AUDISI ANTOLOGI "SELL YOUR SOUL!"


Dewi Athena



PROLOG


             Di dunia ini siapa yg tidak pernah mengalami kegagalan? Keputusasaan? Perasaan hancur, letih, kecewa yang menyergap menjadi kekosongan. Menikam hingga sulit bernafas. Kegagalan dan keputusasaan yang membuat kita tidak takut lagi menghadapi kematian.
            Ada orang-orang yang bisa berdiri kembali karena punya keteguhan hati, ada orang yang akhirnya menjadi pecundang, tidak pernah bisa menghadapi kegagalan itu. kegagalan adalah proses yang harus dialami manusia. Dia tidak memilih siapapun, perempuan, laki-laki, pemimpin, pengemis, apapun profesinya, selama masih manusia. Celakanya, kegagalan tidak pernah datang sekali sepanjang hidup, dia sangat senang berkunjung. Kemudian akan ada orang yang lelah gagal dan berdiri. Siapapun ingin jadi pemenang, menjadi pahlawan bagi dirinya maupun orang lain. Bagaimana mungkin kemenangan selalu datang?
            Hanya ada satu kekuatan yang selalu menang, yaitu “Athena” Dewi kebijaksanaan, strategi, dan kemenangan perang.
            Dunia ini adalah wahana perang setiap manusia. Dia yang kalah akan tersingkir!
            “Sakit.. sakit sekali.. Aku berjanji tidak akan pernah merasa sesakit ini lagi! Apapun yang dapat menolongku, akan kulakukan. Tolong! Tolong! Tolong aku!” Panggillah dia, sang Dewi yang dapat berwujud apapun, dan mewujudkan apapun.
            Lalu Sang Dewi akan memberikan sesuatu sebagai alat si pemanggil mewujudkan keinginannya.

Keterangan:
Dewi Athena dalam mitologi Yunani adalah Dewi kebijaksanaan, perang, strategi, dan pelindung kota Athena.

AUDISI ANTOLOGI “SELL YOUR SOUL!”

Manusia tercipta dengan keinginan dan hasrat. Hasrat dan keinginan itu menciptakan mimpi, cinta, ambisi, dan banyak rasa lainnya. Tapi tidak semua keinginan itu tercapai dalam hidup. Banyak kegagalan yang ditemui. Kegagalan selalu menyakitkan. Baik itu kegagalan dalam percintaan, menggapai impian, persahabatn, dan semua hal. Namun bagaimana manusia menyikapi sebuah kegagalan dari pencapaian hasrat dan keinginan mereka adalah berbeda. Ketika kegagalan menciptakan kesedihan mendalam dan keputusasaan, timbul keinginan untuk menggapai sesuatu lewat jalan pintas. Apapun dilakukan, termasuk menjual jiwa!

Audisi antologi “Sell Your Soul!” Aturan cerpen:

  1. Prolog adalah prolog dalam buku antologi “Sell Your Soul!” yang artinya setiap cerita harus berhubungan dengan prolog itu.
  2. Dalam setiap cerpen, tokoh Athena harus selalu ada, dan bukan sebagai pemeran utama. Artinya, Anda bebas menentukan tokoh utama yang akan bertemu dengan Athena.
  3. Kalimat pemanggil Athena adalah “Sakit.. sakit sekali.. Aku berjanji tidak akan pernah merasa sesakit ini lagi! Apapun yang dapat menolongku, akan kulakukan. Tolong! Tolong! Tolong aku!”
  4. Konflik dalam cerpen bebas, boleh kegagalan cinta, menggapai mimpi, persahabatan, masalah keluarga, atau lainnya.
  5. Athena selalu memberikan barang kepada pemanggilnya. Lewat barang itulah si pemanggil mencoba mencapai keinginannya. Barang yang diberikan Athena bebas, disesuaikan dengan kebutuhan cerita.
  6. Barang yang diberikan boleh dijadikan sebagai alat apa saja. Misalnya alat pembunuh, bertukar jiwa, dan lainnya.
  7. Sosok Athena boleh berbeda di setiap cerpen. Hadir sebagai seorang suster, guru, penjual bunga, atau siapa pun. Tetapi fisiknya sama. Berambut panjang bergelombang, cantik, putih, dengan tinggi 170cm.
  8. Ending cerpen tidak menceritakan nasib Athena.
  9. Ending cerpen boleh bahagia, kesadaran, sedih, atau apa saja.
  10. Ciptakan karakter tokoh dan konflik yang kuat.
  11. Sell your soul di sini bukan menjual jiwa pada Athena, tapi dalam pengertian menyerahkan kesejatian jiwa pada hal kekuatan lain.


