Belajar Creative Writing Dalam Bahasa Inggris Bersama TBI Malang

 

Belajar-Creative-Writing-Bersama-TBI-Malang
Belajar Creative Writing Dalam Bahasa Inggris Bersama TBI Malang

Saya pernah begitu menyukai Bahasa Inggris. Bahkan waktu SMP nilai Bahasa Inggris saya sangat baik hingga diikutkan lomba oleh sekolah. Tidak juara sih, tapi jadi pengalaman yang berharga. Masuk ke SMA, minat saya terhadap bahasa satu ini menurun. Ya, memang minat saya terhadap suatu pelajaran sangat bergantung pada bagaimana cara guru mengajar. Kalau kurang cocok, saya cenderung ogah-ogahan. Boro-boro creative writing, grammar dan vocabulary saya aja masih minim dan acak-acakan.

 

Saya paham sekali di zaman sekarang Bahasa Inggris begitu penting. Membuka cakrawala pengetahuan ke dunia lain. Menuju kebudayaan-kebudayaan lain. Sesuatu yang saya senangi. Bahkan kini Bahasa Inggris saja tidak cukup, harus didampingi berbagai bahasa asing lainnya. Minimal Bahasa Inggris harus dikuasai sebagai bahasa pengantar global.

 

Di tahun 2018 saya pernah sangat rajin belajar Bahasa Inggris lewat aplikasi. Itu cukup menyenangkan sebab tidak membutuhkan biaya dan waktunya fleksibel. Sayangnya saya tidak didampingi mentor sehingga banyak hal yang harusnya bisa ditanyakan atau didiskusikan saya pendam sendiri. Saya pikir kerja keras saya selama setahun itu lewat begitu saja. Ternyata saya salah.


Blogger’s Short Course Creative Writing Bersama TBI Malang

Beberapa bulan ke belakang, saya daftar short course creative writing di Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB). Namun saya tidak pernah terpilih. Alhamdulillah penantian saya berbuah manis. Di bulan September 2020 saya mendapat kesempatan itu.

 

Belajar-Creative-Writing-Bersama-TBI-Malang
Peserta terpilih dari Komunitas ISB


Komunitas ISB kali ini menggandeng TBI Malang untuk short course creative writing yang diadakan 3 hari pada 21, 23, dan 24 September setiap pukul 10.00 – 12.00 WIB. Kelas berlangsung secara daring melalui platform Google Classroom dan ZOOM.

 

Pertama-tama, blogger yang terpilih harus mengikuti placement test untuk mengetahui kemampuan dasar setiap orang. Saya mengerjakan soal-soal sebanyak 100 selama satu jam (sepertinya lebih, sih!). Besoknya sudah keluar hasil bahwa nilai saya 59. Segitu aja saya udah senang. Ternyata hasil belajar saya tahun 2018 ada gunanya juga he he he.

 

Creative Writing 1: A Travel Blog

Sepemahaman saya creative writing adalah menulis sesuatu yang orisinil untuk mengekspresikan pikiran dan perasaanmu secara imajinatif, unik, dan tetap memakai logika, membuat pembaca tulisanmu terinspirasi dan menimbulkan imajinasi.

 

Dalam Bahasa Indonesia saja sudah sulit apalagi dalam Bahasa Inggris. Jadi sejujurnya saya cukup tegang mengikuti kelas.

 

Materi pertama diampu oleh Mr. Ryan yang berasal dari Australia. Hari itu sejak semalam badan saya kurang sehat. Maka saya terlambat masuk kelas. Saya bergabung ketika semua orang sedang membandingan 2 tulisan travel blogger, manakah yang lebih baik. Saya melewatkan sesi perkenalan dan permainan di awal sesi. Hiks.

 

Creative Writing menulis perjalanan ada 6 elemen dasar, yaitu:

  • Give first impressions
  • Mention some history
  • Talk about feelings
  • Describe the hotel
  • Mention places visited
  • Describe sights and sounds

 

Seluruh peserta kelas kemudian diminta Mr. Ryan untuk menulis beberapa paragraf dalam waktu singkat. Saya hanya mampu menulis satu paragraf saja. Ini dia hasilnya:

 

I was a little surprised to find Bali in the cold. Spread out the mountains and forests, from above it looks like a green carpet studded with beads. Apart from mountains and forests, there are clove and coffee plantations. Not suprisingly the air is cool. When night fell, the cold air would bite my skin.  The area is called Munduk.

 

Creative Writing 2: Restaurant Review

Materi kedua diampu oleh Miss Mega yang tinggal di Bali. 2 hari kami mempelajari restaurant review. Saya excited banget sebab suka review kuliner. Saya punya blog khusus kuliner yaitu www.mushroomcuisine.com. Miss Mega membahas tulisan kami tentang travel blog. Kata beliau, tulisan saya terlampau pendek.

 

Semua peserta diajak untuk berani memberi opini pada tulisan-tulisan teman. Jadi kami saling memberi masukan. Seru!

 

Kelas-Creative-Writing-Blogger-Bersama-TBI-Malang
Kelas Creative Writing Blogger Bersama TBI Malang. SUmber foto: Josepine Yaputri


Setelah itu, kami dibimbing untuk menilai sebuah restoran. Apa saja yang harus ada dalam restaurant review?

Location, menu, type of restaurant, price, clientele, atmosphere, reputation, food quality, service, and your experience.

Sebelum kelas ini, saya hanya meraba-raba apa saja sih, yang harus ada dalam review restoran? Akhirnya saya menemukan jawabannya. Bahagia banget.

 

Latihan pertama, kami harus membuat restaurant review berdasarkan catatan tadi yang akan dibahas keesokan harinya. Saking semangatnya, saya sudah bikin tulisan bukan lagi catatan. Ha ha ha.

 

Hari terakhir kami belajar review restoran dalam bentuk tulisan. Dalam Restaurant review kita harus memerhatikan hal-hal ini:

  • Express opinions using complete sentences 
  • Use descriptive language to voice an opinion
  • Write clear and specific topics sentences 
  • Strong paragraphs 

 

A strong topic sentence needs to: have a clear focus that is not too broad or too narrow. If the focus is too broad or too narrow the reader will be confused about the writer’s purpose. Have one (and only one) clearly stated topic. A strong topic sentence will often reveal the writer’s opinion; however, many topic sentences may just focus on an idea that is not necessarily an opinion.

 

Saya kemudian membaca-baca lagi tulisan-tulisan saya tentang review restoran. Sepertinya banyak yang mesti saya perbaiki. Tugas terakhir, kami harus menulis restaurant review. Dan ini dia hasil saya:

Restaurant-review
 
Restaurant-review


Tulisan tersebut saya sarikan dari Makan dan Ngopi Bernuansa Vintage Retro di Kopitera.

 

Dan ini koreksi dari Miss Mega. Saya jadi tahu apa yang mesti diperbaiki. Senang sekali ternyata punya mentor.


restaurant-review
Koreksi restaurant review dari Miss Mega

 

3 hari belajar creative writing dalam Bahasa Inggris bersama TBI Malang sungguh menyenangkan dan mencerahkan. Terima kasih TBI Malang dan Komunitas ISB. Kalau kamu tertarik belajar Bahasa Inggris seperti saya, bisa menghubungi TBI terdekat di kotamu.

 

Sekilas Tentang The British Institute (TBI)

The British Institute didirikan pada 18 Februari 1984. Sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran Bahasa Inggris. TBI adalah tempat kursus Bahasa Inggris yang terdepan dan pertama di Indonesia dari segi mutu dan kualitas. TBI memastikan bahwa para pengajar baik lokal ataupun asing memenuhi syarat kualifikasi yang sesuai dengan standar internasional.

 

TBI adalah satu satunya institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh the University of Cambridge English untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages), dan ini menjadikan TBI selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam pelatihan guru dan menjadi yang terdepan dalam segala metodologi pengajarannya.

 

Buat kamu yang berada di Kota Malang dapat langsung mengunjungi lokasi TBI yang sangat strategis yaitu di jalan Soekarno Hatta Kav A2, dekat dengan Universitas Brawijaya Malang,  Politeknik Negeri Malang, dan Universitas Negeri Malang.

 

Sistem Pembelajaran TBI Malang:

  • Face-to-face / Offline Learning
  • Online Learning

Sistem pengajaran yang praktis, relevan, menyenangkan, dan dinamis. Jadwal kelas yang bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan karena TBI memiliki kelas dari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 10.00 – 21.00.

 

Program Kelas Tersedia

  • Children
  • Pre Teen
  • Teen
  • Global English
  • Exam Preparation for TOEFL or IELTS test
  • In-House Training / Private Class
  • Online Learning

 

TBI Malang terdepan untuk persiapan tes IELTS dan TOEFL sehingga dipercaya oleh banyak perusahaan dan Institusi di Malang. Bahkan beberapa universitas di Malang bekerja sama dengan TBI untuk Practice Test TOEFL.

 

Soal biaya kursus, jangan khawatir sebab terjangkau. Sekarang sedang ada promo

Back to Campus yaitu special discount 20% + lucky dip (Study Voucher, Merchandise, dll).

 

Contact Details

Info: 0341 438 – 2561/

WA: 0822 4517 7344

Email: info.malang@tbi.co.id

Website: www.tbi.co.id

Instagram: tbi_malang

Facebook: The British Institute Malang

 

Lokasi Cabang TBI

Jakarta: Pondok Indah / Kuningan / Kelapa Gading

Cibubur

Depok

Tangerang: BSD / Gading Serpong

Bandung:  Dago / Festlink /  Jatinangor

Malang

 

Belajar-Creative-Writing-Bersama-TBI-Malang
Belajar Creative Writing Bersama TBI Malang


Bagi saya TBI sudah akrab sejak saya SMA. Lokasi TBI Bandung dekat sekali dengan SMA dan kampus saya. Teman-teman saya banyak yang kursus di sana. Dulu saya ingin sekali masuk TBI. Alhamdulillah sekarang kesampaian. Yuk, belajar creative writing dalam Bahasa Inggris bersama TBI!

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

1 comment: