Kelas Keuangan Kedai Kopi Dasar 5758 Coffee Lab: Fondasi Stabilitas Bisnis Kopi

Kelas Keuangan Kedai Kopi Dasar 5758 Coffee Lab
Kelas Keuangan Kedai Kopi Dasar 5758 Coffee Lab

Di kota tempat saya tinggal, Bandung, kedai-kedai kopi bertumbuh setiap bulannya. Hampir setiap lokasi strategis ada kedai kopi, seperti tempat wisata, perkantoran, sekolah, dan kampus. Bahkan di lokasi-lokasi yang kurang populer sekalipun orang-orang bertaruh membangun kedai kopi. Sebagian kedai kopi berumur panjang sedang sebagian lagi bak kecambah layu. Kalau saya bandingkan, rasa kopinya sama-sama nikmat. Lalu apa yang membedakan keduanya? Tentu ada berbagai faktor namun faktor terbesar adalah manajemen keuangan kedai sebagai fondasi stabilitas bisnis kopi terabaikan.

Barangkali banyak kedai yang masih bermazab pada manajemen keuangan tradisional yang kurang jelas pelaporan keuangannya. Masih tidak memperhitungkan aset, pengeluaran dan pemasukan sehingga laba dan ruginya menjadi kabur. Inilah yang menjadi awal kebangkrutan sebuah kedai.

Menarik bagi saya 5758 Coffee Lab membuka kelas keuangan kedai kopi dasar dan lanjutan. Kesadaran akan pentingnya manajemen dan pelaporan keuangan kedai kopi ini coba diedukasikan sekolah kopi di Bandung tersebut. Restu Dewa sebagai instruktur memiliki latar belakang bekerja di perpajakan selama bertahun-tahun. Ia juga mendirikan kedai kopi sekaligus konsultan pelaporan keuangan.

Manfaat Mengikuti Kelas Keuangan Kedai Kopi
Saya mengibaratkan manajemen dan pelaporan keuangan kedai kopi itu seperti manajemen panggung teater. Sebuah mahakarya teater sekalipun akan kurang bergaung bila tidak diiringi manajemen panggung yang mumpuni. Begitu juga dengan kenikmatan secangkir kopi. Artinya karya dan manajemen adalah dua fondasi yang sama pentingnya seperti racikan kopi dan manajemen kedai.

Kelas Keuangan Kedai Kopi Dasar 5758 Coffee Lab
Sheet Excel pelaporan keuangan kedai kopi

Apa sajakah manfaat mengikuti kelas keuangan kedai kopi dasar 5758 Coffee Lab?
1.    Membantu perencanaan kedai kopi
2.    Memantau perkembangan bisnis
3.    Mengontrol keuangan masuk dan keluar
4.    Menilai kelayakan investasi sehingga bisa menarik investor

Kelas Keuangan Kedai Kopi
Di kelas keuangan kedai kopi dasar 5758 Coffee Lab saya belajar benar-benar dari hal yang mendasar. Merencanakan sebuah kedai kopi harus mempertimbangkan dan menghitung kemampuan kita dalam biaya tetap, modal, biaya variabel, dan target penjualan harian. Biaya tetap seperti gaji pegawai, tagihan listrik, air, internet, dan peralatan. Modal berupa sewa tempat dan dana cadangan. Biaya variabel seperti kopi dan filter. Sedangkan target penjualan harian harus dihitung dari berbagai biaya tersebut sehingga dapat menutupi pengeluaran dan memberikan keuntungan.

Kelas Keuangan Kedai Kopi Dasar 5758 Coffee Lab
Restu Dewa, instruktur 5758 Coffee Lab

Selain berbagai biaya tadi, kita juga harus memperhitungkan HPP atau harga pokok penjualan sehingga bisa menentukan harga setiap cangkir kopi atau makanan. Ada tabel-tabel harian yang mesti disiplin kita isi ketika sudah mempunyai kedai kopi. Tabel-tabel itu adalah persediaan barang, penjualan kopi dan makanan, dan pengeluaran harian. Kita juga harus menghitung secara berkala neraca saldo, neraca aktiva dan pasiva, laporan laba rugi, dan pajak. Pajak terdiri dari PPH OP atau pajak penghasilan orang pribadi, dan PPH Badan.

Kelas Keuangan Kedai Kopi Dasar 5758 Coffee Lab
Peserta kelas keuangan kedai kopi dasar 5758 Coffee Lab

Menyangkut pajak ini kadang kita suka malas berurusan denga badan pajak, ya? Tapi kemalasan itu harus kita singkirkan. Bagaimanapun kita mesti tertib pajak untuk memberikan sumbangsih pada negara.

Kelas Keuangan Kedai Kopi Dasar 5758 Coffee Lab
Peserta dan instruktur kelas keuangan kedai kopi dasar 5758 Coffee Lab

Kelas yang terdiri dari empat belas orang tersebut cukup khusyuk menekuri laptop yang memampang sheet excel yang harus kami isi bersama-sama. Terkait pajak, kami juga diajari bagaimana mengisi SPT Badan dan SPT OP. Terlihat ribet dan mumet memang mengurusi keuangan itu. Harus dibarengi dengan niat, disiplin, dan passion.


Membuat kedai kopi bisa berawal dari kecintaan kita pada dunia kopi. Namun yang harus kita sadari bahwa sebuah kedai kopi tidak hanya bertumpu pada racikan saja melainkan pada manajemen keuangan juga. Sebuah tanggung jawab harus kita emban karena menyangkut banyak orang. Pastinya kita ingin menyejahterakan diri, pegawai, dan memuaskan pelanggan bukan? Sungguh sebuah kepuasaan tersendiri bila kita dapat menyaksikan pelanggan berinteraksi di kedai kopi kita, memfasilitasi pelanggan yang membikin mereka makin betah, dan pegawai sebagai SDM kunci berkembang secara kemampuan dan kesejahteraan. Semua itu akan terwujud bila manajemen keuangan sebagai fondasi stabilitas bisnis kopi telah kita kuasai. Makanya, yuk, semangat belajar manajemen keuangan keda kopi!

5758 Coffee Lab
Rusa Pinus Raya E1-D
Jl. Pinus Raya Barat, Kompleks Pondok Hijau Indah
Gegerkalong, Bandung
IG: @5758coffeelab
Jadwal kelas, informasi biaya, dan pendaftaran:
0822-5533-5758 (WA Messenger only, no phone)

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

No comments:

Post a Comment