Telenovela Tahun 90an – 2000an

Telenovela Tahun 90an – 2000an
Telenovela Tahun 90an – 2000an

Tahun 90an – 2000an telenovela pernah ngehits banget di Indonesia. Serial TV yang berasal dari Amerika Latin ini hampir pasti menghiasi wajah pertelevisian kita. Telenovela pertama yang ngehits adalah Little Missy yang tayang di TVRI, bercerita tentang perbudakan. Telenovela ini diambil dari buku yang berjudul Sinha Moca karya Maria D. Pacheco Fernandes, kisah cinta dan kebebasan. Setelah itu menyusul telenovela kesukaan saya Direitode Amar (The Right to Love) tayang di TVRI. Barulah telenovela lain menyusul tayang di setiap TV swasta.


Awalnya saya suka nonton telenovela karena punya ciri khas yaitu pemeran utama ceweknya itu nggak diam saja ketika ditindas. Mereka bisa membela diri, berjuang untuk lebih baik dan katakanlah naik kasta. Saya suka sosok-sosok perempuan kuat. Kalau dipikir-pikir lagi, telenovela ini selalu mengetengahkan cewek-cewek cantik biarpun miskin. Jarang ada telenovela yang pemeran utama ceweknya jelek walaupun awalnya cupu hehe.

Seiring banyaknya tayangan telenovela, lama-lama kebaca juga sih ceritanya kayak Cinderella syndrome gitu. Maksudnya cerita yang untuk mengangkat harkat derajat atau keselamatan seorang cewek membutuhkan bantuan pangeran berkuda putih. Ya mirip-mirip sinetron Indonesia kekinian lah. Saya kurang suka telenovela dengan cerita tipe begini. Tapi secara dulu saya masih polos dan belum banyak nonton telenovela, beberapa telenovela jenis ini menjadi favorit saya.

Ciri khas lainnya, judul telenovela diambil dari nama pemeran utama ceweknya atau ada kata cinta-cinta gitu deh. Iya, ceweknya, nggak ada tuh telenovela yang judulnya Rodrigo, Fernando, dan lain-lain he he he. Dan yang lebih seru, dulu, telenovela ini kan di-dubbing. Pengisi suaranya itu-itu juga. Saya sampai hafal siapa saja nama-nama pengisi suaranya karena rajin baca credit tittle. Ada juga masanya telenovela bilingual padahal yang jadi dubber-nya orang Indonesia juga :D Agak-agak gimana gitu dengarnya waktu mereka ngomong pake bahasa Inggris.

Di bawah ini adalah daftar telenovela tahun 90an – 2000an yang saya tonton, nggak semua favorit saya sih. Jangan heran kalau daftar ini kurang memuat telenovela anak-anak, karena biarpun zaman telenovela ngehits ini saya masih kecil, saya kurang suka telenovela anak-anak. Alasannya? Kurang seru aja gitu, kurang bumbu-bumbu asmaranya *ealah* ^^V. Buat kamu yang dulunya suka nonton telenovela juga, mari bernostalgia bersama *gelar karpet bulu*.

Acapulco Bay

Acapulco Bay
Acapulco Bay

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1995 oleh Fox Television Network ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 7.8. Para pemain Raquel Swanson, Tony Stockdail, dan Max Hauser.

Abrazame Muy Fuerte/ Carmenita

Abrazame Muy Fuerte/ Carmenita
Abrazame Muy Fuerte/ Carmenita

Telenovela yang diproduksi pada tahun 2000 - 2001 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.2. Para pemain Fernando Colunga, Pablo Montero, dan Joaquín Cordero.

Angela

Angela

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 8.3. Para pemain Angélica Rivera, Juan Soler, dan Ignacio López Tarso.

Cara Sucia

Cara Sucia
Cara Sucia

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1992 oleh Venevisión. ini, tayang di ANTV. Ratingnya di IMBDb 7.0. Para pemain Sonya Smith, Guillermo Dávila, dan Niurka Acevedo.

Christina/ El Priviliego del Amar

Christina/ El Priviliego del Amar
Christina/ El Priviliego del Amar

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 - 1999 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 7.8. Para pemain Adela Noriega, Helena Rojo, dan Andrés García.

Cinta Mariana/ Quincenera

Cinta Mariana/ Quincenera
Cinta Mariana/ Quincenera

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1987 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 7.6. Para pemain Adela Noriega, Thalía, dan Ernesto Laguardia.

