Wednesday, September 2, 2015

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Gathering Perdana Komunitas Twins Universe

Komunitas tanpa kopi darat bagaikan masakan tanpa garam. Begitulah yang diamini hampir seluruh komunitas di Indonesia yang geliatnya makin hari makin positif demi perkembangan anak bangsa. Berbagai komunitas hadir di tengah-tengah kita, mulai dari komunitas hobi, keilmuan, dan lain sebagainya. Kita bisa memilih komunitas sesuai kebutuhan.

Sejak tanggal 3 Desember 2014, lahir Komunitas Twins Universe alias Komunitas Kembar TwiVers, komunitas yang diperuntukkan tidak hanya buat anak kembar tetapi juga nonkembar. Intinya, siapa saja bisa bergabung dan berkontribusi secara nyata dalam komunitas ini.


Sebagai bentuk konsistensi, Komunitas Twins Universe mengadakan gathering bersama Smartfren pada tanggal 2 Agustus 2015 di Warung Upnormal, jalan Cihampelas no 36A Bandung. Panitia memakai kaos Gurita mempersiapkan tempat acara sejak pagi. Pukul 12, meja registrasi dibuka. Berbondong-bondong anak kembar secara berpasangan maupun sendirian (karena kembar LDR), anggota nonkembar, blogger, dan media berdatangan.


Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Sesi registrasi Gathering Perdana Komunitas Twins Universe

Syarif and Friends mengiringi sesi makan siang yang dipakai untuk peserta berkenalan atau berfoto. Ada juga lomba tweetpict berhadiah uang tunai dari Smartfren, paket buku dari Kaki Langit Kencana, dan souvenir dari Qwords.com. Hidangan disajikan oleh Warung Upnormal secara ala carte, peserta bisa memilih makanan dan minuman dari menu yang telah disediakan.

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Sesi makan dan perkenalan Gathering Perdana Komunitas Twins Universe

Pukul satu siang, MC Nisa Juliana membuka acara. Disusul oleh naiknya Eva dan Evi selaku founder untuk menjelaskan sejarah singkat, visi, dan misi dari Komunitas Twins Universe. Eva dan Evi mengatakan bahwa kedua kembar itu kesulitan mencari komunitas anak kembar, maka dari itu mereka memutuskan untuk membuat wadah komunitas baru. Komunitas Twins Univerese ini ingin mengajak anak-anak kembar untuk saling menyemangati, berbagi pengalaman, dan berkarya. Masih menurut duo kembar ini, setiap anak kembar sepanjang hidupnya tak bisa lepas dari perbandingan yang datang dari pihak keluarga atau dari lingkungan sekitar. Kondisi tersebut menciptakan persaingan dan kehilangan identitas anak kembar secara individu. Jelas bahwa group support penting adanya untuk mengatasi kondisi demikian. Dari pada anak kembar saling berkompetisi ke arah negatif, alangkah lebih baik energi tersebut beralih untuk berkarya. Dalam salah satu kegiatan Komunitas Twins Universe, Eva dan Evi mengajak para kembar menulis pengalamannya yang akan dibukukan.

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Eva dan Evi menguraikan sejarah, visi, dan misi Komunitas Twins Universe

Sesi berikutnya adalah talkshow tentang anak kembar dari segi komunikasi dan psikologi dengan Ibu Ike Junita, dosen komunikasi UNISBA, dan Dr. Siska Nurohmah, M. Sc. Sebagai narasumber. Dr. Siska Nurohmah, M. Sc.memaparkan bahwa anak kembar secara genetika terutama kembar identik sama. Walaupun bukan kembar identik, karena tumbuh di rahim yang sama, anak kembar mempunyai banyak kesamaan. Namun sejak dilahirkan, anak kembar akan menampakkan keunikan dan mencari identitas pribadi. Selain itu Bu Siska menyatakan bahwa anak kembar mengalami "silent competition", saling bersaing satu sama lain.

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Dr. Siska Nurohmah, M. Sc. dan Ibu Ike Junita narasumber talkshow anak kembar
dari segi psikologi dan komunikasi

Bu Ike Junita mengatakan bahwa anak kembar ini dituntut selalu "sama" oleh keluarga dan lingkungannya baik secara tampilan fisik atau pun minat dan prestasi. Kecenderungan itu membuat anak-anak kembar terserang stres. Dalam mendidik anak kembar, Bu Ike yang juga punya anak kembar, menyarankan agar orangtua memandang anak kembar sebagau individu utuh yang merdeka. Persiapkanlah anak kembar menjadi pribadi mandiri agar kelak tidak terjadi ketergantungan.

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Sesi tanya jawab talkshow dan pemberian hadiah bagi penanya

Hal menarik lain yang disampaikan oleh Bu Ike adalah anak kembar memiliki bahasa ‘non verbal’ yang hanya berlaku antara anak kembar tersebut. Bahasa non verbal antara anak kembar satu dengan yang lain berbeda dan spesifik. Talkshow juga membuka sesi pertanyaan bagi yang ingin mengetahui lebih dalam dunia anak kembar. Penanya-penanya ini mendapat hadiah paket buku.

