan dengan para notaris. Para calon notaris itu harus mendaftar dan ujian pengangkatan notaris di Ditjen AHU.

Selain 5 pelayanan administrasi hukum masyarakat yang penting kamu ketahui di Ditjen Administrasi Hukum Umum, masih ada banyak layanan lain. Totalnya ada 93 jenis layanan hukum yang dilayani oleh Ditjen AHU. Sebanyak 47 di antaranya sudah bisa dilayani melalui aplikasi AHU Online atau bisa diakses melalui ahu.go.id, dengan layanan berbasis online. Semantara 43 layanan sisanya masih manual. Semoga ke depannya semua layanan bisa kita nikmati lewat daring ya, teman-teman.

5 Pelayanan Administrasi Hukum Masyarakat Yang Penting Kamu Ketahui Di Ditjen Administrasi Hukum Umum
AHU Online

Setelah melek soal Ditjen AHU ini saya pikir membuat badan usaha bisa dilakukan dengan cepat dan praktis. Jadi buat kamu yang mau bikin badan usaha, organisasi, ngurus wasiat, dan sebagainya tinggal baca-baca situs Ditjen AHU. Kuatkan niat dan take action! Semangat!
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

6 comments:

  1. Wah sekarang ada AHU online yang mempermudah, emang Teh kalo masalah administrasi kadang malesin tapi harus dijalani semoga semakin mudah lagi kedepannya soal masalah adm publik ya Teh, yang penting banyak kumpulkan info dulu pasti lebih mudah n ga kecewa

    ReplyDelete
  2. Bener banget yaa kenapa yaa kalau terkait administrasi lanngsung jadi males bawaannya haha padahal kalau persiapannya mateng prosesnya ga lama. Maksih infonya teh bisa jadi info buat tmn2 sy yg lagi ngembangin usaha juga

    ReplyDelete
  3. Ternyata meni gampang ya ?
    Dulu saya ngedaftarin yayasan asa belibet pisan

    ReplyDelete
  4. Beberapa teman membuat CV, biasanya memepercayakan pada pihak ke-3 alias minta dibantuin. Soalna asa ribet tea dalam hal berkas.

    ReplyDelete
  5. wah, aku juga baru tahu mbak, kalo terkait kewarganegaraan ada di AHU ini. Pahamnya ya semuanya ada di kemenhumkam aja. makasih mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
  6. Wah, info baru nih. Soalnya ada rencana untuk mengurus badan usaha. TFS, Evi.

    ReplyDelete