Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019, Ajang Unjuk Gigi Para Atlet Muda


Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019, Ajang Unjuk Gigi Para Atlet Muda – Sepak bola salah satu olah raga kesayangan Indonesia dari zaman ke zaman selalu mendebarkan dan menyenangkan untuk diikuti perkembangannya. Kemenangan timnas Indonesia U-22 menjadi juara Piala AFF U-22 2019 lalu melawan Thailand menambah keyakinan bahwa para atlet sepak bola Indonesia memiliki kualitas untuk berlaga di dunia. Bahagia banget ya dengarnya bahwa timnas kita kece-kece, mulai dari U-16, U-19, sampai U-22. Yakin deh, U-U yang lain coming soon bakalan menang.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Latar Belakang Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Pemerintah Indonesia menyadari bahwa pembinaan atlet sepak bola sejak dini sangat berpengaruh terhadap stabilitas dan prestasi sepak bola nasional. Buktinya pada 2019 ini Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 3 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional yang ditujukan kepada sekitar 15 Instansi serta pemerintah daerah, termasuk kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga diinstruksikan untuk melalukan sepuluh tindakan, di antaranya melakukan pembinaan usia dini dan usia muda secara berjenjang dan menyelenggarakan kompetisi sepak bola kelompok usia tingkat elit satuan pendidikan dan Sekolah Sepak Bola.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Nah, sebagai bentuk realisasi dari instruksi tersebut, Kemenpora mengadakan sepak bola berjenjang piala Menpora yang tahun ini sudah memasuki tahun keempat. Buat lebih ngerti, baca yuk infografis berikut ini:

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Latar belakang Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Apa itu Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019?
Penasaran nggak apa itu Liga Sepak Bola Berjenjang? Jadi Liga Sepak Bola Berjenjang Piala ini merupakan kompetisi sepak bola yang diselenggarakan secara bertingkat mulai dari usia 12, 14, 16 dan 21 Putra. Dan pada 2019 ini enggak hanya atlet putra yang difasilitasi tapi juga atlet putrinya khusus U-17. Liga Sepak bola Berjenjang ini diikuti oleh 4000 Sekolah Sepak Bola, sekolah, dan klub di 400 kabupaten atau kota di 34 provinsi.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Kehadiran U17 Putri di Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Monpara 2019 ini benar-benar ajang unjuk gigi atlet muda karena selama liga ini berlangsung, Kemenpora menurunkan tim pencari bakat atau talent scout seperti Fahri Husaeni, Ricky Yakobi, Rudi Keltjes, dan Firman Utina. Jadi nggak hanya tim yang menang yang dapat kesempatan buat difasilitasi untuk mengikuti pertandingan bertaraf internasional seperti berlaga di Asia, Eropa, dan Amerika, para peserta berbakat pun bisa terpilih buat ikutan.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Peserta dan operator Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Keistimewaan Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 ini menggunakan teknologi VAR alias Video Assistant Referee. Itu loh rekaman video yang suka dipakai di liga-liga dunia. Jadi wasit dapat memutuskan sesuatu dengan bantuan VAR ini. Keuntungannya juga karena keputusannya presisi nggak aka nada pemain yang dirugikan, penonton nggak bakal ribut. Aman, kan?

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Ajang pencarian bakat Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Pembukaan Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Pembukaan Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 16 Maret. Sumpah ya, hari itu siangnya panas nggak ketahan. Kayak ada dua matahari di langit. Acara dimulai jam 14.00 dan cuaca masih cerah ceria.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Heboh nonton Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Saya, Eva, Ratri, Kang Aip, Teh Astri, Hilman, Santi, Rizal, Anne, dan Kang Yurri duduk-duduk di tribun lapangan sepak bola Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di jalan Setiabudi, Bandung. Penonton di tribun cukup penuh dari berbagai kalangan. Ada yang masih pakai seragam sekolah, para driver ojol, keluarga-keluarga kecil, para pemain sepak bola, bahkan ada juga dari kalangan militer. Rame deh, pokoknya.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Heboh nonton Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Kick off Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 ini tanpa ba-bi-bu melangsungkan pertandingan U-21 antara tim UPI dan UNSIL. Seru juga nonton sepak bola secara live gini, maklum ya saya belum pernah he he he. Hasilnya antara kedua tim ini seri 0-0.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Penonton Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Suara emas band Five Minutes yang legendaris membahana, menghibur para penonton. Generasi 80an dan 90an pasti tahu deh, band yang punya ciri khas pakai sarung ini. Sayangnya antara penonton dan panggung jaraknya jauh banget jadi nggak kelihatan mereka masih pakai sarung atau enggak. Saya dan teman-teman pun heboh ikut nyanyi-nyanyi.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Pertandingan U21 tim UPI Vs UNSIL

Penampilan berikutnya adalah marching band. Dan tiba-tiba hujan gede dong. Ini hujannya serius, pakai angin kencang. Tapi acara tetap berlangsung. Baik marching band, para penari daerah, dan anak-anak yang bawa bendera liga kayak nggak peduli hujan. Mereka tetap melaksanakan tugas dengan gembira. Salut banget lihatnya. Dan terharu dibuatnya.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Marching band di pembukaan Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Para penari dan anak-anak pembawa bendera di pembukaan Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019

