Telenovela Tahun 90an – 2000an

Telenovela Tahun 90an – 2000an
Telenovela Tahun 90an – 2000an

Tahun 90an – 2000an telenovela pernah ngehits banget di Indonesia. Serial TV yang berasal dari Amerika Latin ini hampir pasti menghiasi wajah pertelevisian kita. Telenovela pertama yang ngehits adalah Little Missy yang tayang di TVRI, bercerita tentang perbudakan. Telenovela ini diambil dari buku yang berjudul Sinha Moca karya Maria D. Pacheco Fernandes, kisah cinta dan kebebasan. Setelah itu menyusul telenovela kesukaan saya Direitode Amar (The Right to Love) tayang di TVRI. Barulah telenovela lain menyusul tayang di setiap TV swasta.


Awalnya saya suka nonton telenovela karena punya ciri khas yaitu pemeran utama ceweknya itu nggak diam saja ketika ditindas. Mereka bisa membela diri, berjuang untuk lebih baik dan katakanlah naik kasta. Saya suka sosok-sosok perempuan kuat. Kalau dipikir-pikir lagi, telenovela ini selalu mengetengahkan cewek-cewek cantik biarpun miskin. Jarang ada telenovela yang pemeran utama ceweknya jelek walaupun awalnya cupu hehe.

Seiring banyaknya tayangan telenovela, lama-lama kebaca juga sih ceritanya kayak Cinderella syndrome gitu. Maksudnya cerita yang untuk mengangkat harkat derajat atau keselamatan seorang cewek membutuhkan bantuan pangeran berkuda putih. Ya mirip-mirip sinetron Indonesia kekinian lah. Saya kurang suka telenovela dengan cerita tipe begini. Tapi secara dulu saya masih polos dan belum banyak nonton telenovela, beberapa telenovela jenis ini menjadi favorit saya.

Ciri khas lainnya, judul telenovela diambil dari nama pemeran utama ceweknya atau ada kata cinta-cinta gitu deh. Iya, ceweknya, nggak ada tuh telenovela yang judulnya Rodrigo, Fernando, dan lain-lain he he he. Dan yang lebih seru, dulu, telenovela ini kan di-dubbing. Pengisi suaranya itu-itu juga. Saya sampai hafal siapa saja nama-nama pengisi suaranya karena rajin baca credit tittle. Ada juga masanya telenovela bilingual padahal yang jadi dubber-nya orang Indonesia juga :D Agak-agak gimana gitu dengarnya waktu mereka ngomong pake bahasa Inggris.

Di bawah ini adalah daftar telenovela tahun 90an – 2000an yang saya tonton, nggak semua favorit saya sih. Jangan heran kalau daftar ini kurang memuat telenovela anak-anak, karena biarpun zaman telenovela ngehits ini saya masih kecil, saya kurang suka telenovela anak-anak. Alasannya? Kurang seru aja gitu, kurang bumbu-bumbu asmaranya *ealah* ^^V. Buat kamu yang dulunya suka nonton telenovela juga, mari bernostalgia bersama *gelar karpet bulu*.

Acapulco Bay

Acapulco Bay
Acapulco Bay

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1995 oleh Fox Television Network ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 7.8. Para pemain Raquel Swanson, Tony Stockdail, dan Max Hauser.

Abrazame Muy Fuerte/ Carmenita

Abrazame Muy Fuerte/ Carmenita
Abrazame Muy Fuerte/ Carmenita

Telenovela yang diproduksi pada tahun 2000 - 2001 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.2. Para pemain Fernando Colunga, Pablo Montero, dan Joaquín Cordero.

Angela

Angela

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 8.3. Para pemain Angélica Rivera, Juan Soler, dan Ignacio López Tarso.

Cara Sucia

Cara Sucia
Cara Sucia

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1992 oleh Venevisión. ini, tayang di ANTV. Ratingnya di IMBDb 7.0. Para pemain Sonya Smith, Guillermo Dávila, dan Niurka Acevedo.

Christina/ El Priviliego del Amar

Christina/ El Priviliego del Amar
Christina/ El Priviliego del Amar

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 - 1999 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 7.8. Para pemain Adela Noriega, Helena Rojo, dan Andrés García.

Cinta Mariana/ Quincenera

Cinta Mariana/ Quincenera
Cinta Mariana/ Quincenera

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1987 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 7.6. Para pemain Adela Noriega, Thalía, dan Ernesto Laguardia.