Cinta Paulina

Cinta Paulina
Cinta Paulina

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di TPI. Ratingnya di IMBDb 7.9. Para pemain Sergio Guerrero, Gabriela Spanic, dan Fernando Colunga.

Cristal

Cristal
Cristal

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1985 oleh Radio Caracas Televisión (RCTV) ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.4. Para pemain Lupita Ferrer, Jeannette Rodríguez, dan Carlos Mata.

Café Con Aroma De Mujer/ Kasih Abadi

Café Con Aroma De Mujer/ Kasih Abadi
Café Con Aroma De Mujer/ Kasih Abadi

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1993 oleh RCN Televisión ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 8.6. Para pemain Margarita Rosa de Francisco, Guy Ecker, dan Alejandra Borrero.

El Derecho De Nacer

El Derecho De Nacer
El Derecho De Nacer

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1981 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 6.5. Para pemain Verónica Castro, Ignacio López Tarso, dan Sergio Jiménez.

Esmeralda

Esmeralda
Esmeralda

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1997 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 5.6. Para pemain Laura Zapata, Leticia Calderón, dan Fernando Colunga.

Esperanza/ Nunca Te Olvidare

Esperanza/ Nunca Te Olvidare
Esperanza/ Nunca Te Olvidare

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1999 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.2. Para pemain Edith González, Fernando Colunga, dan Alma Muriel.

Gaby Hanya Kau Cintaku/ Como Tu Ninguna

Gaby Hanya Kau Cintaku/ Como Tu Ninguna
Gaby Hanya Kau Cintaku/ Como Tu Ninguna

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1994 oleh Venevisión ini, tayang di TPI. Ratingnya di IMBDb 7.7. Para pemain Miguel de León, Gabriela Spanic, dan Eduardo Luna.

Gadis Pemimpi/ La Picara Sonadora

Gadis Pemimpi/ La Picara Sonadora
Gadis Pemimpi/ La Picara Sonadora

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1991 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 8.4. Para pemain Irán Eory, Gabriela Goldsmith, dan Laura Flores.

Hati yang Berduri/ Corazon Salvaje

Hati yang Berduri/ Corazon Salvaje
Hati yang Berduri/ Corazon Salvaje

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1993 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 8.8. Para pemain Edith Gonzales, Eduardo Palomo, dan Ariel Lopez Padilla.

Inez Sang Sekretaris

Inez Sang Sekretaris
Inez Sang Sekretaris

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1991 oleh Venevisión ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.7. Para pemain Amanda Gutiérrez, Víctor Cámara, dan Mariano Álvarez.

Isabel/ Mi querida Isabel

Isabel/ Mi querida Isabel
Isabel/ Mi querida Isabel

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1996 oleh Televisa S.A. de C.V.  ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 8.0. Para pemain Karla Álvarez, Ernesto Laguardia, Jacqueline Andere.

Isamar Rahasia Dua Hati/ La Revancha

Isamar Rahasia Dua Hati/ La Revancha
Isamar Rahasia Dua Hati/ La Revancha

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1989 oleh Venevisión ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 8.2. Para pemain Víctor Cárdenas, Rosalinda Serfaty, dan Jean Carlo Simancas.

Kassandra

Kassandra
Kassandra

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1992 oleh Coral Pictures Corp. de Venezuela, Radio Caracas Televisión (RCTV) ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 6.7. Para pemain Coraima Torres, Osvaldo Ríos, dan Henry Soto.

Kemelut Cinta/ Lazos De Amor

Kemelut Cinta/ Lazos De Amor
Kemelut Cinta/ Lazos De Amor

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1995 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 7.3. Para pemain Lucero, Luis José Santander, dan Marga López.

Gabriela/ La Intrusta

Gabriela/ La Intrusta
Gabriela/ La Intrusta

Telenovela yang diproduksi pada tahun 2001 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 6.7. Para pemain Gabriela Spanic, Arturo Peniche, dan Daniela Spanic.

La Mentira

La Mentira
La Mentira

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.5. Para pemain Kate del Castillo, Guy Ecker, dan Karla Álvarez.

Lupita/ La Prisionera

Lupita/ La Prisionera
Lupita/ La Prisionera

Telenovela yang diproduksi pada tahun 2004 oleh RTI Televisión dan Telemundo Studios ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.5. Para pemain Alfonso DiLuca, Erika Sabel Flores, dan Gabriela Spanic.

Maria Celeste

Maria Celeste
Maria Celeste

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1994 oleh Venevisión ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.1. Para pemain Sonya Smith, Miguel de León, dan Fedra López.

Maria Emillia

Maria Emillia
Maria Emillia

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1999 oleh América Producciones ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 7.9. Para pemain Juan Soler, Coraima Torres, dan Ana Patricia Rojo.

Maria Cinta yang Hilang

Maria Cinta yang Hilang
Maria Cinta yang Hilang

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1995 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.3. Para pemain Thalía, Fernando Colunga, dan Irán Eory.

Maria Jose

Maria Jose
Maria Jose

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1995 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 4.8. Para pemain Claudia Ramírez, Arturo Peniche, dan María Victoria.

Maria Mercedes

Maria Mercedes
Maria Mercedes

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1992 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 5.8. Para pemain Thalía, Arturo Peniche, dan Carmen Salinas.

Marimar

Marimar
Marimar

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1994 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di Indosiar dan SCTV. Ratingnya di IMBDb 6.4. Para pemain Thalia, Marta Zamora, Chantal Andere, dan Ada Carrasco.

Marisol

Marisol
Marisol

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1996 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 5.9. Para pemain Erika Buenfil, Eduardo Santamarina, dan Romina Castro.

Si Cantik Clara/ Morena Clara

Si Cantik Clara/ Morena Clara
Si Cantik Clara/ Morena Clara

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1994 oleh Venevisión ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 7.5. Para pemain Astrid Carolina Herrera, Gabriela Spanic, dan Luis José Santander.

Paquita

Paquita
Paquita

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1997 oleh RTI Televisión dan Cenpro Televisión ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 8.5. Para pemain Fernando Corredor, Cristina Umaña, dan Andrés Juan Hernández.

Port tu Amor

Port tu Amor
Port tu Amor

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1999 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di TPI. Ratingnya di IMBDb 7.9. Para pemain Gabriela Spanic, Saúl Lisazo, dan Gerardo Murguía.

Rosalinda

Rosalinda
Rosalinda

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1999 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 6.9. Para pemain Thalía, Fernando Carrillo, dan Angélica María.

Samantha

Samantha
Samantha

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 oleh Venevisión ini, tayang di TPI. Ratingnya di IMBDb 7.1. Para pemain Alicia Machado, Alejandro Martínez, dan Daniel Alvarado.

Simplemente Maria

Simplemente Maria
Simplemente Maria

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1989 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di SCTV. Ratingnya di IMBDb 4.7. Para pemain Victoria Ruffo, Manuel Saval, dan Jaime Garza.

Soledad

Soledad
Soledad

Telenovela yang diproduksi pada tahun 2001 oleh América Producciones ini, tayang di Indosiar. Ratingnya di IMBDb 7.5. Para pemain Coraima Torres, Angelita Velásquez, Mari Pili Barreda, dan Karina Calmet.

Vivo Por Elena

Vivo Por Elena
Vivo Por Elena

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1998 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 8.4. Para pemain Victoria Ruffo, Saúl Lisazo, dan Ana Patricia Rojo.

Wild Rose

Wild Rose
Wild Rose

Telenovela yang diproduksi pada tahun 1987 oleh Televisa S.A. de C.V. ini, tayang di RCTI. Ratingnya di IMBDb 5.8. Para pemain Verónica Castro, Guillermo Capetillo, dan Liliana Abud.

Ternyata daftar telenovela yang saya tonton panjang juga ya? *Elap keringat* Yah jadi ketahuan deh kalau saya termasuk jenis manusia telenovela lovers (pada zamannya) hi hi hi. Yang mana telenovela favoritmu dari daftar panjang di atas?

Sumber Foto:
Acapulco Bay https://littletroublebigchina.files.wordpress.com/2011/11/acapulco-bay.jpg
Abrazame Muy Fuerte http://img07.deviantart.net/afa8/i/2010/182/f/1/abrazame_muy_fuerte_by_lovelymarge.jpg
Angela http://3.bp.blogspot.com/-m2nJD9eTjCY/TwnJFStXpaI/AAAAAAAAAig/4jimcMfzNNA/s1600/angela.jpg
Cara Sucia http://i1230.photobucket.com/albums/ee491/Obsesionero/CARA00.jpg
el privilegio de amar http://thebigtino.com/wp-content/uploads/2014/10/31.jpg
Esmeralda http://images2.fanpop.com/images/photos/6700000/Esmeralda-telenovelas-6754324-268-409.jpg
Nunca Te Olvidare http://i50.tinypic.com/3142ctd.jpg
Como Tu Ninguna http://i.ytimg.com/vi/WfjW5w7R6Bo/hqdefault.jpg
La Picara Sonadora http://ivansud76com.ipage.com/wp-content/uploads/2014/07/lapicarasonadora.jpg
Corazon Salvaje http://i.ytimg.com/vi/Uax_PW_QXik/hqdefault.jpg
ines duarte secretaria http://telenovelasita.altervista.org/blog/wp-content/uploads/2012/08/Ines2-e1352052319158.jpg
Isabel http://images60.fotki.com/v2/photos/1/1006637/4400917/miqueridaisabeltotalrn0-vi.jpg
Isamar Rahasia Dua Hati La Revancha http://st-listas.20minutos.es/images/2008-11/62264/735072_640px.jpg?1227144140
Kassandra https://kandangpinguin.files.wordpress.com/2012/04/kas.jpg
Lazos Del Amor https://ledysimanjuntak.files.wordpress.com/2011/01/lazos.jpg?w=529&h=581
La Intrusta https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/5/55/La_Intrusa.jpg
La Mentira http://www.miblogdecineytv.com/imagenes/novelas/La%20Mentira/Lamentira1998.jpg
La Prisionera http://mediaticapro.com/tl_files/Imagenes/Producciones/Telenovelas/prisionera.jpg
Maria Celeste http://mlb-d1-p.mlstatic.com/14587-MLB219243114_7618-F.jpg
Maria Emillia http://s88.photobucket.com/user/Ma_Ina/media/Otro/ME1.jpg.html
maria la del barrio http://cde.2.trome.pe/ima/0/1/0/2/7/1027665.jpg
Maria Jose http://i.ytimg.com/vi/B4N5I2zuhm8/maxresdefault.jpg
Maria Mercedes https://thaliaesmivida.files.wordpress.com/2012/04/maria-mercedes3.jpg
Marimar https://muktionline.files.wordpress.com/2010/07/marimar10-r.jpg
Marisol http://www.miblogdecineytv.com/wp-content/uploads/2011/07/Marisol1.jpg
Morena Clara http://i.ytimg.com/vi/Cf30QpU1GiM/hqdefault.jpg
Paquita http://assets.kompasiana.com/statics/crawl/555d9d0a0423bdb74c8b456d.jpeg&imgrefurl=http://www.kompasiana.com/yksaja/10-lagu-telenovela-paling-enak-didengar_551ade0181331137489de227&h=170&w=620&tbnid=WJtoWAw8cnxPgM:&docid=gIOJ2bVpQ4H-sM&ei=t9gnVpKgJ8iauQTI64_gBw&tbm=isch&ved=0CBoQMygAMABqFQoTCNLX4JSY1MgCFUhNjgodyPUDfA
Port tu Amor http://1.bp.blogspot.com/-F0OWVbx-ZDs/UTl2MOqa8pI/AAAAAAAADgs/RZEgp-MvfF4/s1600/por+tu+amor.jpg
Rosalinda http://fancy.mk/Files/Posts/thalia-rosalinda-telenovela.jpg
Samantha http://3.bp.blogspot.com/_2drAPMNsJuI/TLt3hcBOM8I/AAAAAAAABEk/ZB6Wn8URJu0/s1600/Samantha.jpg
Simplemente Maria http://www.publimetro.com.mx/_internal/gxml!0/r0dc21o2f3vste5s7ezej9x3a10rp3w$bw8w2ucvlxo9ldjvgr3kanrcxpezpwm/simplemente-maria-15_590x395.jpeg
Soledad http://foro.telenovela-world.com/~diane/soledad/top.jpg
Vivo Por Elena http://i2.esmas.com/2014/11/20/721493/vivo-por-elena-wallpaper-1500x1000.jpg
Wild Rose http://i.ytimg.com/vi/68uS9bZQxRs/hqdefault.jpg
Previous
Next Post »

69 komentar

Write komentar
22 Oktober 2015 00.28 delete

wah, memang sangat panjang ya mbak kisah dari Telenovela, :)

Reply
avatar
Lidya Fitrian
AUTHOR
22 Oktober 2015 08.10 delete

aaaaaa jadi inget jaman muda hahaha. Acapulco Bay aku suka banget

Reply
avatar
Muhae Man
AUTHOR
23 Oktober 2015 21.03 delete

dulu gak pernah nonton ginian, belum lahir heheh ,kayaknya seru kalau di tonton klasik-klasik gitu

Reply
avatar
Sin
AUTHOR
24 Oktober 2015 00.01 delete

tergila-gila banget sama yang jadi pemeran Nandito di Maria Cinta yang Hilang. aakkk! udah kayak gimana ya penampilannya sekarang? *kemudian googling* :G

Reply
avatar
puputs
AUTHOR
24 Oktober 2015 03.35 delete

huehehheeh berasa tua gw, paling inget marimaaaaaar auuuuu

Reply
avatar
Ara AnggARA
AUTHOR
24 Oktober 2015 10.23 delete

kalau betty lafea itu juga telenovela kan
sama yang anak kecill namanya angela kalau nggak salah

Reply
avatar
dweedy ananta
AUTHOR
26 Oktober 2015 14.44 delete

Banyak yang enggK ku tau >.< hahahaha dulu cuma nonton film kartun itu pun diawasi ^^

Reply
avatar
putrigrage
AUTHOR
16 November 2015 21.56 delete

Ya ampun, itu Maria Mercedes hapenning banget! Waktu itu msh SMP atau SMA gitu, lupa. Ada satu lagi, "Gadis Pemimpi" aku pernah nonton menjelang masuk SMP tuh, tahun 91-92 kalo gak salah. Jadul banget! hahaha Btw, itu pemain cowok ganteng yg di Cinta Paulina sama Esmeralda, sama ya? Cakep! :D

Reply
avatar
Zamal Martian
AUTHOR
17 November 2015 04.13 delete

Halo teteh evi . saya sedang apresiasi blog teteh.. Tetiba terhenti di telenovela hahaa
Jadi inget sama maria mercedess dan marimar..
Itu telenovela yg pernah saya pantengin sampe tamat hihihiji

Reply
avatar
momtraveler
AUTHOR
18 Januari 2016 06.19 delete

Ya ampyuuunn film jaman ga enak..jadi keinget sore2 udah duduk.manis nungguin telenovela itu. Hampir semua seh kayanya aku pernah nonton

Reply
avatar
Virmansyah
AUTHOR
18 Januari 2016 06.25 delete

Wah kok Amigos X Siempre nggak ada mbak :D soalnya cuma itu yang pernah aku tonton :v eh tapi itu masuk kategori telenovela nggak sih

Reply
avatar
Mas Nuz
AUTHOR
18 Januari 2016 07.07 delete

Huidih...buaaanyak ya.
Untunglah saya amat sangat jarang nonton tipi. Hehehehe...

Reply
avatar
Helda
AUTHOR
18 Januari 2016 07.08 delete

Haha beberapa yg disebutkan di sini aku ikutin bgt. Yang lainnya ada jg nggak inget lg. Yang aku inget palingan yg dibintangi Thalia, Gabriela Spanic sama Fernando Colunga. Ernesto Laguardia perannya yg aku inget cm yg di Amigos.

Amigos nggak masuk, Vi?:P ceritanya nggak anak-anak bgt, ada cinta-cintaannya jg.

Reply
avatar
Keke Naima
AUTHOR
18 Januari 2016 07.58 delete

biasanya telenovela yang pemerannya Thalia yang sellau jadi favorit saya :D

Reply
avatar
Ade anita
AUTHOR
18 Januari 2016 14.36 delete

Waaahhhh... kenapa aku baru tahu bahwa ada banyak banget telenovela yg pernah tayang di tv kita. Yang aku tau dan tonton cuma maria mercedes (maria cinta yg hilang) sama wild rose aja

Reply
avatar
18 Januari 2016 15.09 delete

Banyak yg aku nggak tau filmnya. Ada kok yg tokohnya jelek. Yg aku inget betty la fea. Tp aslinya mah gak jelek si betty tu..*secara aku si gadiskawat gigi-nerkacamata kyk betty. Haha

Reply
avatar
WHIZISME
AUTHOR
18 Januari 2016 15.58 delete

Waktu aku masih imyut dulu keluarga suka liat Marimar
Haha percakapanyabitu lo yang bikin gimana gituh...

