Fakta dan Mitos Penyakit Kanker Payudara yang Harus Kamu Ketahui!

 

Fakta-dan-Mitos-Penyakit-Kanker-Payudara
Fakta dan Mitos Penyakit Kanker Payudara yang Harus Kamu Ketahui!
Sumber: Waldryano-Pixabay

Bulan Oktober mengawali hari-hari berhujan. Dalam kondisi cuaca seperti itu saya biasanya lebih banyak diam di rumah untuk membaca buku. Ya, selain karena sekarang masa pandemi. Oktober ini juga istimewa sebab Bulan Peduli Kanker Payudara. Informasi yang beredar di masyarakat menyebutkan bahwa kanker payudara identik dengan perempuan. Benarkah?


Kita selalu hidup dengan banyak mitos termasuk tentang penyakit kanker payudara. Disebut mitos sebab belum terbukti kebenarannya. Saya ingin membahas tentang fakta dan mitos penyakit kanker payudara yang harus kamu ketahui! Ya, kamu. Perempuan ataupun laki-laki mesti tahu tentang fakta-fakta kanker payudara.


Kasus Kanker yang Terjadi di Indonesia

Seperti yang kita semua tahu bahwa di tubuh kita ada sel-sel kanker. Sel-sel ini sifatnya pasif dan dapat aktif bila pola hidup kita semrawut. Menurut WHO per Februari 2019, kanker payudara di Indonesia merupakan kasus terbanyak.


Data-kasus-kanker-di-Indonesia
Data kasus kanker di Indonesia - Sumber: https://databoks.katadata.co.id/


Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara seperti kelenjar lobulus yang menghasilkan susu, di saluran duktus yang membawa air susu dari kelenjar ke puting, dan di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara.

 

Kementerian Kesehatan menyatakan 42,1 orang per 100.000 penduduk Indonesia terserang kanker payudara. Rata-rata kematian mencapai 17 orang per 100.000 penduduk. Sebuah angka yang patut kita waspadai.

 

Fakta dan Mitos Penyakit Kanker Payudara yang Harus Kamu Ketahui

Mengingat bahaya dan besarnya sebaran penyakit ini, kamu harus mengetahui fakta dan mitos penyakir kanker payudara. Jangan sampai kita terjebak dengan mitos sehingga memengaruhi penanganan dan kewaspadaan kita terhadap kanker ini.

 

Nah, apa saja sih fakta dan mitos penyakit kanker payudara tersebut? Yuk, cek poin-poin di bawah ini:

 

Kanker Payudara Hanya Menyerang Perempuan

Kanker payudara hanya menyerang perempuan merupakan mitos. Faktanya baik perempuan atau laki-laki dapat terserang kanker ini. Walaupun kasus pada laki-laki langka tetapi penyebarannya lebih cepat karena jaringan payudara laki-laki lebih tipis. Jadi buat kamu yang laki-laki, bila terasa ada benjolan atau sesuatu yang kurang nyaman di sekitar payudara segera dicek, ya.

 

Kanker Payudara Selalu Menyakitkan dan Berupa Benjolan

Mitos bahwa kanker payudara selalu berupa banjolan yang menyakitkan. Faktanya kanker payudara secara diam-diam sampai akhirnya memperlihatkan gejala. Benjolan merupakan gejala paling umum dari kanker payudara. Benjolan ini bisa terasa sakit atau tidak. Jadi salah besar bila ada benjolan yang tidak sakit kemudian kita abaikan. Benjolan apa pun mesti kita periksakan.

 

Perlu diketahui tidak selamanya kanker ini berupa benjolan. Gejala lain dari kanker payudara adalah:

  • Pengelupasan pada puting, biasanya berdarah
  • Ruam terus-menerus di wilayah areola puting
  • Kelainan bentuk puting
  • Kemerahan dan perubahan pada kulit payudara

 

Apabila gejala di atas tampak, segera check up ke dokter ya.