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Pemilihan Kembar Kompak 2015

Acara puncak dari gathering Komunitas Twins Universe ini adalah pemilihan Kembar Kompak 2015. Ada empat pasang anak kembar naik ke atas panggung. Sesi pertama pertama wawancara, Nisa menanyakan sejumlah pertanyaan tentang pengetahuan mengenai kembaran satu dengan yang lain. Secara luar biasa, anak-anak kembar ini sangat mengenal pribadi satu sama lain. Sesi kedua, Eva dan Evi diiringi Syarif and Friends menyanyikan lagu ‘Eva Evi’ mengajak para anak kembar buat berjoget kompak. Siapakah yang terpilih sebagai Kembar Kompak 2015? Nanti dulu, mari beralih ke sesi berikutnya.

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Joged kompak anak-anak kembar

Sesi berikutnya adalah pemilihan Best Twinner 2015. Datanglah saat yang menegangkan untuk lima Twinner yang masuk ke dalam finalis Best Twinner yang telah mengikuti sesi diaudisi lewat wawancara. Saat gathering para finalis mendapat satu tantangan. Muhammad Sabil Fadillah terpilih sebagai Best Twinner 2015 mendapatkan gadget dari Smartfren, t-shirt dari Kaos Gurita, mug lucu TwiVers, sendal keren dari Infinity butik, dan paket buku dari penerbit Anza.

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Pemilihan Best Twinner 2015

Tak berapa lama, pengumuman pemenang Kembar Kompak 2015. Pasangan kembar Dwi Wulaningsih dan Eko Wulandari terpilih sebagai Kembar Kompak 2015 yang didaulat sebagai duta Komunitas Twivers. Mereka mendapat hadiah dari gadget android dari Smartfren, sepasang sendal keren dari Infinity butik, kaos kece dari Kaos Gurita, mug lucu dari TwiVers, paket buku dari Penerbit KakiLangit Kencana. Semua finalis juga mendapatkan hadiah.

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Pemenang Kembar Kompak 2015 Komunitas Twins Universe

MC Nisa memanggil empat pemenang lomba Twitpict. Acara gathering ini memang bertabur hadiah dan keceriaan. Sebagai penutup, kembali Syarif and Friends menyanyikan lagu. Seluruh peserta berfoto bersama di lantai satu Warung Upnormal.

Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Syarif and Friends menghibur lewat musik
Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Para pemenang lomba twitpict

Komunitas Twins Universe mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada Smartfren, Kaos Gurita, Infinity Butik, Penerbit Anza, Warunk Upnormal, Qwords.com, Penerbit KakiLangit Kencana, Warung Blogger, dan Sukabumi Today yang telah bahu membahu mewujudkan acara gathering perdana ini. Juga rasa terima kasih Komunitas TwiVers haturan pada semua media dan blogger yang bersedia meliput acara tersebut.


Gathering Perdana Komunitas Twins Universe
Seluruh peserta yang hadir di gathering perdana Komunitas Twins Universe
Sebagai komunitas baru dan masih berkembang, founder Komunitas Twins Universe berharap mendapatkan feedback baik dari para peserta yang hadir, media, maupun anggota komunitas yang belum bisa ikut gathering. Kita nantikan gathering Komunitas TwiVers berikutnya *\^^/* 
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

22 comments:

  1. Wow, keren nih mbak twin, eva evi. Saya ada om dan tante yang juga kembar lho. salut untuk event gatheringnya... Lanjutkan... Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ajakin Om dan Tantenya ikutan komunitas ini ^_^

      Delete
  2. Komunitas memang dibutuhkan untuk saling mendukung dan melakukan hal-hal yang positif ya mbak. Termasuk komunitas bagi para kembar.. Semoga komunitasnya makin berjaya dan bermanfaat mbak..

    ReplyDelete
  3. Waaaah serunya. Sepupuku ikut nggak ya? Nama mereka winda windi, rumah bekasi. Udah besar2 sih, udah kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ikutan Mbak, tinggal buka www/twivers.com terus klik join. Kita seseruan bareng :)

      Delete
  4. Whuaaa baru posting?

    KEREN ini acaranya!

    Kapan gathering keduanya?

    ReplyDelete
  5. pengen ikutan next gathering... :G

    ReplyDelete
  6. dulu aku slalu berharap punya kembaran ;p. tp yg bener2 identik, sama persis gitu ;p.. sayang ga kesampaian....dan krn ga adaa keturunan kembar juga di keluarga, anakku pun alhamdulillah g kembar hahaha..khusus untuk anak sndiri emg ga pgn kembar :D Belum siap soalnya mba ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, punya anak kembar itu capek loh. Kata Mama saya hehe

      Delete
  7. Apresiasi banget utk komunitas2 unik macam ini. Ada wadah khusus, ya. :D

    Anak kembar emg cenderung apa2nya sama ya, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak juga sih, Idah. Mereka sama tapi beda gitu :D ya pribadi utuhlah

      Delete
  8. wah acaranya kayaknya seru banget mbak

    ReplyDelete
  9. Wah komunitas twins, seru juga ya. Aku paling pusing bedain anak kembar, mana Eva mana Evi masih sering salah nebak juga hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kalau lihat langsung biasanya lebih gampang bedainnya :D

      Delete
  10. Waah kayaknya asyik ya liat banyak anak kembar baik anak-anak maupun dewasa pada kumpul.Saya selalu takjub liat anak kembar.Apalagi banyak dan dalam satu komunitas.Pasti seru banget ya kalau kumpul bareng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak Nunung ikutan aja komunitasnya. Nggak apa-apa kok nggak kembar juga :)

      Delete