Di tengah tribun, Deputi Pembinaan Olah Raga dan Menpora Pak Imam Nahrawi memberi sambutan. Meski lapangan becek dan hujan masih turun dengan mesra, Pak Imam Nahrawi mau turun ke lapangan buat tendangan pertama. Penjaga gawangnya dong, cewek! Kiper cewek yang lincah dan someah. Rasanya bangga lihatnya. Semoga sepak bola putri Indonesia makin berkembang dan turun ke kancah internasional. Amin.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Pak Imam Nahrawi, Menpora

Di saat itulah saya ikut turun ke lapangan bola. Terus girang sendiri karena ini pengalaman pertama saya jalan-jalan di lapangan bola. Iya-iya, ketinggalan banget ya?

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Pak Imam Nahrawi melakukan tendangan pertama

Sebagai penutup acara, pertandingan sepak bola putri U-17 antara tim Banten dan Cimahi digelar. Saya nontonnya sampai takjub karena mereka bertanding dengan maksimal. Terarah dan berstrategi. Jadi ingat waktu SMA dulu tiap bulan ada pelajaran sepak bola—ya tapi enggak di lapangan sepak bola beneran—kami mainnya gaya ikan mengejar makanan. Tiap bola ke mana, semua orang ke sana. Mana adalah formasi-formasian semacam siapa yang jadi bek, gelandang, atau penyerang. Yang pasti kiper aja sama penyerang semua. He he he.

Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019
Pertandingan putri U17 tim Cimahi Vs Banten

Menonton Liga Sepak Bola Berjenjang
Ada yang mau nonton Liga Sepak Bola Berjenjang? Untuk Seri Nasional akan dilaksanakan pada bulan September 2019.  Kehadiranmu merupakan dukungan dan semangat yang berarti buat dunia persepakbolaan nasional. Cek lokasi-lokasi berikut, siapa tahu ada tempat yang dekat denganmu:
Festival Sepak Bola U12​​: Palembang, Sumatera Selatan
Liga Sepak Bola Pelajar U14​: Solo, Jawa Tengah
Liga Pelajar U16​​​: Banten
Liga Mahasiswa U21​​​: Yogyakarta
Liga Sepak Bola Putri U17​​: Bandung, Jawa Barat

Yang penasaran sama acara pembukaan Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019, nonton yuk di youtube channel saya:


Setiap gerakan di dunia sepak bola ada baiknya kita dukung ya, man-teman. Saya yakin banget Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 ini akan memunculkan bibit-bibit unggul, memberi kesempatan untuk mereka muncul ke permukaan, untuk ditemukan dan menemukan. Salam olah raga!
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

10 comments:

  1. Salfok banget ini teh sama teknologi VAR insyaAlloh kalau ada inovasi teknologi ini semuanya serba fair udahanlah berantem karena subyektifitas wasit ya teh keren ih :)

    ReplyDelete
  2. Saya kurang paham permainan sepak bola haha namun kalau nonton suka seru aja ya apalagi kalau nonton langsung ke lapangan .

    ReplyDelete
  3. Wah seru siang-siang nonton bola langsung di stadion ya Teh, di Tv aja seru apalagi kalau live. Semoga programnya lancar dan bisa menjaring atlet berbakat.

    ReplyDelete
  4. Maaf teh agak kurang ngerti soal bola nih tapi seru program nya pak Imam Nahrawi ini semoga bakat anak-anak muda atlet Indonesia makis terasah ya dan tentunya sejahteta. Aamiin ��

    ReplyDelete
  5. Wah semoga program ini menjadi sarana utk ditemukan bibit2 unggul yg keren ha. Mengingat sepakbola kita banyak tertinggal dan yg heboh malah para suporter yg banyak tak beretika heu..

    ReplyDelete
  6. Keren banget acara kaya gini, harus banget di dukung karna demi masa depan persepakbolaan yang lebih baik yaa

    ReplyDelete
  7. wah jadi pingin nonton sepak bola

    terakhir nonton karena nganterin anak-anak lakiku

    Sekarang mereka udah mau merit :D :D

    ReplyDelete
  8. Udah lama ga ke gymnasium UPI. Waah seneng banget deh bisa nonton pertandingan sepak bola. Saya kurang ngerti maaf ya teh. Tapi kayaknya seru abis nonton rame3 gitu 😍

    ReplyDelete
  9. Semoga kita dapet kesempatan lagi nonton sepak bola langsung di stadion ya, Pi.

    ReplyDelete
  10. Are You In Need Of A Private Or Business Loans At 2% Rate For Various
    Purposes? If Yes; Contact us: collinsguzmanfundings@gmail.com/WhatsApp: +1 (786) 598-8751


    *Full Name:_________

    *Address:_________

    *Tell:_________

    *loan amount:_________

    *Loan duration:_________

    *Country:_________

    *Purpose of loan:_________

    *Monthly Income:__________

    *Occupation__________

    *Next of kin:_________

    *Email :_________

    Thanks and best regards
    Managements
    COLLINS GUZMAN FUNDING'S
    Website: https://collinsguzmanfundi.wixsite.com/website

    ReplyDelete