Oh Rudolfo...oh Marimar hihi

Reply
avatar
WHIZISME
AUTHOR
18 Januari 2016 15.58 delete

Waktu aku masih imyut dulu keluarga suka liat Marimar
Haha percakapanyabitu lo yang bikin gimana gituh...

Oh Rudolfo...oh Marimar hihi

Reply
avatar
Susindra
AUTHOR
18 Januari 2016 16.15 delete

Thalib Combo dan Gabriel Spanic... hohoho... 2 ini ada di banyak telenovela ya.
Kamu lupa Carita de Angel atau terlewat baca ya? Kelihatannya bukan di atas 2000.
Btw, aku suka semuanya. Hahaha

Reply
avatar
Susi Susindra
AUTHOR
18 Januari 2016 16.16 delete

Thalia Como dan Gabriela Spanic. Sorry typo. Hahaha

Reply
avatar
Neng Nunung
AUTHOR
18 Januari 2016 19.16 delete

wiidiiiih ternyata banyak telenovela yg belum aku lihat yaak...

ada lagi yang versi anak anak, Maria Bellen, Carita De Angel, Amigos Para Siempre

ehehheheeh

Reply
avatar
Ria Rochma
AUTHOR
18 Januari 2016 19.18 delete

Aku jarang suka nonton telenovela, entah ya, sedikit membosankan. Meskipun diantara teman-teman, banyak ngobrolin telenovela sih. Hehe.

Reply
avatar
ben benavita
AUTHOR
18 Januari 2016 20.19 delete

wakakkakakaka.
ya ampun. anak 90an pasti tau nih.
hahahahhahahahaa.

Reply
avatar
18 Januari 2016 20.32 delete

Dulu aku ngikutinya Esmeralda, maklum masih kecil hahaha

Reply
avatar
Vhoy Syazwana
AUTHOR
18 Januari 2016 20.32 delete

Saat sekolah dsar, nonton Maria Cinta yg Hilang. Inget banget sampe skrg hehehe

Reply
avatar
Rinda Gusvita
AUTHOR
18 Januari 2016 23.10 delete

Huwaaaa... komplit bangggetttt, Teehhh! Jadi kayak mengenang masa kecil gitu haha

Reply
avatar
19 Januari 2016 00.09 delete

Ya Allah, aku pikir cuma Marimar sama Rosalinda doang, ternyata Cinta Paulina yang pas itu ngehits di TPI juga diulas. hihihi
Etapi jadi kayak nostalgiaaa

Reply
avatar
selvy erline
AUTHOR
19 Januari 2016 18.32 delete

aku gak terlalu suka nonton telenovela mbak, lebih suka drama korea hihihi ... tp sempet ngikutin serial betty lafea sih walo gak full nontonya

Reply
avatar
Selbi Bii
AUTHOR
26 Maret 2016 07.18 delete

pokoknya telenovela lebih baik daripada sinetron manusia jejadian...

dulu saya nonton telenovela gak alay... mank kayak anak jaman sekrang!

dlu telenovela favorit saya betty la fea sama amigos

kalo esmeralda, cinta paulina tu mah emak saya banget yang demen... :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.44 delete

Iya sih serinya panjang :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.44 delete

Sama Mbak, aku juga suka banget Acapulco Bay :)

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.45 delete

Hehehe kalau cewek biasanya suka, kalau cowok nggak tahu deh :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.46 delete

Googling, Sin, googling :))

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.46 delete

Huahaha masih berjiwa muda kok :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.47 delete

Iya telenovela juga :)

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.47 delete

Telenovela emang kurang baik ditonton anak-anak :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.48 delete

Iya ada juga di atas Gadis Pemimpi :)

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.48 delete

Huaaa nggak nyangka Zamal suka nonton telenovela ahahaha

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.49 delete

Wah sama kita Mbak, penggemar telenovela :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.49 delete

Iya itu telenovela tapi saya nggak nonton makanya nggak dimasukin list :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.50 delete

Hehehe selamat dari jerat telenovela ya, Mas :)

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.50 delete

Nggak masuk, Helda, sebab aku nggak nonton hehe

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.51 delete

Iya Thalia itu Ratunya telenovela :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.51 delete

Hehehe justru beruntung nggak tahu Mbak, jadi selamat dari jeratan telenovela :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.52 delete

Iya tapi Betty kan bermetamorfosis jadi cantik juga, Mbak :)

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.52 delete

Huahaha Mas Whiz sampe hapal percakapannya :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.53 delete

Carita de Angel nggak aku masukin Mbak, aku nggak nonton soalnya :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.54 delete

Iya yang versi anak-anak nggak saya masukin soalnya nggak nonton hehehe

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.54 delete

Iya ke sininya karena formulanya udah ketahuan jadi membosankan

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.54 delete

Eaaa sesama anak 90an nih *toss*

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.55 delete

Esmeralda termasuk tinggi ratingnya :)

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.55 delete

Sebenarnya bukan tontonan anak-anak tapi kita pada nonton ya hehe

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.56 delete

Selamat bernostalgia, Nda :)

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.56 delete

Selamat bernostalgia, Mbak :)

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.57 delete

Pas zaman ini masih sedikit drama korea, atau hampir nggak ada :D

Reply
avatar
31 Maret 2016 02.57 delete

Sinetron sebenarnya mirip sih kayak telenovela :D

Reply
avatar
Andre Babo
AUTHOR
20 April 2016 15.31 delete

kalau si cantik klara aku plaing suka dengan tema muskinya, como olvidar si estas dentro del mi, hampir semuany aku sudah nnotn,mulai dari 1992, rindu banget era 90an

Reply
avatar
Mi Rani
AUTHOR
25 Mei 2016 12.41 delete

Sist, inget ga stasiun tv mana kl ga salah sih tentang penyanyi mariachi cewek yang punya anak cowok, yang berjuang ngidupin anknya, lupa judulnya, lagian tanyang tengah malam, trs tiba2 ga tayang lagi, tahu ga judulnya apa, kl ga salah stasiun RCTI deh, thank you ya infonya

Reply
avatar
Kavit
AUTHOR
19 Juni 2016 13.59 delete

Aaak dulu zaman aq TK ato SD gituh si emak demen bgt nonton kassandra, akhirnya ketularan deh..jd suka telenovela jg. Aq sukaaa bgt sm angela,por tu amor ma cinta paulina..😍😍 kbrnya pemeran angela skrg jd 1st ladynya meksiko yah 😘

Reply
avatar
Bing Bong
AUTHOR
10 September 2016 08.17 delete

sebelum itu masih ada telenovela brasil lho. little missy (sinha moca) sama the right to love (direito de amar)

Reply
avatar
6 Oktober 2016 02.27 delete

alhamdulillah dapet sumber

Reply
avatar
19 Oktober 2016 04.43 delete

Suka bgt sama la usurpadora (cinta paulina)... kan diulang di intv sore
Tp ada satu lagi yg aku suka Mi gorda bella... yg perannya itu cewenya gendut

Reply
avatar
19 Oktober 2016 04.43 delete

Suka bgt sama la usurpadora (cinta paulina)... kan diulang di intv sore
Tp ada satu lagi yg aku suka Mi gorda bella... yg perannya itu cewenya gendut

Reply
avatar
Budi Setiawan
AUTHOR
25 Oktober 2016 13.19 delete

Senangnya....kalau bisa ditayangkan ulang

Reply
avatar
Dian Reli
AUTHOR
27 November 2016 20.57 delete

iya cowoknya sama yg di esmeralda n paulina. si Fernando Colungga. hhihihih...

Reply
avatar
kessyswan
AUTHOR
10 Desember 2016 04.54 delete

Ada ga ya yg punya link bwt nonton telenovela lama, dl pernah liat telenovela judulnya valeri valeri (la traidora) yg tayang di rcti tp ga selese. Q penasaran bgt...

Reply
avatar
kessyswan
AUTHOR
10 Desember 2016 04.54 delete

Ada ga ya yg punya link bwt nonton telenovela lama, dl pernah liat telenovela judulnya valeri valeri (la traidora) yg tayang di rcti tp ga selese. Q penasaran bgt...

Reply
avatar
15 Desember 2016 20.42 delete

Percayalah saya penggemar telenovela pada masanya, hahahaha. Amigos dan kawan-kawan!

Salam,
Shera.

Reply
avatar
Rain Rezky
AUTHOR
5 Januari 2017 08.45 delete

Ternyata telenovela buanyak penggemarnya... termasuk sayaaa
Kadaang sediiih bgt kalo inget jmn dulu. Di tv nangis ikutan nangis.. disangkanya beneran wkwkwk
Cinta paulina, paquita, esperanza, marimar Awww, rosalinda ayamour dll sangat2 saya sukaa

Reply
avatar