 

Kanker Payudara Merupakan Penyakit Turunan

Kanker payudara merupakan penyakit turunan adalah mitos. Faktanya hanya 5-15% orang yang terkena kanker ini memiliki riwayat keluarga terserang kanker payudara. Kanker ini termasuk penyakit yang sporadis. Dapat menyerang siapa saja tanpa kecenderungan genetik. Faktor penuaan satu-satunya yang mengindikasi penyakit tersebut.

 

Penanganan Kanker Payudara Selalu Harus dengan Mengambil Seluruh Bagian Payudara

Saya tumbuh dengan film-film jadul yang menceritakan tentang perempuan pengidap kanker payudara. Solusi satu-satunya dari film-film tersebut dengan mengambil seluruh bagian payudara. Sekarang hal tersebut terbilang mitos sebab dengan berkembangnya teknologi pengobatan, kanker payudara dapat ditanggulangi dengan mengambil hanya sebagian dari payudara (lumpectomy). Kemudian dilakukan radioterapi.

 

Selain itu dapat juga dilakukan pengobatan payudara dengan kemoterapi untuk mengecilkan tumor baru dilakukan lumpectomy. Bahkan di era kini penyintas kanker payudara dapat merekonstruksi payudara setelah operasi kanker payudara.

 

Kanker Payudara Selalu Berakhir dengan Kematian

Kanker payudara selalu berakhir dengan kematian jelas adalah mitos. Faktanya tingkat kesembuhan kanker ini mencapai 95% jika terdekteksi di tahap awal. Apalagi dengan kemajuan teknologi pengobatan kanker seperti kemoterapi, radioterapi, terapi hormonal dan imunoterapi target. Jadi kuncinya deteksi dini dapat meningkatkan kemungkinan untuk sembuh secara total.

 

Deodorant Menyebabkan Kanker Payudara

Saya masih ingat dulu waktu kecil banyak yang melarang saya menggunakan deodorant. Katanya deodorant menyebabkan kanker payudara karena mengandung zat-zat seperti alumunium dan paraben. Ini adalah mitos. Belum ada studi ilmiah yang menyatakan penggunaan deodorant secara teratur menyebabkan kanker payudara.

 

Penggunaan Bra Terus-Menerus Menyebabkan Kanker Payudara

Mitos paling santer selain penggunaan deodorant adalah memakai bra yang terus-menerus dapat mengganggu sirkulasi kelenjar di payudara terutama sistem limfatik. Kalaupun harus memakai bra pilihlah yang tidak berkawat. Faktanya tidak ada bukti ilmiah yang membeberkan adanya hubungan penggunaan bra atau tipe bra tertentu menyebabkan kanker payudara.

 

Pinky Promise with Malaysia Healthcare di Instagram

Sudah lihat data WHO di atas betapa banyaknya penyintas kanker payudara? Nah, kini saatnya kita memberikan dukungan kepada mereka agar tetap semangat untuk sembuh. Malaysia Healthcare mengajak kita untuk berpartisipasi peduli terhadap kanker payudara melalui kampanye Pinky Promise di Instagram.

Pinky-Promise-with-Malaysia-Healthcare
Pinky Promise dukungan bagi penyintas kanker payudara


Simak caranya di bawah ini:

1. Follow akun @medtourismmy.id 

2. Like postingan ini dan ajak 3 temanmu dengan mention mereka di kolom komentar.

3. Unggah foto/video dengan gestur ‘pinky promise’ di IG feeds/IG story menggunakan nuansa pink (background pink, baju pink, rambut pink, pita pink, dll)

4. Tulis caption dengan awalan "I promise" atau "Aku berjanji untuk" yang menginspirasi seperti memberikan dukungan dan motivasi, edukasi untuk hidup sehat atau pengalaman menjadi breast cancer survivor.

5. Sertakan hashtag #PinkyPromiseWithMH dan tag @medtourismmy.id + 3 orang teman

6. Postingan paling menarik akan mendapatkan hadiah sebesar Rp200.000,- untuk 10 orang pemenang.

7. Periode campaign 9-23 Oktober 2020.

8. Keputusan pemenang ditentukan oleh Malaysia Healthcare dan tidak bisa diganggu gugat.


Pinky-Promise-dukungan-bagi-penyintas-kanker-payudara
Pinky Promise dukungan bagi penyintas kanker payudara

 

Ayok kita ikutan! Kita memberi dukungan pada penyintas kanker payudara sekaligus memberi kesadaran tentang kanker ini. Dan, kita juga bisa dapat hadiah.

 

Itulah fakta dan mitos penyakit kanker payudara yang harus kamu ketahui. Kamu mau menambahkan? Yuk, tulis di kolom komentar.

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

16 comments:

  1. Harus hati-hati nih dengan keadaan payudara kita sekarang ini, semoga kita selalu sehat serta terlindungi dari penyakit.

    Yg bagian 'memakai bra terus menerus ' itu aku jadi agak parno :((

    ReplyDelete
  2. Yahh lombanya sudah berakhir ya kak, padahal pengen ikutaaan :(

    ReplyDelete
  3. Dulu saya juga sering denger kalau deodorant bisa memicu kanker. Sempet worry dan gak pengen pakai deodoran. Baca artikel ini jadi tahu kalau itu mitos. Terima kasih teh

    ReplyDelete
  4. Saya baru tahu kalau kanker payudara bisa nggak diangkat semua. Tetangga juga kena kanker payudara hampir tiga tahunan yang lalu. Alhamdulillah, tetap bugar dan sehat ceria selalu.

    ReplyDelete
  5. dulu, saya malah diberitahu nggak boleh cebok pakai sabun karena bisa kanker

    cukup pakai air aja katanya... hahahha

    untung dunia berkembang dan info-info penting seperti yang ditEvi semakin banyak dan mencerdaskan pembacanya ya?

    ReplyDelete
  6. Penyakit kanker payudara ini memang paling ditakuti ya, Mbak Evi, Bisa jadi karena beredarnya mitos-mutos yang membuat resah. Misalnya kanker payudara bisa disebabkan dari turunan. Kalau yang percaya, pasti ini akan membuat cemas orang juga. Akhirnya bisa ngefek ke penyakit lainnya.

    ReplyDelete
  7. Banyak mitos yg tidak bener mengenai kanker payudara ini ya, seperti hanya wanita saja yg terkena. Padahal pria juga bisa kena. Trima kasih utk sharingnya

    ReplyDelete
  8. Saya juga mengiranya kanker payudara ini hanya mengena pada perempuan, ternyata laki-laki juga bisa. Nice sharing teh

    ReplyDelete
  9. Wah menarik dan informatif sekali postingannya Mbak. Jujue ada beberapa hak yany baru aku tahu nih. Salut deh dengan campaign Pinky Promise ini semoga mereka para penyintas tetap kuat dan kita ayng sehat dijauhkan dari penyakit tersebut

    ReplyDelete
  10. keren banget mba artikelnya sangat informatif, semakin terbuka akan mitos dan fakta mengenai kanker payudara

    ReplyDelete
  11. wah makasi buat infonya. bermanfaat banget buat tahu tentang fakta dan mitor kanker payudara. tentang kanker payudara pada pria, aku nonton lho serial drakor yang berkisah tentang itu

    ReplyDelete
  12. Baguus teh artikelnya puenting banget, makasih udah sharing yaa.. banyak hal yang aku belum tahu lhoo..kirain kanker payudara buat perempuan ajaa.

    ReplyDelete
  13. Artikel yang sangat menarik, jadi ingat beberapa tahun lalu pernah menemani tetangga yang kena kanker payudara, dan akhirnya tidak bisa selamat, jadi harus lebih aware tentang kesehatan payudara.

    ReplyDelete
  14. Bagus sekali teh informasi ini, aku izin share ya karena penting bagi masyarakat tau akan hal fakta serta mitos seputar payudara

    ReplyDelete
  15. Untuk mengantisipasinya, kegiatan SADARI harus terus dilakukan wanita agar bisa mendeteksi kemunculan kanker payudara sedini mungkin

    ReplyDelete
  16. Yang deodorant ini aku pernah denger juga loh pas sekolah teh, sampe ga pernah beli sampai nikah. Semoga kita selalu sehat ya

    ReplyDelete