Cinta Paulina

Cinta Paulina
Cinta Paulina

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di TPI. Ratingnya di IMBDb 7.9. Para pemain Sergio Guerrero, Gabriela Spanic, dan Fernando Colunga.

Cristal

Cristal
Cristal

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1985 oleh Radio Caracas Televisión (RCTV) ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.4. Para pemain Lupita Ferrer, Jeannette Rodríguez, dan Carlos Mata.

Café Con Aroma De Mujer/ Kasih Abadi

Café Con Aroma De Mujer/ Kasih Abadi
Café Con Aroma De Mujer/ Kasih Abadi

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1993 oleh RCN Televisión ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 8.6. Para pemain Margarita Rosa de Francisco, Guy Ecker, dan Alejandra Borrero.

El Derecho De Nacer

El Derecho De Nacer
El Derecho De Nacer

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1981 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 6.5. Para pemain Verónica Castro, Ignacio López Tarso, dan Sergio Jiménez.

Esmeralda

Esmeralda
Esmeralda

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1997 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 5.6. Para pemain Laura Zapata, Leticia Calderón, dan Fernando Colunga.

Esperanza/ Nunca Te Olvidare

Esperanza/ Nunca Te Olvidare
Esperanza/ Nunca Te Olvidare

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1999 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.2. Para pemain Edith González, Fernando Colunga, dan Alma Muriel.

Gaby Hanya Kau Cintaku/ Como Tu Ninguna

Gaby Hanya Kau Cintaku/ Como Tu Ninguna
Gaby Hanya Kau Cintaku/ Como Tu Ninguna

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1994 oleh Venevisión ini, tayang di TPI. Ratingnya di IMBDb 7.7. Para pemain Miguel de León, Gabriela Spanic, dan Eduardo Luna.

Gadis Pemimpi/ La Picara Sonadora

Gadis Pemimpi/ La Picara Sonadora
Gadis Pemimpi/ La Picara Sonadora

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1991 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 8.4. Para pemain Irán Eory, Gabriela Goldsmith, dan Laura Flores.

Hati yang Berduri/ Corazon Salvaje

Hati yang Berduri/ Corazon Salvaje
Hati yang Berduri/ Corazon Salvaje

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1993 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 8.8. Para pemain Edith Gonzales, Eduardo Palomo, dan Ariel Lopez Padilla.

Inez Sang Sekretaris

Inez Sang Sekretaris
Inez Sang Sekretaris

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1991 oleh Venevisión ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.7. Para pemain Amanda Gutiérrez, Víctor Cámara, dan Mariano Álvarez.

Isabel/ Mi querida Isabel

Isabel/ Mi querida Isabel
Isabel/ Mi querida Isabel

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1996 oleh Televisa S.A. de C.V.  ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 8.0. Para pemain Karla Álvarez, Ernesto Laguardia, Jacqueline Andere.

Isamar Rahasia Dua Hati/ La Revancha

Isamar Rahasia Dua Hati/ La Revancha
Isamar Rahasia Dua Hati/ La Revancha

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1989 oleh Venevisión ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 8.2. Para pemain Víctor Cárdenas, Rosalinda Serfaty, dan Jean Carlo Simancas.

Kassandra

Kassandra
Kassandra

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1992 oleh Coral Pictures Corp. de Venezuela, Radio Caracas Televisión (RCTV) ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 6.7. Para pemain Coraima Torres, Osvaldo Ríos, dan Henry Soto.

Kemelut Cinta/ Lazos De Amor

Kemelut Cinta/ Lazos De Amor
Kemelut Cinta/ Lazos De Amor

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1995 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 7.3. Para pemain Lucero, Luis José Santander, dan Marga López.

Gabriela/ La Intrusta

Gabriela/ La Intrusta
Gabriela/ La Intrusta

Telenovela yang diproduksi pada tahun 2001 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 6.7. Para pemain Gabriela Spanic, Arturo Peniche, dan Daniela Spanic.

La Mentira

La Mentira
La Mentira

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.5. Para pemain Kate del Castillo, Guy Ecker, dan Karla Álvarez.

Lupita/ La Prisionera

Lupita/ La Prisionera
Lupita/ La Prisionera

Telenovela yang diproduksi pada tahun 2004 oleh RTI Televisión dan Telemundo Studios ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.5. Para pemain Alfonso DiLuca, Erika Sabel Flores, dan Gabriela Spanic.

Maria Celeste

Maria Celeste
Maria Celeste

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1994 oleh Venevisión ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.1. Para pemain Sonya Smith, Miguel de León, dan Fedra López.

Maria Emillia

Maria Emillia
Maria Emillia

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1999 oleh América Producciones ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 7.9. Para pemain Juan Soler, Coraima Torres, dan Ana Patricia Rojo.

Maria Cinta yang Hilang

Maria Cinta yang Hilang
Maria Cinta yang Hilang

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1995 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.3. Para pemain Thalía, Fernando Colunga, dan Irán Eory.

Maria Jose

Maria Jose
Maria Jose

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1995 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 4.8. Para pemain Claudia Ramírez, Arturo Peniche, dan María Victoria.

Maria Mercedes

Maria Mercedes
Maria Mercedes

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1992 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 5.8. Para pemain Thalía, Arturo Peniche, dan Carmen Salinas.

Marimar

Marimar
Marimar

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1994 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di Indosiar dan SCTV. Ratingnya di IMBDb 6.4. Para pemain Thalia, Marta Zamora, Chantal Andere, dan Ada Carrasco.

Marisol

Marisol
Marisol

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1996 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 5.9. Para pemain Erika Buenfil, Eduardo Santamarina, dan Romina Castro.

Si Cantik Clara/ Morena Clara

Si Cantik Clara/ Morena Clara
Si Cantik Clara/ Morena Clara

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1994 oleh Venevisión ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.5. Para pemain Astrid Carolina Herrera, Gabriela Spanic, dan Luis José Santander.

Paquita

Paquita
Paquita

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1997 oleh RTI Televisión dan Cenpro Televisión ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 8.5. Para pemain Fernando Corredor, Cristina Umaña, dan Andrés Juan Hernández.

Port tu Amor

Port tu Amor
Port tu Amor

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1999 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di TPI. Ratingnya di IMBDb 7.9. Para pemain Gabriela Spanic, Saúl Lisazo, dan Gerardo Murguía.

Rosalinda

Rosalinda
Rosalinda

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1999 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 6.9. Para pemain Thalía, Fernando Carrillo, dan Angélica María.

Samantha

Samantha
Samantha

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 oleh Venevisión ini, tayang di TPI. Ratingnya di IMBDb 7.1. Para pemain Alicia Machado, Alejandro Martínez, dan Daniel Alvarado.

Simplemente Maria

Simplemente Maria
Simplemente Maria

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1989 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 4.7. Para pemain Victoria Ruffo, Manuel Saval, dan Jaime Garza.

Soledad

Soledad
Soledad

Telenovela yang diproduksi pada tahun 2001 oleh América Producciones ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 7.5. Para pemain Coraima Torres, Angelita Velásquez, Mari Pili Barreda, dan Karina Calmet.

Vivo Por Elena

Vivo Por Elena
Vivo Por Elena

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 8.4. Para pemain Victoria Ruffo, Saúl Lisazo, dan Ana Patricia Rojo.

Wild Rose

Wild Rose
Wild Rose

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1987 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 5.8. Para pemain Verónica Castro, Guillermo Capetillo, dan Liliana Abud.

Ternyata daftar telenovela yang saya tonton panjang juga ya? *Elap keringat* Yah jadi ketahuan deh kalau saya termasuk jenis manusia telenovela lovers (pada zamannya) hi hi hi. Yang mana telenovela favoritmu dari daftar panjang di atas?

Sumber Foto:
Acapulco Bay https://littletroublebigchina.files.wordpress.com/2011/11/acapulco-bay.jpg
Abrazame Muy Fuerte http://img07.deviantart.net/afa8/i/2010/182/f/1/abrazame_muy_fuerte_by_lovelymarge.jpg
Angela http://3.bp.blogspot.com/-m2nJD9eTjCY/TwnJFStXpaI/AAAAAAAAAig/4jimcMfzNNA/s1600/angela.jpg
Cara Sucia http://i1230.photobucket.com/albums/ee491/Obsesionero/CARA00.jpg
el privilegio de amar http://thebigtino.com/wp-content/uploads/2014/10/31.jpg
Esmeralda http://images2.fanpop.com/images/photos/6700000/Esmeralda-telenovelas-6754324-268-409.jpg
Nunca Te Olvidare http://i50.tinypic.com/3142ctd.jpg
Como Tu Ninguna http://i.ytimg.com/vi/WfjW5w7R6Bo/hqdefault.jpg
La Picara Sonadora http://ivansud76com.ipage.com/wp-content/uploads/2014/07/lapicarasonadora.jpg
Corazon Salvaje http://i.ytimg.com/vi/Uax_PW_QXik/hqdefault.jpg
ines duarte secretaria http://telenovelasita.altervista.org/blog/wp-content/uploads/2012/08/Ines2-e1352052319158.jpg
Isabel http://images60.fotki.com/v2/photos/1/1006637/4400917/miqueridaisabeltotalrn0-vi.jpg
Isamar Rahasia Dua Hati La Revancha http://st-listas.20minutos.es/images/2008-11/62264/735072_640px.jpg?1227144140
Kassandra https://kandangpinguin.files.wordpress.com/2012/04/kas.jpg
Lazos Del Amor https://ledysimanjuntak.files.wordpress.com/2011/01/lazos.jpg?w=529&h=581
La Intrusta https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/5/55/La_Intrusa.jpg
La Mentira http://www.miblogdecineytv.com/imagenes/novelas/La%20Mentira/Lamentira1998.jpg
La Prisionera http://mediaticapro.com/tl_files/Imagenes/Producciones/Telenovelas/prisionera.jpg
Maria Celeste http://mlb-d1-p.mlstatic.com/14587-MLB219243114_7618-F.jpg
Maria Emillia http://s88.photobucket.com/user/Ma_Ina/media/Otro/ME1.jpg.html
maria la del barrio http://cde.2.trome.pe/ima/0/1/0/2/7/1027665.jpg
Maria Jose http://i.ytimg.com/vi/B4N5I2zuhm8/maxresdefault.jpg
Maria Mercedes https://thaliaesmivida.files.wordpress.com/2012/04/maria-mercedes3.jpg
Marimar https://muktionline.files.wordpress.com/2010/07/marimar10-r.jpg
Marisol http://www.miblogdecineytv.com/wp-content/uploads/2011/07/Marisol1.jpg
Morena Clara http://i.ytimg.com/vi/Cf30QpU1GiM/hqdefault.jpg
Paquita http://assets.kompasiana.com/statics/crawl/555d9d0a0423bdb74c8b456d.jpeg&imgrefurl=http://www.kompasiana.com/yksaja/10-lagu-telenovela-paling-enak-didengar_551ade0181331137489de227&h=170&w=620&tbnid=WJtoWAw8cnxPgM:&docid=gIOJ2bVpQ4H-sM&ei=t9gnVpKgJ8iauQTI64_gBw&tbm=isch&ved=0CBoQMygAMABqFQoTCNLX4JSY1MgCFUhNjgodyPUDfA
Port tu Amor http://1.bp.blogspot.com/-F0OWVbx-ZDs/UTl2MOqa8pI/AAAAAAAADgs/RZEgp-MvfF4/s1600/por+tu+amor.jpg
Rosalinda http://fancy.mk/Files/Posts/thalia-rosalinda-telenovela.jpg
Samantha http://3.bp.blogspot.com/_2drAPMNsJuI/TLt3hcBOM8I/AAAAAAAABEk/ZB6Wn8URJu0/s1600/Samantha.jpg
Simplemente Maria http://www.publimetro.com.mx/_internal/gxml!0/r0dc21o2f3vste5s7ezej9x3a10rp3w$bw8w2ucvlxo9ldjvgr3kanrcxpezpwm/simplemente-maria-15_590x395.jpeg
Soledad http://foro.telenovela-world.com/~diane/soledad/top.jpg
Vivo Por Elena http://i2.esmas.com/2014/11/20/721493/vivo-por-elena-wallpaper-1500x1000.jpg
Wild Rose http://i.ytimg.com/vi/68uS9bZQxRs/hqdefault.jpg
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

69 comments:

  1. wah, memang sangat panjang ya mbak kisah dari Telenovela, :)

    ReplyDelete
  2. aaaaaa jadi inget jaman muda hahaha. Acapulco Bay aku suka banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, aku juga suka banget Acapulco Bay :)

      Delete
  3. dulu gak pernah nonton ginian, belum lahir heheh ,kayaknya seru kalau di tonton klasik-klasik gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kalau cewek biasanya suka, kalau cowok nggak tahu deh :D

      Delete
  4. tergila-gila banget sama yang jadi pemeran Nandito di Maria Cinta yang Hilang. aakkk! udah kayak gimana ya penampilannya sekarang? *kemudian googling* :G

    ReplyDelete
  5. huehehheeh berasa tua gw, paling inget marimaaaaaar auuuuu

    ReplyDelete
  6. kalau betty lafea itu juga telenovela kan
    sama yang anak kecill namanya angela kalau nggak salah

    ReplyDelete
  7. Banyak yang enggK ku tau >.< hahahaha dulu cuma nonton film kartun itu pun diawasi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telenovela emang kurang baik ditonton anak-anak :D

      Delete
  8. Ya ampun, itu Maria Mercedes hapenning banget! Waktu itu msh SMP atau SMA gitu, lupa. Ada satu lagi, "Gadis Pemimpi" aku pernah nonton menjelang masuk SMP tuh, tahun 91-92 kalo gak salah. Jadul banget! hahaha Btw, itu pemain cowok ganteng yg di Cinta Paulina sama Esmeralda, sama ya? Cakep! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada juga di atas Gadis Pemimpi :)

      Delete
    2. iya cowoknya sama yg di esmeralda n paulina. si Fernando Colungga. hhihihih...

      Delete
  9. Halo teteh evi . saya sedang apresiasi blog teteh.. Tetiba terhenti di telenovela hahaa
    Jadi inget sama maria mercedess dan marimar..
    Itu telenovela yg pernah saya pantengin sampe tamat hihihiji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa nggak nyangka Zamal suka nonton telenovela ahahaha

      Delete
  10. Ya ampyuuunn film jaman ga enak..jadi keinget sore2 udah duduk.manis nungguin telenovela itu. Hampir semua seh kayanya aku pernah nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama kita Mbak, penggemar telenovela :D

      Delete
  11. Wah kok Amigos X Siempre nggak ada mbak :D soalnya cuma itu yang pernah aku tonton :v eh tapi itu masuk kategori telenovela nggak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu telenovela tapi saya nggak nonton makanya nggak dimasukin list :D

      Delete
  12. Huidih...buaaanyak ya.
    Untunglah saya amat sangat jarang nonton tipi. Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe selamat dari jerat telenovela ya, Mas :)

      Delete
  13. Haha beberapa yg disebutkan di sini aku ikutin bgt. Yang lainnya ada jg nggak inget lg. Yang aku inget palingan yg dibintangi Thalia, Gabriela Spanic sama Fernando Colunga. Ernesto Laguardia perannya yg aku inget cm yg di Amigos.

    Amigos nggak masuk, Vi?:P ceritanya nggak anak-anak bgt, ada cinta-cintaannya jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masuk, Helda, sebab aku nggak nonton hehe

      Delete
  14. biasanya telenovela yang pemerannya Thalia yang sellau jadi favorit saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Thalia itu Ratunya telenovela :D

      Delete
  15. Waaahhhh... kenapa aku baru tahu bahwa ada banyak banget telenovela yg pernah tayang di tv kita. Yang aku tau dan tonton cuma maria mercedes (maria cinta yg hilang) sama wild rose aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe justru beruntung nggak tahu Mbak, jadi selamat dari jeratan telenovela :D

      Delete
  16. Banyak yg aku nggak tau filmnya. Ada kok yg tokohnya jelek. Yg aku inget betty la fea. Tp aslinya mah gak jelek si betty tu..*secara aku si gadiskawat gigi-nerkacamata kyk betty. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi Betty kan bermetamorfosis jadi cantik juga, Mbak :)

      Delete
  17. Waktu aku masih imyut dulu keluarga suka liat Marimar
    Haha percakapanyabitu lo yang bikin gimana gituh...

    Oh Rudolfo...oh Marimar hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha Mas Whiz sampe hapal percakapannya :D

      Delete
  18. Waktu aku masih imyut dulu keluarga suka liat Marimar
    Haha percakapanyabitu lo yang bikin gimana gituh...

    Oh Rudolfo...oh Marimar hihi

    ReplyDelete
  19. Thalib Combo dan Gabriel Spanic... hohoho... 2 ini ada di banyak telenovela ya.
    Kamu lupa Carita de Angel atau terlewat baca ya? Kelihatannya bukan di atas 2000.
    Btw, aku suka semuanya. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Carita de Angel nggak aku masukin Mbak, aku nggak nonton soalnya :D

      Delete
  20. Thalia Como dan Gabriela Spanic. Sorry typo. Hahaha

    ReplyDelete
  21. wiidiiiih ternyata banyak telenovela yg belum aku lihat yaak...

    ada lagi yang versi anak anak, Maria Bellen, Carita De Angel, Amigos Para Siempre

    ehehheheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang versi anak-anak nggak saya masukin soalnya nggak nonton hehehe

      Delete
  22. Aku jarang suka nonton telenovela, entah ya, sedikit membosankan. Meskipun diantara teman-teman, banyak ngobrolin telenovela sih. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ke sininya karena formulanya udah ketahuan jadi membosankan

      Delete
  23. wakakkakakaka.
    ya ampun. anak 90an pasti tau nih.
    hahahahhahahahaa.