Contoh cerita:
Ardi yang sakit-sakitan iri pada kakaknya yang sehat dan memiliki segalanya. Disaat putus asa, Ardi mengatakan kalimat “Sakit.. sakit sekali.. Aku berjanji tidak akan pernah merasa sesakit ini lagi! Apapun yang dapat menolongku, akan kulakukan. Tolong! Tolong! Tolong aku!” yang tanpa disadarinya telah memanggil Athena. Athena yang datang dalam wujud seorang dokter, memberikan sebuah cermin kepada Ardi untuk bertukar peran dengan kakaknya.

  1. Dalam cerita diatas, Athena datang dalam wujud seorang dokter.
  2. Barang yang diberikan untuk mewujudkan keinginan Ardi adalah cermin.
  3. Ardi tanpa sadar memanggil Athena dengan magic word.


Persyaratan audisi:

  1. Usia peserta tidak dibatasi
  2. Cerpen fiksi
  3. Belum pernah dimuat di media atau sedang diikutsertakan dalam lomba
  4. Panjang naskah 5-7 halaman A4, ketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman 12. Ketik dan simpan hanya dalam file Microsoft Word berformat (.doc). Kirim bentuk attachment.
  5. Sertakan biodata naratif yang termasuk di dalamnya nama FB, sepanjang satu paragraf di akhir naskah.
  6. Jangan lupa cantumkan judul tulisan dan nama penulis di awal tulisan (halaman pertama)
  7. Kirim naskah dan biodata berupa lampiran dengan Subjek : SOUL_Judul naskah_nama penulis ke alamat email: sellyoursoul2012@gmail.com
  8. Tulis pengumuman audisi ini dalam catatan FB Anda dan tag 20 teman Anda, penyelenggara TIDAK usah di tag. Cukup cantumkan link catatan FB audisi Anda di badan email.
  9. Peserta harus menjadi anggota Fanpage Chibi Publisher. Yang belum silakan klik “like” di link ini: http://www.facebook.com/chibipublisher
  10. Audisi antologi “Sell Your Soul!” ini dibuka dari tanggal 7 Agustus sampai 31 Agustus 2012 pukul 23.59 WIB
  11. Pengumuman audisi tanggal 12 September 2012 di catatan Fanpage Chibi Publisher, pukul 20.00 WIB
  12. Akan dipilih 10 naskah yang dinilai paling sesuai dengan tema, dan menarik
  13. Naskah yang terpilih akan diterbitkan oleh CHIBI Publisher.
  14. Total naskah dalam buku “Sell Your Soul!” adalah 15 naskah. 10 naskah kontributor, 2 naskah penulis tamu, dan 3 naskah dari tim Chibi Publisher.
  15. Kontributor yang terpilih tidak akan menerima royalti, tetapi mendapatkan 3 eksemplar buku antologi “Sell Your Soul!”
  16. Segala hal yang ingin ditanyakan mengenai audisi ini lewat inbox Fanpage Chibi Publisher atau email sellyoursoul2012@gmail.com


Kriteria penilaian:

  1. Mengandung unsur kejutan yang kuat, sehingga cerita tidak mudah ditebak.
  2. Konflik yang kuat.
  3. Ending
  4. Cerpen sesuai brief


Salam karya,
Chibi Publisher.

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment