7 Rekomendasi Buku Bidang Kesehatan

 

7-Rekomendasi-Buku-Bidang-Kesehatan
7 Rekomendasi Buku Bidang Kesehatan. Sumber: Pixabay - Sofia Iivarinen

Kondisi pandemi seperti sekarang membuat kesadaran kita meningkat terhadap kesehatan. Ilmu pengetahuan menyokong kesehatan lahir dan batin. Karena itu buku dapat sumber pengetahuan yang bisa kita praktikan. Apakah kamu sedang mencari buku bidang kesehatan yang lengkap?


Pada artikel ini saya akan rekomendasi tujuh buku yang bisa kamu baca untuk memperkaya pengetahuan kamu tentang dunia kesehatan. Pastinya kamu dan keluarga ingin hidup sehat bukan? Penasaran apa saja sih rekomendasi buku tersebut? Langsung saja simak ulasan artikel berikut ini.


1 Buku Kesehatan Masyarakat Dalam Determinan Sosial Budaya



7-Rekomendasi-Buku-Bidang-Kesehatan

Buku Kesehatan Masyarakat Dalam Determinan Sosial Budaya



Buku berjudul kesehatan masyarakat dalam determinan sosial budaya ini buku bidang kesehatan yang direkomendasikan pertama. Buku ini akan membahas tentang konsep dasar sosiologi kesehatan itu sendiri.


Buku yang disusun oleh Hermien Nugraheni, Tri Wiji, dan Sukini akan memaparkan bahwa sosial budaya mampu mempengaruhi kesehatan individu.  Itu sebabnya kamu pun juga akan belajar tentang hubungan antara lingkungan sosial dan kesehatan itu bagaimana. Termasuk pula mempelajari kondisi saat sakit.


Buku bidang kesehatan ini menekankan bahwa lingkungan masyarakat, termasuk gaya hidup dan pola hidup yang ada di lingkungan tersebut akan mempengaruhi kesehatan individu. Selain itu ada juga istilah sosiologi medis yang mempertimbangkan faktor biologis dan faktor sosial dan psikologis.


Petugas medis juga perlu mengkaji faktor sosial-budaya itu penting, guna untuk mencapai kesembuhan bagi si pasien dan membantu dokter dalam mengobati pasien. Buku ini pun juga akan membahas tentang hubungan antara praktisi kesehatan dengan pasien dan bagaimana sih sistem perawatan kesehatan yang tepat. Buku ini akan mengupasnya secara detail.


Tidak hanya itu saja, kamu pun juga akan belajar tentang sistem perawatan kesehatan dan bagaimana tindakan ketika menemui terjadinya perubahan dalam hal kesehatan penyembuhan dan sakit.


2 Buku Menyusun Kurikulum Pendidikan Tenaga Kesehatan



7-Rekomendasi-Buku-Bidang-Kesehatan

Buku Menyusun Kurikulum Pendidikan Tenaga Kesehatan



Jika rekomendasi sebelumnya buku bidang kesehatan, kali ini lebih ke teknis. Buku ini dikhususkan untuk tenaga pendidik kesehatan. Karena buku ini tidak melulu soal penanganan kesehatan, tetapi bagaimana sih menyusun kurikulum. Buku karya Dr. R. TIni Dewi Judistiani, Dr., SpOG ini sangat membantu buat tenaga pendidik kedokteran yang mengalami kesulitan membuat kurikulum.


Sebagai tenaga pendidik, tentu saja ilmu kedokteran dari masa kemasa pastilah ada perubahan. Tidak hanya perubahan teknis kurikulum, tetapi juga ada tambahan pengayaan dan pengetahuan di dunia kesehatan medis. Bahkan tidak hanya dialami di dunia medis, tetapi juga di dunia keperawatan dan kebidanan juga. Maka dari itu, seorang pendidik dituntut untuk terus update informasi terbaru.


Buku bidang kesehatan ini salah satu instrumen pelaksanaan program pendidikan tinggi tenaga kesehatan yang wajib dikuasai oleh pendidik. Apa saja sih yang akan dibahas di buku ini? 


Di antaranya akan membahas tentang pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran, bagaimana cara membangun seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan dan isi dan masih banyak lagi. Termasuk evaluasi pembelajaran dan metode pembelajaran. Pokoknya buku bidang kesehatankurikulum ini wajib dibaca oleh pendidik maupun dosen.


3 Buku Kesehatan Lingkungkungan Sanitasi, Kesehatan Lingkungan K3



7-Rekomendasi-Buku-Bidang-Kesehatan

Buku Kesehatan Lingkungkungan Sanitasi, Kesehatan LIngkungan K3



Kembali lagi ke buku bidang kesehatan. Nah, rekomendasi buku yang mungkin pas dan cocok buat kamu adalah karya Indasah. Buku ini adalah buku yang fokus pada kesehatan lingkungan. Mengingat Indonesia masih termasuk negara yang kurang sadar terhadap kebersihan.


Belum lagi masalah tentang ledakan penduduk, kekurangan air bersih, minimnya kesadaran masyarakat dalam pengelola sampah dan masih banyak permasalahan yang sepele tetapi bisa berdampak besar pada kesehatan. 


Buku yang diterbitkan Deepublish ini lebih menyorot pada masalah lingkungan yang dapat berdampak pada kesehatan masyarakat. Itu sebabnya, buku ini wajib kamu baca, karena akan memberikan solusi bagaimana menyikapi semua masalah yang disebutkan di atas. Tentu saja upaya dan tindakan kecil itulah yang nantinya mampu meningkatkan kesehatan masyarakat.


4 Buku Dampak Pengawet Nitrit Pada Daging Olahan Sosis Terhadap Kesehatan Manusia



7-Rekomendasi-Buku-Bidang-Kesehatan
Dampak Pengawet Nitrit Pada Daging Olahan Sosis Terhadap Kesehatan Manusia


Rekomendasi buku bidang kesehatan banyak menganggap sepele. Padahal dampaknya bisa berbahaya, adalah terlalu banyak makan olahan sosis. Siapa yang menyangka jika mengkonsumsi sosis terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan.


Saat pembuatan sosis, ada penambahan zat natrium nitrit. Ketika nitrit tersebut digabungkan dalam bahan pengawet, dapat membentuk nitrosamin yang bersifat karsinogenik kuat. Atau menghasilkan senyawa racun yang disebut Nitrosodimetilamin. 


Proses kimia ini tidak baik untuk kesehatan hati dan jika terakumulasi secara berlebihan, dapat menimbulkan kerusakan hati. Nah, terkait ulasan lebih lengkapnya, buku ini akan menjelaskan secara gamblang. Termasuk memaparkan tentang defines sosis dan proses pembuatan sosis termasuk pula akan menjelaskan tentang natrium nitrit dan sifat bakteri clostridium botulinum.


5 Buku Panduan Konseling Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Diabetes Melitus 



7-Rekomendasi-Buku-Bidang-Kesehatan
Buku Panduan Konseling Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Diabetes Melitus 


Buat kamu yang memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes melitus, buku bidang kesehatan satu ini jawaban nya. Lufthiani sengaja menulis buku ini sebagai pengetahuan bagaimana penanganan pada penderita diabetes.


Dimana penyakit ini gangguan proses metabolisme gula darah yang berlangsung kronik. Umumnya ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah sehingga mengeluarkan insulin yang resisten.


Buku ini pun akan memaparkan bagaimana cara penanganan bagi penderita diabetes agar tidak berujung fatal. Sesuai judulnya, buku bidang kesehatan berjudul panduan konseling kesehatan dalam upaya pencegahan diabetes melitus ini pun sebagai langkah untuk hidup lebih sehat. Tentu saja dengan hidup sehat, risiko mengalami kenaikan gula darah pun bisa diminimalisir.


6 Sinar- X Menjawab Masalah Kesehatan



7-Rekomendasi-Buku-Bidang-Kesehatan
Sinar- X Menjawab Masalah Kesehatan


Pernah mendengar istilah sinar X? Mungkin ada yang pernah dan ada juga yang belum. Buku bidang kesehatan karya Mukhlis Akhadi ini direkomendasikan untuk mahasiswa kedokteran dan pekerja di bidang kesehatan.


Jadi wajar jika banyak masyarakat umum yang tidak mengenal istilah sinar X. Sedangkan bagi mahasiswa di jurusan kedokteran, pastinya sudah familiar.


Buku ini akan memaparkan tentang karakteristik sinar-X yang banyak digunakan untuk pengembangan dan penelitian di berbagai bidang, spesifikasinya di bidang kesehatan.


Termasuk pula akan dibahas jenis pesawat sinar-X dan fungsi kegunaan. Tidak hanya itu, sinar-X ini pun akan memaparkan tentang bagaimana sih pengetahuan  sinar X ketika digunakan dalam radiodiagnosis.


7 Panduan Lengkap Keterampilan Dasar Kebidanan I



7-Rekomendasi-Buku-Bidang-Kesehatan
Panduan Lengkap Keterampilan Dasar Kebidanan I


Buku bidang kesehatan yang direkomendasikan untuk para perawat kebidanan. Yulrina Ardhiyanti, sengaja mengemas dan menulis buku ini semenarik mungkin, sehingga pembaca pun tidak mudah bosan. Sebagai buku ajar, buku ini memang dikhususkan untuk mahasiswa kedokteran ataupun tenaga medis.


Secara garis besar, buku ini akan mengupas bagaimana sih asuhan keperawatan dan tindakan merawat pasien yang melahirkan. Bisa dibilang, buku ini memiliki pembahasan secara komprehensif, hal ini dapat dilihat dari jumlah halaman yang mampu mencapai 277 halaman. Meskipun buku tebal, buku ini dijamin harga sangat terjangkau. 


Itulah tujuh buku bidang kesehatan dari yang bisa kamu baca. Kamu juga bisa mendapatkan koleksi buku kesehatan lainnya di www.penerbitbukudepublish.com dalam kategori BUKU KESEHATANDi sana akan banyak rekomendasi buku yang pas dan sesuai dengan keinginan kamu.


Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

13 comments:

  1. Selama ini cuma tahu kalau makan sosis itu nggak bagus buat tubuh. Tanpa tahu alasannya. Eeh, kejawab, deh, di ulasan buku Mbak Evi.

    ReplyDelete
  2. Wah komplit nich referensi untuk buku kesehatan. Tertarik buku "Dampak Nitrt pada sosis" . Baru tau bahanya jika zat natrium nitrit dengan bahan pengawet jadi karsigonik.. takut dech

    ReplyDelete
  3. Wah, banyak banget rekomendasinya. Kebetulan belum pernah baca buku itu, padahal dulunya kuliah di kesehatan. Hahaha

    ReplyDelete
  4. Menarik banget teh rekomendasinya. Satu tema tapi beragam sudut pandang. Termasuk pembahasan hubungan sosial budaya dan kesehatan.

    ReplyDelete
  5. Saya jadi penasaran nih Teh,dengaan buku yang mengangkat dampak pengawet nitrit pada daging olahan sosis. Ternyata bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan organ hati. Sementara konsumsi sosis ini seperti hal lumrah saja selama ini.

    Terima kasih banyak atas rekomendasi bacaannya Teh.

    ReplyDelete
  6. Wah lengkap banget ini referensi bukunya teh. Aku tertarik sama buku yang pertama tentang Kesehatan Masyarakat dalam determinan sosial budaya, karena dilihat dari sisi sosiologi jadi pasti keren nih hehe

    ReplyDelete
  7. Kece banget rekomendasi bukunya Mba.. semuanya pas buat yang suka topik-topik kesehatan dan menàmbah wawasan. Aku tertarik sama yg membahas sosis itu. Anakku kadang suka minta sosis sih tapi hanya sesekali aja aku kasih. Kayaknya perlu nih baca bukunya

    ReplyDelete
  8. Wah teh evi terima kasih atas rekomendasi bukunya aku penasaran sama buku Buku Dampak Pengawet Nitrit Pada Daging Olahan Sosis Terhadap Kesehatan Manusia. Tahu kan ya generasi sekarang hampir tidak terlepas dengan daging olahan seperti sosis, bakso dan lain'. kalo bisa dikurangin ya teh. Tapi jujur penasaran sama bukunya dan harus jadi perhatian lebih nih sama orang tua ya teh.

    ReplyDelete
  9. Bicara soal kesahata terkait kebersihan, rasa- rasany kok tidak mungkin ya Indonesia menjadi negara bebas sampah. Krn bbrapa masyarakatnya yg tidak sadar kebersihan

    ReplyDelete
  10. Aku tuh baru kmrn beli sosis lagi teh Evi. Haduh nggak ketahuan pas belanja ternyata anak naruh d keranjang, kupikir gpp sesekali. Eh ternyata mengandung racun yaa. porsinya emang ga boleh bnyak2 ya

    ReplyDelete
  11. Lengkap banget rekomendasinya, Teh Evi. Penasaran dengan tema kesehatan masyarakat dalam determinan sosial budaya karena beririsan dengan psikologi juga pastinya ya.

    ReplyDelete
  12. Diabetes sudah jadi 'pembunuh' di masyarakat Indonesia. Kalau salah satu anggota keluarga ada yang sudah kena DM, anggota keluarga lain juga harus support dengan ubah gaya hidupnya jadi lebih sehat. Nah, buku referensi gini jadi penting banget nih supaya dapat informasi yang valid.

    ReplyDelete
  13. Wah, ini buku - buku teks yang ga bisa dibaca sekali duduk ya, Teh. Perlu ketertarikan lebih untuk bisa fokus menyelesaikannya sampai halaman terakhir. Apalagi menuliskan reviewnya. Saluut ��

    ReplyDelete