    ReplyDelete
  24. Dulu aku ngikutinya Esmeralda, maklum masih kecil hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Esmeralda termasuk tinggi ratingnya :)

      Delete
  25. Saat sekolah dsar, nonton Maria Cinta yg Hilang. Inget banget sampe skrg hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bukan tontonan anak-anak tapi kita pada nonton ya hehe

      Delete
  26. Huwaaaa... komplit bangggetttt, Teehhh! Jadi kayak mengenang masa kecil gitu haha

    ReplyDelete
  27. Ya Allah, aku pikir cuma Marimar sama Rosalinda doang, ternyata Cinta Paulina yang pas itu ngehits di TPI juga diulas. hihihi
    Etapi jadi kayak nostalgiaaa

    ReplyDelete
  28. aku gak terlalu suka nonton telenovela mbak, lebih suka drama korea hihihi ... tp sempet ngikutin serial betty lafea sih walo gak full nontonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas zaman ini masih sedikit drama korea, atau hampir nggak ada :D

      Delete
  29. pokoknya telenovela lebih baik daripada sinetron manusia jejadian...

    dulu saya nonton telenovela gak alay... mank kayak anak jaman sekrang!

    dlu telenovela favorit saya betty la fea sama amigos

    kalo esmeralda, cinta paulina tu mah emak saya banget yang demen... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinetron sebenarnya mirip sih kayak telenovela :D

      Delete
  30. kalau si cantik klara aku plaing suka dengan tema muskinya, como olvidar si estas dentro del mi, hampir semuany aku sudah nnotn,mulai dari 1992, rindu banget era 90an

    ReplyDelete
  31. Sist, inget ga stasiun tv mana kl ga salah sih tentang penyanyi mariachi cewek yang punya anak cowok, yang berjuang ngidupin anknya, lupa judulnya, lagian tanyang tengah malam, trs tiba2 ga tayang lagi, tahu ga judulnya apa, kl ga salah stasiun RCTI deh, thank you ya infonya

    ReplyDelete
  32. Aaak dulu zaman aq TK ato SD gituh si emak demen bgt nonton kassandra, akhirnya ketularan deh..jd suka telenovela jg. Aq sukaaa bgt sm angela,por tu amor ma cinta paulina..😍😍 kbrnya pemeran angela skrg jd 1st ladynya meksiko yah 😘

    ReplyDelete
  33. sebelum itu masih ada telenovela brasil lho. little missy (sinha moca) sama the right to love (direito de amar)

    ReplyDelete
  34. Suka bgt sama la usurpadora (cinta paulina)... kan diulang di intv sore
    Tp ada satu lagi yg aku suka Mi gorda bella... yg perannya itu cewenya gendut

    ReplyDelete
  35. Suka bgt sama la usurpadora (cinta paulina)... kan diulang di intv sore
    Tp ada satu lagi yg aku suka Mi gorda bella... yg perannya itu cewenya gendut

    ReplyDelete
  36. Senangnya....kalau bisa ditayangkan ulang

    ReplyDelete
  37. Ada ga ya yg punya link bwt nonton telenovela lama, dl pernah liat telenovela judulnya valeri valeri (la traidora) yg tayang di rcti tp ga selese. Q penasaran bgt...

    ReplyDelete
  38. Ada ga ya yg punya link bwt nonton telenovela lama, dl pernah liat telenovela judulnya valeri valeri (la traidora) yg tayang di rcti tp ga selese. Q penasaran bgt...

    ReplyDelete
  39. Percayalah saya penggemar telenovela pada masanya, hahahaha. Amigos dan kawan-kawan!

    Salam,
    Shera.

    ReplyDelete
  40. Ternyata telenovela buanyak penggemarnya... termasuk sayaaa
    Kadaang sediiih bgt kalo inget jmn dulu. Di tv nangis ikutan nangis.. disangkanya beneran wkwkwk
    Cinta paulina, paquita, esperanza, marimar Awww, rosalinda ayamour dll sangat2 saya sukaa

    ReplyDelete