TwiRies Masuk Anugerah Pembaca Indonesia 2014

Credit

Sebuah pemberitahuan masuk ke email saya. Intinya menginfokan bahwa TwiRies: The Freaky Twins Diaries masuk ke dalam nominasi non fiksi favorit dalam Anugerah Pembaca Indonesia 2014, ajang keren bagi pelaku penerbitan yang diadakan oleh Goodreads Indonesia.

Kalau diibaratkan film, seluruh tubuh saya seperti mendapat spot penerangan dari langit dengan backsound choir yang bernyanyi, “a… aa… a… aa….” Kemudian tubuh saya menjadi ringan seolah memiliki sayap dan terbang di antara awan bergulung-gulung menuju langit ketujuh. Lebay? Iya rasanya memang lebay banget!

Setelah sekian lama rajin mengikuti perkembangan dan menjadi penonton setia event Anugerah Pembaca Indonesia, saya bertekad, suatu hari, nama saya dan tentu saja buku saya terpampang sebagai nominasi. Akhirnya, tahun ini cita-cita saya terkabul.

Duh, dari tadi saya ngomongin Goodreads, Anugerah Pembaca Indonesia alias API, dan TwiRies. Makhluk seperti apa sih mereka itu? ^^

Goodreads
Beberapa tahun kebelakang saya membuat akun Goodreads, jejaring sosial khusus para penggila buku dan penulis buku. Berhubung saya maniak baca buku—dan hampir bisa dibilang buku adalah harta satu-satunya milik saya—situs Goodreads ini cocok memfasilitasi passion saya.

Apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung dengan situs Goodreads ini?
  1. Informasi buku baru dan lama.
  2. Profil penulis buku luar maupun dalam negeri.
  3. Bisa memberi rating, komentar, dan review buku.
  4. Bisa berinteraksi dengan penulis kegemaran kamu.
  5. Bisa memasukkan buku milikmu! Yeay!


Yeah, buat saya situs Goodreads ini keren banget. Mau bergabung? Tinggal masuk ke www.goodreads.com

Grup Goodreads Indonesia
Pengguna Goodreads berasal dari seluruh dunia. Secara natural, terbentuklah grup-grup suatu Negara, termasuk Indonesia.

Goodreads Indonesia dibentuk tanggal 7 Juni 2007 oleh Femmy Syahrani dan ditujukan untuk para pembaca buku berbahasa Indonesia yang ingin mendiskusikan buku-buku tersebut dan juga upaya untuk mengumpulkan buku-buku berbahasa Indonesia.

Visi dan Misi Goodreads Indonesia
Goodreads Indonesia berusaha untuk selalu berperan aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia. Goodreads Indonesia tidak mau berhenti hanya pada tahapan sebagai komunitas pembaca pasif. Komunitas ini berkehendak untuk menjadi komunitas pembaca aktif yang diwujudkan dalam pelbagai kegiatan baik kegiatan di dunia maya maupun di dunia nyata.

Dua tahun lalu, saya bergabung dengan grup Goodreads Indonesia, kebanyakan sebagai silent reader sih hehehe…. Mau ikutan juga? Tinggal join grup di sini.

Festival Pembaca Indonesia
Setiap tahunnya, Goodreads Indonesia punya program seru bertajuk ‘Festival Pembaca Indonesia’. Tahun ini, event tersebut mengangkat tema “Reading is Happiness” yaitu semangat yang ingin ditularkan oleh Goodreads Indonesia.

Tema ini dipilih karena kami yakin kita semua, para pembaca Indonesia, pasti bersepakat bahwa membaca merupakan satu kegiatan yang menyenangkan. Membaca, selain memberi banyak manfaat dalam hal peningkatan pengetahuan, wawasan, dan kekritisan, juga membawa sisi rekreasi dan kesenangan. Dengan membaca buku kita dibawa berjalan-jalan melintasi ruang dan waktu, memasuki suatu dunia yang diarahkan oleh para penulisnya, kemudian dimeriahkan oleh imajinasi-imajinasi kita sendiri, sehingga menciptakan satu dunia yang kadang kita sendiri sulit untuk mengungkapkannya. Ada suka, ada cita. Yang pasti membaca memberi kita tantangan sekaligus gairah untuk terus berekspresi dalam berbagai hal. Oleh karena itu buku dan para penulis buku memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pasokan kesenangan tersebut. Tentunya juga tanpa mengesampingkan peran penerbitan buku yang terus bekerja keras mendistribusikan buku hingga ke pelosok tanah air –Goodreads Indonesia-.

Anugerah Pembaca Indonesia
Salah satu sub event Festival Pembaca Indonesia adalah ‘Anugerah Pembaca Indonesia’ sebagai wujud apresiasi para pembaca terhadap karya-karya penerbitan di Indonesia. Anugerah Pembaca Indonesia adalah suatu penghargaan yang diberikan kepada insan perbukuan Indonesia yang terpilih sebagai yang terfavorit oleh pembaca buku Indonesia.

Don’t judge book by its cover”, begitu slogannya. Tapi kita tentu sedikit banyak setuju bahwa keputusan pembelian buku salah satunya dari cover yang menarik. Maka, untuk menyempurnakan apresiasi terhadap penerbitan Indonesia, Anugerah Pembaca Indonesia juga memberikan penghargaan kepada penyampul wajah sebuah buku dan karyanya.

Anugerah Pembaca Indonesia 2014 ini terbagi dalam dua kelompok besar, yaitu kelompok Buku dan Penulis dan kelompok Desain Sampul. Sedangkan, pada masing-masing kelompok terdiri dari empat kategori yaitu Fiksi, Non Fiksi, Komik/Novel Grafis, dan Puisi.

Kamu pasti penasaran, apa saja syarat dan kriteria buku-buku yang masuk dalam seleksi Anugerah Pembaca Indonesia (API)? Ini dia syaratnya:

  1. Untuk kelompok Buku dan Penulis merupakan karya yang terbit dalam kurun waktu September 2013 s.d. Agustus 2014.
  2. Untuk kelompok Desain Sampul merupakan desain sampul buku yang terbit dalam kurun waktu September 2013 s.d. Agustus 2014, dan tidak terbatas pada tahun penerbitan buku itu sendiri. Sehingga terbuka untuk buku-buku yang cetak ulang yang diterbitkan pada periode September 2013 s.d. Agustus 2014.
  3. Buku ditulis oleh Warga Negara Indonesia dengan bahasa mayoritas Bahasa Indonesia;
  4. Semua karya telah terdaftar dalam database goodreads.com.


Sementara untuk kriteria seleksinya adalah:
  1. Untuk kelompok Buku dan Penulis, buku adalah yang paling banyak dibaca oleh anggota goodreads.com pada periode seleksi tersebut.
  2. Sedangkan untuk kelompok Desain Sampul, seleksi buku-buku yang masuk dalam longlist akan dilakukan oleh 5 orang yang dipilih oleh TIM API 2014 yang terdiri dari dua orang panitia Festival Pembaca Indonesia, dua orang yang kompeten dalam bidang desain grafis, dan satu orang jurnalis. Kelima orang tersebut tidak memiliki sangkut paut dengan penerbit manapun, dan tidak memiliki keberpihakan pada penerbit manapun.


Siapa yang berhak menentukan buku itu telah memenuhi kriteria seleksi?
Tim API 2014 akan memilih berdasar kriteria seleksi untuk menyusun Daftar Buku Pilihan Pembaca Indonesia tahun 2014.

Berikut adalah jadwal tahapan API 2014:
• 17 Oktober 2014: Press Release
• 17 – 31 Oktober 2014: Pengumuman Awal Seleksi
• 3 November – 9 November 2014: Long List API 2014 Tahap I (20 besar)
• 10 – 16 November 2014: Long List API 2014 Tahap II (10 besar)
• 17 – 23 November 2014: Short List API 2014 (5 besar)
• 07 Desember 2014: Pengumuman Penerima API 2014

Pengumuman Awal Seleksi
Pengumuman Awal Seleksi adalah pengumuman pendahuluan buku-buku yang sudah didata oleh Tim API 2014 yang nantinya akan disusutkan menjadi Daftar Buku Pilihan Pembaca Indonesia dalam format longlist. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan bagi seluruh pihak, baik pembaca, penulis, penerbit, distributor, atau pihak lain yang merasa ada buku yang terbit dalam periode waktu seleksi namun belum ada dalam daftar seleksi, dapat mengirimkan feedback berupa paling sedikit Judul dan Penulis buku dimaksud agar dapat dimasukkan dalam daftar seleksi.

Melalui ajang ini, Goodreads Indonesia memanggil para pembaca buku se-Indonesia untuk memberikan suaranya pada “pemilihan umum” Anugerah Pembaca Indonesia 2014 yang sedang diselenggarakan dan telah memasuki periode ‘Polling Anugerah Pembaca Indonesia 2014: Longlist Tahap II’.

Twiries Masuk Anugerah Pembaca Indonesia 2014
TwiRies adalah buku personal literature yang ditulis oleh saya dan kembaran, Eva Sri Rahayu. Buku ini bercerita tentang kehidupan suka duka kami sebagai anak kembar. Cek di sini untuk tahu lebih jauh tentang TwiRies: The Freaky Twins Diaries.


Alhamdulillah, setelah lolos tahap seleksi dan longlist tahap I Anugerah Pembaca Indonesia 2014, TwiRies: The Freaky Twins Diaries masuk ke dalam longlist tahap II untuk kategori non fiksi favorit.

Polling Anugerah Pembaca Indonesia 2014: Longlist Tahap II diadakan oleh panitia untuk menentukan siapa pemenang buku terfavorit, penulis terfavorit, dan perancang sampul terfavorit berdasarkan jumlah polling terbanyak.

Polling Longlist Tahap II ini akan dibuka sejak tanggal 10 sampai dengan 16 November 2014. Kemudian polling akan dilanjutkan dengan shortlist dengan jumlah nominasi yang disusutkan menjadi lima per kategori.

Polling Longlist Tahap II ini merupakan polling baru di mana pembaca dapat tetap memberikan suaranya, termasuk yang sudah melakukan vote pada Polling Longlist Tahap I.

Buat kamu yang ingin berpartisipasi mengikuti polling ini, caranya cukup mudah. Pertama, kamu harus memiliki akun di situs goodreads.com. Kedua, tergabung di grup Goodreads Indonesia. Setelah itu, klik link ini untuk mengisi Polling Longlist Tahap II.

Jangan lupa dukung TwiRies ya, teman-teman ^_^. Saya dan Eva mengucapkan banyak terima kasih sebelum dan sesudahnya *peluk jauh*.

Sumber:
https://www.goodreads.com/group/show/345-goodreads-indonesia
http://festivalpembacaindonesia.com/

Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
Aprie Janti
AUTHOR
11 November 2014 19.16 delete

Selamat yah kembar! neng eva sama neng evi, semoga menang... :D

Reply
avatar
Tokopenjual
AUTHOR
12 November 2014 17.50 delete

saya juga gabung goodreads dan seruuu

Reply
avatar
Idah Ceris
AUTHOR
15 November 2014 08.25 delete

Saya belum melakukan poling, Kak. Hihihi
Insya Allah kalau ol PC, ya. Sukses untuk Twins.

Reply
avatar
Hilda Ikka
AUTHOR
16 November 2014 01.01 delete

Huah, semoga sukses ya TwiRies! Senang sekali kalau akhirnya kamu berhasil ^^

Reply
avatar
22 November 2014 00.25 delete

Semoga TwiRies yang menang! Aamiin. :)

Reply
avatar
26 November 2014 18.06 delete

Makasih banget dukungannya semuaaaa. Terharuuu :') *peluk satu-satu*

Reply
avatar
8 Januari 2015 12.03 delete

Iya emang seru banget ^^b

Reply
avatar
8 Januari 2015 12.03 delete

Makasih banyak ya Idah :)

Reply
avatar
8 Januari 2015 12.05 delete

Iya ya Pa, terharu sangat T.T

Reply
avatar