5 Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Selama Pandemi

 

5-Tips-Menjaga-Berat-Badan-Tetap-Ideal
5 Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Selama Pandemi
Gambar Vidmir Raic dari Pixabay

Selama pandemi, saya jarang menengok orang tua walaupun kami tinggal satu kota. Niat saya biar sama-sama saling jaga dari kemungkinan menularkan virus Covid 19. Karena jarang bertemu, orang tua saya suka pangling lihat saya. “Evi kurusan ya, sekarang?” Itu komentar orang tua atau keluarga lain saat bertemu dengan saya.

 

Siapa coba yang nggak senang disebut kurusan? He he. Saya termasuk orang yang susah turun berat badan dan cepat naiknya. Siapa yang senasib sama saya? Ini ada 5 tips menjaga berat badan tetap ideal selama pandemi yang bisa kamu coba di rumah.

 

1 Tentukan Target

Sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan, ada baiknya kamu cek dulu berat badan ideal. Ada dua cara untuk mengetahuinya yaitu dengan menggunakan rumus Broca dan kalkulator Body Mass Index (BMI).

 

5-Tips-Menjaga-Berat-Badan-Tetap-Ideal
Tentukan target berat badan ideal
Gambar Vidmir Raic dari Pixabay

Rumus Broca membedakan antara berat badan ideal perempuan dan laki-laki.

Laki-laki: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen]

Perempuan: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]

 

Ini saya kasih contoh berat badan saya ya: (153-100) - [(153-100) x15%)= 53 - 7,95= 45,05. Jadi, berat badan ideal saya adalah 45,05 kilogram. Aslinya berat badan saya masih 50kg hiks.

 

Sedangkan jika menggunakan kalkulator BMI lebih menitikberatkan pada usia. Kalkulator BMI efektif digunakan untuk usia 20 tahun atau lebih. Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5-25. Ini cara menghitungnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)

 

Contohnya berat badan saya 50 kg dan tinggi badan 1,53 meter. Nilai BMI saya adalah 50:(1,53) = 32,67. Artinya berat badan saya termasuk di atas rata-rata.

 

Setelah mengetahui berat badan ideal dan nilai BMI, saya menjadikannya sebagai target. Target ini semacam tujuan. Penting sekali menentukan tujuan biar kita termotivasi. Lihat angkanya sih, saya kudu kerja keras nih! Ho ho. Yuk, hitung punya kamu.

 

Namun kebutuhan setiap orang berbeda-beda ya, jadi kalau kamu enggak mematok dari berat badan ideal juga bisa. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Jika kamu sudah merasa nyaman dengan berat badanmu sekarang, tinggal mempertahankannya saja.

 

2 Pola Makan Sehat

Kita mungkin mengenal pola makan 4 sehat 5 sempurna. Dan pola makan yang baik tiga kali sehari. Memproporsikan pola makan ini agak tricky buat saya. Karena berat badan saya berlebihan, porsi makan saya diatur. Saat sarapan dan makan siang, saya makan makanan berat. Sedangkan malam hari saya lebih sedikit makan.

 

5-Tips-Menjaga-Berat-Badan-Tetap-Ideal
Menentukan pola makan yang sehat
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Saya sendiri sedang mencoba mengurangi makan nasi putih. Jadi saya campurkan beras putih dan beras merah dengan takaran 50%:50%. Misalnya saya masak sehari 500gram nasi yang terdiri dari 250gram beras putih dan 250gram beras merah. Nasi merah mengandung banyak serat dan kandungan gulanya lebih sedikit. Efeknya juga lebih mengenyangkan.

 

Untuk lauk pauk, saya lebih sering menyajikan sayuran ketimbang daging. Tubuh kita tetap butuh daging jadi saya hanya memasak daging seminggu maksimal tiga kali. Selain itu, saya memperbanyak makan ikan.

 

Memasak sayur mayur pun sekarang lebih sering saya kukus ketimbang ditumis. Membatasi asupan gula dan garam juga sangat membantu menurunkan berat badan. Namun sekali lagi, kebutuhan setiap tubuh berbeda. Jadi sebaiknya banyak membaca dan berkonsultasi pada ahli sangat saya sarankan.

 

3 Hindari Mengemil Berlebihan

Pandemi bikin kita lebih sering di rumah. Aktivitas rasanya agak terbatas. Penyakit diam di rumah itu kebanyakan ngemil. Iya, nggak, sih? Mengemil itu bukan dosa, kok. Namun sebaiknya hindari mengemil berlebihan. Titik beratkan pada pola makan yang sehat.

 

5-Tips-Menjaga-Berat-Badan-Tetap-Ideal
Mengemil buah-buah agar lebih sehat
Gambar oleh Engin Akyurt dari Pixabay

Sekarang banyak pilihan camilan yang less sugar. Atau kamu bisa membuat kue dan camilan sendiri di rumah sehingga kamu bisa menghitung takaran kandungannya. Ngemil buah dan sayuran juga seru, loh. Bisa dibikin semacam salad atau pecel.

 

Oh iya, agar mengemil berkurang, banyakin minum air putih. Karena sebetulnya tubuh kita memberi sinyal lapar atau haus itu sama. Jangan-jangan tubuh kamu hanya butuh air bukan makanan.

 

4 Olah Raga

Olah raga sangat disarankan agar tubuh kita sehat. Namun kalau mau menurunkan berat badan, olah raganya harus sedikit ekstra ya. Ini ada artikel saya terdahulu tentang 5 olah raga yang bisa kamu lakukan di rumah. Coba sisihkan waktu 15-30 menit sehari untuk berolah raga.

 

5-Tips-Menjaga-Berat-Badan-Tetap-Ideal
Olah raga rutin di rumah
Gambar oleh Omar Medina Films dari Pixabay

Selain itu ada olah raga lain yang ringan dan cukup efektif menurunkan berat badan, setidaknya buat saya. Seperti push up, back up, naik turun tangga, dan lompat tali. Untuk melakukan olah raga ini sebaiknya juga dilakukan secara berkala dan rutin. Maksudnya begini, misalnya push up mulai dari sehari 20 kali dulu, seminggu kemudian meningkat jadi 30 kali. Agar tubuhnya enggak kaget. Bisa-bisa kram perut atau cedera. Selalu lakukan pemanasan terlebih dahulu ya.

 

5 Puasa

Mama saya selalu berpesan untuk puasa. Bisa puasa senin dan kamis atau puasa Daud. Puasa Daud ini puasa yang dilakukan selang sehari. Misalnya senin puasa, selasa libur, rabu puasa, kamis libur, begitu seterusnya.


5-Tips-Menjaga-Berat-Badan-Tetap-Ideal
Puasa bisa menurunkan dan menjaga berat badan
Gambar oleh Natasha Spenser dari Pixabay


Sebetulnya puasa ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan meski godaannya cukup berat buat saya. Hiks. Namun jika sudah dilakukan akan terasa lebih ringan. Memulainya itu, loh yang susah he he.

 

Kalau sudah punya target, ada baiknya kamu tulis besar-besar. Pampang di tempat yang mudah kamu lihat sebagai pengingat saat semangat kendor. Oh iya, jangan lupa punya timbangan berat badan ya. Sebagai kontrol saja sih, nggak perlu setiap saat kamu timbang badan he he. Nanti jatuhnya malah stress.

 

Terkait penghitungan berat badan ideal, kamu juga bisa menggunakan aplikasi HaloDoc. Di situ ada kalkulator BMI yang bisa menghitung berat badan idealmu secara akurat. Selain itu kamu juga bisa konsultasi lewat chat pada dokter. Sangat membantu untuk tanya-tanya masalah kesehatan kita.

 

Walaupun vaksin corona sudah ditemukan dan akan segera disebar, kita tetap harus menjalankan berbagai protocol kesehatan. Salah satunya menghindari bepergian bila enggak perlu-perlu amat. Aplikasi HaloDoc memungkinkan kita untuk membeli obat secara daring, konsultasi pada dokter, bahkan tes Covid 19. Banyak juga artikel kesehatan yang membuat kita makin sadar kesehatan.

 

Itulah 5 tips menjaga berat badan tetap ideal selama pandemi. Semoga membantu ya. Menjaga berat badan tetap ideal membuat tubuh kita lebih sehat, segar, dan ringan. Kalau kamu punya cara lain, tulis di kolom komentar ya. Siapa tahu bisa saya praktikan.

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

1 comment: